Jumat, 18 Mei 2018

Cara Cepat Dan Akurat Untuk Mengetahui Laporan Keuangan UKM Melalui Aplikasi LAMIKRO

Dulu saat masih kuliah di jurusan Ekonomi Akuntansi Keuangan, aku termasuk mahasiswa yang tidak bisa dengan mudah mengerti cara membuat laporan keuangan. Padahal kalo diseriusin sih, sebenarnya gampang banget membuat laporan keuangan. Walaupun memang terlihat rumit, tapi jika kita telusuri satu persatu caranya, malah gampang dan seru mengerjakannya.


Dok. Ditjen Kebudayaan

Lalu setelah lulus kuliah dan mulai bekerja disuatu perusahaan swasta, aku langsung ditempatkan diposisi Staf Accounting. Awalnya aku ragu dan tidak percaya diri, apakah aku bisa melakukan perkerjaan ini, walaupun posisiku sesuai dengan bidang mata kuliah yang kupelajari.

Aku berpikir ini real perusahaan, yang artinya menghitung keuangan perusahaan secara nyata. Sementara saat masih kuliah aku menghitung keuangan perusahaan fiktif atau bohongan. Jadi rasa ketidak percayaan diri inilah yang selalu membuatku grogi saat melakukannya.

Namun jika aku terus-terusan tidak percaya diri, mau sampai kapan aku bisa mempraktekan cara menghitung Aset perusahaan yang sebenarnya. Karena ilmu ini, akan sangat berguna sekali jika aku bisa mempunyai usaha milik sendiri. Aamiin…

Alhamdulillah, setelah beberapa bulan bekerja, akhirnya sedikit demi sedikit aku bisa mempelajari bagaimana cara menghitung pemasukan dan pengeluaran perusahaan sampai kemudian akan diketahui laba/ruginya perusahaan tersebut, bahkan sampai ke perhitungan pajaknya pun aku diberi tanggung jawab untuk bisa menghitungnya.

Sebagai karyawan baru yang belum mempunyai pengalaman bekerja, sebenarnya aku senang diberi kepercayaan seperti itu, namun balik lagi ke masalah kepercayaan diri. Aku selalu merasa takut kalo perhitungan aku salah, walaupun cara mengerjakannya hanya tinggal menginput data pemasukan dan pengeluaran perusahaan, dan nanti akan secara langsung terhitung secara otomatis dalam program komputer yang sudah ada.

Cara bekerja program komputer itu memang sangat memudahkan karyawan dalam bekerja, serta prosesnya juga akan lebih cepat. Jadi kalau si Bos ingin tahu laporan keuangan perusahaan sementara, maka staf accounting akan langsung bisa memberikan laporannya. 

Tapi walaupun menggunakan program komputer untuk menghitung keseluruhannya, tetap lah kita yang harus memperinci satu persatu bagian-bagian dari neracanya, dimulai dari Aset perusahaan, pemasukan dan pengeluaran perusahaan, kewajiban perusahaan dan lain-lain. Jika ada kesalahan sedikit saja dalam menginput data, maka akan berpengaruh pada hasil perhitungannya laba/ruginya.

Resikonya, aku harus mengulang kembali perhitungannya dari awal, dan itu akan memakan waktu lebih lama. Serius loh, pengalaman ini pernah terjadi, aduh pokoknya sangat menguras otak dan energiku, sampai aku tidak bisa tidur memikirkan masalah tersebut, karena si Boss marah besar pada saat itu….huhuhu.

Nah kenapa aku jadi teringat perististiwa itu dan ingin menceritakan pengalaman saat-saat aku menjadi staf accounting suatu perusahaan. Pasalnya beberapa hari yang lalu aku hadir dalam event launching Aplikasi LAMIKRO, yang diselenggarakan oleh Kementrian Koperasi dan UKM RI.

Para Narasumber dan Perwakilan Kemenkop (dok.pri)

Dalam  event ini telah hadir beberapa orang Narasumber, yaitu :

  1. Ibu Tia Adityasih sebagai Ketua Ikatan Akuntansi Indonesia
  2. Bapak Anang Rachman sebagai Kepala Bidang Lembaga Kewirausahaan Deputi SDM Kemenkop & UKM 
  3. Pelaku Usaha Nala

Para Narasumber dan Perwakilan Kemenkop (dok.pri)

Betapa beruntungnya aku diberi kesempatan untuk hadir oleh MB. Communication Indoblognet. Karena bisa saja suatu hari nanti aku dan suami bisa mempunyai usaha sendiri, iya kan. Hehehe….Aamiin Ya Robbal alamiin.

Apa sih Aplikasi Lamikro tersebut?

Aplikasi Lamikro ini merupakan aplikasi laporan keuangan yang ditujukan untuk para pelaku UKM, untuk mempermudah proses pembukuan dalam usahanya. Jadi jika kita mempunyai usaha UKM, tidak perlu repot-repot menghitung secara manual untuk pembukuannya, karena aplikasi ini sangat membantu sekali untuk mengetahui hasil akhir keuangan UKM secara cepat dan akurat.


Aplikasi Lamikro

Aplikasi laporan keuangan sederhana untuk UKM ini, bisa diunduh secara gratis di Playstore serta cara mengaksesnya sangat mudah dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Atau kita juga bisa mengaksesnya melalui websitenya di : www.lamikro.com.

Ada beberapa manfaat yang bisa kita peroleh jika menggunakan aplikasi ini untuk menghitung keuangan UKM, yaitu :

  1. Dapat memonitor aktivitas keuangan UKM secara langsung, kapan saja dan dimana saja
  2. Proses pembuatan laporan keuangan akan lebih mudah, cepat dan efisien Aplikasi ini sangat praktis dan dapat menggantikan cara tradisional dalam pencatatan secara manual
  3. Prosedur penganggarannya pun lebih modern

Lalu apa saja sih aktivitas yang dapat dimonitor melalui aplikasi Lamikro?

Ada beberapa aktivitas didalam aplikasi ini, yang dapat mendukung proses pembuatan laporan keuangan UKM, antara lain :

ASET

Aset merupakan harta yang kita miliki, yang bisa kita gunakan dalam operasi suatu kegiatan usaha atau dapat diambil manfaat ekonominya untuk masa depan usaha kita. Aset ini bisa berupa gedung, kendaraan atau barang-barang berharga lainnya, yang dipakai untuk keperluan usaha.

LIABILITAS

Liabilitas merupakan catatan hutang yang harus dilunasi secara bertahap, berupa hutang jangka pendek atau panjang. Hutang ini bisa berupa Giro atau cek dan juga bisa berupa pajak penjualan yang belum terbayarkan. 

PENGHASILAN

Dalam suatu usaha tentunya jumlah penghasilan yang paling ingin kita ketahui, seberapa banyak penghasilan yang kita miliki dalam 1 bulan atau 1 tahun. Dari sini bisa kita ketahui, apakah usaha kita bisa dikatakan sehat atau justru malah merugi. Penghasilan yang sehat, dapat diukur dari meningkatnya Aset dan menurunnya Liabilitas untuk masa depan usahanya.

BEBAN

Beban (ekspense) merupakan berkurangnya pendapatan usaha, yang akan menghasilkan laba bersih sebelum adanya potongan pajak pada laporan Laba Rugi. Hal ini ditandai dengan banyaknya jumlah Beban pada neraca laporan keuangan usaha atau adanya kenaikan Liabilitis dan penurunan Aset.

EKUITAS

Ekuitas merupakan hasil keuntungan atau laba yang akan diperoleh pemilik usaha, setelah dikurangi Liabilitis dan Beban untuk kemudian akan dijadikan Aset. Nah didalam ekuitas ini, akan diketahui jumlah Aset usaha yang menjadi hak pemilik usaha, dan bisa digunakan untuk keperluan pribadinya.


Contoh fitur aktivitas Laporan Keuangan

Dari kelima aktivitas diatas, akan diproses melalui fitur-fitur yang terdapat didalam Lamikro, contohnya seperti yang tertera dalam gambar berikut ini :


Contoh salah satu fitur aktivitas Laporan Keuangan

Namun sayangnya, aku tidak dapat masuk ke dalam akun pembukuan Lamikro ini, karena saat pengisian data, aku tidak dapat mengisi kolom nama usaha UKMnya. Jadi buat kalian yang sudah mempunyai usaha UKM, bisa banget loh mencoba aplikasi Lamikro ini.

Jika kamu menghadapi kesulitan dalam proses aktivitas pembukuannya, maka tidak perlu khawatir, kamu boleh banget menghubungi Kontak Lamikro yang sudah tersedia didalam aplikasi tersebut, contohnya seperti gambar dibawah ini ya :


Nomor Kontak Lamikro

Nah bagaimana, cukup tertarik kan untuk mencoba aplikasi ini. Yuk segera download aplikasinya, dan selamat mencoba ya teman.





This entry was posted in

1 komentar:

  1. Apikasi ini pastinya sangat membantu para usahawan . apalagi download gratis

    BalasHapus