Kamis, 19 Maret 2020

Deteksi Penyakit Ginjal Sejak Dini

Hallo para pembacaku yang budiman, apa kabarnya semua?
Semoga semuanya senantiasa baik dan sehat serta selalu dalam lindungan Allah SWT....Aamiin.

Saat ini keadaan di negeri kita yang tercinta ini, sedang terjadi musibah dari wabah virus Covid 19 yang tersebar di hampir seluruh belahan dunia, termasuk negara kita Indonesia. Namun walaupun kita merasa khawatir tentang hal itu, kita tetap harus bersikap waras dalam menghadapinya, iya kan.

Khawatir boleh tapi jangan sampai kita terlalu kalut atau bahkan memanfaatkan situasi yang ada, dengan tujuan menguntungkan sepihak dan merugikan masyarakat luas. Mari kita tanamkan empati, apalagi di saat situasi seperti sekarang.

Karena yang terpenting sekarang adalah, saling menjaga kesehatan jiwa dan raga kita, tetap waras dan sadar akan pentingnya kesehatan untuk kita, keluarga dan orang lain. Karena yang namanya penyakit atau musibah bisa datang kapan saja.

Jika sudah berbicara tentang penyakit, sebenarnya ada banyak penyakit yang harus kita waspadai, bukan hanya penyakit dari wabah virus corona saja, seperti halnya salah satu penyakit yang akan aku bahas dalam tulisan ini.

Bahaya penyakit lainnya

Begitu banyak orang yang merasa takut dan khawatir mengenai virus corona, padahal penyakit lainnya lebih berbahaya dan juga mematikan jika sudah masuk dalam kategori akut atau kronis.

Baiklah beberapa hari yang lalu, tepatnya satu minggu kemarin, aku berkempatan hadir di acara diskusi bareng Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, untuk membahas salah satu penyakit yang pada bulan Maret ini, diperingati sebagai Hari Ginjal Sedunia.


Dok. Pixabay

Nah dalam hal ini, kenapa aku mengajak kalian untuk fokus menjaga kesehatan bukan hanya disaat ada kasus wabah virus ini. Karena pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan, adalah sama dengan ihktiar kita untuk mencintai badan kita sendiri dan keluarga.



Menurut penjelasan dr. Pringgodigdo Nugroho, SpPD-KGH bahwa di Indonesia dari tahun ke tahunnya ada peningkatan kasus penyakit yang disebabkan oleh Gagal Ginjal Kronis, dan penyakit ini menjadi penyebab kematian terbanyak di dunia yang menempati posisi ke 12 setelah Tuberculosis (TBC).


dr. Pringgodigdo Nugroho sebagai pembicara (dok.pri)

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi penyakit gagal ginjal kronis disebabkan oleh Obesitas, Tekanan Darah Tinggi, Diabetes melitus. Akan tetapi bukan hanya itu, penyebab lainnya adalah adanya kelainan mengenai organ ginjal yang timbul karena berbagai faktor seperti Infeksi, Tumor, Kelainan Bawaan Penyakit Metabolik atau Degeneratif.

Pada orang dengan obesitas, organ ginjal harus bekerja lebih berat, menyaring darah lebih banyak dari normalnya, untuk memenuhi tuntutan metabolik yang meningkat sesuai berat badannya. Pada peningkatan fungsi tersebut, dapat mengakibatkan kerusakan ginjal dan meningkatkan resiko terjadinya penyakit Ginjal Kronis dalam jangka waktu yang lama.

Ada beberapa faktor resiko pada penyakit Ginjal Kronis, yaitu :

1. Faktor risiko yang tidak dapat di modifikasi, antara lain :
  • Riwayat keluarga ada yang punya penyakit ginjal
  • Kelahiran prematur
  • Trauma di daerah abdomen
  • Adanya jenis penyakit tertentu misalnya seperti : Lupus, AIDS, Hepatitis C.
2. Faktor risiko yang dapat di modifikasi, antara lain :
  • Diabetes tipe 2
  • Hipertensi
  • Sering konsumsi obat pereda nyeri
  • Narkoba, psikotropika dan zat adiktif
  • Radang ginjal


Lalu seperti apa sih gejala-gejala yang ditimbulkan dari penyakit ginjal kronis ini?

Pada awalnya, penyakit ginjal kronis tidak ditemukan gejala, sehingga penyakit ini seringnya terlambat diketahui. Karena gejala dan tanda yang ditimbulkan biasanya hampir sama dengan penyakit lainnya, misalnya seperti tekanan darah tinggi, perubahan frekuensi buang air kecil dalam sehari, adanya darah dalam urin, mual dan muntah disertai adanya pembengkakkan pada pergelangan kaki.

Nah jika diketahui adanya beberapa keluhan diatas, maka yang harus dilakukan adalah kontol gula darahnya bagi penderita diabetes, kontrol tekanan darah pada penderita hipertensi dan yang paling penting mengontrol pola makan yang sesuai dengan kondisi ginjalnya.

Berikut tanda dan gejala yang lebih lengkap tentang penyakit Ginjal Kronis adalah sebagai berikut :

  • Tekanan darah tinggi
  • Perubahan frekuensi dan jumlah buang air kecil dalam sehari
  • Adanya darah dalam urin
  • Lemah serta kesulitan tidur
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sakit kepala
  • Tidak dapat berkonsentrasi
  • Gatal-gatal
  • Sesak nafas
  • Mual-mual dan muntah
  • Adanya pembengkakkan pada kaki terutama pada pergelangan kaki serta pada kelopak mata.


Namun kita sebagai makhluk Allah SWT yang diberi kelebihan, harus berfikir logis dan positif dalam menghadapi segala apapun cobaan yang kita terima. Allah tidak akan menimpakan cobaan yang tidak bisa kita hadapi. Akan selalu ada jalan untuk berikhtiar, asalkan kita selalu mau berusaha dan sadar akan bahaya penyakit apapun.

Memang untuk penyakit ginjal kronis ini tidak dapat disembuhkan, namun kita bisa melakukan beberapa pemeriksaan dari sejak dini mengingat penyakit ginjal kronik ini tidak diketahui gejalanya secara signifikan.

Hal pertama yang harus kita lakukan untuk mengetahui fungsi ginjal adalah dengan melakukan pemeriksaan urin dan darah, yaitu :

1. Pemeriksaan Darah : Laju Filtrasi Glomerulus
2. Pemeriksaan Urin : Protein Urin (Albuminuria)

Lalu langkah selanjutnya yaitu :
  1. Lakukan pola hidup sehat
  2. Terapi dengan obat-obatan khusus
  3. Lakukan cuci darah
  4. Transplantasi ginjal


Sedangkan jika kita ingin terhindar dari penyakit Ginjal kronis ini, maka kita harus melakukan beberapa hal seperti berikut ini :

  1. Mengecek kesehatan secara rutin
  2. Jauhkan asap rokok
  3. Lakukan aktivitas fisik
  4. Lakukan diet sehat kalori yang seimbang
  5. Istirahat yang cukup
  6. Lakukan kelola stres


Nah untuk poin terakhir itu wajib menjadi fokus kita, karena berbagai macam penyakit yang timbul, di awali oleh stres yang berlebihan. Untuk itu jangan lah kita terlalu dalam memikirkan hal apapun yang terjadi didalam kehidupan kita. Walaupun itu sulit tapi berusahalah untuk terus berfikir positif dan yakin bahwa semua kesulitan yang kita hadapi pasti ada jalan keluarnya.

Sebaik-baiknya doa yang selalu kita panjatkan, In Sha Allah menjadi jalan menuju kebaikan.....Aamiin.

Jaga kesehatan untuk kita semua yaaa.....


0 komentar:

Posting Komentar