Rabu, 13 November 2019

Melukis Menggunakan Soft Pastels Dari Faber Castell, Sangat Mudah Dan Menyenangkan

Pastel Art merupakan sebuah karya seni dengan menggunakan media pastels berbentuk batangan atau stik. Batangan tersebut adalah berupa serbuk yang direkatkan dengan Gom Arab dan dibentuk menjadi batangan atau stik. Jika batangan tersebut digosokan dikertas yang agak kasar, atau suatu benda yang tajam, maka ikatannya akan terlepas dan menjadi bubuk-bubuk warna yang dapat kita tempelkan kembali pada kertas putih.
(Sumber Wikipedia)

Soft Pastels Faber Castell (dok.pri)

Nah sampai sini paham tidak dengan penjelasan tersebut?

Jadi dari dulu sampai sekarang, media untuk menggambar atau melukis itu, berbeda-beda jenisnya. Ada yang menggunakan pensil warna, krayon, cat lukis dan kuas.
Nah ternyata ada juga media gambar atau lukis dengan menggunakan stik atau batang warna yang disebut Soft Pastels

Sebenarnya, dari dulu aku sudah pernah mengetahui tentang lukisan pastel tersebut, tapi aku mengetahuinya hanya dalam tayangan film, dan waktu itu aku cukup tertarik juga sih untuk mencoba.

Namun karena tidak mengerti untuk memulainya, jadi aku tidak berkeinginan untuk mencari tahu info lebih lanjut, tentang teknik melukis dengan pastel tersebut.

Sampai pada beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 9 November 2017, aku berkesempatan untuk mengikuti Workshop Soft Pastel Art di salah satu galeri Faber Castell yang berada di Plaza Senayan.

Komunitas Kumpulan Emak Blogger Dalam Workshop Shoft Pastel Art di Faber Castell

Bersama teman-teman dari Kumpulan Emak Blogger (KEB), yang sudah memberikan kami kesempatan untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai teknik melukis soft pastel art ini.

Alhamdulillah, beruntungnya aku dan temen-teman lainnya, karena dibilang usia kita sudah termasuk tidak muda lagi, tapi kami malah mendapat kesempatan dari KEB, untuk mengikuti workshop yang pastinya sangat diminati anak-anak muda jaman now.

Apalagi brand sekelas Faber Castell, tentunya sudah tidak akan kita ragukan lagi mengenai kualitas produknya, betul tidak?

Sebelum workshopnya dimulai, mba Fanny menjelaskan tentang produk-produk yang termasuk media untuk mewarnai dari Faber Castell, yang sudah sangat dipercaya oleh masyarakat Indonesia selama puluhan tahun.

Fanny Perwakilan dari Faber Castell (dok.pri)

Dimana sampai saat ini, kualitas produk Faber Castell, masih patut diakui sebagai produk yang best seller, atau bisa juga disebut teman sepanjang usia.

Dikatakan sebagai "teman sepanjang usia", karena produk yang dikeluarkan oleh Faber Castle memang mewakili semua usia pada umumnya, dari mulai produk alat tulis dan gambar untuk anak-anak sampai orang dewasa, semua tersedia di Faber Castell.

Nah sebagai contohnya adalah produk yang mau aku infokan untuk para pembaca disini, yaitu Soft Pastels Art atau Starter Kit pastel art dibawah ini.

Starter Kit Soft Pastels Art Faber Castell (dok.pri)

Setelah mendengar penjelasan yang singkat tentang produk-produk Faber Castell oleh mba Fanny, akhirnya workshop Soft Pastel Art pun dimulai, hhmm… aku cukup exited juga untuk memulainya.

Workhop Soft Pastel Art

Team Creative Faber Castle yaitu mba Yayu Afliyani Rahayu menjelaskan bahwa, pada saat akan memulai melukis dengan pastel, ada beberapa peralatan pendukung lainnya yang harus kita siapkan terlebih dahulu, selain Starter Kit Soft Pastels tentunya.
Dan kita akan memerlukan : Tissue basah, Solatif, dan Ballpoint kaligrafi.

Yayu Afliyani Rahayu sebagai Team Creative Faber Castell (dok.pri)

Sedangkan produk yang sudah tersedia didalam Starter Kit Soft Pastels tersebut adalah :

  • Soft Pastel Set 24 warna
  • Perfection Eraser Pencil with Brush
  • Kneadable Eraser/Knetgummi Art Eraser
  • Eraser Combi With Refill
  • Stencil
  • Pastel Art Paper, 2 ukuran (15x15 cm dan 5.7x15 cm) 8 pieces

Perlengkapan Pastel Art Faber Castell (dok.pri)
Ki-Ka : 24 Soft Pastels, Stencil, Eraser Combi, Eraser Pencil & Brush, Knetgummi Art Eraser, dan Starter Kit.

Memulai Workshop


Setelah semua perlengkapan sudah siap digunakan, lalu rekatkan 4 pinggiran kertas dengan menggunakan solatif di meja, kegunaannya adalah untuk agar kertas tidak geser.

Lalu mulai lah memilih warna-warna yang akan kita gunakan, kemudian kikir warna stik pastel atau batang pastel tersebut, dengan menggunakan pinggiran Stencil atau cetakan gambarnya.

Setelah semua warna yang kita inginkan dikikir menjadi bubuk-bubuk warna, kemudian mulailah membuat warna dasar dengan menempelkan jari telujuk ke salah satu warna dasar yang kita inginkan. Dan gosokkan jari telunjuknya, kemudian lakukan gerakan memutar untuk memblending warna menjadi agak sedikit memudar.

Langkah awal melukis pastel (dok.pri)

Lakukan terus seperti itu, sampai warna dasar yang kita ingikan selesai dibuat dan warna-warnanya disesuaikan dengan bentuk gambar yang kita inginkan.

Fungsi Alat-alat Soft Pastels Art 

Berikutnya aku akan menjelaskan beberapa item produk, yang tentunya mempunyai fungsi pendukung atau pelengkap kesempurnaan pada hasil gambar lukisan pastel yang kita buat, yaitu :

Eraser Pencil with brush :
Pencil dengan warna putih pada ujungnya, selain bisa untuk menghapus warna, juga bisa untuk memberikan efek tambahan gambar, misalnya membuat garis lurus atau bentuk apapun yang kita inginkan.
Dan brushnya berfungsi untuk menghapus sisa bubuk warna yang berserakan dikertasnya, atau sekitar kertas.

Kneadable Eraser atau Knetgummi Art Eraser :
Berupa gummi atau sejenis "malam" yang bisa berfungsi untuk menghapus juga dan memberikan efek bentuk awan atau bentuk lainnya yang kita inginkan, dengan cara menempelkan potongan gummi-nya dibagian warna dasar pastel.

Eraser Combi With Refill :
Berfungsi untuk menghapus warna dasar atau bisa juga sebagai alat pendukung stencil atau cetakan bentuk-bentuk seperti bentuk domba, bintang-bintang, dan bulan seperti yang aku buat dibawah ini.

Hasil karya lukisan pastel yang aku buat (dok.pri)

Caranya yaitu dengan menempelkan stencil di warna dasar sesuai dengan cetakan bentuk yang kita inginkan, lalu hapus secara perlahan dengan menggunakan Eraser Combinya.

Stencil atau Cetakan :
Mempunyai banyak bentuk, seperti bulat, lonjong, kotak, bintang, bulan sabit dan lain-lain untuk membantu menyempunakan hasil lukisan pastelnya. 

Ballpoin Kaligrafi :
Untuk mempertajam atau memperjelas bentuk gambar yang mau kita buat, cintohnya kepala domba atau batang pohon, seperti yang tertera pada gambar yang aku buat.

Tissue Basah :
Tentunya sangat berfungsi untuk menghapus warna yang menempel pada jari-jari tangan kita. Jadi jika kita akan mengganti warna lainnya, kita harus membersihkan jari tangan terlebih dahulu, dengan menggunakan tissue basah agar warnanya tidak bercampur.

Nah seperti ini lah hasil gambar yang aku buat bersama teman-teman lainnya. Walaupun gambarnya sama, tapi tentunya sentuhan hasil akhir karya tangan kita, pasti akan berbeda-beda.

Sebagian hasil workshop melukis pastel dari teman-teman KEB (dok.pri)

Namun aku sendiri merasa terkagum dengan hasil gambar yang aku buat, walaupun tidak nyaris sempurna, tapi cukup bagus untuk pemula yang sama sekali tidak mempunyai bakat menggambar. Hehehe….

Jadi walaupun kita tidak bisa menggambar, tapi dengan menggunakan teknik melukis soft pastel art ini, sangat mudah untuk dipraktekkan. Sampai anak aku pun mau berkali-kali mencoba membuatnya di rumah.

Oh iya, ada sedikit tips dari aku, jika tidak mempunyai ballpoint kaligrafi, pakai spidol juga bisa kok, asalkan kita pandai mengaplikasikan saja.

Dan yang pasti, seperti kata pepatah yang mengatakan bahwa, "Tidak ada usaha yang akan mengkhianati hasil".
Jadi jika kita mau berusaha untuk belajar dan terus belajar, maka usaha yang kita buat dengan tekun, hasilnya akan semakin lebih baik dan bahkan nyaris sempurna.




This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar