Sabtu, 23 November 2019

Kenali Tanda dan Cara Untuk Mencegah Serta Mengobati Penyakit Diabetes

Diabetes adalah salah satu Penyakit Tidak Menular (PTM) yang pastinya banyak ditakuti oleh setiap manusia. Iya past dong, siapa sih yang mau dikasih penyakit yang lambat laun akan menyebabkan kematian juga.

Semua orang pasti ingin sehat tanpa kecuali, apalagi aku yang mempunyai riwayat oragtua dan nenek yang sudah meninggal diakibatkan karena sakit Diabetes.

Dokumen IG @kemenkesRI

Memang setiap peristiwa kematian itu sudah menjadi takdir manusia, namun jika kita bisa memilih, tentunya kita tidak ingin meninggal dalam kondisi sakit yang cukup parah.

Kenapa Diabetes adalah salah satu penyakit yang sangat aku takutkan juga selain sakit kanker dan jantung. Alasannya, karena Diabetes adalah awal mula penyakit turunannya Kanker, Jantung dan Stroke. Hhmm…paham kan maksudnya?

Semua penjelasan tentang penyakit Diabetes terekam jelas setelah saya menghadiri event yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang bertema “Lindungi Keluarga Dari Diabetes”.
Dan event ini sekaligus juga untuk memperingati Hari Diabetes Sedunia 2019 yang jatuh pada tanggal 14 November 2019.



Ada 5 orang narasumber yang menjadi pembicara, yaitu :


  1. Dr. Michael Triangto, Sp. KO 
  2. Prof. dr. Jose L. Batubara, PhD. SpA(K) perwakilan dari Divisi Endrokinologi Anak, FKUI - RSCM
  3. Dr. Cut Putri Arianie sebagai Direktur P2PTM Kementrian Kesehatan RI
  4. Suharyanti, SKM, MKM, RD dari PERSAGI
  5. dr. Fatimah Eliana Taufik, Sp. PD. KEMD 



Dari mulai sesi pertama saja yang dijelaskan oleh dr. Cut Putri Arianie, tentang Implementasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diabetes Melitus, sudah membuat saya parno dan kepikiran.

dr. Cut Putri Arianie, Direktur P2PTM Kementerian Kesehatan RI 

Beliau menjelaskan bahwa "ada 10 kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit-penyakit tidak menular (PTM). Dan Diabetes termasuk penyakit penyebab kematian tertinggi kedua setelah Stroke, Jantung dan Pembuluh darah".

Hhhmmm….agak ngeri juga kan yah, walaupun penyakitnya tidak terlihat atau jauh berbeda dengan penyakit PTM lainnya, tapi malah di Indonesia penyakit Diabetes semakin luas penyebarannya. 

Bahkan penyakit yang disebabkan kecelakaan lalu lintas saja berada diurutan kedua terakhir setelah penyakit Diare. Jadi sudah saatnya kita harus waspada dari mulai sekarang.

Walaupun sebenarnya, kewaspadaan tersebut harusnya aku tanamkan dari sejak dulu, mengingat ada beberapa orang anggota keluargaku yang sudah meninggal disebabkan oleh penyakit Diabetes.

Dalam hati aku selalu berdoa, semoga aku dan keluarga kecilku (suami dan anak) tidak terkena penyakit-penyakit tidak menular seperti Stroke, Jantung, Kanker, Diabetes dan lainnya.

Untuk itulah aku beruntung banget, sudah diberi kesempatan oleh Komunitas Blogger Crony untuk ikut dalam event ini. Karena kita perlu banyak tahu informasi tentang pencegahan terhadap penyakit Diabetes dan juga cara untuk menanganinya kalau sudah terlanjur terkena Diabetes.

Tentang Diabetes dan Jenisnya 

Pada umumnya, penyebab dari sakit Diabetes itu adalah karena pola hidup yang tidak sehat atau pola makan yang buruk. Dan banyak orang yang tidak sadar kalau Kadar Gula Darahnya tinggi. Lalu tiba-tiba akan muncul gejala diabetes, yang tanpa kita sadari dan bahkan sampai ada yang sudah mengalami komplikasi.

Diabetes terbagi dalam 2 tipe, yaitu : Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2. Pada Diabetes Tipe 1 adalah gangguan yang disebabkan karena Pankreas tidak bisa memproduksi Insulin.

Sedangkan Diabetes tipe 2 adalah gangguan yang terjadi akibat karena tubuh tidak efektif menggunakan Insulin atau kekurangan Insulin. Dimana insulin disini seperti yang kita tahu sangat dibutuhkan tubuh kita untuk merubah gula (glukosa) menjadi sumber energi tubuh kita.

Jadi untuk pencegahan Diabetes, kita juga tidak diperkenankan untuk menghindari gula atau asupan gula. Karena Gula dibutuhkan untuk sumber energi tubuh kita.
Hanya saja kita harus bisa membatasi dalam mengkonsumsinya jika tidak ingin mengalami sakit Diabetes.

Pencegahan Diabetes 

Nah untuk itulah, maka kita perlu melakukan pengecekan dari awal, mulai dari kenali tanda-tanda Diabetes tipe 1 dan 2, yang kita rasakan terlebih dahulu, yaitu :

  • Badan akan merasa sering mudah lelah
  • Nafsu makan tak tertahankan, namun berat badan menurun
  • Sering buang air kecil
  • Dan sering merasa haus
  • Pandangan mata kabur
  • Adanya luka yang tidak kunjung sembuh
  • Sering mengalami infeksi pada kulit, saluran kemih, gusi atau vagina.
Kemudian agar kita tidak merasa kecolongan, atau merasa sehat namun sebenarnya kadar gula darah kita tinggi, maka hal yang harus kita lakukan adalah adalah :
  • Lakukan pengecekan kesehatan secara berkala
  • Menjauh dari asap rokok
  • Rajin beraktifitas fisik
  • Lakukan program diet dengan gizi seimbang
  • Istirahat yang cukup
  • Dan bisa mengelola stress

Pengobatan Diabetes :

Namun apabila penyakit diabetes sudah terlanjur kena ke diri kita atau keluarga, maka untuk pengobatannya, hal yang harus kita lakukan adalah :
  1. Lakukan pola hidup yang sehat, dengan memperhatikan pola makan dan olahraga teratur. Hal ini difokuskan untuk membantu mengontrol glukosa dalam darah
  2. Merawat luka jika terdapat adanya luka,  dan mengecek mata secara berkala, agar tidak terjadi komplikasi
  3. Melakukan pengobatan dengan menyuntikkan insulin pada lapisan dibawah kulit sekitar 3-4 kali sehari sesuai anjuran dokter
  4. Tindakan menyuntikan insulit tersebut harus dilakukan oleh ahlinya (dokter)
  5. Dalam mengkonsumsi obat-obatan Diabetes harus atas pengawasan dokter.
Jadi jangan sampai kita salah menafsirkan suatu penyakit dan obat penyembuhannya, sebelum kita mengkonsultasikan pada dokter.

Segala bentui ikhtiar berobat yang kita lakukan, harus didasari dengan riwayat medis yang dijelaskan oleh dokter yang merawat kita. Karena jika kita tidak mengetahui kondisi tubuh kita, dikhawatirkan akan timbul penyakit lain yang disebabkan oleh salah pengobatan.








0 komentar:

Posting Komentar