Senin, 04 Desember 2017

Variasi Masakan Dengan Bumbu Praktis Dan Serbaguna

Hallo semua….

Bagaimana cuaca hari ini, hhmmm….dingin-dingin sejuk pastinya ya, karena cuaca Jakarta saat ini memang sedang sering diguyur hujan. Tapi buat aku sih lebih suka cuaca Jakarta seperti ini, mendung dan sejuk, karena kalo cuaca panas terik….aduuhhh bawaannya panas semua, termasuk hatiku…hehehe. 

Untuk para Bunda dirumah, jika musim penghujan seperti ini, pasti lebih suka bebikinan makanan atau masakan sendiri dong ya, demi membahagiakan buah hati dan suami tercintanya pasti. Soalnya kalo cuaca dingin dan hujan begini suka bikin mager untuk keluar rumah, aku juga lebih memilih untuk diam di rumah dan bikin masakan atau makanan cemilan sendiri biasanya.

Nah kebetulan beberapa hari yang lalu, aku di undang ke acara Cooking Class Kreasi Dapur Sasa bersama Chef kongs, yang mempunyai nama sebenarnya Chef Rendy Kongs. Kenapa diberi nama Kongs, karena badannya besar seperti King Kong katanya, hehehe….bisa aja. Emang betul sih badannya besar, tapi beliau humoris dan asik orangnya.

Cooking Class di Dapur Kresi Sasa

Oke tentunya bagi Bunda-bunda atau para ayah yang suka masak, pastinya tau dong tepung bumbu serbaguna dengan merk SASA. Tepung bumbu sasa ini tersedia dalam 4 macam rasa, yaitu : Tepung Bumbu Serbaguna, Tepung Ala Kentucky, Tepung Pisang Goreng dan Tepung Bakwan. Selain itu juga ada Sasa Santan Cair dan Santan Bubuk juga, serta ada berbagai macam bumbu-bumbu praktis untuk mengolah masakan lainnya, yaitu Bumbu Larasa dengan berbagai varian masakan seperti : Bumbu Ayam Kuning, Bumbu Nasi Goreng dan Bumbu Lumur Ayam Special.

Produk - produk Sasa

Dari semua bumbu dan tepung bumbu praktis diatas tentunya mengandung MSG ya, namun sebenarnya mengkonsumsi MSG itu tidak akan menjadi masalah kalo kita memakainya dengan takaran yang benar. Karena yang dapat menyebabkan suatu penyakit atau sumber dari segala macam penyakit itu jika kita terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi segala sesuatunya.

Varian Saus Sasa
Kandungan MSG yang terdapat dalam bumbu Sasa, terbuat dari bahan-bahan alami murni yang dibuat melalui proses fermentasi bahan-bahan baku yang mengandung glukosa seperti tetes tebu, Kentang, Tapioka, Gula bit, Jagung dan Sagu. Proses fermentasinya ini seperti dalam pembuatan Kecap, Yogurt dan Tape.

Jadi sebenarnya sah sah saja kalo mau pake bumbu masak yang berMSG, asal penggunaannya jangan terlalu banyak. Bumbu-bumbu masak produksi Sasa ini sangat cocok banget buat ibu rumah tangga yang mempunyai kesibukan lain diluar rumah seperti aku misalnya, dengan seringnya ikut dalam berbagai macam acara blogger, biasanya aku tuh kalo mau masak butuh waktu yang cepat dan praktis, dan tentunya bakalan pilih bumbu-bumbu masak yang praktis juga.

Dari pada ga masak trus jajan diluar, kan belum tentu cara mengolahnya benar dan bersih. Jadi diusahakan untuk selalu masak walau dalam keadaan terdesak. Kebetulan banget nih, aku mau berbagi pengalaman masak bareng Chef Kongs tadi, diacara Kreasi Sasa bersama Komunitas Blogger Cihuy. Menunya antara lain : Siomay, Pangsit Rebus, Grill Chicken yang dibumbui dengan Bumbu Lumur Ayam Special dari Sasa.

Chef Randy Kongs
Selain membuat masakan dan makanan cemilan, chef kongs juga sudah menyiapkan minumannya yaitu Mood Booster Liquid Santan. Wow…ada yang lain dari minuman ini…apakah itu ?
Yuks baca terus resep-resepnya dan cara buatnya di bawah ini ya….

Cooking Class Blogger Cihuy with Chef Kongs

Sebelum memulai Cooking Class, tentunya Chef Kongs memberikan contoh masakan yang akan kita buat sendiri per kelompok, satu kelompok terdiri dari 4-5 orang. Resep Pertama yang akan kita buat yaitu Siomay, lalu Pangsit Rebus, kemudian yang ketiga yaitu Grill Chicken.

Kelompok Cooking Class

Nah sebelum memulai membuat Siomay, kita rendam dulu Fillet Dada Ayam dengan menggunakan Bumbu Lumur Ayam Special Sasa, agar bumbunya meresap kedalam dada ayamnya.

Resep pertama yaitu SIOMAY, bahan-bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut :

- Daging ikan (dicincang halus)
- Daging Udang (dicincang halus)
- Tepung Bumbu Sasa Serbaguna
- Daun Bawang
- Putih Telur
- Saus sambal extra pedas sasa
- Kulit siomay
- Wortel (diparut)
- Minyak wijen
- Bawang putih (dicincang)

Cara membuatnya :

  1. Campurkan daging ikan dan daging udang yang sudah dicincang, lalu tambahkan tepung bumbu serbaguna, putih telur, garam, daun bawang, semua diaduk rata, kemudian tambahkan minyak wijen dan bawang putih yang sudah di cincang, lalu aduk lagi
  2. Setelah tercampur rata, bungkus adonan dengan menggunakan kulit siomay, dibentuk seperti dim sum, lalu beri topping wortel yang sudah diparut
  3. Kemudian kukus sampai matang
  4. Setelah matang sajikan dengan Saus Extra Pedas Sasa

Resep kedua yaitu Pangsit Rebus, bahan-bahannya terdiri dari :

- Kulit Pangsit 1 pak
- Daging ayam giling 500gr
- Udang giling 500gr
- Bawang putih (dicincang) 50gr
- Daun bawang 100gr
- Bumbu Sop Sasa 2 pak
- Jamur Kuping 50gr
- Telur

Cara membuat :

  1. Campur daging ayam giling dan udang ke dalam satu wadah, lalu aduk rata dengan bawang putih cincang, daun bawang, jamur kuping, telur dan tepung bumbu serbaguna
  2. Setelah diaduk rata kemudian bungkus adonan dengan kulit pangsit kemudian rebus dengan air mendidih dan sajikan dengan kuah sup yang diberi bumbu Sop Sasa
  3. Agar kuah sopnya agak gurih, boleh ditambahkan santan bubuk sasa secukupnya saja.

Resep ketiga yaitu Grill Chicken dengan Bumbu Lumur Ayam Special Sasa, bahan-bahannya adalah :

- Paha Ayam Fillet kurang lebih 6kg
- Bumbu Ayam Lumur Special 1 pak

Cara Membuat :

Sebelumnya tadi kan Ayam Fillet sudah di lumuri atau direndam dengan Bumbu Lumur Ayam Special, kemudian langkah selanjutnya Dada Ayam di Grill atau bisa juga dipanggang. Lalu setelah matang sajikan dengan Saus Sambel Sasa

Grilled Chicken 
Sedangkan untuk membuat minuman Mood Booster Liquid Santan, hanya memerlukan bahan-bahan sebagai berikut : Jahe, Sereh, Kayu Manis, Cengkeh, Gula, daun Pandan, Santan Cair. Semuanya di rebus bersamaan dengan air secukupnya, hasilnya nanti rasanya seperti Bir Pletok dengan rasa creamy. Lalu didalam gelas siapkan Pacar Cina, Selasih, Nangka, dan es batu dan masukan campurkan air rebusan bahan-bahan diatas.

Kelompok Cooking Class 

Siomay dan Pangsit Kuah
Selesai deh….gitu aja ko repot. Hanya dengan memakai bumbu-bumbu praktis dan serbaguna dari Sasa, memudahkan kita memasak secara praktis dan cepat. 

Baiklah Selamat mencoba yaaa....

0 komentar:

Posting Komentar