Selasa, 29 Agustus 2017

Tips & Trik Meraih Sukses Melalui Blog

Pengalaman aku menulis di blog memang baru seumur jagung, tapi keinginan ini terpendam cukup lama, sebabnya karena keterbatasan pengetahuan dalam dunia blogging dan tekhnologi. Tapi sekarang malah banyak banget ilmu yang aku dapat semenjak menjadi blogger.

Beberapa hal yang baru aku tau semenjak jadi blogger adalah melalui blog kita bisa berjualan dan memalui blog kita bisa mengikuti lomba-lomba blog. Kedua hal itu, bener-bener baru aku ketahui, karena dulu aku pertama kali tertarik punya blog itu karena ingin menyimpan dan berbagi resep masakan. Tapi ternyata setelah mengetahui lebih dalam tentang dunia blogging, banyak sekali manfaat yang bisa kita raih melalui blog.
Peserta Workshop Komunitas ISB 
Alhamdulillah kemarin pada tanggal 27 Agustus 2017, aku diberi kesempatan oleh Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) untuk ikut workshop mengenai tips dan trik "Content Marketing" dengan narasumber Bapak Niko Riansyah dan tips dan trik "How To Win A Blogging Contest" dengan narasumber mba Haya Aliya Zaki. 

Aku sangat berterimakasih sekali untuk kedua nara sumber yang hebat ini, dan tentunya juga untuk CNI Indonesia yang telah mendukung terselenggaranya acara ini. Oh iya, sebelumnya aku mau memberi sedikit info tentang CNI Indonesia yang dijelaskan oleh Bapak Gusti
Bapak Gusti dari CNI
Apa itu CNI?

CNI adalah suatu perusahaan Multilevel Marketing (MLM) yang menjual produk berkualitas tinggi. Produk tersebut ada 4 Kategori yaitu :
  • Health Food (Makanan kesehatan) 
  • Food and Beverage (Makanan dan minuman) 
  • Personal Care and Cosmetics (perawatan tubuh dan kosmetika) 
  • Houshold (peralatan rumah tangga) 
  • Farming (produk petanian dan perikanan) 
CNI berpusat atau didirikan di Bandung, dan pemasaran produk pertamanya adalah Sun Chlorella A dari Jepang. Kemudian CNI terus berkembang dan berinovasi membuat produk-produk baru dan membuat 10 kantor cabang baru serta ratusan Distributor Center Chain Store di seluruh Indonesia. 

Produk inovasi baru yang diluncurkan CNI pada tahun 2013 adalah mencakup produk produk elektronik seperti : Power Bank, Headset Bluetooth, dan Vakum Cleaner. 

Berbisnis Dengan CNI 

Ada beberapa potensi yang bisa dihasilkan dalam bisnis CNI yaitu :
  1. Mendapat penghasilan yang optimal
  2. Mendapat jaminan penghasilan yang pasti
  3. Mendapatkan training dan kesempatan ke luar negeri
  4. Menjadi bagian dari titik distribusi CNI
Keuntungan yang bisa di raih dalam bisnis CNI ini antara lain : 
  • Dapat membeli produk dengan discount tertentu khusus member CNI
  • Bisa mendapatkan penghasilan dengan menjual produknya
  • Mendapatkan persentase sebesar 7 - 12% dari hasil penjualan ditambah komisi 25%
Untuk dapat gabung di CNI sekarang caranya gampang banget, hanya dengan menggunakan telepon genggam atau HP, tinggal buka link GeraiCNI.com. Di geraicni.com tersebut sudah lengkap semua persyaratannya. Monggo ya kalo tertarik silahkan di klik linknya.
Bapak Niko Riansyah
Tips dan Trik Content Marketing

Selanjutnya mengenai pembahasan tentang materi yang aku dapatkan dari workshop kemarin, pertama aku akan bahas mengenai beberapa tips untuk membuat Content Marketing yang dijelaskan oleh mas Niko Riansyah. Berikut adalah beberapa tipsnya :
  1. Carilah info sebanyak mungkin untuk membuat konten marketing yang banyak diminati dari beberapa Sosial Media, Youtube, Buku, Podcast, Mainstream Media, Medium.com dan Industri Publication
  2. Kemudian konten marketing yang kita buat harus selalu uptodate serta penulisan bahasa tidak boleh Plagiat
  3. Lalu kita harus tau dulu siapa target audience kita atau cari tahu apa saja sih yang sedang di cari oleh audience
  4. Sedangkan untuk mempertahankan Personal Branding, kita harus konsisten atau tidak keluar jalur dari isi konten
  5. Buatlah konten yang berbeda dengan konten orang lain atau unik, tapi harus kita pertahankan terus dan disesuaikan dengan Personal Brand
  6. Kemudian manfaatkan media sosial untuk share blog kita agar pengunjung kita bertambah, maka buatlah konten yang menarik untuk dikunjungi
  7. Buatlah postingan konten setiap hari atau 1 hari 1 konten
  8. Kemudian cek Google Analitic untuk melihat apa yang orang lain suka jika melihat isi konten kita misalnya judul apa sih yang banyak dilihat oleh para pengunjung
Itulah beberapa tips penting untuk menyempurnakan konten blog kita, agar pengunjung blog lebih tertarik dan percaya, bahwa apa yang kita tawarkan adalah sesuatu yang bagus dan diminati customer atau audience. 

Kemudian jika kita tidak berminat untuk berbisnis melalui blog, ada hal lainnya yang bisa kita capai untuk mendapatkan benefit, yaitu melalui prestasi-prestasi dalam Lomba Blog. Bagi aku untuk menuju kearah perlombaan blog, belum bisa aku lakukan karena konten blog aku belum mempunyai Niche yang pas, tapi In Sha Allah dengan berjalannya waktu sambil banyak belajar, suatu hari nanti akan aku coba untuk ikut lomba-lombanya. 
Mba Haya Aliya Zaki
Tips "How To Win A Blogging Contest"

Sekarang aku akan menjelaskan Tips atau Cara untuk Menang Dalam Lomba Blog yang di jelaskan langsung oleh mba Haya Aliya Zaki, yaitu seorang Mom Blogger yang sudah sering banget memenangkan lomba blog. Banyak sekali prestasi dalam blog yang sudah diraihnya. Oleh sebab itu beliau ingin berbagi tips kepada para blogger baru dan memberi support untuk mencoba peruntungan melalui blog.

Sebelumnya mba Haya menceritakan pengalamannya ketika mengikuti lomba menulis disebuah Rumah Sakit di Singapure, selama disana beliau mendapatkan fasilitas pelayanan yang sangat full service dan kebetulan konten blog mba Haya memang tentang Kesehatan, jadi sesuai nichenya dengan lomba yang sedang diikuti. Berikut adalah beberapa tips dari mba Haya Aliaya Zaki :  

Tentang Konten Blog
  1. Tentukan minat atau passion kita dalam menulis blog, agar kita nyaman untuk menuliskannya serta kita dapat memilih lomba dengan tema yang sesuai dengan tema blog kita atau niche kita. 
  2. Kemudian sebisa mungkin temukan moment pengalaman kita agar ceritanya lebih real atau jangan seperti membual, usahakan bahwa kita sudah pernah memakai produknya.
  3. Buatlah tulisan yang simple, sederhana dan menggunakan bahasa yang menarik.
Kemudian ada beberapa hal yang harus di cermati, jika mau mencoba menikuti lomba Blog, yaitu :
  1. Cari tahu siapa jurinya, lalu kenali seleranya dengan melihat postingan dan profilnya, namun ada beberapa yang tidak bisa diketahui siapa jurinya.
  2. Ketahui siapa penyelenggaranya dan produknya, dengan cara googling untuk cari info apakah produknya ini bermasalah atau tidak dan sedang dalam kasus atau tidak
  3. Kemudian sesuaikan nama Blog kita untuk branding kita, jangan menggunakan nama yang aneh atau tidak sesuai dengan tema blog kita, dan tidak usah harus blog yang sudah berdomain
  4. Buatlah tampilan blog yang menarik, yaitu tema warna jangan terlalu mencolok, bersih, minimalis (jangan terlalu banyak widget)
  5. Usahankan tidak ada iklan untuk menghindari efek yang mengganggu dan tulisan jelas (tidak keriting)
  6. Lalu cermatilah point-point peraturan lomba dengan seksama, bila perlu dicatat atau copy paste agar kita tidak bolak balik buka link, biasanya yang harus diperhatikan adalah : Jumlah panjang kata, Banner lomba, Backlink, Keyword, Follow akun sosial media Brand
  7. Selanjutnya cobalah untuk blogwalking untuk mencari ide dan riset tulisan agar lebih meyakinkan
  8. Lalu temukan refensinya dari buku, jurnal, wikipedia, link website resmi dan institut terkait
Setelah beberapa hal diatas sudah kita lakukan mulailah kita untuk menulis, namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan juga dalam penulisannya, yaitu :
  • Optimalkan konten tulisan, video dan foto
  • Perhatikan 5W + 1H, yaitu : Who, When, What, Why, Where and How, kelima hal ini harus diterapkan diterapkan dalam penulisan
  • Temukan Pesan Kunci atau Clear Writing, yaitu kunci kita untuk berkomunikasi
  • Temukan pesannya dengan mencari tahu melalui akun media sosial, apa yang sedang diunggulkan oleh Brand
  • Perhatikan tanda baca dan gunakan kalimat yang pendek, minimal 1 kalimat 14 kata atau 2 baris
  • Lalu gunakan kalimat aktif dan minimalisir Jargon (istilah yang sulit dimengerti)
  • Hindari singkatan yang tidak lazim dan lakukan editing berkali-kali untuk mengecek penulisan typo dan bahasa 
  • Dalam Soft Selling gunakan kalimat pembuka yang menarik atau bisa memulai dengan pertanyaan. 
Dalam mengembangkan tentang produk, menurut mba Haya konten yang dibutuhkan pembaca biasanya adalah Tips dan Tutorial, kemudian fokuslah pada permasalahannya, jangan terkesan seperti jualan. Lalu pakailah Tekhnik Persuasif atau tulis sebagai pengalaman pribadi (jangan menjanjikan), hindari mengulang nama Brand berkali-kali. Dan usahakan jujur pada pembaca mengenai tujuan menulis, apakah sedang ikut lomba blog atau review, kemudian pancing pembaca untuk berinteraksi dengan mengakhiri penulisan menggunakan kalimat tanya.

Untuk penilaian dalam tulisan biasanya dari berapa banyak komentar dalam tulisan lomba tersebut, oleh sebab itu share tulisan ke berbagai komunitas di sosial media dan sering-sering lah Blogwalking, oh iya jangan lupa setting publik untuk profil kita dan yang paling penting "SAY NO TO COPY PASTE" 

Apa Saja Sih Keuntungan Dalam Lomba Selain Mendapatkan Hadiah?

Tentunya selain mendapatkan hadiah (kalo menang) dalam lomba blog, ada keuntungan lainnya yang bisa kita dapat, yaitu : Mengasah keterampilan ngeblog, menambah teman, dikenal khalayak, networking dengan brand atau agency dan bisa juga membuka peluang lain. 

Banyak banget keuntungannya kan, namun ada beberapa pesan dari mba Haya bahwa "Jujurlah dalam menuliskan blog karena dengan Jujur kita akan menghasilkan 3 hal dalam hidup yaitu Kepercayaan, Cinta dan Rasa. Kecewa dan sedih sudah pasti ada apabila kita tidak menang, tapi kita harus tetap sportif, karena semua itu perlu proses, jangan terlalu nafsu atau timggi hati, berharap boleh tapi kita harus berbesar hati untuk menerima kenyataan."

Waaw....banyak banget pelajaran yang  bisa
kita ambil dari penulisan tentang workshop ini, beruntung banget aku berada di dalamnya untuk bisa mengikuti workshopnya. Oke sampai disini dulu ya, semoga info ini bisa bermanfaat untuk para pembaca setiaku, kalo buat aku pribadi sih, sangat....sangat bermanfaat.  






























This entry was posted in

17 komentar:

  1. Materinya pas banget nih, apalagi sekarang lagi hitz dunia blogging. Terima kasih infonya kakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mba, materinya bagus banget buat perbaiki blog kita. Makasih sudah mampir

      Hapus
  2. Catatan lengkap nih mbak. ☺☺☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya untuk menambah ilmu buat bikin blog yang bagus

      Hapus
  3. keren komplit.. ijin nyatet mbak

    BalasHapus
  4. Selamat mengikuti lomba blog mbak...Semoga semakin meningkatkan kualitas tulisan dan pembuatan content blog kita. Saya kalau ga ikut lomba blog, biasanya blog jadi sepi, harus didorong dulu hehehe

    BalasHapus
  5. Wah, detail dan keren infonya... thanks for sharing sis... :)

    BalasHapus
  6. Makasih sharingnya Mbak Mel, tapi aku kok gak pede ya setiap kali mengikuti lomba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sih mba, tapi kita coba untuk perbaiki aja dulu blognya kali ya. Kalo sudah merasa bagus, coba aja iseng2 ikut mba.

      Hapus
  7. agak jlieb materinya, sambil mendengarkan flashback apakah saya sudah melakukan seperti mba Haya info

    BalasHapus
  8. Wah mell , tampaknya ente harus bikin blog masakan nih. Pasti lezat kalau ente masak

    BalasHapus
  9. Saya termasuk pribadi yang maju mundur saat ada lomba blog, karena saya merasa tulisan saya belum sebagus senior. Alhamdulillah bisa ikut serta di workshop ini, saya jadi percaya diri untuk ikut lomba blog. Meski tidak menang, tetapi setidaknya saya sudah berusaha dengan ikutan lomba blog.

    BalasHapus
  10. Terima kssih sharingnya Mba,jadi lebih PD buat ikutan lomba

    BalasHapus
  11. Lengkap y... Tips2 bagus bngt buat saya yg baru mulai nulis, pelajaran berharga

    BalasHapus
  12. Tipsnya diaplikasikan Mba, keren iniii

    BalasHapus