Rabu, 19 September 2018

Dapur Pelangi Ambhara Hotel, Sajikan Hidangan Western Dan Tradisional

Hidangan makanan Hotel berbintang, pasti akan selalu identik dengan cita rasa masakan western. Karena alasan yang paling mendasar adalah, hotel-hotel di Indonesia pasti akan selalu menerima tamu-tamu dari luar. Tapi lain halnya di Dapur Pelangi Hotel Ambhara, disana tidak hanya menyajikan makanan western saja, menu makanan tradisional pun akan selalu terhidang setiap harinya. 


Dapur Pelangi Ambhara Hotel (dok:@ambharahoteljakarta) 

Makanan tradisional khas Indonesia yang selalu hadir, dan  bahkan wajib ada di Dapur Pelangi ini adalah menu makanan Padang dari Restoran Padang Nasi Bundo. Waahhh….aku cukup kaget juga pada saat mendengar ada lauk Nasi Padang yang juga salah satu makanan favorit aku, tersedia di Dapur Pelangi Hotel Ambhara.

Menu makanan tradisional, memang sering juga dijumpai di beberapa restoran-restoran hotel, tapi terus terang baru kali ini aku bisa mencicipi masakan Padang yang ada di hotel berbintang seperti Ambhara Hotel. Tentu saja ada alasannya dong, kenapa masakan trasional ini wajib ada di Resto Dapur pelangi Ambhara Hotel.

Daftar Menu Makanan Dapur Pelangi Ambhara Hotel 


Sebelum aku menjelaskan tentang alasan kenapa masakan Padang selalu hadir di Dapur Pelangi, terlebih dahulu aku akan menjelaskan tentang makanan western apa saja yang ada disini. Karena sistem penyajian menu makanan di Dapur Pelangi akan selalu berubah setiap bulannya, dan bulan ini giliran makanan Western Food Festival menjadi hidangan utama selama bulan September.

Oh ya Selain Dapur Pelangi, ternyata Ambhara Hotel mempunyai 4 outlet lainnya yang berada di daerah sekitaran Jakarta, yaitu Seruni Lounge yang berada di Melawai, Nirwana Lounge yang berada di Menteng, Restoran Padang Nasi Bundo yang berada di Pasaraya Grande Lt. LG, dan Baron’s Pub yang lokasinya berada di dalam Ambhara Hotel.

Lalu untuk menu-menu yang tersaji di deretan meja prasmanan restoran Dapur Pelangi Ambhara Hotel adalah sebagai berikut :

Nasi Basil 

Namanya Nasi Basil ya, bukan Nasi Basi. Hehehe… Tentunya nasi menjadi yang paling pertama aku bahas,  karena bagi sebagian prang Indonesia makan tanpa nasi, terasa belum makan seharian katanya. hehehe....


Nasi Basil Dapur Pelangi (foto:@imawan)

Jadi nasi ini rasanya agak mirip nasi goreng tapi ada rasa rempah daun basil yang menjadi ciri khas makanan Italy. Biasanya kan makanan Italy memang selalu identik dengan daun daun seperti basil, oregano dan lain-lain. Nasi Basil ini rasanya lumayan pedas, tapi  jika tidak menyukai nasi basil ini, disana juga tersedia nasi putih loh.

Matzo Beef Ball

“Daging giling ini yang melambai terus minta dimakan”…haha. Sejak wadah berisi makanan-makanan itu di buka dan dipersilahkan untuk dicicipi, aku langsung tertarik sama Matzo Beef Ball ini, dan ternyata emang rasanya enak banget, walaupun dibalut saus merah dan cabe, tapi so far rasa pedasnya aman kok, aku rasa anak kecil pun bisa menikmati makanan ini.

Vegetable Au Gratin 

Nah karena menu yang dihadirkan adalah hidangan western, jadi sayurannya juga berupa brokoli dan kembang kol yang diberi soup cream, jadi cita rasa creamynya tetap dapet dalam penyajian sayurannya. Tapi ada juga sup lain yang berkuah di Dapur Pelangi tersebut, yaitu Onion Soup dan mushroom soup, sayangnya kedua sup itu tidak sempat aku cicipi.

Southern Fried Chicken Blue Cheese Sauce

Fried Chicken satu ini tidak sempat aku cicipi karena perutku udah sangat-sangat kenyang pada saat itu, tapi ini sebagai info saja untuk kalian. Seandainya perutku masih memungkinkan untuk diisi pasti makanan ini tidak akan aku lewatkan. Tapi untuk karakternya, Fried Chicken ini berupa ayam goreng tepung yang disajikan dengan Blue Cheese Sauce.

Fritto Misto

Untuk makanan ini, kalo kata chefnya, yaitu makanan gorengannya orang Italy. Wah keren juga ya, gorengan disana isinya bergizi banget, karena gorengannya orang Italy ini isinya macam-macam. Ada Udang Goreng Tepung Crispy, Cumi Goreng Tepung Crispy dan Ayam Goreng Tepung Crispy juga. Saat itu aku mencicipi udang tepung crispynya, dan rasanya sangat cruncy sekali deh pokoknya.

Nah itu dia macam-macam makanan western yang utama, yang biasa dinikmati bersama nasinya. Sedangkan untuk makanan Western yang berupa Pasta, disana juga tesedia Pizza, Burger, Salmon Encroute, Assorted Bread Serta Cemilan ringan seperti Lavos dan Cheese Stick.

Namun tidak semua juga makanan pasta tersebut aku cicipi, karena perutku sudah tidak bisa menampung lagi. Jadi aku hanya mencicipi Pizza, Salmon Encroute dan Cheese Stick. 

Pizza

Untuk Pizza tentu rasanya hampir sama dengan rasa pizza lainnya, yang membedakan pizza di Dapur Pelangi ini adalah potongan toping besar-besar tapi rotinya tipis namun tetap empuk. Jadi berasa banget deh rasa topingnya yang terdiri dari sosis, jamur kancing dan paprika yang dibalut dengan keju mozzarella


Pizza Dapur Pelangi (dok:pri) 

Salmon Encroute

Untuk makanan ini cukup unik, karena ikan salmonnya dibalut sayur bayam yang ditumbuk (dipotong kecil-kecil) dengan rasa creamy dan keduanya kemudian di balut kulit pastry, lalu disajikan dengan sauce tar tar yang creamy dan ada sedikit asam.


Salmon Encroute Dapur Pelangi (dok:pri) 

Cheese Stick

Nyam…Nyam…kalau inget rasa Cheese stick ini, benar-benar membuat aku ingin balik lagi ke Dapur Pelangi deh, karena aku suka banget sama Cheese Sticknya, apalagi kalau dimakan bareng Ice Creamnya, ada rasa lain dari biasanya, aahhh...pokoknya enak banget deh, kalian harus coba langsung.

Nah sekarang kita lanjut dengan menu masakan tradisional Dapur Pelangi yang sudah aku sebutkan diatas yah, yaitu menu makanan Padang dari Nasi Bundo Menu makanan Padang disini, setiap hari juga berubah dan pada saat itu untuk nasinya tersedia Nasi Merah. Nasi ini cocok banget untuk yang sedang diet karbo dan untuk yang mempunyai penyakit kolesterol yah.


Menu Makanan Padang Dari Nasi Bundo (dok:@ambharahoteljakarta) 

Jadi bisa menyeimbangkan dengan lauknya seperti yang tersedia disana, yaitu : Daging Rendang, Telor Balado, Ayam Opor Bumbu Kuning dan juga untuk lalapan atau sayurannya disana ada Terong Cabai Hijau.


Daging Rendang Khas Nasi Bundo (dok:@ambharahoteljakarta)  

Nah tentang menu Padang ini, satu hal yang mau aku ceritakan tadi, kenapa menu ini wajib ada setiap hari. Alasannya karena Owner atau pemilik Hotel Ambhara ini berasal dari Sumatra, tepatnya beliau berasal dari Padang yaitu Bapak Dipo Latief yang merupakan salah satu anak dari Bapak Abdul Latief mantan Mentri Pariwisata yang menjabat beberapa tahun yang lalu. 

Kepengurusan Hotel Ambhara ini dibawah payung ALatief Corporation dan terletak di kawasan Blok M. Oleh sebab itu, menu Padang sangat kental sekali berada di setiap bisnis restorannya, selain tersedia di Dapur Pelangi juga tentu ada di Restoran Padang Nasi Bundo, yang sudah aku sebutkan diatas.

Oleh karena itu, mereka juga menyediakan Daging Rendang dalam bentuk Box untuk oleh-oleh yang bisa dibawa pulang oleh para tamu hotel dan di bandrol dengan harga hanya Rp. 65.000 nett/Box. Dan Daging Rendang ini menjadi menu favorit di Dapur Pelagi Ambhara Hotel.

Kudapan atau Snack Hidangan Dapur Pelangi

Baiklah sekarang aku akan bahas mengenai Kudapan atau Snack manis dan segar yang disediakan di restoran Dapur pelangi Ambhara Hotel. Snack pertama yang aku temui disana ada Apple Strudel. Snack ini juga menjadi favorit para tamu-tamu yang sudah pernah singgah di hotel tersebut, yang pada akhirnya Apple Strudel pun dibuat juga dalam bentuk Box dan dibandrol dengan harga Rp. 65.000 nett / box.


Apple Strudel Ambhara Hotel (dok:@ambharahoteljakarta) 

Apple Strudel ada berbagai macam varian rasa isiannya yaitu : Apple, Cakalang dan Rendang. Nah kalau untuk rasa Cakalang dan Rendang aku belum nyoba sih, aku nanti berniat mau kesana lagi sih bareng keluargaku. Karena di bulan September ini dari mulai tanggal 11-23 September sedang ada Promo Buffet All You Can Eat dengan discount 50% untuk hari Sabtu dan Minggu.

Oh iya selain Apple Strudel tadi, makanan kudapan lainnya yang juga tersedia disana, ada berbagai macam pilihan Salad, Cake manis seperti Cheese Cake, Kue Jajanan Pasar, Puding. Sedangkan untuk minumannya juga tersedia minuman dingin dan menyegarkan, yaitu : Ice Cream, Es Jeruk dan Es Cendol.

Lebih unik lagi, disana juga tersedia Sup Dingin berupa Jus Sayur dan buah, yang disajikan dan diminum dalam keadaan dingin. Namun sup ini tidak tahan lama, jadi harus habis dalam beberapa jam saja. 


Sup Dingin Segar Dari Sayur dan Buah (dok:pri)

Waahh….pokoknya dalam menu All You Can Eat itu, kalian sudah bisa menikmati semua hidangannya hanya dengan harga Rp. 350.000 nett/orang, tapi khusus untuk tamu hotel mendapat harga special yaitu Rp 185.000 nett/orang. Nah bagi kalian yang tidak menginap dan tidak mendapat harga khusus tersebut, kalian bisa manfaatkan promo discountnya dihari Sabtu atau Minggu.


Ambhara Hotel Jakarta


Sedikit informasi tentang Ambhara Hotel Jakarta ini, merupakan Hotel Bintang 4 yang berlokasi di kawasan Blok M Jl. Iskandar Raya No.1, tepatnya berada di depan Mall Pasaraya Grande. Tempatnya sangat strategis sekali sih untuk para tamu asing mau pun lokal.


Grand Balroom Ambhara Hotel (dok:@ambharahoteljakarta) 

Dengan gaya arsitektur yang classy ini, Ambhara Hotel memiliki kamar 225 dan juga 19 ruangan metting room serta 1 ruangan Grand Ballroom yang biasa dipakai untuk event wedding dan lain-lain. Untuk mengetahui info selanjutnya mengenai tarif kamar dan sebagainya, kalian bisa cek websitenya di Disini

Nah jadi kalian mau ajak siapa nih untuk Lunch atau Dinner menikmati makanan western dan rendang di Dapur Pelangi Ambhara Hotel ? 
Jawab dikolom komentar yaaa.... 


1 komentar:

  1. Mpo baru mau sahur, lihat blog yang menyajikan menu dapur pelangi ambhara hotel jadi lapar. Menu nasi bundo dan westren mengoda buat di cicipi

    BalasHapus