Senin, 16 Agustus 2021

Peresmian Crisis Centre, Sebagai Bagian Dari Program Rumah Zakat

Hari ini tanggal 16 Agustus 2021, Rumah Zakat resmi luncurkan program Crisis Centre Rumah Zakat, dalam rangka campaign #SemangatIndonesia dalam menghadapi pandemi. Campaign tersebut bertajuk "Bersama Kita Hadapi Corona".

Poster Rumah Zakat


Tujuan dari campaign ini, tidak lain adalah untuk memberikan semangat kepada masyarakat Indonesia yang terkenal dengan sifat saling tolong menolong atau saling membantu sesama, dan berjuang bersama melawan Covid 19.

Sudah hampir 2 tahun, keberadaan makhluk kecil di negeri ini, yang kita sebut "Virus Corona", dan sudah mulai berkembang biak dengan varian barunya yaitu delta varian. Serta membuat sebagian dari teman-teman kita, dan bahkan sudah banyak juga keluarga dari teman-teman kita yang meninggal dunia.

Semua disebabkan karena jenis virus, yang tidak terlihat namun ada disekitar kita, dan setiap harinya selalu membuat kita khawatir. Namun jangan sampai kekhawatirannya membuat kita jadi paranoid pada dunia luar yah. Kita harus tetap semangat menjalankan aktifitas sehari-hari, dengan terus menerapkan protokol kesehatan, baik sedang berada di dalam rumah atau pun diluar rumah.

Seperti yang kita tahu, virus corona, selain merusak sistem kekebalan tubuh manusia, dampak lainnya juga sangat merusak sistem perekonomian di negara kita. Terutama perekonomian dalam keluarga kita sendiri, dan hampir semua kalangan terkena dampaknya.

Untuk itu lah, dengan kesigapan seluruh warga Indonesia, baik yang berasal dari perorangan atau lembaga-lembaga, saling bahu membahu membantu sesama warga yang sedang terkena dampaknya, baik dalam segi bantuan kesehatan dan perekonomian.

Berbagai macam bantuan, datang dari berbagai pelosok diseluruh Indonesia, baik dari pemerintahan atau lembaga-lembaga filantrophi, salah satunya yaitu lembaga Rumah Zakat, yang sudah dari awal pandemi sejak Maret 2020 lalu, menyalurkan berbagai macam bantuan yang didukung oleh para donatur-donatur.

Untuk itulah pada saat ini, dalam rangka menyambut HUT RI ke-76 pun, Rumah Zakat meluncurkan gerakan #SemangatIndonesia "Bersama Kita Hadapi Corona", yang diresmikan pada hari ini, Senin 16 Agustus 2021.

Dimana tujuan dari campaign #SemangatIndonesia ini adalah suatu gerakan membangun optimisme masyarakat, bahwa suatu hari nanti Indonesia pasti bisa bebas dari Corona.
Dan peluncuran gerakan ini juga ditandai dengan diresmikannya "Crisis Centre Rumah Zakat", yang bertujuan untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

Bagi kalian yang mau berbagi, atau memberi sebagian rejekinya bisa donasi melalui Rumah Zakat dan tentunya kalian juga penasaran kan, ada pelayanan apa saja sih dalam Rumah Zakat tersebut?
Nah dalam tulisan ini, aku akan menjelaskan secara lengkap.

Layanan Crisis Centre Rumah Zakat

Menurut penjelasan dari  bapak Nur Efendi sebagai CEO Rumah Zakat, melalui event virtual yang diadakan pada hari Senin 16 Agustus 2021. Mengatakan bahwa “Crisis Centre ini terselenggara berkat dukungan dari para donatur dan mitra kolaborasi. Untuk sementara Crisis Centre Rumah Zakat baru melayani masyarakat terdampak pandemi di 10 kota. Semoga ke depannya kita bisa buka di lebih banyak kota", ujarnya.

Nur Efendi CEO Rumah Zakat

Dan ada lima layanan yang diberikan oleh Crisis Centre Rumah Zakat, diantaranya adalah :
  1. Penyediaan ambulance gratis
  2. Pemberian pinjaman tabung oksigen
  3. Bantuan sembako bagi yang sedang isoman
  4. Penyediaan telekonsultasi
  5. Bantuan untuk UMKM.

Selain ke lima bantuan diatas, tentunya Rumah zakat juga sudah sering menyalurkan bantuan-bantuan lainnya dari semejak awal pandemi, yaitu berupa : Paket masker, Perlengkapan kesehatan, Paket ventilator dan rapid, sampai penyediaan vaksinasi.

Penyaluran bantuan dari Rumah Zakat


Kemudian untuk bantuan program lainnya selain program Crisis Centre, Rumah Zakat juga membuat program Santunan Yatim dan Dhuafa, khususnya bagi yatim yang ditinggal orang tuanya akibat Covid-19.
Bantuan yang diberikan yaitu berupa paket bantuan keluarga, santunan, dan atau beasiswa.

Sedangkan untuk program pemberdayaan dan stimulus ekonomi (UMKM), bantuan yang diberikan yaitu berupa : Menyediakan sembako keluarga, Borong Berbagi, Dapur Berdaya, hingga bantuan modal bagi masyarakat yang baru mau memulai usaha atau untuk menambah modal usahanya.

Program bantuan lainnya dari Rumah Zakat


Untuk bantuan UMKM tersebut, bapak Nur Efendi juga menjelaskan, kalau sampai saat ini, sudah ada 1.204 UMKM yang didampingi oleh Rumah Zakat dan juga terdapat 2.243 UMKM penerima manfaat program Borong Berbagi dari Rumah Zakat.

Jenis bantuannya yaitu dengan memborong dagangannya untuk kemudian dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.
Waawww sungguh program yang sangat bersinambungan yah, bantuan totalitas tanpa batas ini, dapat menjadi wadah yang saling berkaitan dan In Sha Allah bisa sangat membantu perekonomian semua warga Indonesia yang terdampak pandemi, terutama dalam segi perekonomiannya.

Kemudian dijelaskan lagi bahwa hingga saat ini bersama para mitra atau donatur Rumah Zakat, telah membantu 967.248 penerima manfaat program respon Covid-19 di 250 kota atau kabupaten di 27 provinsi dengan menurunkan 3.948 relawan.

Wooowww....bravo for Indonesia, jujur semakin bangga sebagai warga Indonesia yang mempunyai semangat untuk membantu sesama dan berjuang bersama hadapi corona.

Diakhir penjelasannya, bapak Nur Efendi pun menuturkan ucapannya terimakasih kepada para donatur-donaturnya selama ini. Beliau mengatakan bahwa “Terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah mempercayakan amanahnya kepada Rumaj Zakat. Semoga apa yang kita lakukan saat ini diberkahi oleh Allah SWT, dan menjadi ikhtiar dalam upaya agar Indonesia dapat segera terbebas dari Covid-19,” tutur Nur Efendi.

Aku pribadi jelas sangat bersyukur dan ikut berterimakasih juga kepada semua masyarakat Indonesia yang sudah mau menyisihkan sebagian rejekinya, sehingga suatu hari nanti kita bisa terbebas dari virus Corona, dan bisa kembali mengatasi kesulitan-kesulitan ekonomi yang diakibat dari Corona. 

Aamiin.....



0 komentar:

Posting Komentar