Jumat, 23 November 2018

Film Animasi Karya Anak Bangsa Kini Hadir Di Creative Room BBPLK Bekasi

Senangnya mendengar anak-anak milenial Indonesia sekarang sudah mulai aware terhadap perkembangan psikologis anak dibawah usia 13 tahun. Seperti yang akan aku ceritakan didalam tulisan ini tentang film Animasi Karya Anak Bangsa, yang telah hadir di Creative Room BBPLK (Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja) Bekasi.


Animasi Karya Anak Bangsa
Creative Room di BBPLK Bekasi (sumber:@blkbekasi_kemnaker) 

Wah Bekasi sekarang semakin bergengsi dong ya, dengan hadirnya Creative Room yang dikhususkan untuk anak muda milenial yang ingin berkreasi. Peresmian Creative Room di BBPLK Bekasi tersebut, berlangsung pada tanggal 16 November 2018, yang diresmikan langsung oleh bapak Mentri Ketenagakerjaan yaitu bapak Hanif Dhakiri bersama bapak Drs. Bambang Satrio sebagai Direktur Jendral BBPLK Bekasi.


animasi karya anak bangsa
Proses Peresmian BBPLK Belasi (sumber:@blkbekasi_kemnaker)

Launching Film Animasi Karya Anak Bangsa

Peresmian Creative Room ini juga sekaligus Launching film Animasi “Nano Milenial Force” karya anak-anak binaan BBPLK Bekasi, yang terdiri dari 32 orang. Dimana anak-anak binaan tersebut berasal dari daerah Jabodetabek dan salah satunya ada yang dari Aceh.

Oh iya dalam acara peresmian tersebut juga banyak sekali anak-anak TK yang hadir, karena memang film Animasi Karya Anak Bangsa ini, ditujukan untuk anak-anak dibawah 13 tahun. Dan menurut bapak Mentri Hanif Dakhiri, rencananya tahun ini akan dibuat 2 film animasi, dan salah satunya adalah "Nano Milenial Force" yang sudah tayang di Youtube.


Peresmian Creative Room sekaligus Launching Film "Nano Milenial Force(sumber:@blkbekasi_kemnaker)

Wah ini sih kebetulan banget untuk aku sendiri yang sudah mulai merasa khawatir tentang perkembangan kecerdasan anakku. Karena saat ini aku selalu memikirkan tentang tontonan film atau acara-acara hiburan di Youtube, dan khawatir anakku melihat tontonan yang kurang layak untuk anak-anak. Walaupun memang  masih ada tontonan anak-anak yang melegenda dari jaman dulu sampai dengan sekarang, seperti film upin upin  yang mempunyai unsur edukasinya.

Akan tetapi tetap saja kekhawatiran itu ada, bagi semua orang tua seperti aku ini. Karena dengan kesibukan aku yang terkadang lalai untuk memperhatikan anakku, dan seringnya membuat aku tidak tenang memikirkannya. Dan hal yang mengganggu pikiranku adalah dampak negatif yang akan timbul dikemudian hari.

Sehingga membuat aku merasa harus sering-sering bertanya, seperti : "kamu sedang nonton apa sih nak, ko serius sekali sampai tidak bersuara". Dan alhamdulillahnya, anakku selalu menjawabnya sambil memperlihatkan tontonannya. Walaupun terkadang juga aku suka berlebihan  cara mempertanyakannya, karena rasa keingintahuan aku yang cukup besar.

Tapi tentu itu sangat wajar sih, karena selain untuk mengontrol, kita juga bisa menjaga ikatan bounding dengan memberikan perhatian kita, agar si anak bisa membatasi tontonannya. Dan ada cara-cara tertentu untuk mempertanyakannya, agar si anak pun tidak merasa risih dengan pertanyaan-pertanyaan orangtuanya.

Sebagai contoh, pertanyaan yang sering aku tanyakan adalah, “kenapa kamu suka dengan film itu nak?” atau “ada cerita menarik seperti apa didalam film yang sering kamu tonton itu?”. Dan setelah anakku bercerita dengan antusiasnya, biasanya aku memberi masukan tentang film-film yang pantas untuk ditonton anak-anak, seperti misalnya film-film Edukasi.

Seperti halnya film Animasi Karya Anak Bangsa dari BBPLK Bekasi. Dalam film tersebut, terkandung pesan moral untuk melatih Kemandirian, Kedisiplinan, Ketahanan Mental dan uji serta sikap profesionalisme yang memang harus diterapkan sedini mungkin kepada anak-anak dalam masa pertumbuhannya.

Penggalan Cerita Dalam Film "Nano Milenial Force"

Ide cerita dalam film animasi karya anak bangsa yang pertama ini, diawali dengan cerita 3 orang anak bernama Nano, Yoko, dan Aris yang tersesat ketika sedang berjalan-jalan di suatu tempat wisata Kuil Kiyomizu Dera di Kyoto, Jepang. Dimana, kuil tersebut adalah peninggalan Warisan Dunia UNESCO, yang berupa bangunan kayu tua dan menyimpan banyak Misteri, sehingga membuat ke tiga orang anak peserta magang dari Indonesia tersebut tersesat.


animasi karya anak bangsa
4 Tokoh Utama Dalam flm "Nano Milenial Force" (sumber:@blkbekasi_kemnaker)

Kemudian mereka bertemu dengan seorang anak perempuan yang bernama Hanida, yang secara tidak sengaja bertemu dengan 3 anak magang yang tersesat.  Peran seorang Hanida digambarkan sebagai karakter perempuan yang mempunyai sikap mengayomi. Dia mengajarkan tentang sikap Kemandirian, Disiplin, Tahan uji serta sikap profesional, seperti yang sudah aku jelaskan diatas.

Dibawah ini cuplikan atau teaser film Animasi Karya Anak Bangsa "Nano Milenial Force" :



Nah sudah bisa tergambar kan, bahwa secara tidak langsung atau melalui film Animasi Karya Anak Bangsa tersebut, ada pelajaran moral yang bisa diterapkan untuk anak-anak kita. Dalam hal tujuan pembuatan film animasi tersebut, pemerintah didalam Kementrian Ketenagakerjaan tentu menginginkan agar para generasi penerus bangsa Indonesia mempunyai keahlian yang kreatif, mengingat sekarang perkembangan tekhnologi semakin pesat.

Dan Industri kreatif saat ini sangat diminati oleh masyarakat dalam berbagai kalangan, sehingga hal tersebut bisa dapat meningkatkan perekonomian nasional. Karena peminat Industri Kreatif di era milenial ini, lebih di dominasi oleh anak-anak muda berbakat, apalagi karya-karya animasi saat ini perkembangannya juga cukup pesat.

Terlihat dari karya special effectnya yang sangat berkualitas, dan tentunya itu semua merupakan hasil karya Sumber Daya Manusia dari animator-animator hebat yang mempunyai kemampuan kreatif dan unik. Terlebih peminat film animasi juga semakin meningkat, baik untuk serial televisi maupun iklan-iklan komersil. Oleh sebab itu BBPLK Bekasi menyediakan sarana pelatihan untuk meningkatkan keahlian para calon animator, agar dapat memenuhi standar dalam industry kreatif.

Kategori Pelatihan Untuk Sumber Daya Manusia di BBPLK Bekasi


Serta juga untuk mempersiapkan penyerapan tenaga kerja dalam bidang industri animasi. Dimana tenaga kerja atau Sumber Daya manusia yang dibutuhkannya, terdiri dari : 
  • Wilayah Jabodetabek sekitar 300 orang
  • Malang dan Surabaya sekitar 200 orang
  • Bali sekitar 150 orang
  • Yogyakarta sekitar 250 orang
  • Bandung sekitar 250 orang
  • Banten sekitar 100 orang
  • Wilayah diluar Jawa dan Bali sekitar 350 orang

Sedangkan untuk bidang kemampuan atau skillnya dalam Asosiasi Industri Animasi dan Kreatif Indonesia (AINAKI), membutuhkan beberapa kategori pekerja untuk pelatihan-pelatohan sebagai berikut :
  • 3D Modelling membutuhkan sekitar 20%
  • 3D Animasi membutuhkan sekitar 30%
  • Rigging membutuhkan sekitar 10%
  • 2D Animasi membutuhkan sekitar 20%
  • 2D Background membutuhkan sekitar 10%
  • Pre-Production 1 (Character Design) membutuhka 2%
  • Pre-Production 2 (Screen writing) membutuhkan 1%
  • Pre-Production 3 (Storyboarding & Set) Prof Design membutuhkan 3%
  • Compositing, Rotoscoping, Removal, 2D Tracking, 3D Tracking membutuhkan 2%
  • Interactive Publishing membutuhkan 2% (HTML 5, Scrom, Flash dan Java.


Dari semua kategori pelatihan diatas, BBPLK Bekasi lebih memfokuskan pada pelatihan Movie Animator, yang membutuhkan skill antara lain : 3D Modelling, 3D Animate, 3D Rigging, Editing & VFX, Storyboarding, Character Design dan Teaching Factory. Oleh karenanya, dengan adanya pelatihan-pelatihan tersebut diharapkan agar hasil karya animator tersebut dapat juga diakui kualitasnya oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja di bidang Animasi.

Nah baiklah untuk para generasi penerus bangsa di Indonesia, tunggu apalagi. Segera manfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Kementrian Keternagakerjaan dan BBPLK Bekasi, yang akan melahirkan hasil karya anak bangsa Indonesia secara berkualitas. Karena perlu diingat bahwa kesempatan untuk menuju kunci kesuksesan tidak akan datang berkali-kali, melainkan hanya dengan niat dan usaha, maka kesuksesan tersebut Insha Allah ada didalam genggaman masa depan anak-anak.


2 komentar:

  1. Kapan lagi menjadi animator yang profesional yang animasi karya anak bangsa bisa di nikmati oleh orang banyak

    BalasHapus
  2. Aih keren banget ini. Coba ah aku cari film nya di youtube

    BalasHapus