Selasa, 24 September 2019

Pilih Tempat Makan Favorit Melalui Aplikasi Germas PAS

Dijaman sekarang ini banyak sekali tempat-tempat kuliner yang sedang digemari anak-anak muda atau bahkan para orangtua seperti aku. Kemudian hal pertama yang akan kita lihat saat memilih tempat makan itu yang pasti kebersihannya dong yah.

Sosialisasi Aplikasi Germas PAS (Dok:pixabay) 

Kalo aku sih biasanya pasti akan memperhatikan kebersihan tempatnya dulu yang penting. Kemudian akan memilih tempat makan atau warung nasi yang memakai wadah makanannya, bukan menggunakan wadah berbahan plastik.

Karena kalo wadah plastik biasanya akan sulit dibersihkan jika dipakai untuk makanan yang mengandung minyak. Dan bau bekas lemaknya akan tercium dari jauh, duuhhh suka membuat selera makanku hilang jadinya. Dirumahku juga ada wadah berbahan plastik, tapi tentunya aku akan membersihkan wadah tersebut berkali-kali, sampai tidak terasa licin ditangan.

Jadi aku agak sedikit kurang yakin jika, pencucian wadah-wadah plastik di tempat makan itu akan terjamin kebersihannya. Dan biasanya, saat memasuki rumah makan tersebut, pasti aku akan mencium bau tidak enak dari wadah-wadah masakannya.

Hehehe… sampai sedetil itu yah yang aku perhatikan, ya karena aku juga tidak mau sembarangan mengkonsumsi makanan yang nantinya malah akan menimbulkan penyakit.

Memang sih yang namanya penyakit penyebabnya bisa macam-macam, tapi setidaknya kalau kita bisa memilih dan memilah mulai dari jenis makanan atau berhati-hati dalam soal kebersihan tempat makan atau restoran, In Sha Allah kita akan lebih terhindarkan dari penyakit-penyakit yang tidak kita inginkan.

Bukan hanya untuk diri kita sendiri kan, tapi untuk anak-anak dan keluarga tercinta kita juga. Nah untuk itu lah, ada banyak cara yang bisa kita lakukan, jadi sebelum memutuskan untuk membeli makanan atau bahan makanan, lebih baik pilih-pilih dulu tempat makan atau warung makan yang higienis.

Sosialisasi Aplikasi Germas PAS (dok.Pixabay)

Dan kalian mau tahu gak, kalo sekarang kita udah bisa pilih-pilih restoran atau tempat makan yang higienis dan aman untuk jadi pilihan kita pada saat santap siang atau malam.

Nah jadi buat para pembaca setia tulisanku, aku mau kasih tahu kalo sekarang sudah ada aplikasi yang diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tepatnya pada bulan Februari 2019. Namanya aplikasi "Gerakan Masyarakat Pangan Aman Sehat (Germas PAS)" dengan berbasis android. Oh iya kenapa berbasis android, karena aplikasi ini belum bisa diunduh melalui IOS.

Logo Aplikasi Germas PAS (dok.pri)


Inovasi Aplikasi Germas PAS

Aplikasi Germas Pas ini merupakan sistem aplikasi kesehatan berbasis mobile yang bertujuan memberi panduan dan informasi kepada lapisan masyarakat, terkait kesehatan pada umumnya dan juga sanitasi tempat makanan atau jajanan pada khususnya. 

Dengan adanya aplikasi ini, tentunya sangat memudahkan bagi masyarakat untuk bisa mendapatkan informasi, tentang memilih tempat makanan yang sudah terjamin kebersihan dan kesehatannya melalui data-data yang akurat, lengkap, dan akan selalu di update secara berkala. 

Caranya juga sangat mudah, kita bisa mengaksesnya melalui Handphone atau telepon genggam saja. Jadi siapa pun juga bisa mengaksesnya jika sudah mendownload Aplikasinya.

Lalu ada fitur-fitur apa saja sih yang ada didalam aplikasi Germas PAS ini?

Untuk fitur-fitur lengkapnya akan aku jelaskan di akhir tulisan ini nanti, tapi sebelumnya aku akan membahas terlebih dahulu tentang penjelasan dari beberapa orang narasumber yang hadir di acara yang aku ikuti bersama teman-teman dari Bloggercrony Community, beberapa hari yang lalu.

Bloggercrony Community (dok.BCC)

Event yang bertema tentang "Sosialisasi Aplikasi Germas PAS" ini berlangsung di Hotel Holiday Inn Gajah Mada yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Germas.

Menurut narasumber yang pertama yaitu dr. Kirana Pritasari, MQIH sebagai Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat, mengatakan bahwa “Pada tahun 2017 menurut data sumber KLB keracunan pangan, persentase paling tinggi adalah berasal dari pangan rumah tangga, dan ada sebanyak 36% kasus yang terjadi. Dan ditahun 2018, sumber keracunan pangan juga masih dari pangan rumah tangga yang mendominasi.” Wow mengapa demikian yah?

dr. Kirana Pritasari (dok.@fennybungsu)

Hal tersebut terjadi karena adanya keasalahan dalam proses pengolahannya, dari mulai bumbu, sayuran dan juga alat masaknya apakah sudah benar-benar higienis. Seperti misalnya, jika lauk pauk yang sudah dimasukan ke dalam lemari es atau freezer, lalu dikeluarkan untuk diolah. Kemudian dimasukan kembali ke dalam kulkas, ternyata itu bisa menjadi penyebab penyebaran bakterinya.

Jadi sebaiknya, semua harus langsung di proses atau diolah menjadi makanan. Nah contoh kecil seperti itulah yang bisa menyebabkan penyakit yang tanpa kita sadari. Kemudian masakan yang sudah jadi pun, jika dimasukan ke dalam kulkas, penyimpanannya juga harus benar dan hati-hati.

Sosialisasi Aplikasi Germas PAS (dok: pixabay)

Nah untuk itu lah maka kita sangat perlu sekali  mengetahui informasi yang benar dan lengkap mengenai pengolahan makanan secara benar. Dan penjelasan tentang hal tersebut, akan dijelaskan oleh Narasumber yang kedua yaitu bapak Aji perwakilan dari Dinas Kesehatan yang akan membahas tentang “Pembinaan dan Pengawasan Higiene Sanitasi Pangan di Provinsi DKI Jakarta."

Beliau menjelaskan bahwa dalam hal ini, pihak-pihak yang harus bertanggungjawab tentang menjaga keamanan pangan adalah :
Pemerintah, Pengusaha Makanan dan Masyarakat.

Bapak Aji dari Dinas Kesehatan (dok.pri)

Keterkaitan pemerintah dalam hal pengawasan Tempat Pengelolaan Makanan (TPP) ini, terbagi sesuai dengan tanggungjawab bagiannya masing-masing, seperti :

  • Untuk pangan segar akan diawasi langsung oleh kementan, KKP dan Kemendag
  • Untuk pangan olahan siap saji akan diawasi langsung oleh Kementerian Kesehatan
  • Untuk pangan olahan kemasan akan diawasi langsung oleh BPOM dan Kementrian Perindustrian 

Untuk itu, bagi para pengusaha makanan atau jasaboga ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk bisa diakui bahwa, produk makanannya layak untuk dipasarkan, yaitu :

  • Wajib memiliki Sertifikasi Laik Higiene Sanitasi yang merupakan bukti tertulis yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang terhadap jasaboga yang memenuhi persyaratan perundang-undangan
  • Sertifikat laik higiene tersebut harus diterbitkan melalui Pemerintah Daerah kabupaten atau Kota (Dinas Kesehatan)
  • Sertifikasi laik higiene layak diterbitkan apabila sudah memenuhi syarat.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk penerbitan sertifikasi laik higiene sanitasi adalah :

  1. Makanan Jajanan merupakan makanan atau minuman yang diolah oleh para pengrajin makanan ditempat penjualan yang disajikan sebagai makanan siap santap untuk dijual kepada masyarakat umum, selain yang dfisajikan oleh jasaboga, rumah makan atau restoran dan hotel
  2. Sentra Makanan Jajanan merupakan lokasi tertentu yang digunakan oleh sekelompok pedagang makanan jajanan.

Apa sih yang dimaksud Higiene Sanitasi tersebut?

Higiene Sanitasi merupakan suatu upaya untuk mengendalikan faktor risiko terjadinya kontaminasi terhadap makanan, baik yang berasal dari bahan makanan, orang, tempat dan peralatan memasak agar aman untuk dikonsumsi”

Untuk lebih jelasnya lagi, dibawah ini aku akan menjelaskan, seperti apa sih Tempat Pengelolaan Makanan (TPP) yang layak mendapatkan sertifikat laik higiene sanitasi yang dijelaskan oleh bapak Aji. Agar kita sebagai masyarakat yang awam pun, bisa mengerti dan ikut mengawasi tentang TPP tersebut, sebagai bentuk kepedulian kita terhadap kesehatan kita dan keluarga.

Mengenai Tempat atau Lokasi, ada beberapa syarat sebagai berikut :

  1. Lokasi TPP harus jauh dari sumber pencemaran seperti lokasi pembuangan sampah, lokasi pengelolaan limbah dan jalanan atau jalan raya
  2. Kemudian Sentra pedagang makanan jajanan harus sudah dilengkapi dengan fasilitas sanitasi, seperti : air bersih, tempat penampungan sampah, saluran pembuangan air limbah, toilet umum, dan fasilitas kebersihan untuk mengendalikan lalat dan tikus
  3. Penentuan lokasi pedagang sentra pedagang makanan jajanan harus ditetapkan oleh Pemerintah Daerah.

Mengenai Koki/Chef/Penjamah Makanan, juga tidak luput dari pengawasan Dinas Kesehatan, karena mereka adalah orang yang bersentuhan langsung dengan makanan.
Jadi tentunya ada beberapa syarat yang harus diperhatikan juga, yaitu :

  1. Harus mengikuti kursus tentang menjamah makanan
  2. Kondisi tubuh harus sehat atau tidak sedang menderita penyakit menular atau penyakit kulit
  3. Harus memeriksa kesehatannya secara rutin
  4. Harus menggunakan pakaian kerja saat mengelola makanan
  5. Harus selalu mencuci tangannya menggunakan sabun
  6. Tidak boleh merokok saat sedang mengolah makanan
  7. Harus menggunakan alat saat menjamah makanan (tidak boleh bersentuhan dengan kulit tangan langsung)
  8. Kuku harus selalu bersih, dipotong pendek dan tidak menggunakan kutek
  9. Tidak menggunakan cincin dan gelang atau asesoris pada saat mengolah makanan

Mengenai Perlengkapan atau Alat Pengolahan Makanan, juga hal yang paling harus sering kita perhatikan. Oleh karena kenapa aku suka sampai sedetail itu mengecek wadah penempatan makanan yang ada disetiap warung makan atau restoran, adapun syarat-syaratnya adalah :

  1. Peralatan yang dipakai untuk mengolah makanan harus sesuai dengan peruntukkannya, dan sudah memenuhi syarat hygiene sanitasi
  2. Menjaga kebersihan peralatan untuk mengolah makanan, maka kita harus : menggunakan peralatan yang sudah dicuci bersih dengan sabun cuci khusus, kemudian harus dikeringkan dengan lap bersih, lalu disimpan ditempat yang terbebas dari sumber pencemaran
  3. Dilarang menggunakan kembali pealatan yang sudah dipakai dan dirancang untuk sekali pakai.

Mengenai Bahan Makanan, syarat yang harus diperhatikan adalah :

  1. Air yang digunakan untuk memasak atau membersihkan bahan makanan harus air yang memenuhi syarat kesehatan atau memenuhi standar kesehatan
  2. Bahan-bahan makanan yang diolah juga harus dalam keadaan baik kualitasnya, segar atau tidak busuk
  3. Lalu bahan olahan dalam kemasan yang diolah menjadi makanan harus terdaftar di BPOM atau SP-PIRT, juga perhatikan tanggal kadaluwarsanya, dan kemasan tidak cacat atau rusak.

Nah semoga dengan penjelasan diatas kita menjadi lebih paham dan bisa mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, khususnya bagi yang mau membuka usaha makanan atau Jasaboga.

Fitur-Fitur Aplikasi Germas PAS

Baiklah sesuai janjiku diatas, dibawah ini aku akan menuliskan tentang beberapa fitur-fitur Aplikasi Germas PAS tersebut, yang dijelaskan oleh ibu Tutut Indra Wahyuni, SKM, M.Kes sebagai Kasubdit Penyehatan Pangan Direktorat Kesling, Kementerian Kesehatan.

Ibu Tutut Indra Wahyuni, SKM, M.Kes (dok.pri)
Menurut penjelasanya, TPP yang masuk ke dalam Germas PAS adalah yang sudah memenuhi syarat inpeksi kesehatan lingkungan, seperti yang sudah aku jelaskan tadi yaitu mengenai orangnya, tempatnya dan peralatannya.

Kemudian foodhandler atau orangnya sudah dilatih dan sudah mempunyai sertifikat. Dan syarat yang terakhir yaitu adanya pemeriksaan laboratorium biologi atau kimia.

Untuk fitur-fitur yang ada dalam aplikasi Germas PAS adalah :

Informasi TPM
Menyajikan informasi lengkap tentang tempat-tempat makanan yang sudah mempunyai sertifikat resmi dari Pemerintah

Daerah Pencarian TPM
Bagi pengguna yang sudah download dapat mencari tempat-tempat makanan disekitar tempat tinggalnya sendiri

Peta atau Lokasi
Jika pengguna ada dilokasi tertentu, maka dapat mengecek tempat makan yang sudah mempunyai sertifikat laik higiene sanitasi pangan

Rating dan Review
Kemudian pengguna juga bisa langsung memberikan rating dan review tentang tempat makan yang sudah tersedia dalam aplikasi Germas PAS

Papan Informasi
Fitur ini berisi tentang informasi dan berita terkini tentang Germas PAS yang akurat dan akan selalu diperbaharui dan di share secara berkala

Sharing Sosmed
Fitur ini memberikan ruang kepada pengguna untuk menyebarkan informasi yag tersaji secara lengkap dan akurat ke berbagai platform sosial media penggunanya

Fitur Aplikasi Germas PAS (dok.pri)

Nah itulah beberapa fitur-fitur dalam aplikasi Germas PAS yang bisa kita download secara langsung dan gratis di Playstore. Sangat mudah diakses dimana pun kita berada, dan tentunya informasi didalamnya akan sangat berguna bagi para traveler, dalam hal mencari tempat-tempat makanan yang sudah aman  dan berada didalam ruang lingkup persyaratan Germas PAS.

Baiklah semoga informasi ini berguna dan dapat dipahami dengan jelas oleh para pembaca setiaku, jika ada pertanyaan terkait tulisan ini, silahkan tinggalkan komentarnya dikolom yang sudah disediakan yaahhhh. Terimakasih



       

0 komentar:

Posting Komentar