Rabu, 20 Februari 2019

Cegah Nyamuk Penyebab DBD Dengan Cara Mudah Dan Efektif

Hallo Healthies…

Di musim hujan ini, selain banyak mendatangkan virus-virus penyakit, juga bisa mendatangkan nyamuk-nyamuk penyebab Demam Berdarah Dengue. Tapi nyamuk ini bukan hanya datang di musim penghujan saja sih, di musim kemarau juga nyamuk ini ternyata masih bisa bertahan hidup. Dan ternyata mereka bisa bertahan sekitar kurang lebih 6 bulan tanpa air. Waahhh ngeri juga yah, pantesan terkadang aku suka bingung padahal lagi musim kemarau, tapi kenapa masih banyak nyamuk.


Nyamuk Aedes Aegypti (dok.pixabay)

Oleh karenanya jika nyamuk bisa bertahan hidup selama itu, maka hal yang terpenting yang harus kita lakukan adalah membersihkan rumah setiap hari, jangan membiarkan baju menumpuk atau menggantung di luar lemari atau tempat terbuka. Dan yang penting lagi, jangan biarkan ada genangan air di dalam rumah atau sekitar rumah. Karena nyamuk-nyamuk Aedes Aegypti tersebut, akan menelurkan jentik-jentik di dalam genangan air dan dapat berkembang biak.

Kita pasti sudah banyak mengetahui tentang perkembangbiakan nyamuk-nyamuk tersebut, dari 1 jentik untuk berubah ke dewasa hanya dalam waktu 12-14 hari dan  dari 1 nyamuk betina, bisa menghasilkan telur 100-150 telur atau jentik. Waaahhh….mengerikan sekali kan yah, jika dalam 1 jentik saja bisa menghasilkan telur sebanyak itu, berarti ada ribuan jentik yang akan berkembang biak di tempat-tempat genangan air.

Dan aktifitas nyamuk dewasa berkeliaran akan di mulai dari jam 6 pagi sampai jam 4 sore. Hhmm…jam-jamnya para manusia sedang bekerja kan yah, maka besar kemungkinan juga kita orang dewasa pun yang sedang bekerja di kantor akan terkena gigitannya juga. Jika badan sedang tidak fit, maka besar kemungkinan bisa terkena sakit Demam Berdarah Dengue.

Pernyataan tersebut juga lebih diperjelas lagi oleh para pakar medis yang aku jumpai pada acara “Meet Up Healthies” yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan, dengan tema “DBD Bikin Baper”. Dalam acara tersebut juga menghadirkan 2 orang narasumber yaitu :

  1. Dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid sebagai Direktur P2PTVZ
  2. Dr. Gia Pratama sebagai Influencer

Namun selain kedua narasumber tersebut, untuk pertama kalinya juga aku dan teman-teman blogger dari Komunitas Blogger Crony, dapat bertemu secara langsung dengan ibu Menteri Kesehatan yaitu ibu Nila L. Moeloek. Kedatangan beliau memang sangat surprise sekali, karena tidak ada rencana atau informasi mengenai kehadiran beliau. Dan yang membuat aku lebih amaze lagi, beliau ternyata sangat ramah dan low profile, bisa dilihat dari cara beliau menyapa kami dan duduk hanya di atas panggung saja. Hehehe…


Ibu Menteri Kesehatan Nila L Moeloek duduk disamping dr. Gia Pratama (dok.pri)

Ibu Mentri pun ikut menjelaskan bahwa untuk membasmi si nyamuk Aedes ini, memang kita perlu membasmi induknya dulu. Si biang nyamuk betina, yang mencetuskan banyak telur-telur nyamuk menjadi jentik lah yang harus kita basmi dan memutuskan rantainya. Tentunya oleh pencegahan-pencegahan yang kita lakukan baik di rumah maupun ditempat-tempat lainnya.

Nah ada beberapa hal yang di sampaikan oleh ibu dr. Nadia, untuk mencegah berkembangnya nyamuk Aedes, yaitu :

  1. Periksa setiap tempayan yang berisi air seperti bak mandi dan lainnya
  2. Periksa setiap genangan air yang ada disekitar rumah atau bersihkan setiap ada genangan-genangan air
  3. Periksa setiap sudut-sudut rumah, misalnya didalam mobil-mobil yang sudah karatan juga sering ada nyamuk
  4. Lalu di pepohonan juga terkadang ada cekungan-cekungan yang terdapati adanya genangan air walaupun sedikit.

Ibu dr. Siti Nadia Tarmizi (dok.pri)

Oleh karenanya, sekarang disetiap daerah di lingkungan rumah juga sudah ada gerakan pengecekan jentik yang disebut Jumantik, yang akan selalu memeriksa setiap tempayan air bersih. Jadi kita juga harus sering-sering membersihkan setiap tempayan air bersih dan torn atau tempat penampungan air. Karena biasanya di dalam torn tempat penampungan air bersih sering terdapat jentik nyamuk, yang nantinya akan ikut masuk ke dalam air yang keluar dari keran di bak mandi.

Sedangkan untuk pencegahan lainnya lanjut ibu Nadia, kita bisa menanam tumbuhan atau tanaman pengusir nyamuk seperti, Bunga Tahi Kotok, Zodia, Bunga Krisan, Bunga Tembelekan, Bunga Lavender, Serai, Kayu Putih, dan Kemangi. Selain menambah segar dan cantik pemandangan di sekitar rumah, juga bisa sangat bermanfaat untuk mengusir nyamuk-nyamuk tersebut. Apalagi bunga Lavender seperti di bawah ini, selain wangi juga cantik warna bunganya kan.


Bunga Lavender pengusir nyamuk (dok.pixabay)

Seperti yang dijelaskan pula oleh ibu Menteri Nila L Moeloek, bahwa tumbuh-tumbuhan sangat bisa kita manfaat untuk mencegah perkembangbiakan larva atau nyamuk. Dan menurut cerita beliau, bahkan di daerah pedalaman Timika di Papua, minyak Babi bisa juga digunakan untuk mencegah gigitan nyamuk. Tapi untuk seorang muslim seperti aku ini, bisa juga dengan menggunakan minyak serai yang sudah jadi.


Ibu Nila L Moeloek bersama dr. Gia (dok.pri)

Cara lainnya yaitu bisa juga dengan menggunakan Lavitrap, nah ada yang sudah tahu apa itu Lavitrap?
Lavitrap adalah alat yang digunakan sebagai perangkap larva atau nyamuk, dan pembuatannya juga sangat mudah dan murah. Karena bahannya merupakan limbah botol plastik air mineral. Selain botol plastik bekas, bahan lainnya yaitu kain kasa, kantong plastik hitam, air ragi dan gula merah.

Cara pembuatannya yaitu :
  • Siapkan botol air mineral bekas ukuran 1500 ml, lalu gunting bagian atas botol yang menyerupai corong dan botol dalam keadaan tertutup (tutup botolnya jangan dibuka)
  • Lalu potong juga botol bagian bawahnya, sehingga bagian tengah akan membetuk pipa dengan kedua sisi bolong
  • Lalu satukan bagian atas yang menyerupai corong ke bagian tengah botol tadi, tapi dengan posisi tutup botol di bawah atau berada didalam botol
  • Rekatkan keduanya dengan menggunakan lakban hitam agar bisa menempel lebih kuat
  • Kemudian tutup bagian yang terbuka dengan menggunakan kain kasa, dan rekatkan kain kasa dengan menggunakan steples dan rekatkan lagi dengan lakban agar lebih kuat
  • Lalu bungkus botolnya dengan menggunakan plastik hitam, tujuannya adalah agar nyamuk mau mendekat, karena nyamuk lebih menyukai benda yang berwarna hitam
  • Rekatkan lagi plastik hitam dengan botol menggunakan steples di bagian kedua sisi yang bolong. 

Langkah selanjutnya, isi botol tersebut dengan air campuran ragi dan gula merah, diamkan di sudut-sudut ruangan rumah, sampai 1-2 minggu. Jika terlihat sudah banyak jentiknya, kocok-kocok air didalamnya agar si jentik mati dan buang di tempat yang terpapar sinar matahari, jangan dibuang di got yang ada airnya. Nah kurang lebih seperti dibawah ini bentuk Lavitrap yang sudah jadi :


Bentuk botol Lavitrap (dok.pri)

Secara umum pencegahan di lingkungan rumah selain selalu diadakan gerakan pemeriksaan jentik (Jumantik), juga bisa dengan menggunakan semprotan fogging yang harus dilakukan sebelum adanya korban, dan pastikan kalau obat foggingnya adalah obat asli untuk memberantas nyamuk. 

Selain mencegah perkembangbiakan nyamuk diatas, kita juga tentu harus mencegah penyakit dbd yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti di dalam tubuh kita. Hal ini dijelaskan oleh dr. Gia Pratama. Dimana informasi yang dijelaskan oleh dr. Gia adalah mengenai kondisi tubuh kita, karena penyakit DBD tidak akan langsung terkena dampaknya secara langsung.

Jadi sangat disarankan kalo untuk pencegahan di dalam tubuh kita yaitu dengan menjaga pola hidup yang sehat. Lakukan aktivitas tubuh setiap hari, lalu berolahraga secara rutin dan pola makan yang sehat. Dan dibawah ini beberapa hal yang harus kita waspadai pada gejala awal penyakit DBD adalah :

  • Tiba-tiba demam tinggi secara mendadak dan berlangsung sepanjang hari
  • Nyeri atau sakit kepala,
  • Nyeri pada saat mengerakkan bola mata dan juga nyeri pada punggung
  • Biasanya juga akan ditandai adanya bintik merah tapi tidak timbul (merata)

Kurang lebih seperti itulah gejala yang ditimbulkan, jadi apabila suhu badan panas berkepanjangan, kita harus langsung waspada. Namun kita juga jangan sampai terkecoh, karena ada fase dimana kita akan merasakan suhu badan mulai turun panasnya, tapi justru disaat ini lah kita sedang ada dalam masa kritis, dan biasanya malah kita akan menganggap kalau suhu badan telah kembali normal dan kita pasti akan menganggap bisa menjalankan aktivitas kembali.

Padahal disaat itu bahaya virus DBD akan menyerang tubuh kita, jadi jangan dianggap sepele mengenai hal ini, kita harus tetap ambil tindakan untuk memeriksakan diri ke dokter, dan biasanya dokter pun akan menganjurkan untuk melakukan cek darah segera. Nah jika kita merasa demam kembali setelah melakukan pengobatan, tidak perlu khawatir karena disaat ini justru kita sudah melewati fase penyembuhan.

Jadi bersama-sama mari kita cegah penyakit Demam Berdarah Dengue dengan melakukan berbagai macam pencegahan diatas mulai dari memberantas atau memutuskan rantai perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti, minimal kita harus membiasakan diri dengan melakukan 3 M yaitu :
  1. Menguras tempat-tempat penampungan air seperti bak mandi, aquarium, dan tempat yang terdapat genangan air yang ada di lingkungan rumah
  2. Menutup tempat-tempat penampungan air bersih, baik yang ada di dalam atau diluar rumah, agar nyamuk betina tidak dapat menurunkan telurnya
  3. Mengubur barang-barang bekas yang bisa menjadi penyebab timbulnya genangan air seperti kaleng bekas atau wadah plastik.


Baiklah semoga informasi ini berguna dan bermanfaat untuk kita semua, mari cintai keluarga dan kebersihan lingkungan rumah, mulai dari diri kita sendiri. Salam healthies....


Rabu, 06 Februari 2019

Sarapan Sehat Dan Praktis Dengan Semangkuk Nestum Healthy Bowls

Kedua orangtua ku selalu mengajarkan aku untuk sarapan setiap pagi, karena sarapan itu sangat penting dan bisa membuat kerja otak menjadi lebih baik. Dan aku yakin semua orang pun akan berpendapat sama, namun apakah kita sudah paham seperti apa sarapan yang sehat dan bergizi itu. 

Makan apa pun bisa yang penting sudah sarapan, ada yang sarapan dengan makanan yang berat atau nasi dan lauk pauk atau ada juga yang kebiasaan sarapannya dengan gorengan. Bahkan ada juga yang hanya dengan minum teh manis atau kopi saja sudah merasa cukup, itu sih namanya bukan sarapan yah, tapi basahin mulut doang. Hehehe.... 

Yaahh....seperti itulah kebiasaan sebagian orang-orang Indonesia. Dan yang paling sulit diubah itu sarapan makan makanan gorengan dan teh manis atau teh tawar panas. Padahal sarapan seperti itu, tentu sangat tidak dianjurkan oleh para ahli gizi dan kesejatan, karena sangat tidak baik untuk kesehatan.

Kita pasti tahu kan bahaya penyakit akibat dari konsumsi makanan yang salah, sampai aku suka berfikir kalau gorengan itu racun, apalagi teh manis. Tapi kenapa yah sangat sulit untuk move on dari gorengan. Aku sendiri contohnya, walaupun sudah tahu tentang resikonya dan walaupun tidak setiap hari makan gorengan, tapi sesekali aku masih suka makan.

Padahal aku maunya sih stop sama sekali, tapi memang susah. Apalagi suamiku, paling ga bisa kalau dalam satu hari gak ketemu gorengan, terkadang aku sering marah kalau dia sudah kayak ketergantungan banget. Nah untungnya beberapa beberapa hari yang lalu aku diundang untuk hadir di event Nestum 101 Healthy Bowls.

Event Nestle Nestum 101 Healthy Bowls (dok.pri)

Event tersebut diselenggarakan oleh Nestle Indonesia di Glass House 8th Level, The Rich Carlton Hotel, SCBD. Tepatnya yaitu pada tanggal 29 Januari 2019. Penyelenggaraan event ini dalam rangka meluncurkan Nestum 101 Healthy Bowls, yaitu suatu gerakan atau kumpulan yang mengajak masyarakat untuk membuat kreasi sarapan sehat dan praktis tapi tetap lezat.

Nah kebetulan sekali kan, karena beberapa hari ini aku juga sedang memikirkan untuk merubah pola makan dan sarapan ku. Seperti yang sudah aku ceritakan diatas, bahwa betapa sulit buat aku dan suami untuk move on dari yang namanya gorengan. Jadi buat ku ini kesempatan sekali bisa hadir di event Nestum 101 Healthy Bowls ini.

Hasil kreasi Nestum Healthy Bowls Aku dan Partner (dok.pri)

Karena jujur saja, aku butuh masukan mengenai sarapan yang sehat dan seharusnya tuh yang seperti apa sih. Jadi pada event tersebut ada 3 sesi acara yaitu pada sesi pertama ada demo masak bersama chef Steby Rafael, dan menu kreasi nestum yang di praktekkan ada 5 macam, yaitu :
  • Nestle Nestum Bubur Ayam Kari
  • Nestle Nestum Uduk
  • Nestle Nestum Ayam Jamur
  • Nestle Nestum Lapis (Parfaits)
  • Nestle Nestum Panekuk
Waaahhh sangat beragam sekali yah menunya, nah itu dia kelebihan Nestum. Dengan hanya berbahan dasar Nestum, kita bisa kreasikan rasanya menjadi bermacam-macam menu. 

Chef Steby Rafael (dok.pri)

Salah satu menu masakan chef Steby, Nestum Bubur Ayam Kari (dok.pri)

Kemudian acara kedua dilanjutkan dengan lomba kreasi membuat menu sarapan dari Nestum. Jadi kita para undangan membuat kreasi sarapan dengan bahan utama nestum dan bahan-bahan tambahan lainnya yang sudah disediakan. Semuanya berpasang-pasangan, bahkan ada yang pasangan sama suami sendiri, wiiiihhh seru kan kalau bisa kompak dengan suami. Jadi suaminya bisa bantu-bantu istrinya membuat sarapan sehat pake Nestum di rumah... Hehe.

Dan terakhir adalah acara Talkshow dengan menghadirkan beberapa orang narasumber, salah satu diataranya yaitu dr. Rita Ramayulis, DCN, M. Kes dan beliau juga seorang ahli gizi. Beliau menjelaskan bahwa "Bila kita mengkonsumsi makanan sehat pada saat sarapan, maka kita bisa merasakan manfaat yang lebih, baik itu dari sisi Fisiologis atau pun Psikologis, dibandingkan jika hanya sarapan dengan hanya minum susu saja, teh manis atau kopi."

Dr. Rita Ramayulis, Ahli Gizi (dok.pri)

Nah jadi ternyata menurut data yang disampaikan sebelumnya oleh ibu Windy Cahyaning Wulan sebagai Business Executive Officer Dairy Nestle Indonesia, bahwa menurut faktanya ada sekitar 76%nya penduduk Indonesia yang mengkonsumsi sarapan di pagi hari, belum memilih menu sarapan yang sesuai dengan Golden Standart Breakfast, yaitu menu sarapan harus terdiri dari makanan dan minuman, bukan mengkonsumsi salah satunya saja.

Nah betul banget, karena mengkonsumsi makanan untuk sarapan itu selain bisa meningkatkan peredaran darah juga akan membuat distribusi oksigen dan zat-zat gizi menjadi lebih baik lagi. Selain itu, Dr. Rita Ramayulis juga menjelaskan lagi, bahwa dengan adanya asupan makanan di pagi hari saat sarapan, maka akan membuat kerja otot dan otak akan lebih baik lagi, serta juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif seperti daya ingat kita akan lebih baik dan lebih fokus.

Nah bagi yang mau diet, bisa juga mengkonsumsi Nestum sereal ini, karena daya pada saat proses pelumatan makanan dapat menurunkan hormon Grealin, yaitu hormon yang berperan menstimulasi nafsu makan dan meningkatkan hormon Cholecytokini yang mampu menurunkan nafsu makan loh. Jadi dengan kita mengkonsumsi makanan sehat setiap sarapan yang mengandung multigrain, serat pangan, vitamin, dan mineral, maka perut kita akan merasa kenyang dalam waktu cukup lama, ujar dr. Rita Ramayulis lagi.

Kenapa pilihannya harus Nestum?

Karena produk Nestum ini berupa bubur sereal untuk sarapan dengan Grainsmarta.
Nah apa itu Grainsmarta?
Grainsmarta merupakan kombinasi unik dari Multigrains yang terdiri dari gandum utuh, beras, jagung, serat pangan, vitamin dan mineral. Oleh karena itu lah Nestum hadir di Indonesia untuk mendukung komitmen Nestle dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dan berkontribusi untuk hidup yang lebih sehat lagi.

Tiga orang Narasumber dalam event Nestum 101 Healthy Bowls (dok.pri)

Ide mengenai kreasi sarapan sehat bersama Nestum ini adalah terinspirasi oleh keanekaragaman kuliner Indonesia dan cita rasa masakan Nusantara, jadi dengan berbagai olahan dari bahan dasar Nestum ini, keluarga Indonesia bisa memanfaatkan bahan-bahan lainnya, seperti buah-buahan, ayam dan lain-lain. Jadi keluarga pun tidak akan bosan jika setiap hari sarapan dengan mengkonsumsi sereal Nestum.

Untuk varian Nestle Nestum ini terdiri dari berbagai varian rasa, yaitu :
  1. Nestle Nestum Porrige, yaitu rasa manis dan original
  2. Nestle Nestum 3 in 1, yaitu rasa susu, susu dan pisang, serta susu dan coklat.

Varian Nestle Nestum (dok.pri)

Kemudian diperjelas lagi oleh ibu Eka Herdiana sebagai Corporate Nutritionist Nestle Indonesia, bahwa "Gizi yang terkandung dalam satu mangkuk Nestle Nestum setara dengan protein dari satu gelas yogurt, kalsiumnya didapat dari satu gelas susu dan serat makanan dalam satu lembar roti gandum".

Nah sudah bisa dipastikan dong, kalau Nestum ini sudah mencukupi kebutuhan serat dan multivitamin yang dibutuhkan tubuh kita. Baiklah semoga informasi ini bermanfaat dan semoga masa depan anak Indonesia semakin sehat serta gizinya terpenuhi hanya dengan mengkonsumsi semangkuk Nestum Healthy Bowls setiap hari.




Sabtu, 02 Februari 2019

Launching Katalog Sophie Paris Bulan Februari 2019

Hallo ladies…
Bagi kalian yang sering belanja di Sophie Paris, kalian tentu sudah menunggu Katalog baru dari Sophie Paris kan. Kalian pasti sudah penasaran dong, ada produk baru apa saja yang akan dihadirkan oleh Sophie. Aku pun dari dulu penggemar produk-produknya Sophie Paris dong. Tapi jamannya aku sering belanja dulu, namanya kan masih Sophie Martin, tapi seiring dengan berkembangnya jaman, kini namanya telah berubah menjadi Sophie Paris. Menurutku sih kedua nama tersebut sangat gampang kita ingat, dan juga cepat populer dikalangan pencinta fashion.

Counter Sophie Paris di Plaza Atrium Senen (dok.pri)


Sophie Paris hadir sudah dari sejak jaman aku masih SMA, dan produk-produk fashionnya dari dulu sampai sekarang sangat komplit, mulai dari fashion anak-anak, wanita dewasa dan juga pria dewasa. Ada berbagai macam produk seperti Tas, Dompet, Baju, Sepatu, Sandal dan juga produk kosmetik serta Parfum. Semua produk-produk tersebut tersedia untuk wanita dan laki-laki, hanya saja mungkin khusus produk kosmetik, tentu untuk wanita dong…hehehe.

Beberapa hari yang lalu, kebetulan sekali aku diberi kesempatan untuk hadir oleh komunutas Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB), untuk menghadiri launching Katalog Sophie Paris bulan Februari 2019 yang diselenggarakan di Plaza Atrium Senen Lt. 1, pada tanggal 26 januari 2019. Katalog Sophie Paris ini merupakan edisi Valentine, karena bulan februari merupakan bulan kasih sayang bagi yang merayakan Valentine, dengan tema “Valentine With Sophie”



Katalog Sophie Paris Bulan Februari 2019 (dok : @sophie.paris.id)

Ada berbagai macam hal baru yang di launching oleh Sophie Paris pada hari itu, yaitu : Launching produk baru Sophie Paris berupa Tas untuk wanita dan laki-laki, Parfum, Sepatu, Jam Tangan Couple dan juga produk Kosmetik.
Hhhmmm…sangat cocok sekali untuk para pasangan muda mudi atau bahkan bapak dan ibu rumah tangga yang ingin memberikan hadiah pada pasangannya yah.

Selain me-Launching produk-produk terbarunya, dalam management Sophie Paris juga ada yang baru loh sekarang. Jadi untuk para member setia Sophie Paris, sekarang tidak perlu repot-repot memesan atau membeli produknya langsung ke tokonya, karena sekarang di Sophie sudah tersedia layanan online, yang bisa diakses melalui websitenya yaitu di www.sophieparis.com.

Nah layanan online ini, tentu sangat membantu para membernya, karena selama dalam waktu 24 jam, mereka bisa mengakses dan memilih-milih produknya, dimana pun dan kapan pun juga. Kemudian Sophie Paris juga sekarang sudah bekerjasama dengan salah satu Startup terkemuka di Indonesia yaitu perusahaan Gojek Indonesia, yang menyediakan adanya layanan transaksi melalui Gopay.

Layanan ini khusus untuk pembayaran bonus bagi para membernya. Jadi member bisa menukarkan bonusnya dengan cashback dalam bentuk saldo Gopay. Nah dari semua hal tersebut, maka lahirlah tagline Sophie Paris yang sering disebut-sebut oleh para anggota admin dan member Sophie paris yang hadir di acara launchingnya kemarin, yaitu “I Am Paris, I Am Sophie, I Am Digital”.


Trip ke Bangkok 3 hari 2 malam (dok : website Sophie Paris) 

Kemudian asiknya lagi belanja di Sophie Paris, selain bisa mendapatkan bonus-bonus produk, para membernya juga bisa berkesempatan memenangkan voucher undian berhadiah Trip Ke Bangkok pada periode undian mulai dari tanggal 26-31 Januari 2019. Voucher undian ini berlaku untuk setiap pembelanjaan minimal 1 juta rupiah dengan 1 kali transaksi, dan langsung mendapatkan 1 voucher undian tersebut. Voucher undian ini juga berlaku kelipatan loh, jadi bagi member yang belanjanya lebih dari 1 juta atau 2 sampai 5 juta dengan 5 kali transaksi, maka akan mendapatkan langsung 5 voucher undian.

Nah jadi dengan seringnya berbelanja, tentu kesempatan untuk memenangkan trip ke Bangkok, sangat besar kesempatan menangnya, betul gak sih. Waahhh pokoknya yang menjadi member-membernya sophie paris sangat beruntung sekali deh, selain bisa mendapatkan bonus cashback, juga bisa mendapatkan bonus produk Sophie Paris sesuai point reward yang mereka kumpulkan serta bisa berkesempatan untuk memenangkan hadiah Trip ke luar negeri.

Baiklah, sekarang aku akan kasih tahu yah, produk apa saja yang di Launching dan telah hadir di Katalog Sophie paris Bulan Februari 2019 :

Produk Fashion Tas

  1. Untuk produk tas ini, seperti biasa Sophie Paris pasti akan selalu menghadirkan fashion tas untuk wanita dan laki-laki, dan untuk wanita ada tipe Ravanelli atau tas punggung dan Cillegia atau tas selempang. Kedua tas ini bermotif bunga-bunga dan berbahan kulit sintetis. Keduanya sangat cocok sekali untuk wanita muda belia yang energik. 
  2. Kemudian juga ada tas punggung elegant berwarna merah hati yaitu Zucchina, namun tas ini agak lebih besar dari tas bermotif bunga diatas. Jadi tentu sangat cocok sekali untuk wanita muda, yang suka dengan gaya sportie tapi tetap menampilkan kefeminimannya
  3. Tas untuk laki-laki merupakan produk tipe Alive French Design, yang berupa tas punggung atau Ransel yaitu Raid dan juga weist bag yaitu Renfeld. Tampilan kedua sangat elegant, dan bagi laki-laki yang memakainya akan terlihat maskulin. Khusus untuk Raid bag atau tas punggungnya, bagian-bagian didalamnya yaitu terdapat tempat untuk laptop, terdapat Rain Cover juga, comport support pad yaitu berupa bantalan untuk kenyamanan punggung, Back Ventilation atau celah ventilasi udara agar punggung terasa nyaman dan juga terdapat Multifunction pocket.

Tas Ravanelli & Cillegia (dok : @sophie.paris.id)

Produk Fashion Sepatu

Untuk Fashion sepatu ini, Sophie Paris menghadirkan sepatu untuk Couple lebih tepatnya yaitu Alex & Audrey, dengan memiliki keunggulan seperti : Slip Resisten, Light & Comport dan Double layer Outsole. Dan kelebihan lainnya yaitu terdapat Honeycomb Insole Design, berupa alas bagian bawah yang dapat dilepas untuk dibersihkan dan bentuknya yang berlubang-lubang seperti sarang madu tersebut memberikan sirkulasi udara didalam sepatu, sehingga dapat mengurangi resiko bau.


Sepatu Couple Alex & Audrey (dok : website sophie paris) 

Produk Fashion Jam Tangan

Sesuai dengan edisi bulan februari ini, yaitu bulan kasih sayang, maka Sophie Paris pun menghadirkan jam tangan untuk couple. Jam tangn couple ini disebut Zineda dan Zidane, merupakan jam tangan dengan tampilan sporty, hampir mirip modelnya dengan jam tangan G-Shock. Untuk keunggulannya terdapat : Digital alarm, 1 ATM Water Resisten, Lampu, Kalender, Dual Movement, Stop watch dan kemasan Tin Box yang didapatkan secara gratis.


Jam Tangan Couple (dok : website Sophie Paris) 


Produk Fashion Parfum

Untuk produk parfum ini juga tersedia untuk wanita dan laki-laki, yaitu Gold Eau De Parfum, yang memberikan perpaduan aroma kopi yang hangat dan orange blossom yang lembut, dan juga aroma sensasi sensual musk dan vanilla, sehingga dapat memancarkan keindangan emas dan kecantikan untuk wanita yang memakainya. Sedangkan Swagger Eau De Parfum merupakan perpaduan aroma bergamot, jahe, kapulaga, wine, musk, cedar dan amber, yang memberikan aura energik, kesuksesan, kemewahan dan kehangatan bagi seorang laki-laki yang memakainya. 


Parfum Gold & Swagger (dok : @sophie.paris.id)


Produk Kosmetik

Tersedia 2 produk kosmetik yang baru dalam katalog Sophie Paris bulan Februari yaitu : Sparkling Liquid Eye Shadow dan Blush On Beads. Untuk Sparkling Liquid Eye Shadow merupakan kombinasi cantik antara Shimmer dan Gliiter, teksturnya sangat ringan dan dangat mudah diaplikasikan. Kandungannya terdapat ekstrak Chamomile yang diformulasikan dengan kandungan air, sehingga dalam pengaplikasiannya sangat cepat kering di kelopak mata. Sedangkan Bush On Beads, merupakan perpaduan dari butiran warna warni pink dan coklat muda, sehingga memberikan rona yang berkilau alami atau natural.


Blush On Beads (dok : @sophie.paris.id)

Nah untuk info produk-produk lainnya lebih baik segera dapatkan Katalog Sophie Paris terbaru yang dibandrol dengan harga Rp. 15.000 saja loh, atau kalian bisa langsung mendaftar menjadi membernya didalam websitenya saja yah. Baiklah Demikian info tentang katalog terbarunya Sophie Paris dibulan Februari 2019 dalam edisi Valentine With Sophie.



Jumat, 01 Februari 2019

Segera Atasi Batuk Berdahak Agar Tidak Menjauh Dari Yang Dekat

Musim pancaroba sekarang sudah mulai melanda, jika daya tahan tubuh kita sedang menurun. Besar kemungkinan kita akan terserang virus-virus penyakit yang ada disekeliling kita. Virus penyakit yang menyerang ketahanan tubuh kita dikarena kurangnya vitamin yang kita konsumsi atau kurangnya asupan makanan yang bernutrisi.

Sedia payung sebelum hujan, sedia Bisolvon sebelum virus batuk menyerang (dok.pri)

Biasanya virus akan lebih mudah menyerang orang dewasa, karena aktivitas orang dewasa lebih sering diluar rumah. Akan tetapi virus tersebut juga akan dengan mudah menyerang anak-anak usia balita dan remaja, jika kita yang sedang terserang penyakit, berada dekat dengan anak-anak. Maka sangat rentan sekali bagi anak balita untuk sering menghirup udara yang terpapar virus baik diluar atau pun didalam rumah.

Dulu saat anakku terserang batuk selama 1 bulan lebih, aku sangat khawatir dan bingung harus berobat kemana lagi. Sudah 3 kali berobat ke dokter, batuk pun tidak kunjung sembuh. Kalau kata orang tua bilang katanya itu namanya batuk 100 hari, kalau belum 100 hari belum akan sembuh. Waahh aku tidak mau mempercayai mitos-mitos itu, yang namanya batuk itu kan penyakit, sudah pasti harus segera disembuhkan.

Aku paling tidak bisa membiarkan penyakit anakku berkepanjangan, misalnya seperti penyakit batuk dan flu. Terkadang di saat anak-anak usia balita, memang sebagai orang tua kita sering merasa serba salah, jika anak terserang dua penyakit tersebut. Akhirnya semenjak itu, aku sering menyediakan obat-obatan dirumah, terutama untuk batuk, flu dan panas. Jadi jika anakku sudah memperlihatkan tanda-tanda seperti mau sakit flu dan batuk maka aku bisa langsung memberinya obat.

Aku juga memberi Bisolvon pada sahabatku, agar kita tidak harus menjauh (dok.pri)

Salah satu obat yang aku andalkan setiap anakku batuk adalah Bisolvon, karena pada saat anakku terserang batuk berdahak yang berkepanjangan tersebut, aku mencoba memberinya Bisolvon, dan Alhamdulillah batuknya pun bisa cepat sembuh. Karena Bisolvon dapat meredakan batuk yang disertai dahak.

Kandungan bahan utama dalam Bisolvon yaitu : Bromhexine, yaitu berupa obat Mukolitik yang dapat melepaskan, mengencerkan, dan mengeluarkan dahakBisolvon juga mempunyai rangkaian produk yang lengkap, tersedia untuk anak-anak dan dewasa.
Informasi tersebut aku dapat saat mengikuti acara Blogger Gathering Bisolvon pada hari minggu yang lalu, dan acara tersebut menghadirkan beberapa orang narasumber.

Blogger Gathering ini berupa acara Talkshow untuk mengupas lebih dalam tentang tips-tips sehat selama musim pancaroba ini. Mengingat pada musim pancaroba ini, memang sangat ekstrim sekali yah cuacanya. Siangnya panas terik, tapi sore atau malamnya hujan lebat, atau hari ini tidak hujan dan panas terik, tapi besoknya cuaca mendung seharian.

Talkshow Blogger Gathering dengan 3 orng narasumber (dok.pri)

Jika keadaan seperti itu terus, maka kita akan sangat mudah sekali terserang batuk berdahak seperti yang sudah aku ceritakan diatas. Oleh sebab itulah, acara Talkshow dalam Blogger gathering tersebut diberi tema “Jangan Batuk Berdahak Jauhkan Yang Dekat”. Sudah kebanyangkan maksud dari tema tersebut, bahwa jika kita terserang batuk maka kita akan menjauh dari orang-orang yang kita sayangi, karena virus batuk akan sangat gampang menularkan.

3 orang narasumber yang hadir di event talkshow tersebut adalah :
Mega Valentia sebagai Brand manager Bisolvon, lalu ada Dr. Riana Nirmala Wijaya sebagai Sanofi Medical Ekspert dan Amalia Sarah sebagai kol Family Mom. Selain mereka juga ada Adisti Nirmala sebagai Head Of Marketing Sanofi Consumer Healthcare dan Ayu Kinanti sebagai Editor In Chief Fimela.com.

Mengenai hubungan antara musim pancaroba dan batuk ini, Dr. Riana Nirmala Wijaya pun menjelaskan bahwa “Pada saat musim pancaroba, cuaca yang berubah-ubah akan mengubah tekanan udara, suhu serta komposisi udara. Dan kondisi seperti ini dapat menciptakan berkembangnya kuman dan virus yang ada disekitar kita.”

Masih menurut penjelasan dr. Riana, temperatur pada masa pancaroba pasti akan sangat berpengaruh pada tubuh, karena tubuh kita akan bekerja keras untuk menyesuaikan diri dengan temperatur yang ada disekitarnya. Nah jadi pada saat itu, otomatis sistem imun kita atau daya tahan tubuh akan berkurang terhadap serangan penyakit atau virus. Jadi sudah bisa dipastikan kalau di musim pancaroba ini, akan banyak orang yang terserang penyakit seperti Flu, Batuk, ISPA dan lain-lain.

Begitupun seperti yang dialami oleh keluarga mba Amalia Sarah, pada saat mba Amel terserang batuk, pasti akan merasa sedih karena tidak bisa dekat-dekat dengan buah hatinya, tidak bisa memeluk atau bahkan menciumnya. Kemudian pada saat berdekatan dengan rekan kerja juga menjadi tidak enak dan risih karena tentu harus menggunakan masker, dan akan terkesan seperti biang dari virus atau berlabel “sumber penyakit”.

Jangan Batuk Berdahak, Jauhkan Yang Dekat (dok.pri)

Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui bagaimana cara untuk mencegah virus batuk menghampiri keluarga tercinta kita dan orang terdekat kita. Dan jika virus tersebut sudah terlanjur menghampiri, maka harus segera diberantas dengan obat andalan atau obat terpercaya yang sudah cocok untuk keluarga.

Misalnya seperti obat batuk Bisolvon yang menjadi obat andalan aku dan keluarga. Nah untuk lebih jelasnya lagi mengenai Bisolvon, ibu Mega Valentia pun menjelaskan dengan seksama mengenai keunggulan Bisolvon tersebut.

Menurut penjelasan mba Mega, "Pada saat salah satu keluarga terserang batuk maka infeksi Patogen pun akan menularkan kepada anggota keluarga lainnya, bahkan 1 keluarga bisa terkena virusnya secara langsung. Maka jika salah satu anggota di keluarga ada yang batuk, harus segera mengkonsumsi obat batuk."

Bisolvon merupakan obat batuk andalan keluarga Indonesia, yang sudah ada dari sejak 45 tahun yang lalu. Bisolvon juga sudah terdaftar di Badan POM, dan sering direkomendasikan oleh Dokter karena sudah teruji secara klinis, dan terbukti efektivitasnya. Jadi keluarga Indonesia percaya kalau Bisolvon bisa mengalahkan batuk berdahak, begitupun juga dengan yang aku alami bersama keluarga.

Bisolvon mempunyai varian yang lengkap, yaitu ada 3 varian yang terdiri dari :

Bisolvon Ekstra, yaitu Sirup obat batuk dengan 2 aksi Bromhexine encerkan dahak dan Guaifenesin untuk mengeluarkan dahak. Varian ini bisa digunakan oleh anak usia mulai 2 tahun keatas.
Bisolvon Kids, yaitu varian untuk anak dengan rasa strawberry.
Bisolvon Solution, Varian ini merupakan varian untuk penderita Diabetes dan anak-anak juga bisa, karena varian ini bebas gula. Ada yang berupa tablet dan sirup, jadi sangat praktis untuk dibawa kemana-mana, terutama bagi pengguna yang aktif diluar rumah.

Ada 3 varian Bisolvon dengan berbagai ukuran (dok.pri)

Selain di Apotek, Bisolvon juga bisa dibeli di beberapa merchant seperti : Guardian, Watson, Century dan Indomart juga ada loh. Jadi lebih mudah didapatkan, enaknya lagi kalau di Indomart kita bisa membelinya sampai tengah malam sekalipun, karena Indomart kan ada yang sampai 24 jam.

Baiklah semoga informasi ini berguna untuk kita semua yah, dan semoga kita dan keluarga selalu sehat, dijauhkan dari segala macam penyakit, sehingga penyakit tidak bisa menjauhkan kita dari yang dekat yaitu keluarga tercinta dan teman-teman.




Kamis, 31 Januari 2019

Serum Pemutih Wajah Erha 21 Solusi Cantik Untuk Wajah Kusam

Saat membahas mengenai Serum Pemutih Wajah ini, kita pasti akan mengharapkan wajah putih, mulus, bersih dan cantik yah. Ada berbagai produk kosmetik yang menjanjikan kulit wajah menjadi putih dan mulus, sebagaimana dambaan dari setiap wanita. Namun kita harus cerdas dalam memilih kosmetik tentunya, jika kulit wajahnya saja yang putih apa gak jadi aneh jika dibandingkan dengan tangan kita yang agak kecoklatan.

Setiap manusia mempunyai warna dan jenis kulit yang berbeda-beda, manusia yang dilahirkan berkulit sawo matang tidak lantas kulit wajahnya akan menjadi putih, dengan hanya memakaian kosmetik saja. Kulit wajah menjadi putih, tentu kita harus cek kandungan apa saja yang terdapat dalam kosmetik tersebut. Karena seperti yang kita tahu, akhir-akhir ini banyak beredar kosmetik-kosmetik palsu yang mempunyai kandungan bahan kimia berbahaya.


serum pemutih wajah produk erha
Serum Pemutih Wajah Erha 21 (dok.pri)

Berita tentang kosmetik palsu memang sudah beredar sejak dulu sih, sudah bukan berita baru lagi sebenarnya. Namun tetap saja yang namanya wanita, akan merasa khawatir jika wajahnya sudah mulai tampak kusam dan berjerawat. Wajah kusam, dekil, dan berjerawat itu sebenarnya karena faktor apa sih biasanya?
Karena malas membersihkan wajah, atau ada penyebab lain yang tanpa kita sadari menjadi penyebab wajah kusam dan berjerawat.

Sebagai contohnya yang aku alami sendiri, beberapa bulan kebelakang ini aku merasa wajahku agak kusam dan dekil, serta mulai timbul jerawat batu yang sembuhnya itu selalu lama. Tapi setelah aku ingat-ingat, sepertinya penyebabnya yaitu karena aku sering begadang untuk mengerjakan tugas tulisanku, dan keesokan harinya aku sudah harus bangun pagi untuk mengurus keperluan sekolah anakku.

Ya alhasil selain wajah menjadi kusam dan dekil, jerawat juga semakin bermunculan jadinya, padahal wajahku ini termasuk yang jarang jerawatan loh. Nah apakah penyebabnya karena sering begadang saja, atau ada penyebab lainnya yang membuat wajah ku kusam, dekil dan mudah berjerawat.


sebelum memakai serum pemutih wajah erha
Saat wajahku kusam dan lelah (dok.pri)

Oh iya, wajahku ini jenis kulit yang berminyak, dan keluarnya minyak di daerah T pada wajahku terkadang agak berlebihan, apalagi kalau cuaca sedang panas terik. Karena kegiatanku juga seringnya keluar rumah, jadi mungkin agak sering terpapar sinar matahari dan polusi. Nah apakah jenis kulit berminyak yang berlebihan tersebut bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Baiklah sebelumnya aku akan bahas tentang beberapa penyebab kulit wajah kusam dan berjerawat, menurut sumber tulisan yang aku baca di klinikkecantikan.co.id, yaitu : 

Faktor Genetik
Wah ternyata faktor keturunan juga bisa menjadi penyebabnya yah, hal ini bisa ditandai dengan jenis kulit kita yang diturunkan dari salah satu anggota keluarga kita, misalnya jenis kulit yang berminyak seperti aku ini. Karena jenis kulit berminyak merupakan awal dari penyebab kekusaman pada wajah, maka hal pertama yang harus kita atasi adalah mengurangi kadar minyak yang berlebih tersebut.

Kurang Minum Air Putih
Nah padahal minum air putih itu sangat gampang kita lakukan yah, tapi kenapa sering kita abaikan. Konsumsi air putih yang cukup selain bagus buat kesehatan tubuh, ternyata bisa juga untuk menjaga kelembapan kulit. Jika kita kekurangan minum, maka dehidrasi juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

Kurang Tidur
Waahh kalau penyebab yang satu ini, memang sering aku lakukan beberapa bulan kemarin. Seperti yang sudah aku jelaskan diatas, bahwa dengan seringnya begadang bisa menjadi penyebab kusamnya wajah kita. Memang ini benar adanya, dan aku mengalaminya langsung. Apalagi kalau sudah timbul jerawat yang baru, padahal jerawat lama belum sembuh total loh…huufftt.

Pemakaian Kosmetik
Pada awalnya aku juga menyangka, penyebab kusam dan jerawat pada wajahku, mungkin karena ada kosmetik yang kurang cocok untuk kulit wajahku. Oleh sebab itu kita harus pintar memilih kosmetik yah, jangan karena tergiur dengan harga yang murah, tapi kita tidak tahu kandungan apa yang terdapat dalam pembuatan kosmetik tersebut, maka sebaiknya kita harus teliti sebelum membeli.

Stres
Segala macam penyakit yang timbul, rata-rata disebabkan oleh Stres atau pikiran. Stres merupakan gangguan psikologis yang terjadi pada Wanita dan laki-laki yang disebabkan oleh produktivitas kerja yang tinggi. Sehingga stress pun tak terelakkan, dan besar kemungkinan juga sangat berpengaruh pada kesehatan kulit wajah kita, bisa membuat kulit wajah menjadi kusam atau kurang menarik. 

Sebenarnya masih banyak penyebab-penyebab lainnya seperti : Pola makan yang tidak sehat, kurang bersih mencuci wajah, Merokok, Faktor Hormonal dan lain sebagainya. Namun beberapa hal yang aku sebutkan diatas, adalah hal-hal yang tanpa kita sadari bisa menjadi penyebab kulit wajah tidak sehat lagi, terutama dalam hal memilih kosmetik.

Jujur saja, beberapa hari ini aku sedang mencoba beberapa kosmetik baru yang kemungkinan bisa membantu memulihkan kembali kekusaman kulit wajah ku. Dan salah satu komsetik yang aku coba adalah Serum Pemutih Wajah dari ERHA 21.

Serum produksi Erha 21 ini memiliki 2 jenis produk serum, yang pertama yaitu TRUWHITE ACTIVATOR C SERUM dan yang kedua yaitu AGE CORRECTOR SERUM ANTI AGING. Tapi aku lebih memilih produk yang pertama yaitu Truwhite Activator C Serum, karena sesuai dengan kondisi kulitku yang sedang kusam.


kemasan serum pemutih wajah produk erha
Serum Pemutih Wajah Erha 21 jenis Truwhite Activator C Serum (dok.pri)

Mencoba Serum Pemutih Wajah Erha Truwhite Activator C Serum


Saat pertama kali mencoba serum pemutih wajah C Serum ini, aku merasakan ada panas sedikit di wajah atau lebih tepatnya rasa hangat sih yah, lalu kemudian sedikit gatal juga. Namun pada saat itu, aku juga sedang mencoba produk kosmetik lainnya yang baru aku pakai yaitu Powder BB Pons. Nah entahlah yang menyebabkan hangat dan gatalnya itu karena pemakaian C Serumnya atau Powder Pons tersebut yah.

Lalu hari berikutnya aku mencoba lagi memakai C Serum dari Erha 21 tanpa memakai Powder BB Pons lagi. Tapi untuk kosmetik lainnya yang biasa aku pakai tetap dipakai, karena produk Erha 21 ini bisa dipakai berbarengan dengan kosmetik lainnya juga. Dan Alhamdulillah dipemakaian yang kedua kalinya, aku sama sekali tidak merasakan rasa panas dan gatal lagi. jadi pemakaian serum wajah whitening dari Erha 21 ini tetap aku lanjutkan setiap hari, di pagi hari dan malam hari.


serum pemutih wajah erha
Melanjutkan pemakaian Erha 21 (dok.pri)

Kemudian setelah pemakaian selama 2 minggu berturut-turut, Alhamdulillah wajahku semakin cerah, bersih serta halus. Jadi serum pemutih wajah dari produk Erha 21 ini lebih tepatnya adalah mencerahkan kulit wajah yang kusam, bukan memutihkan wajah. Karena seperti yang aku jelaskan diatas, bahwa kita harus pandai memilih kosmetik, karena kosmetik yang benar itu tidak memutihkan melainkan mencerahkan dan membersihkan.

Manfaat Serum Erha 21

Serum pemutih wajah Erha 21 Truwhite Activator C Serum ini, adalah inovasi terbaru yang memadukan manfaat dan kekuatan Vitamin C dengan Targeted Whitening System dalam Advance Formulating Technology. Hasilnya dapat mengoptimalkan aktivitas pada kulit wajah, sehingga efek brightening yang dihasilkan akan lebih maksimal. Dan terbukti juga secara klinis, dapat memberikan perbaikan nilai melanin index sejak 1 minggu pemakaian.


serum pemutih wajah erha
Manfaat Truwite Activator C Serum telah teruji secara klinis (dok.pri)


Wahh…pantas saja, baru 2 minggu pemakaian saja, hasilnya sudah dapat aku rasakan, padahal biasanya kan kosmetik akan terasa hasilnya minimal 1 bulan pemakaian. Tapi baru 2 minggu pemakaian saja aku sudah dapat merasakan perbedaannya, terbukti dengan tidak munculnya lagi jerawat-jerawat baru dan mengurangi kelebihan minyak di wajahku. Sehingga wajahku sekarang tidak lagi kusam dan berminyak. 


setelah menggunakan serum pemutih wajah erha
Setelah menggunakan Serum Pemutih Wajah Erha 21 (dok.pri)

Dan yang lebih aku sukai lagi, pada saat pemakaian di malam hari, aku pun merasa nyaman karena cairan C Serumnya langsung menyerap ke pori-pori kulit, jadi tidak terasa lengket atau terlalu lembab. Nah sepertinya aku akan meneruskan memakai serum pemutih wajah Erha Truwhite Activator C Serum ini deh.

Cara Pembelian Produk-produk OTC Erha 21

Untuk pembelian produknya juga gampang banget kok, kita tidak perlu datang ke dokter untuk memeriksakan terlebih dahulu keluhan kulit kita. karena sekarang ada beberapa produk-produk OTC (Over The Counter) dari Erha 21 yang bisa kita beli langsung tanpa resep, di ERHA Official Ecommerce Store. Jadi melalui OTC tersebut kita tinggal menyesuaikan dengan jenis kulit kita dan keluhannya.


harga serum pemutih wajah erha
Harga Truwhite Activator C Serum (dok.pri)


Harga dari Truwhite Activator C Serum ini yaitu Rp. 180.000, dan untuk 30 orang pertama bisa mendapat potongan harga sebesar Rp.30.000, untuk setiap pembelian produk Erha senilai Rp.200.000. Dan untuk mendapat potongan harga tersebut, kita bisa memakai kode voucher ERHASTOREXMELY. Nah dibawah ini ada videonya, simak yuk :




Baiklah, semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua, dan aku juga mau kasih tau nih, kalau yang namanya produk kosmetik itu kan tergantung cocok atau tidaknya di kulit kita yah, jadi kalau produk ini cocok di aku belum tentu juga cocok untuk kulit kalian. Oleh karena itu sangat perlu kita ketahui dulu kandungan yang terdapat dalam produknya, karena terkadang ada beberapa jenis kulit yang sensitif terhadap bahan-bahan tertentu loh.