Senin, 06 Juli 2020

Layanan Konsultasi Bisnis KUKM Kini Tersedia Di Gedung Smesco

Setelah sekian lama tidak keluar rumah selama masa pandemi ini, pada akhirnya aku harus memberanikan diri keluar rumah juga. Karena beberapa hari yang lalu, aku berkesempatan untuk hadir di acara Soft Launching layanan Pusat Konsultasi KUKM atau Center Of Excellent atau lebih tepatnya bisa kita sebut Konsultasi Bisnis KUKM yang diselenggarakan oleh Kementerian Ekonomi dan Koperasi yang berpusat di Gedung SMESCO.

Peresmian Pusat Konsultasi Bisnis KUKM oleh Menteri Teten Masduki dan Leonard Theosabrata sebagai Dirut Smesco Indonesia (dok.@KemenkopUKM)

Sudah lama sekali aku tidak mampir ke Gedung Smesco ini, dan ketika memasuki lobby utamanya, aku dibuat takjub dengan perubahan suasana tata letak ruangannya. Salah satunya sekarang diposisi paling depan di sebelah kiri pintu masuk, sudah ada Ruang layanan Konsultasi Bisnis KUKM.

Jadi tentunya sangat memudahkan pelaku KUKM yang ingin berkonsultasi secara langsung dengan para expert dan pendamping sesuai bidangnya dari berbagai sektor seperti : Pariwisata, Kuliner, Fashion Ekonomi Kreatif, Home Décor, Perikanan dan Hasil laut serta Pertanian.

Kemudian yang lebih uniknya lagi, sekarang disana juga sudah tersedia café untuk ngopi-ngopi cantik sambil bersantai. Cafenya cukup elegant dan luas, berada di tengah lobby dekat pintu masuk. Jadi sangat cocok sekali untuk para customer yang sedang mampir untuk sekedar melihat-lihat galeri barang-barang KUKM, lalu bisa sambil beristirahat sejenak di café tersebut.

Cafe di Smesco (dok.pri)

Kebetulan, aku sendiri termasuk salah satu orang yang merasa nyaman ketika duduk-duduk disana sambil menikmati coffenya. Dan aku memang menyukai tata letak suasana café yang disatukan dengan galeri, karena ketika kita sedang suntuk disaat mengerjakan tugas atau hanya sekedar ingin nongkrong sambil ngopi, kita pun bisa sambil melihat-lihat barang-barang kerajinan KUKM yang unik-unik dan keren.

Suasana Cafe yang cukup luas dan elegant (dok.pri)

Oh iya di salah satu display hasil kerajinan tangan para KUKM juga sudah ada pengrajin yang membuat faceshield, masker sebagai Alat Pelindung Diri (APD), yang pastinya sangat dibutuhkan selama masa pandemi ini belum berakhir. Dan harganya pun sangat terjangkau loh, hanya dimulai dari 15 ribu rupiah saja. Kenapa murah, karena barang-barang yang dijual disana diterima langsung dari para pengrajinnya.

Bapak Teten Masduki saat berbincang dengan salah satu pelaku UKM (dok.pri)

Salah satu barang KUKM terbaru yang dijual di Smesco (dok.pri)

Nah jadi buat para pelaku KUKM yang akan memulai bisnis baru atau pun yang sudah mempunyai bisnis dari hasil karya atau kerajinan sendiri, namun bingung untuk memulai dari mana cara berbisnis yang benar. Tentunya tidak usah khawatir lagi, karena seperti yang sudah aku bahas di paragrap awal, bahwa sekarang di Gedung Smesco sudah mulai dioperasikan layanan Pusat Konsultasi Bisnis KUKM atau Central Of Excellence.

Bapak Menteri Teten Masduki saat memberikan sambutan
Bapak Teten Masduki saat memberikan sambutan (dok.@KemenkopUKM)

Soft Launching Pusat Konsultasi Bisnis KUKM tersebut, diresmikan secara langsung oleh Kementerian Ekonomi Dan Koperasi yaitu bapak Menteri Teten Masduki pada Kamis, 02 Juli 2020, yang bertempat di Gedung Smesco. Selain Bapak menteri disana pun hadir bapak Leonard Theosabrata sebagai Direktur Utama Smesco Indonesia, yang sangat mendukung program tersebut.

Menurut bapak Teten Masduki dalam sambutannya, mengatakan bahwa “Saat ini, jumlah pelaku KUKM meningkat” maka jelaslah layanan seperti konsultasi bisnis ini sangat diperlukan, untuk membantu para KUKM yang akan memulai bisnis barunya atau pun yang sudah memulai bisnisnya tapi mengalami banyak kendala.

Apalagi ditengah terjadinya pandemi ini, banyak sekali para pelaku usaha yang penghasilannya menurun drastis, bahkan tidak sedikit pula yang sudah menutup usahanya.

Jadi untuk itulah, dengan adanya layanan Konsultasi Bisnis untuk KUKM ini, yang bertujuan untuk memberikan solusi dari permasalahan yang sering dihadapi pelaku bisnis KUKM seperti tentang: Kualitas Produk dan Pengembangan Desain, Hak Cipta, Pembiayaan, Sistem Online, Packaging, Perijinan, Perpajakan dan Pengembangan Bisnisnya.

Ruang Layanan Konsultasi Bisnis KUKM di Gedung Smesco (dok.pri)

Dari semua keluhan yang berhubungan dengen beberapa hal diatas, bisa dikonsultasikan langsung dan akan dibahas secara lengkap dan jelas oleh para Expert dan Pendamping, yang ditugaskan bekerja selama 5 hari kerja dalam sepekan secara rutin dan terjadwal.

Jadi dengan adanya konsultasi bisnis ini, diharapkan akan sangat membantu para pelaku KUKM di Indonesia, demi untuk meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia melalui produk-produk hasil karya anak bangsa.

Layanan konsultasi bisnis KUKM (Dok.pri)

Dibawah ini adalah beberapa unit-unit layanan pusat Konsultasi Bisnis untuk pelaku KUKM tersebut, yaitu :

  • LLP-KUKM Kuliner
  • Deputi SDM Craft atau Kriya
  • Deputi Kelembagaan Legalitas atau Perijinan
  • Deputi Produksi dan Pemasaran Fashion
  • LPDB-KUMKM Pembiayaan dan Pajak
  • Deputi Restrukturisasi Usaha Online Marketing
  • LPDB-KUMKM Business Development

Salah satu unit layanan Konsultasi Bisnis KUKM di Gedung Smesco (dok.pri)

Program Konsultasi Bisnis yang saat ini baru tersedia di Gedung Smesco, akan melakukan kolaborasi dengan Kementerian atau Lembaga-lembaga terkait, seperti :
Pemerintah Daerah melalui Dinas dalam bidang KUKM, Duta Besar, Akademisi, Profesional, Komunitas serta Lembaga Pembiayaan baik itu dari Perbankan, LPDB maupun Venture Capital.

Nah jadi buat kalian yang berniat ingin membuka usaha baru atau sedang menjalankan usaha namun mengalami kesulitan-kesulitan, maka tidak perlu ragu, silahkan tinggal datang langsung ke Gedung Smesco Indonesia yang berada di Jalan Gatot Subroto Kav. 94, Pancoran, Jakarta Selatan. Tenaaaang, konsultasi binis KUKM ini GRATIS loh, tidak ada biaya apapun. Jadi tidak perlu ragu-ragu lagi yaahhhh….







This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar