Rabu, 09 Juni 2021

Mengenal Cara Bermain Versi Anak Melalui Seaventure Bersama Paddle Pop

"Mama main yuk"

Sudah lama aku tidak mendengar kalimat seperti itu dari anakku yang sekarang sudah mulai beranjak besar dan lebih memilih bermain sendiri dengan gadgetnya atau bermain dengan anak-anak seusianya. Padahal aku sudah rindu sekali bermain bareng anakku, sambil mengenalkan banyak permainan seru, seperti permainan edukatif yang bermanfaat.

Tapi sebagai orangtua, tentunya aku tidak boleh egois dong. Kita harus tahu keseruan apa yang mereka inginkan saat bermain. Yups….permainan anak jaman sekarang, jelas berbeda dengan permainan anak jaman aku kecil dulu ya mam. Kalau jaman dulu bermain itu lebih banyak mengeluarkan energi dibanding berfikir, tapi kalau anak jaman sekarang, melalui berbagai macam perkembangan teknologi, sekarang sudah banyak permainan-permainan seru sambil belajar, dan pastinya bisa dilakukan di dalam rumah.




Yahh…..mengingat masih dalam masa pandemi, tentunya kita juga belum bisa terlalu membiarkan anak-anak sering main diluar rumah kan, untuk itu mari kita luangkan waktu bermain bersama anak, melalui permainan yang mereka suka, tapi bisa sambil melatih kreatifitasnya. Selain itu, cara bermain seperti ini juga bisa lebih meningkatkan bounding kita dengan anak-anak.

Sudah lama juga sebenarnya aku kehabisan ide untuk memberi permainan edukatif pada anakku, dan kebetulan sekali beberapa waktu yang lalu, melalui Komunitas Emak Blogger (KEB), aku diberi kesempatan untuk ikut event Online Gathering bareng Paddle Pop Indonesia dan Jakarta Aquarium serta mengajak anak-anak untuk nonton "Seaventure" melalui zoom, dalam rangka World Play Day 2021 yang ditetapkan pada tanggal 28 Mei.




Wooww...tentunya anakku senang banget dong saat aku ceritakan tentang event ini, karena dia berfikir sambil nonton bisa sambil makan Ice Cream Paddle Pop favoritnya, hehe.

Tapi setelah aku jelaskan tentang kegiatan di online gathering tersebut, malah dia lebih excited lagi. Karena didepannya sudah tersedia box berisi beberapa bahan-bahan untuk membuat tabung oxygen dan sudah dilengkapi dengan kacamata menyelam dari karton bergambar, serta petunjuk cara pembuatannya.

"Waahhh….aku udah gak sabar nih mah," ucapnya….hehehe. Hhmm….akhirnya hal yang aku rindukan bermain sambil belajar bareng anak bisa tercapai. Selalu ada jalan memang kalau kita berharap yang terbaik untuk anak-anak, karena selama masa pandemi ini, anakku udah terlalu sering bermain gadget, dan aku sudah mulai resah akan hal itu.

Nah pasti kalian pun penasaran dong, seperti apa sih tontonan di Seaventure itu?

Seaventure adalah petualangan wisata dunia bawah laut, yang bisa kita akses secara virtual melalui website Paddlepop. Nah kegiatan ini merupakan kerjasama antara Paddle Pop Indonesia dan Jakarta Aquarium, yang di dalamnya ada berbagai macam tontonan menarik, mulai dari mengenal tentang Biota bawah laut, serta mencari tahu fakta unik dari setiap biota yang ada di laut, serta pertunjukan putri duyung dan kisahnya.




Pokoknya seru banget deh mam, aku pun ikut menikmati semua aktivitasnya. Tapi sebelum menonton, anak-anak diajak untuk membuat kreatifitas dari alat-alat yang dikirimkan sebelumnya, yaitu berupa :

  • 2 buah botol minum plastik ukuran 1 ltr
  • Tali panjang ukuran 50cm
  • Kain planel warna hitam
  • Lem atau perekat
  • Solasi hitam ukuran kecil
  • Pylox warna silver
  • 2 Stiker Seaventure
  • Kacamata menyelam dari karton bergambar
  • Tali karet untuk kacamata
  • Pentunjuk untuk cara pembuatan tabung oxygen dan kacamatanya
  • Botol berisi kode unik untuk menonton Seaventure yang bisa di akses 3 kali

Nah dengan dibantu papanya, akhirnya tabung oxygen ala ala serta kacamata menyelamnya sudah jadi.




Cara buatnya mudah banget ko mam, namun sebelumnya botol plastik harus di warnai dulu menggunakan pylox, agar bisa dikeringkan terlebih dahulu. Lalu mulai lah proses membuat dengan mengikuti petunjuknya.

Tapi berhubung anakku badannya besar, akhirnya botol plastik yang sudah dikirim pihak Paddle Pop, aku ganti dengan botol bekas air mineral ukuran 1 ltr, agar bisa menyesuaikan dengan ukuran badan anakku kan.

Jujur saja, awalnya aku khawatir anakku gak mau pakai peralatan itu sambil nonton seaventure tersebut, tapi ternyata anakku malah senang, karena merasa peralatannya itu hasil karyanya sendiri….aahhh Alhamdulillah, jadi semakin menambah keseruan petualangannya kan, dan anakku sangat menikmatinya.




Oke setelah selesai menonton, kemudian giliran orangtua yang diberi asupan materi dari para narasumber yang hadir di event tersebut, salah satunya yaitu Vera Itabiliana, sebagai Psikolog Anak dan Remaja, yang menjelaskan tentang betapa pentingnya bermain bagi anak-anak, dan orangtua juga diharapkan terlibat dalam permainannya.



Jadi kita tidak dianjurkan untuk membatasi anak ketika sedang bermain, justru malah seharusnya kita ikut terlibat dalam permainan yang mereka ciptakan, agar mereka tidak mudah bosan dan semakin bisa mengikuti bermain sambil belajar yang kita terapkan. Yaahh contohnya seperti menonton Seaventure tersebut, sambil melakukan kreativitas seperti membuat tabung oxygen. 

Dan kita tidak perlu bingung kalau dirumah bahan-bahannya terbatas, hal ini dijelaskan dan dicontohkan juga oleh Diana Rikasari seorang Fashion Designer yang berpengalaman melalui hobbynya membuat karya-karya unik dari bahan-bahan seadanya dirumah. Sebagai contohnya, beliau membuat tabung oxygen tersebut dari cup air minum plastik bekas minuman bobba ukuran Large.

Waahh ide kreatifnya selalu ada ya mam, jadi tidak ada alasan kekurangan bahan saat kita mau melakukan kreatifitas dan gak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, sudah pasti anak pun akan tetap happy. Dari pada membeli permainan yang mahal lebih baik uangnya kita gunakan untuk membeli Ice Cream Paddle Pop yang tersedia di mini market terdekat saja.




Dengan hanya membeli 4 macam Paddle pop varian apa saja, lalu dapatkan kode unik untuk akses menonton Seaventure melalui Website Paddle Pop.
Promo ini berlaku dari mulai bulan April sampai akhir Juni loh mam, jadi jangan sampe terlewat yah kalau mam ingin mengajak anaknya untuk belajar wisata bawah laut.

Tapi jangan sedih ya mam, untuk promo berikutnya, akan ada wisata Antariksa, yaitu Liburan ke Planet Mochi….huuwaaawww sepertinya akan lebih seru lagi yaahhh dan wawasan anak-anak pun akan semakin bertambah.






4 komentar:

  1. Seru ikutan Seaventure ini, Alhamdulillah Nada sukaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya tama juga betah banget nonton seaventurenya, nanti kita nonton bareng ya sama nada

      Hapus
  2. Ihhh meni seru pisan. Maulah aku ikutan sama Raisha, pasti dia seneng banget nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleehhh dong...nanti kalau raisha main ke rumah kita beli ice creamnya yang banyak, biar dapet kode unik

      Hapus