Selasa, 10 Oktober 2017

Hari Batik Nasional Menjadi Momen Kemeriahan Pasaraya Grande

Batik adalah kain tradisional Indonesia yang menjadi icon atau ciri khas budaya Negara Indonesia dan Batik juga merupakan simbol dari setiap daerah di Indonesia. Diberbagai daerah di setiap wilayah Indonesia kain batik mempunyai karakteristik dan ciri tersendiri. Jadi kain batik ini sangat identik dengan ke khasan coraknya. 

Pada saat aku berkunjung ke Musieum Tekstil beberapa bulan yang lalu, disana terdapat berbagai macam corak batik dari berbagai daerah. Akhirnya aku menjadi sedikit mengerti mengenai corak-corak batik, dan ternyata jika diamati dengan seksama, corak batiknya itu menggambarkan suatu ciri khas dari mana batik itu berasal. 

Ada pula batik yang mempunyai makna tertentu seperti misalnya kain batik Basure yaitu kain batik bermotifkan arab atau Lafazd Allah yang dipakai untuk menutupi keranda orang yang meninggal dunia dan ada juga kain batik yang dipakai untuk menyembuhkan orang yang sakit, menurut kepercayaan penduduk setempat di daerah Jambi.

Dengan keaneka ragaman corak dan makna pada kain batik tersebut, menjadikan batik sebagai lambang budaya Indonesia yang patut kita hargai dan peringati. Oleh sebab itu pemerintah memperingati hari Batik Indonesia menjadi Hari Batik Nasional yang setiap tahunnya selalu diperingati pada tanggal 1 Oktober 2017. 

Untuk memperingati Hari Batik Nasional tersebut, Pasaraya Grande membuat suatu event dengan tema "Tribute To Batik Indonesia", dalam event tersebut ada berbagai macam acara dan lomba yang berlangsung dalam 1 hari yaitu pada tanggal 2 Oktober 2017 dan acara tersebut berlangsung sampai tanggal 8 Oktober 2017. 

Acara-acara yang diselenggarakan di Pasaraya Grande tersebut antara lain : 

1. Acara pertama di mulai dengan Tarian Tradisional 

Pokoknya di event Tribute Of Batik Indonesia ini semua menampilkan budaya Indonesia, begitupun juga dengan Tarian Tradisional ini. 


Tari Tradisional

2. Fashion Show Batik koleksi Pasaraya Grande 

Koleksi baju Batik di Pasaraya Grande ditampilkan dengan beragam model batik yang kontemporer, hal ini dijelaskan pula oleh Ibu Lisa Wijaya sebagai Assisten Flour Manager Pasaraya Grande, bahwa koleksi baju batik yang dijual di Pasaraya menyesuaikan fashion anak muda jaman sekarang atau anak millennial. Karena hal ini bertujuan untuk mengangkat citra kain batik nusantara, agar anak muda jaman sekarang pun ikut melestarikannya. 


Fashion Show Batik koleksi Pasaraya

Fashion Show Batik Koleksi Pasaraya

Menurut ibu Mediana Latif sebagai CEO Pasaraya, mengatakan bahwa event Batik ini selalu di meriahkan setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda, dengan tujuan membantu mengembangkan Industri pengusaha kecil. Untuk yang penasaran ingin melihat koleksi batiknya bisa di buka website www.pasarayastore.com atau langsung datang ke Pasaraya Grande Blok M. 


Kika : Ibu Lisa Wijaya, Ibu Mediana Latief dan MC


3. Lomba Foto Outfit Of The Day (OOTD) 

Ketentuan dalam lomba foto OOTD ini adalah peserta harus menggunakan baju Batik dan bisa foto sendiri, bersama dengan pasangan, foto bersama anak dan bisa juga bersama teman-teman atau bersama keluarga. Hadiah lombanya keren banget loh, mendapatkan uang tunai untuk Juara pertama Rp. 500.000, Juara 2 Rp. 300.000 dan Juara 3 Rp. 200.000.


Foto OOTD aku 

4. Ada pula Berbagai macam Bazzar makanan dan minuman


Bazzar makanan dan minuman

Selain acara-acara yang aku sebutkan diatas, di hari-hari berikutnya juga diselenggarakan berbagai macam acara seperti: Demo Make Up, Workshop Tutorial Hijab, Workshop Membatik, dan lain-lain.

Semua acara yang terselenggara di Pasaraya Grande ini dimeriahkan dan dihadiri juga oleh suatu komunitas yang disebut Komunitas Wajah Bunda Indonesia (WBI) yang dibentuk oleh Bunda Fiki Maulani bersama para Adminnya, yaitu suatu komunitas khusus bunda-bunda Indonesia, yang mengikuti kegiatan berbagai macam event-event Talkshow, Workshop, pelatihan membuat makanan dan lain-lain.

12 komentar:

  1. wah mantep bener ibu ini..pake batik itu kece dan internasional kayak saya orang solo hehe

    BalasHapus
  2. Saya suka batik, ga hanya untuk ke acara resmi. Baju kebesaran sehari-harinya banyak yang batik. Semakin bagus motif batik semakin mahal harganya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ga betul, dan semakin bagus juga bahannya semakin mahal ya mba.

      Hapus
  3. Senangnya ya melihat masih banyak orang Indonesia yg mencintai batik.
    Semakin modern, semoga Batik tidak semakin tersisihkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Seharusnya sih tidak akan tersisihkan, kan batik simbol ciri khas bangsa kita Indonesia

      Hapus
  4. Batik sebagai salah satu ciri khas bangsa Indonesia telah diapresiasi oleh badan dunia menjadi hari Batik, dan tentu saja itu membuat kita bangga ya. Pasaraya sebgai pusat perbelanjaan lokal sangat mendukung dgn menyelenggarakan acara Tribute to Batik ini. Good job ya tuk Pasaraya, makasih juga tuk sharing infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali, Pasaraya sudah menjadi pelopor untuk mencintai produk Indonesia, salah satunya Batik.

      Hapus
  5. seneng bgt liat perkembangan fesyen yg bikin batik, tenun, juga kain tradisional Indonesia lainnya jadi lbh stylish dgn desain2 kekinian, cocok buat berbagai kesempatan dan utk segala kalangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba tujuan dibuatkan fashion batik kekinian ini, membuat anak2 muda untuk terus mencintai Batik

      Hapus
  6. Koleksi batik yg dipamerkan bagus bagus yak sayangnya enggak ada yg ukuran jumbo hiks. Semoga perancang.busana batik terilhami bahwa "big size" juga perlu lho pakaian batik yg modelnya trendy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kalo dicari size ada kali mba, sayapun suka banget sama model batik yg diperagakan itu.

      Hapus