Kamis, 16 Desember 2021

Dukung Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan Untuk Mewujudkan Anak Indonesia Generasi Maju

Nutrisi dan Pendidikan untuk anak sudah sering kita dengar sebagai topik utama dalam bahasan parenting. Karena nutrisi dan pendidikan merupakan pondasi yang harus ditanamkan untuk anak-anak dari sejak dini, dalam mencapai kesuksesan di masa depannya.

Anak dan Bunda ikut dukung gerakan #AyoTunjukTangan (dok.pri)


Membentuk Generasi Maju di jaman sekarang, tentu saja tidak semudah yang dibayangkan, karena pemikiran anak masa kini jelas berbeda dengan pemikiran anak di masa lalu. Anak jaman sekarang pemikirannya lebih luas dan selalu mempunyai ide-ide kreatif untuk mencoba hal-hal baru.

Hal tersebut terbukti dengan banyaknya para pengusaha yang usianya masih terbilang sangat muda. Jujur aku pribadi sering merasa kagum sama anak-anak muda jaman sekarang, yang sudah memiliki usaha sendiri, dari berbagai macam bidang.

Namun untuk mencapai kesuksesan tersebut jelas saja prosesnya tidak semudah yang dibayangkan, kebanyakan dari mereka memulai kariernya dari nol. Ilmu yang mereka dapat pun beragam, ada yang  melalui pendidikan, tapi banyak juga yang memulai usahanya, dengan ilmu yang didapat secara otodidak.

Maka itu, aku katakan hampir rata-rata anak-anak milenial ini mempunyai pemikiran cemerlang dan kreatif, mereka dilahirkan dari orangtua yang pastinya memberikan Nutrisi Anak terbaik, yang diberikan dari sejak 1000 hari pertama kehidupan.

Dimana pada 1000 hari pertama kehidupan ini lah, dimulainya proses pertumbuhan sel-sel otak pada anak, yang berawal dari masa kehamilan, setelah melahirkan usia 0-6 bulan dan proses lanjutan di usia 6 bulan sampai 2 tahun.

Nah di masa periode emas tersebut, peran kita sebagai orangtua sangat penting dalam proses pembentukan Tumbuh Kembang Anak. Pemberian nutrisi yang tepat, akan berpengaruh pada perkembangan otak dan pertumbuhannya, sehingga dampaknya dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang, terutama dalam hal pendidikan.

Tentunya jika calon generasi penerus bangsa ini, mendapatkan hak nya dalam pemenuhan nutrisi, maka keberhasilan dalam pendidikannya pun akan tercapai. Namun seperti yang kita tahu, harapan dalam mencapai keberhasilan itu tidak lah mudah, karena pencapaian kesuksesan itu membutuhkan proses dan dukungan yang selaras dari berbagai pihak, selain orangtua.

Misalnya dalam hal pembelajaran, anak-anak juga membutuhkan fasilitas yang mendukung proses pembelajarannya. Seperti  tempat pendidikan yang layak dan juga dukungan materi dari berbagai lapisan masyarakat (bukan saja hanya dari pemerintah).

Karena menurut data yang diperoleh, sebagai akibat dari pandemi selama 2 tahun ini, ada banyak anak-anak yang terpaksa harus putus sekolah, dari para orangtua yang terkena PHK. Dan juga ada banyak fasilitas sekolah yang mulai terabaikan, dikarena kondisi ekonomi yang semakin menurun.

Selain itu, karena sistem pembelajaran yang berubah selama pandemi, maka ada sebagian anak di Indonesia tidak bisa mengikuti pelajaran yang diberikan dari sekolah, karena membutuhkan biaya untuk pembelian kuota. Atau keluhan lainnya seperti, gangguan sinyal dari jaringan internet di beberapa wilayah di Indonesia, terutama daerah-daerah yang sulit terjangkau oleh internet.

Dengan adanya berbagai macam kendala diatas, akhirnya ada beberapa pihak yang merasa terpanggil untuk membantu anak-anak generasi penerus, melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan yang di gagas oleh SGM Eksplor sebagai upaya untuk mendukung tercapainya #GenerasiMaju dari anak-anak Indonesia, khususnya dalam bidang Pendidikan dan Kesehatan.

Gerakan #AyoTunjukTangan bersama SGM Eksplor


Melalui gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan ini, sudah banyak upaya yang dilakukan oleh #SGMEksplor yang berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait. Dukungan yang disalurkan yaitu berupa :

  1. Pemberian beasiswa pendidikan online untuk 1.500 siswa sekolah dasar
  2. Dukungan dalam pemberian gawai
  3. Melakukan rehabilitasi untuk 10 bangunan sekolah yang terbengkalai
  4. Dukungan pemberian susu pertumbuhan, untuk anak-anak usia diatas 1 tahun sebanyak 75.000 produk susu, yang tersebar di 41 kota dan 15 provinsi di Indonesia.

Nah pastinya kalian mau tahu kan, siapa saja sih pihak-pihak yang  mendukung gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan ini?
Lalu, dukungan apa saja yang diberikan untuk anak-anak generasi penerus bangsa, yang diharapkan dapat menjadi Anak Indonesia Maju dan unggul di masa depannya.

Pada tulisanku kali ini, aku akan menjelaskan lebih lengkap, beberapa informasi tentang program gerakan sosial #AyoTunjukTangan ini, yang dipelopori oleh SGM Eksplor dan mitra.

Kolaborasi Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan

Jadi pada tanggal 9 Desember 2021, aku bersama teman-teman dari Mom Blogger Community (MBC) mendapat kesempatan untuk mengikuti webinar parenting, yang diselenggarakan oleh SGM Eksplor yang berkolaborasi dengan beberapa pihak berkepentingan dan ikut mendukung gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan.

Para narasumber sekaligus mitra SGM Eksplor yang mendukung gerakan sosial #AyoTunjukTangan (dok. screenshoot webinar)


Pada webinar tersebut menghadirkan beberapa orang narasumber yang terkait dalam menggerakkan rangkaian kegiatan program tersebut, antara lain adalah :

  1. Bapak Jumari S.TP. M. Si, sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (kemendikbudristek)
  2. Ibu Daisy Indira Yasmine, S.Sos, M.Soc, Scl, sebagai Pengamat Sosial Anak dan Sosiolog dari Universitas Indonesia
  3. Ibu Astrid Prasetyo, sebagai Marketing Manager SGM Eksplor
  4. Bapak Andry P. Santoso, sebagai General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel
  5. Ibu Siti Messyana Putri, sebagai Business Development Manager CAKAP
  6. Ibu Vera Galuh Sugijanto, sebagai Vice President General Secretary Danone Indonesia

Penjelasan Bapak Jumari S.TP. M. Si dari Kemendikbudristek

Pandemi telah merubah segalanya, semua lapisan masyarakat tidak ada yang tidak mengeluhkan dampak dari pandemi dalam kehidupannya. Seperti yang sudah aku jelaskan, bahwa dengan berkurangnya atau bahkan menghilangnya penghasilan dari seorang kepala keluarga yang menjadi tulang punggung harapan keluarga, dampaknya sangat besar sekali.

Banyak dari mereka yang mengeluhkan soal biaya pendidikan sampai biaya untuk kebutuhan sehari-hari. Jangankan untuk membayar iuran sekolah, untuk makan sehari-hari saja sudah cukup sulit didapatkan. Apalagi dengan di berlakukannya sekolah secara daring, mereka membutuhkan biaya tambahan untuk membeli kuota belajar.

Bapak Jumari S.TP. M. Si dari Kemendikbudristek


Untuk itulah Bapak Jumari mengatakan bahwa beliau sangat mendukung kegiatan yang digagas oleh pihak swasta (dalam hal ini SGM Eksplor dan mitra), melalui Gerakan Ayo tunjuk Tangan ini. Beliau mengatakan :
“Ada visi yang harus dicapai oleh pemerintah Indonesia untuk kemajuan SDM yaitu Generasi Emas Indonesia 2045. Visi ini harus diprioritaskan agar Indonesia dapat melahirkan anak-anak generasi penerus yang berkualitas, unggul, maju, mandiri, cerdas dan sehat.”
“Anak-anak Indonesia juga bisa menjadi mesin pembangunan yang kompeten saat mereka mencapai usia produktif. tentunya hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk kemajuan negara. Namun untuk mencapai hal tersebut, Indonesia perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk orangtua dan lingkungan masyarakat, untuk bersama-sama mengembangkan potensi yang dimiliki generasi muda, khususnya dalam bidang Pendidikan dan Kesehatan."

Penjelasan Ibu Daisy Indira Yasmine, S.Sos, M.Soc, Scl dari Universitas Indonesia

Dampak lainnya yang diakibatkan oleh pandemi selain kurangnya biaya untuk kebutuhan belajar daring, pandemi juga menyebabkan banyak anak yang nyaris kekurangan gizi yang disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi yang tepat. Hal tersebut dikarena keadaan ekonomi yang memaksa mereka untuk mau menerima keadaan yang serba sederhana.

Ibu Daisy Indira Yasmin S.sos, S.Soc, Scl dari Universitas Indonesia


Ancaman ini jelas akan menghambat kemampuan tumbuh kembang mereka secara optimal.
“Untuk menciptakan kemajuan generasi penerus, kita perlu mengembangkan kualitas hidup dari seorang anak yang harus dimulai dari sejak dini, dan harus didukung juga oleh lingkungan sekitar secara masif. Dalam hal ini, kesadaran masyarakat menjadi tolak ukur untuk mengembangkan potensi anak melalui pemenuhan nutrisi dan edukasi yang baik untuk anak-anak. Serta Support System yang positif dari pemerintah dan pihak swasta akan memperkuat potensi anak menjadi lebih maju."

Penjelasan Ibu Astrid Prasetyo dari SGM Eksplor

"SGM Eksplor sudah berdiri selama 65 tahun menemani anak-anak Indonesia untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Dengan mengetahui adanya ancaman akan rusaknya gizi dan nutrisi anak-anak Indonesia sebagai salah satu akibat dari pandemi, maka SGM Eksplor menggiring gerakan sosial #AyoTunjukTangan ini, untuk menghindari tertinggalnya akses pendidikan dan nutrisi anak bangsa."

Ibu Astrid Prasetyo dari SGM Eksplor


Walaupun ternyata, menurut data yang diperoleh, ada 9 dari 10 anak Indonesia yang masih belum mendapatkan akses pendidikan yang memadai.

Jadi semangat dari tim SGM Eksplor melalui gerakan sosial #AyoTunjukTangan ini patut kita acungi jempol dan kita dukung secara penuh sesuai dengan kemampuan didalam bidangnya masing-masing.

Nah untuk itulah, di tahun 2021 ini, gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan juga mendapat sambutan dan dukungan dari pemerintah yaitu Kemendikbudristek dan pelaku industri lainnya, yang mempunyai visi sama-sama ingin mewujudkan generasi maju untuk anak Indonesia.

Penjelasan Bapak Andry P. Santoso dari Telkomsel dan Ibu Siti Messyana Putri dari CAKAP.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Telkomsel merupakan perusahaan telekomunikasi digital yang paling terdepan di Indonesia. Dan selama pandemi ini, kita sebagai orangtua pun sudah merasa terbantu dengan ada kuota belajar dari telkomsel.

Bapak Andry P. Santoso dari Telkomsel


Untuk itu lah dengan keleluasaannya, Telkomsel ikut berkomitmen mendukung gerakan sosial Ayo Tunjuk Tangan demi masa depan generasi maju yang berkualitas. Bapak Andry mengatakan, bahwa :

"Kami sangat senang dapat ikut terlibat dan berkontribusi dalam gerakan sosial #AyoTunjukTangan guna mendukung akses pendidikan bagi anak Indonesia dengan menjalankan peran kami sebagai Connectivity Enabler melalui penyediaan akses konektivitas yang sangat krusial untuk memastikan terselenggaranya pembelajaran daring dengan baik.”
Lalu dukungan lainnya datang dari platform pembelajaran online yaitu CAKAP,  yang mempunyai visi ingin meningkatkan kehidupan dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

Ibu Siti Messyana Putri dari CAKAP (Platform Belajar Online)


Dalam hal ini, CAKAP berkontribusi memberikan program belajar bahasa Inggris secara GRATIS, selama 1 tahun, untuk para siswa dan siswi sekolah di Indonesia. Ibu Siti Messyana menjelaskan bahwa :
"Bahasa Inggris merupakan ilmu pengetahuan yang sangat penting untuk kemajuan anak Indonesia, dan pembelajaran bahasa Inggris harus diberikan pada anak dari sejak usia dini, dengan harapan agar anak-anak Indonesia memiliki potensi menjadi SDM yang dapat bersaing secara global di masa depan."
Nah melalui beberapa penjelasan dari para narasumber di atas, aku sebagai perwakilan dari orangtua sangat berterimakasih kepada semua pihak yang tergabung dalam gerakan Ayo Tunjuk Tangan, khususnya SGM Eksplor dan Mitra.

Diharapkan dengan adanya bantuan dari berbagai pihak, anak-anak Indonesia yang menjadi harapan orangtua dan bangsa di masa depan, akan menjadi anak generasi maju yang kompeten, berkualitas, dan unggul, serta mampu bersaing dalam bidang pendidikan, dengan anak-anak cerdas lainnya di negara mana pun.

Aamiin Ya Robbal Allamiin.....





32 komentar:

  1. Panjang banget rangkaian acaranya, dan perusahaan yang mendukung juga perusahaan-perusahaan papan atas. Semoga gerakan #AyoTunjukTangan sukses besar mewujudkan tujuannya di masa depan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes betul banget, Alhamdulillah yah didukung sama perusahaan besar.

      Hapus
  2. alhamdulillah ya, banyak yg ambil bagian untuk memajukan pendidikan Indonesia, termasuk gerakan dari SGM ini ya, aku pun mendukung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Alhamdulillah banyak yg mendukung, gak tanggung2 lagi yg mendukung dr lembaga besar di Indonesia

      Hapus
  3. Aamiin. Sedih juga ya kalau ingat ternyata banyak anak yg putus sekolah dampak dari pandemi ini. Semoga programnya berjalan lancar sesuai rencana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin In Sha Allah lancar, berkat dukungan dr mitra SGM dan kementerian

      Hapus
  4. SGM setiap tahun selalu membuat kampaye yang patut kita acungi jempol makanya kita juga harus bisa support karena bertujuan sangat mulia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jelas banget sebagai orangtua wajib support, demi masa depan generasi maju

      Hapus
  5. Anak-anak di masa depan yang akan menjalankan bangsa. Makanya penting banget diperhatikan asupan gizi serta pendidikannya. Gerakan yang bagus dari SGM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali, anak2 kita tuh jadi harapan bangsa untuk masa depan

      Hapus
  6. Nama programnya lucu ya, tapi dampaknya luar biasa. Semoga bisa membantu anak2 Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, yuk kita sama2 dukung gerakannya

      Hapus
  7. Sebagai ibu, pastinya pengen dong anak-anak bisa jadi generasi maju yang cerdas dan memberikan manfaat untuk bangsa, pastinya ibu-ibu yang lain punya keinginan sama, program ini keren deh, mesti kita dukung bersama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib kita dukung ya mom, demi masa depan bangsa

      Hapus
  8. Setuju mom, nutrisi dan pendidikan merupakan pondasi masa depan anak. Dan sebagainya seorang ibu tentu saya mendukung sekali gerakan ayo tunjuk tangan ini.

    BalasHapus
  9. SGM meluncurkan gerakan yang mengajak masyarakat untuk aktif berkontribusi dalam upaya perbaikan nutrisi anak sehingga nantinya diharapkan generasi masa depan yang sehat, unggul dan mampu bersaing secara global

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes betul banget bunda, semoga tujuannya tercaapai yah lewat gerakan tunjuk tangan ini

      Hapus
  10. Aku dukung apa yang dilakukan oleh SGM. Apalagi masa pandemi sekarang sangat dibutuhkan sekali dukungan untuk pemenuhan nutrisi anak ya mba. Yuk kita sama sama tunjuk tangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, di masa pandemi sangat besar pengaruhnya pada pendidikan dan perkembangan kesehatan anak, makanya perlu kita dukung gerakan ini

      Hapus
  11. Program2 SGM emang bagus2 ya sangat mendukung anak2 Indonesia agar dapat tercukupi kebutuhan nutrisi juga pendidikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku tuh salut sama program2 SGM dari dulu, selain harga susunya juga terjangkau, tapi pencapaian untuk memenuhi nutrisi anak terus mengalir

      Hapus
  12. Program yang sangat bagus sekali yang rutin diselenggarakan oleh SGM. Semoga semakin banyak orangtua yang Dukung Gerakan Sosial #AyoTunjukTangan Untuk Mewujudkan Anak Indonesia Generasi Maju.

    BalasHapus
  13. Sedih banget kalau anak2 juga terdampak pandemi ya mbak? Sampai kehilangan kesempatan utk sekolah jg ada.
    Program kyk gini akan membantu banget pastinya utk bidang pendidikan supaya anak2 bisa memperoleh pendidikan yang lebih layak juga ya.

    BalasHapus
  14. Dukungan untuk anak² agar proses KBM nya tidak terganggu memang diperlukan, meski kondisi belum sepenuhnya kondusif. Tapi dengan kolaborasi jadi meringankannya.

    BalasHapus
  15. Banyak perusahaan papan atas ambil bagian dalam dukung gerakan ayo tunjuk tangan utk mewujudkan generasi Indonesia maju, termasuk SGM.

    BalasHapus
  16. senang baca program SGM ini semoga makin memudahkan untuk bisa penuhi nutrisi anak bangsa ya mba

    BalasHapus
  17. klo kw anak jadi generasi maju, emang harus didukung dengan pemberian edukasi dan nutrisi seperti ini ya mbak

    BalasHapus
  18. pandemi ini membawa dampak baru bagi semua kehidupan, anak-anak pun juga ikut di dalamnya terutama pemenuhan nutrisi juga pendidikan mereka, yang mananya tadinya sekolah offline lalu berubah menjadi online yang membutuhkan gawai, kuota internet dan juga tentunya jaringan yang kuat untuk bisa belajar daring dengan lancar.
    syukurnya dengan gerakan #AyoTunjukTangan ini bisa membantu sedikit banyak permasalahan anak-anak Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi dan pendidikannya.

    BalasHapus
  19. Keren banget program dari SGM dalam rangka mendukung tumbuh kembang anak Indonesia. Pastinya program-program tersebut sangat bermanfaat ya bagi banyak kalangan

    BalasHapus
  20. Banyak banget bantuan dalam program ini. Semoga ke depannya pendidikan kita semakin terjangkau dan merata ya.

    BalasHapus
  21. Saatnya bersinergi dan berkolaborasi ya, untuk mengatasi masalah pendidikan dan kesehatan di negeri ini. Salah satunya dengan ikut program tunjuk tangan ini

    BalasHapus