Senin, 14 Mei 2018

Alfatrex Jasa Kirim Barang Tercepat,Termudah Dengan Harga Terjangkau

Hai hai…buat para Shopper atau untuk para penjual online (E-Commerce), di Alfamart kini ada jasa pengiriman barang loh. Termasuk juga buat ibu-ibu rumah tangga seperti aku yang sesekali suka menggunakan jasa pengiriman barang.

Walaupun tidak terlalu sering, tapi terkadang aku suka bingung juga kalo mau kirim barang, dan sering bertanya kepada teman atau tetanggga, enaknya pake jasa kirim barang melalui apa sih agar barang cepat sampai tepat waktu, tapi dengan harga yang bersahabat.

Hahaha…Biasa lah ibu-ibu, suka penasaran cari tahu tentang apapun yang irit-irit ya kaannn. Tapi ini perlu loh kita ketahui, soalnya saat ini perkembangan dunia digital semakin canggih dan berkembang sangat pesat untuk segala apapun yang kita butuhkan, termasuk jasa pengiriman barang ini.

Aku ini termasuk orang yang jarang sekali kirim-kirim paket, karena ada beberapa kendala yang membuat aku malas untuk bergerak melakukannya. Pertama adalah urusan ongkos kirim pasti hehehe…Tetep ya emak-emak, lebih penting urusan perut dari pada harus bayar ongkir mahal.

Nah program baru dari Alfamart atau PT. Sumber Alfaria Trijaya tersebut dinamakan Alfatrex,  yang baru di Launching beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 7 Mei 2018. 


Dok. dari IG @Alfatrex_id

Alfatrex merupakan program untuk jasa kirim barang secara digital yang dibuat untuk memudahkan para customernya, terutama untuk para e-commerce yang semakin tumbuh pesat di jaman millenial ini. 

Dengan semakin banyaknya para e-commerce, maka tenaga kerja untuk jasa kirim barang akan semakin dibutuhkan. Dan seiring dengan semakin berkembangnya transformasi dunia digital, maka hal ini lah yang menjadi pusat perhatian Alfamart untuk membuat program Alfatrex.

Selain itu Alfamart juga mengetahui tentang pernyataan dari Bank Indonesia, yang memprediksi bahwa pada tahun 2018 ini,  nilai transaksi e-commerce akan mencapai 144 triliun. Waaahhh....banyak juga yah ! 

Alfatrex merupakan program digital untuk jasa kirim paket yang saat ini sudah tersedia di 13.500 toko Alfamart yang ada di seluruh Indonesia. Dan yang pasti, ada 4 keunggulan yang perlu diketahui nih untuk para e-commers, yaitu :

  1. Same Day Service (SDS), yaitu suatu produk primernya Alfatrex dimana kurang dari 15 jam paket akan diantar dan sampai tepat waktu di tempat tujuan
  2. Next Day Service (NDS), produk primer kedua dari Alfatrex yang memberikan layanan kirim barang kurang dari 48 jam sampai ke tempat tujuan
  3. Reguler Service (RGS), yaitu produk pengiriman barang yang bisa menjangkau seluruh Indonesia dengan harga ongkos kirim yang terjangkau pula
  4. Economy Service (ECS), yaitu produk pengiriman paket dalam jumlah besar. 

Pelayanan lainnnya dalam Alfatrex, yang berbeda dengan penyedia jasa kirim lainnya adalah :

  1. Store To Store, yiatu pengiriman yang dilakukan melalui toko Alfamart terdekat ke toko Alfamart di kota tujuan
  2. Store To Door, yaitu pengiriman memalui toko Alfamart ke alamat rumah atau tempat yang dituju
  3. Door To Store, yaitu pengiriman dari tempat dimana kita berada melalui kurir alfatrex yang datang langsung ke tempat kita
  4. Door To Door, yaitu pengiriman dari pintu ke pintu melalui jasa kurir Alfatrex Dengan keempat hal tersebut, maka semakin memudahkan kita atau para e-commers.

Hal tersebut juga menjadi misi dan tujuan Alfatrex untuk bisa “menangkan hati konsumen” melalui program kerjanya ini ditahun 2018 ini. 

DIGITAL BUSSINES ALFAMART

Selain program Alfatrex, ternyata alfamart juga memiliki beberapa program lainnya yang tergabung dalam 6 Pilar Digital Bussines Alfamart, yaitu terdiri dari :

ALFAMIKRO

Alfamikro yaitu suatu program kemitraan untuk usaha mikro dan kecil, atau yang disebut Warung Warga. Program ini berupa penyediaan Outlet berukuran besar dan sedang yang terbagi dalam 2 tipe, yaitu :

  1. Tipe A yaitu outlet kecil berukuran 1.2m x 2.0m, dengan nilai Investasi atau modal sebesar 25 jutaan
  2. Tipe B yaitu outlet besar berukuran 2.32m (1.32m) x 2.2m, dengan nilai Invenstasi atau modal sebesar 40 jutaan

Contoh Warung Warga (dok. IG @warungwarga)

Melalui program ini para wirausaha mikro (warung) berpeluang untuk membuka lapangan usaha melalui proses sebagai berikut : Survey lokasi usaha, Pembuatan proyeksi usaha, persetujuan dengan mitra usaha, pelatihan pengelolaan usaha dan pembukaan warung usaha.

Untuk penyediaan barang-barangnya, mitra usaha bisa memesan langsung dari supplier dengan harga khusus dan dipilihkan kategori barang yang laku dipasaran serta layanan koneksi PPOB (Payment Poin Online Billing). 

Tentunya barang-barang yang dibeli akan disesuaikan dengan modal yang kita miliki, bahkan setelah Investasi pertama, jika kita akan membeli barang atau menambah barang untuk pemesanan berikutnya, kita bisa meminjam tambahan modal maksimal sampai 5 juta.

ALFAMIND

Alfamind merupakan jaringan toko ritel nasional virtual 3D pertama yang berbasiskan aplikasi smartphone. Jadi kita bisa menjadi penjual dari barang-barang yang dijual di Alfamart hanya dengan modal sedikit dan proses penjualannya hanya melalui aplikasi handphone.

Aplikasi Alfamind (dok. IG @alfamind)

Produk-produk yang tersedia di aplikasi alfamind ini menggunakan teknologi 3 dimensi, jadi kita bisa melihat secara detai barang yang kita butuhkan dari mulai depan, belakang, atas dan bawah kemasan.

Fungsi kita sebagai penjual hanya menawarkan secara langsung kepada pembeli dan pembeli akan membayar secara cash kepada kita, dan barang akan dikirim ke rumah pembeli. 

ALFAPOP

Alfapop adalah suatu alat yang tersedia di setiap gerai Alfamart, untuk memudahkan kita membeli barang-barang yang tidak tersedia di toko Alfamart.

Misalnya seperti alat-alat kebutuhan rumah tangga, produk kecantikan dan kesehatan, alat-alat elektronik, bahkan tiket pesawat dan kereta api juga ada loh.

Alat Alfapop (dok. IG @alfapop)

Jadi kita tinggal memilih barang yang kita butuhkan melalui alat berupa layar digital berwarna putih dan kuning. Jika sudah memilih, kita tinggal melakukan pembayaran di kasir Alfamart dan barang akan dikirim ketempat tujuan yang kita pilih, yaitu ke rumah kita sendiri atau ke toko alfamart.

ALFAGIFT

Alfagift merupakan suatu aplikasi yang dapat memberi kita keuntungan jika membeli barang melalui aplikasi ini, Karena dalam aplikasi ini terdapat katalog untuk barang-barang yang sedang promo di Alfamart dan kita juga bisa mendapatkan voucher penawaran dari Alfamart.

Selain itu aplikasi ini juga sudah menggunakan teknologi Artificial Inteligence (AI) yaitu kolom saran dari pihak alfamart mengenai produk mana yang sebaiknya kita pilih, jadi kita tidak usah khawatir bakal mendapat produk yang tidak sesuai dengan pesanan kita atau yang kita harapkan.

ALFACART

Alfacart yaitu sebuah aplikasi online untuk pembelian barang-barang baik yang tersedia atau tidak tersedia di Alfamart. Melalui aplikasi ini Alfamart bisa menjaminkan kepercayaan untuk para konsumennya.

Aplikasi Alfacart bisa diunduh di Plastore

Karena pembelian melalui aplikasi ini, konsumen bisa membayar secara Cash On Delivery (COD) jika barang akan dikirimkan ke rumah, atau pembayaran bisa secara offline juga melalui kasir Alfamart terdekat jika barang akan dikirimkan ke toko Alfamart terdekat

Dan pilar yang keenam yaitu pilar terakhir, yang baru di launching beberapa hari yang lalu yaitu program Alfatrek yang sudah aku jelaskan diawal tulisan ini.

Nah bagaimana, cukup menarik kan semua program-program yang dibuat oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya atau Alfamart tersebut. Penjelasan program dari keenam pilar tersebut dipaparkan secara detail oleh Bapak Bambang Setiawan Djojo sebagai Direktur Alfamart.

Bambang Setiawan (Direktur Alfamart) 

Dan pada event Launching Alfatrek tersebut juga dihadiri oleh beberapa narasumber dari e-commerce yaitu perwakilan dari Blibli.com dengan ibu Lisa Widodo, dan perwakilan konsumen emak-emak (ibu rumah tangga sekaligus sebagai penggiat Digital Bussines)  yaitu mba Mira Sahid sebagai salah satu founder dari Kumpulan Emak-Emak Blogger serta narasumber dari praktisi logistic dan e-commerce yaitu M. Feriadi dari Asperindo

Para Narasumber (dok.pri)

Baiklah semoga informasi ini berguna untuk kita semua terutama untuk para pelaku bisnis online atau e-commerce yang berada di seluruh Indonesia.
This entry was posted in

11 komentar:

  1. Bisnis lancar dengan pengiriman paket yang sesuai waktu yang di janjikan

    BalasHapus
  2. Wah ternyata banyak ya program alfamart. Thanks infonya bun.

    BalasHapus
  3. Inovasi terbaru dalama jasa ekspedisi ya. Tapi ini lebih prioritas ke penjualan barang seperti ecommerce. Macam jenisnya banyak juga ya..saya baru tau

    BalasHapus
  4. Keren nih Alfa, ada produk jasa pengirimannya juga. Jadi mendukung produk barangnya ya.

    BalasHapus
  5. Kirim barang jadi lebih mudah dong yaa dan praktis apalagi door to door

    BalasHapus
  6. Keren nih Alfamart inovasinya terus berkembang. Makin gampang kirim barang.

    BalasHapus
  7. Banyak banget lini bisnis Alfamart. Aku tahunya cuma beberapa lho. Btw berarti kirim barang lewat Alfatrex bisa diambil di cabang alfamart terdekat?

    BalasHapus
  8. Aku termasuk sering kirim paket dan memakai jasa ekpedisi, skrg mau coba Alfatrex ah

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah aku udah pernah pakai alfatrex. Cepet jg sampenya loh .Dan lagi Ada promo jg tuh

    BalasHapus
  10. Belum pernah pakai Alfatrex, sebagai shopper, info menarik nih. Siapa tahu nanti bisa nyoba. Sekalian nyoba pas ada promonya, hehe. Keren idenya dari Alfamart ya

    BalasHapus
  11. Memudahkan kirim pakai alfatrex ini ya. Bisa kirim dari alfa mana aja donk ya

    BalasHapus