Minggu, 18 Desember 2022

Yuk Kenali Tanda Dan Gejala Ruam Popok Pada Si Kecil, Segera Konsultasikan Ke Dokter Spesialis Anak



Kasih sayang seorang ibu untuk anaknya itu tidak bisa di ukur oleh apa pun ya, seorang ibu selalu ingin melihat anaknya bahagia dan nyaman sepanjang hari, apalagi saat sang buah hati sedang tertidur pulas. Oleh karenanya ibu akan selalu mengusahakan beri yang terbaik, demi untuk membuat anaknya merasakan kenyamanan, baik pada saat bermain atau pun tidur.

Sebagai contoh usaha seorang ibu untuk memberikan kenyamanan pada si kecil, seperti saat aku memilih produk-produk untuk dipakaikan pada anakku itu adalah tantangan besar. Seperti misalnya, saat memilih pakaian, harus yang bahannya bisa menyerap keringat dan nyaman. Walaupun produk tersebut agak sedikit pricey, aku tetap usahakan untuk membeli.

Begitupun dengan produk lainnya seperti susu formula, makanan pendamping ASI, peralatan makan dan peralatan mandi, sampai pemilihan diapers. Bagiku, hal-hal tersebut cukup membutuhkan pemikiran yang matang ya bun, karena kita juga tidak bisa sembarangan membeli suatu produk, yang nantinya akan berdampak tidak baik buat anak kita, ya kan.

Nah sebagai contoh saat memilih diapers nih yang cukup bikin aku galau, karena untuk satu produk ini aja, banyak banget pilihannya, dan aku tuh tidak terlalu paham tentang standar kualitas diapers yang bagus itu seperti apa, atau yang cocok untuk kulit anak yang sensitif, seperti kulit anakku yang bagaimana. Karena kalau kita salah membeli, dan kita tidak tahu aturan pakai dari popok sekali pakai itu gimana, maka yang aku takutkan, akan berakibat buruk untuk kesehatan anak.

Hal buruk yang akan terjadi pada anak-anak, terutama pada bayi new born, biasanya akan menyebabkan timbulnya  permasalahan Ruam Popok. Nah untuk permasalahan ruam popok ini, tentu harus jadi perhatian kita ya bun, kita tidak boleh menganggap sepele, masalah kesehatan apa oun yang terjadi pada anak.

Untuk itu lah kita harus banget mengkonsultasikan terlebih dahulu permasalahan ini pada dokter anak. Karena jujur aja, dulu anakku pernah mengalami masalah ruam popok yang cukup parah, dan sangat membuat aku kebingungan dan sedih, apalagi ketika anakku nangis saat sedang dibersihkan area yang terkena ruam popoknya.

Bahaya Ruam Popok Pada Anak dan Solusinya

Ruam Popok merupakan radang atau infeksi kulit yang terjadi di sekitar area popok seperti paha, dan pantat bayi. Ruam popok terjadi, karena adanya paparan zat amonia yang terkandung dalam cairan urine, atau feses anak bayi biasanya. Dikarenakan area popok pada kulit bayi bagian paha atau pantat tersebut tidak dapat dihindari untuk bersentuhan dengan bakteri yang terdapat dalam urine atau feses.

Jadi walaupun kita udah sering mengganti atau membersihkan bagian pantat atau paha bayi tersebut secara teratur, tetap saja tidak akan mampu untuk menyingkirkan bakteri-bakteri yang terdapat di area popok bayi. Maka akan terjadilah yang disebut dengan ruam popok.

Nah untuk gejala yang ditimbulkan itu biasanya, Kulit area bokong, paha, lipatan paha dan area kemaluan bayi, terjadi kemerahan disertai rasa perih. Kemudian anak akan terus-terusan rewel, atau menangis, saat bagian yang tertutup diapers itu di sentuh.

Dari penjelasan diatas, persis sama seperti gejala yang terjadi pada anakku, kebayang kan betapa paniknya aku saat itu, dan sampai sekarang pun kalau teringat tangisannya, aku langsung merasa sangat berdosa sekali. Sedih rasanya!

Tapi buat bunda yang lain, tenang aja yah, jangan panik, apalagi sekarang kan perkembangan teknologi udah semakin bagus dan begitu pun juga dengan produk-produk kebutuhan si kecil termasuk diapers, udah semakin banyak yang kualitasnya lebih mumpuni.

Nah jika si kecil bunda mengalami permasalahan ruam popok, sebaiknya langsung konsultasikan saja pada dokter specialis anak atau dokter specialis kulit. Agar permasalahan ruam popok bisa langsung teratasi segera, jangan sampai dibiarkan ya bun. Selain itu dengan berkonsultasi pada ahlinya (DSA), kita jadi lebih tahu bagaimana cara untuk menghindari terjadinya ruam popok.

Nah tanda atau gejala seperti apa sih, ketika kita harus segera membawa si kecil ke dokter?

Kenali Tanda Dan Gejala Ruam Popok

Menurut sumber yang aku baca dari website Halodoc, ada beberapa gejala yang harus kita waspadai dan mengharuskan kita untuk segera membawa anak ke dokter specialis. Yaitu :
  1. Jika ruam popok tak kunjung sembuh dalam waktu 4-7 hari, walaupun sudah di obati
  2. Jika ruam popok semakinnparah dan menyebar ke bagian tubuh lainnya pada bayi
  3. Jika ruam popok sudah berair dan berkerak dengan warna kekuningan
  4. Jika ruam popok berwarna kemerahan dan timbul gelembung kuning seperti jerawat
  5. Selain ruam popok, bayi juga akan mengalami diare berkepanjangan lebih dari 2 hari
  6. Kemudian bayi juga akan mengalami demam
  7. Dan bayi juga akan mengalami lesu dan mengantuk berlebihan diluar kebiasaannya.
NAh bunda, jika terjadi gejala-gejala seperti diatas, maka sebaiknya segera bawa anak kita ke dokter spesialis, jangan sampai kita menunda atau menganggap sepele gejala apa pun yang berhubungan dengan kesehatan anak, termasuk masalah ruam popok yang akan selalu dianggap permasalahan sepele biasanya ya bun.

So yah, agar anak-anak kita terhindar dari permasalah ruam popok, ada baiknya kita mencari tahu informasi yang beredar di pasaran, tentang standar kualitas diapers yang seperti apa sih yang baik untuk kesehatan kulit bayi kita, atau kita bisa sekalian konsultasi langsung ke dokter spesialis anak loh bun.

Nah menurut informasi yang aku peroleh, beberapa hari yang lalu, ada penyelenggaraan Konsultasi Dokter Gratis di 10 rumah sakit yang berada di 10 kota besar Indonesia. Penyelenggaraan ini merupakan program dari MAKUKU sebagai pelopor produk diapers terbaru, yang sudah berdiri sejak tahun 2020.




MAKUKU juga merupakan perusahaan yang berorientasi dalam menyediakan kebutuhan ibu dan anak, yang memposisikan sebagai perusahaan Profesional, Value Delivery dan Intimate Friend. Selain itu fokus MAKUKU juga ingin mengajak para orangtua untuk bersama-sama menyediakan kebutuhan terbaiknya bagi si kecil.


Kolaborasi MAKUKU bersama 10 Rumah Sakit Di 10 Kota Besar Indonesia 

Demi untuk meningkatkan tersebarnya informasi mengenai kesehatan bayi, dan demi untuk menanggapi keluhan para ibu tentang permasalahan ruam popok pada anak, maka MAKUKU saat ini berkolaborasi dengan 10 Rumah Sakit yang berada di 10 kota besar Indonesia, untuk mengadakan konsultasi dokter gratis.

Program ini bertujuan untuk mengedukasi para ibu mengenai permasalahan ruam popok pada anak, agar para ibu mendapatkan informasi yang tepat dan penanganan yang tepat. Konsultasi ibu dan anak ini, juga bertujuan agar para ibu tidak gampang termakan hoax yang beredar mengenai masalah kesehatan anak, terutama tentang permasalahan ruam popok pada anak.

Untuk informasi saja ya bun, karena program konsultasi dokter gratis ini, sudah berlangsung dari tanggal 16 Desember sampai 18 Desember 2022 kemarin. Dan berikut 10 Rumah Sakit atau RSIA di 10 kota besar Indonesia yang menjadi tempat penyelengaraannya, yaitu :
  1. RS. St. Carolus di Jakarta
  2. RSIA Bina Medika di Tangerang
  3. RSIA Lira Medika di Karawang
  4. RS. Hermina Pasteur di Bandung
  5. RS. Hermina Pandanaran di Semarang
  6. RSIA Putri di Surabaya
  7. RS. Mitra Medika Premiere di Medan
  8. RSIA Azzahra di Palembang
  9. RSIA Bunda Asy Syiffa di Lampung
  10. RSIA Ananda di Makassar.

Nah kabar baiknya lagi nih bun, pada saat program tanya dokter gratis ini berlangsung, para ibu selain dapat kesempatan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak dan dokter spesialis kulit di rumah sakit yang berada di daerahnya, para ibu juga akan mendapatkan popok gratis dari MAKUKU, setelah selesai berkonsultasi loh.

Waawww amazing banget ya bun, dan diapers yang dibagikan merupakan produk terbaru dari MAKUKU, yang sudah dilakukan pembaharuan teknologi dari diapers sebelumnya, dengan melalui teknologi SAP (Super Absorbent Polymer).




Super Absorbent Polymer merupakan teknologi terbaru dari produk MAKUKU, yaitu MAKUKU SAP Diapers Slim, yang merupakan popok pertama di Indonesia, yang menggunakan inti struktur SAP, atau dengan kata lain teknologi Super sehingga anti gumpal.

Selain anti gumpal, keunggulan lainnya dari MAKUKU SAP Diapers Slim ini merupakan popok paling tipis dibanding popok lainnya yang ada di Indonesia, namun walaupun tipis, daya serapnya lebih oke loh dibanding popok lainnya.



Kemampuan daya tampung pada teknologi baru dari MAKUKU SAP Diapers Slim ini, karena di dalamnya terdapat kandungan Polymer Hydrophilik yang berfungsi untuk menyerap cairan agar lebih maksimal. Sementara bahan kandungan yang biasanya terdapat pada diapers lain, yaitu menggunakan bahan PULP, yang merupakan bahan hasil pemisahan serat, dan biasanya terdapat pada serat kayu, yang digunakan untuk pembuatan kertas. 


Varian Produk MAKUKU yang sudah menggunakan teknologi SAP (Super Absorbent Polymer)

Just information lagi ya bun, bahwa selain varian MAKUKU SAP Dapers Slim, ada beberapa varian lain yang juga sudah berinovasi menggunakan teknologi SAP, yaitu :
MAKUKU SAP Diapers Pro Care, MAKUKU SAP Diapers Comport, MAKUKU SAP Diapers Balance Care. Dan semuanya mempunyai keunggulan dan harga yang berbeda-beda tentunya.

Namun pilihan terbaik tetap kita sendiri yang harus menentukan ya bun, karena setelah aku pelajari mengenai kualitas dan aku coba bandingkan dengan harganya, kalau aku pribadi sih lebih memilih MAKUKU SAP Diapers Slim dong.

Alasannya, karena MAKUKU SAP Diapers Slim memiliki keunggulan pada daya tampung yang lebih tinggi, yaitu sekitar 500ml, sedangkan biasanya volume urine bayi sekitar 60-100ml saja. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh pada permukaan diapers yang akan tetap kering walau sudah terkena air urine berkali-kali, sehingga untuk permasalahan ruam popok kemungkinan besar akan terhindari.

Selain itu, jika daya serap lebih besar, maka popok pun tidak akan menggumpal, sehingga si kecil juga akan tetap merasa nyaman. Dan karena bentuk dari MAKUKU SAP Diapers Slim ini lebih slim atau tipis, sooo....tidak akan ada drama popok menggumpal lagi dong ya bun, dan si kecil akan tetap happy saat bermain dan nyaman saat tertidur.

Untuk varian MAKUKU SAP Diapers Slim ini memiliki 2 tipe, yaitu tipe perekat untuk ukuran baby New Born, S dan M, sedangkan tipe celana, tersedia ukuran M, L, XL, dan XXL. Sedangkan untuk harganya, minggu lalu aku pernah beli offline, di supermarket Superindo, dengan harga aslinya Rp. 115.400, tapi kebetulan aku mendapatkan harga discount jadi Rp. 90.900.

Selain di supermarket Superindo, produk-produk MAKUKU ini juga tersedia di supermarket besar lainnya yah seperti, Transmart, Lottemart, Jogja Griya, Prama dan Borma, atau toko Raja Susu, dengan harga yang bervariasi, dan  untuk store onlinenya sudah tersedia juga di Shopee, Tokopedia, TikTok Shop, Lazada dengan mengunjungi akun MAKUKU Indonesia Official.

Oke bun, semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu bunda-bunda semua yang sedang kebingungan mencari diapers dengan kualitas yang lebih baik untuk kesehatan kulit si kecil. Dan semoga bunda dan si kecil senantiasa di berikan kesehatan kebahagian selalu yaaahhh.

Jika bunda membutuhkan informasi yang lebih detail lagi tentang produk-produk dari MAKUKU, bunda bisa kunjungi website MAKUKU Indonesia yah atau bunda bisa banget loh kepoin instagramnya di @makuku.indonesia.official









8 komentar:

  1. Kalo terjadi ruam popok pada bayi kasihan ya. Jadi butuh popok yang nyaman dan gak bikin alergi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kasihan banget, aduh jangan sampe deh terjadi ruam popok, krn bakalan perih bgt lukanya., makanya harus hati2 pilih diapers yg bagus

      Hapus
  2. Makuku dg teknologi SAPnya bikin bayi nyaman dan terhindar dari ruam popok. Bisa jd solusi yang tepat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mak, Makuku udah yang terbaik deh, asal harus tetap sesuai anjuran dokter untuk pemakaiannya.

      Hapus
  3. Ngeri ya Bun kalau ruam popok sudah parah. Sebelum kena ruam popok lebih baik mencegahnya, ya. Pakai MAKUKU SAP Diapers Slim yg daya serapnya tinggi, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus bener2 pilih diapers yang punya daya serapnya tinggi, tapi pemakaiannya harus tetap seperti anjuran dokter yah

      Hapus
  4. Asik nih dapat rekomendasi popok sekali pakai yang bagus kualitasnya. Sering lihat MAKUKU di toko susu sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya udah banyak banget Makuku emang kak, ada di toko2 raja susu dan supermarket besar, atau di online shop juga ada.

      Hapus