Rabu, 18 Desember 2019

KPPPA Memberi Penghargaan Piala MERAK 2019 Dalam Rangka Mengapresiasi Media

Hari itu tanggal 9 Desember 2019, berlangsung acara Penganugerahan Piala Merak di Wisma Antara, dan aku diberi kesempatan untuk hadir sebagai blogger. 

Acara tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, yang juga merupakan acara puncak dari rangkaian Media Kompetisi 2019.




Oh iya, ternyata acara ini sudah terselenggara untuk yang kedua kalinya, sebagai perwujudan dari pemberian apresiasi KPPPA, kepada para media. 

Apresiasi ini ditujukan kepada para media atau awak media yang sudah ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam upaya sosialisasi dan edukasi, mengenai pemenuhan hak anak serta perlindungannya, yang menjadi kepentingan terbaik bagi anak-anak Indonesia.

Dimana pada saat ini, sudah semakin banyak kabar berita yang meresahkan masyarakat tentang hak keselamatan bagi anak-anak.

Mengingat tentang hal itu, aku menjadi teringat tentang masa lalu aku sendiri pada saat masih kanak-kanak. Dimana pada jamannya waktu itu, aku bersama teman-teman sebayaku bermain dengan sangat bahagia dan riang, tanpa ada rasa takut.

Takut akan tindak kekerasan dan tindak kejahatan apapun yang sering terjadi akhir-akhir ini. kejadian demi kejadian seakan selalu menghantui anak-anak dimana pun mereka berada, tak terkecuali didalam lingkungan keluarganya sendiri. 

Untuk itulah tema yang diusung pada malam penganugerahan piala merak ini, adalah “Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak Menuju Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030”.




Kemudian acara tersebut dimulai dengan talkshow interaktif yang menghadirkan beberapa orang narasumber, yaitu :


  1. Lenny. N Rosalin seorang Deputi Tumbuh Kembang Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak
  2. Semiarto Aji seorang Antropolog dari Universitas Indonesia
  3. Shahnaz Haque sebagai public figure dan juga ibu dari ketiga anak-anaknya.

Ibu Lenny mengungkapkan harapan bahwa "Melalui event ini, maka para media akan selalu tergerak untuk menyuarakan, betapa pentingnya peran keluarga dalam upaya pemenuhan hak anak, serta memberikan insprirasi juga pada masyarakat luas, kalau peran keluarga juga sama pentingnya untuk tumbuh kembang anak-anak.




Selain 3 orang narasumber diatas, acara penganugerahan piala merak ini juga dihadiri oleh Mentri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia 2019 yaitu Bintang Puspayoga, yang juga seorang istri dari mantan menteri koperasi dan usaha kecil dan menengah (KUKM) Republik Indonesia tahun 2014-2018, yaitu Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Ibu menteri Bintang Puspayoga memberikan ucapan selamat dan juga sekaligus mengungkapkan harapannya kepada para media yang akan menerima penghargaan piala merak 2019, bahwa harapannya semoga para media yang menerima penghargaan Piala Merak ini, akan selalu memotivasi rekan kerja jurnalis lainnya, untuk membuat karya tulis atau informasi mengenai pemenuhan hak anak agar terwujud lingkungan Indonesia Layak Anak (IDOLA) tahun 2030.




Kemudian juga hadir seorang bapak atau kakak yang akan selalu menjadi sahabat anak-anak sepanjang masa dan juga sebagai Ketua Komnas Perlindungan Anak, yaitu kak Seto, yang akan selalu memberikan motivasi dan konseling untuk para orangtua dalam mendidik anak-anak, agar tidak terjadi kesalahan dalam menerapkan pola asuhnya di dalam keluarga.




Nah untuk itu lah, maka sebagai masyarakat awam, kita perlu tahu informasi terkait pengawasan dan pola asuh kepada anak, yang informasinya bisa kita gali di berbagai media-media inspiratif. Dimana media-media yang paling menginspiratif tersebut, akan di anugerahi Piala Merak tahun 2019 ini.

Dan dibawah ini adalah beberapa Media, yang berhak mendapatkan penghargaan Piala Merak 2019, yang terbagi menjadi 5 Kategori pemilihan lomba, yaitu :

Kategori Fotografi

Terdiri dari 3 Juara lomba Media Kompetisi 2019 :
Juara 1 : Mukti Ali Asyadzili dari Kantor Berita Antara, tema foto tentang "Ayah dan Anak Indonesia"
Juara 2 : Cornelius Helmy dari Harian Kompas, tema foto tentang "Noken Untuk Masa Depan Papua"
Juara 3 : Agus Bagjana dari Posmetro Batam, tema foto tentang "Wisata Sejarah"

Kategori Artikel

Terdiri dari 3 Juara lomba Media Kompetisi 2019 :
Juara 1 : Riki Chandra dari Langgam ID, menuliskan artikel tentang "Merawat Literasi Kampung Baca Bukik Ase"
Juara 2 : Wahyu Kuncoro dari Harian Bhirawa, menulis artikel tentang "Kampung Pendidikan Menggeliat Budaya Literasi"
Juara 3 : Aan Haryono dari Sindonews.COM, menulis artikel tentang "Kolaborasi Jadi Kunci"

Kategori Video Feature

Terdiri dari 3 Juara lomba Media Kompetisi 2019 :
Juara 1 : Adeste Adipriyanti dari Narasi TV, dengan tema video "Mengabdi Tanpa Henti"
Juara 2 : Windy Goestiana dari Berita Anak Surabaya (Basra), dengan tema video tentang "Tak Menghentikan Adelina Berkarya"
Juara 3 : Rafik Maeilana dari Narasi TV, dengan tema video tentang "Izinkan Mereka Bermimpi"

Kategori Wartawan Menginspirasi

Terdiri dari 3 Juara lomba Media Kompetisi 2019 :
Juara 1 : Lita Haryani dari SCTV, tentang "Founder Komunitas Kelana"
Juara 2 : Widi Nurmahmudy dari Jatimplus.ID, tentang Founder Kampung Batara
Juara 3 : Darsono Yusin Sali dari Suara NTB, tentang "Pencegahan Pemberantasan dan Penyalahgunaan serta Peredaran Gelap Narkotika"

Kategori Media Menginspirasi

Terdiri dari 3 juara lomba Media Kompetisi 2019 :
Juara 1 : Harian Kompas
Juara 2 : Antara
Juara 3 : Suara.COM



Woowww.....selamat kepada semua para pemenang penghargaan Piala Merak dari Kompetisi Media 2019. Semoga karya-karya berikutnya akan selalu menjadi inspirasi bagi para pembaca dan masyarakat Indonesia. 




0 komentar:

Posting Komentar