Kamis, 29 Agustus 2019

Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019, Terobosan Untuk Gaya Hidup Halal di Jaman Milenial

Di jaman yang serba canggih atau milenial ini, sudah semakin banyak orang yang mulai teliti dalam menggunakan atau memakai jenis produk apa pun, baik itu makanan, kosmetik, peralatan dan bahkan pakaian atau busana. Tentu khususnya bagi umat muslim, produk-produk halal sudah menjadi kebutuhan yang paling penting di dalam kehidupannya.

Dulu aku sendiri masih awam atau masih tidak terlalu memperhatikan tentang produk halal apa saja yang bisa kita konsumsi atau gunakan. Menurutku yang paling penting, cukup makanan saja yang harus kita ketahui kehalalannya. Tapi ternyata semakin berkembangnya jaman, kita semakin banyak tahu bahwa ada beberapa barang yang bukan makanan yang ternyata tidak halal. Misalnya seperti bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik.

Ada beberapa kabar berita yang menyatakan bahwa ada beberapa merk kosmetik mengandung jenis bahan yang tidak halal atau bahkan mengandung bahan-bahan kimia yang akan membahayakan kesehatan penggunanya. Nah bisa kita bayangkan bukan, jika kita tidak tahu tentang hal tersebut. Atau bahkan ada pula produk peralatan makan, yang di beritakan terbuat dari bahan-bahan yang tidak halal juga.

Dan beberapa kabar berita juga sempat beredar bahwa, bahan pembuatan baju atau busana pun ada yang terbuat dari bahan-bahan yang tidak halal. Waahhh...jujur saja aku sangat khawatir setelah mendengar kabar-kabar berita tersebut. Ingin rasanya aku tidak mendengar, menonton atau tidak mau tentang hal itu.
Tapi sebagai umat muslim, justru kabar-kabar tersebut sangat perlu kita ketahui, demi kenyamanan kehidupan kita sendiri di masa depan atau demi anak dan cucu-cucu kita nantinya.

Nah untuk itu aku sangat antusias sekali saat mendengar kabar bahwa beberapa hari ke depan akan ada event besar di Jakarta, yaitu Indonesia Muslim Lifesyle Festival 2019, yang akan diselenggarakan pada tanggal 30 Agustus - 1 September 2019, dan akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019 

Tentang Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019


Menurut info yang aku dapat, dalam pameran Indonesia Muslim Lifestyle Festival ini, selain ada 300 stand yang menggelar berbagai produk-produk halalnya. Dan akan menampilkan 8 sektor produk halal dan jasa, seperti :
Sekolah berbasis islam, Halal Food, Halal kosmetik, Modest Fashion, Halal traveling, Sharia Property, Halal Media dan Startup Corner berbasis syariah.

Jajanan Halal di Indonesia Muslim Lifesyle Festival 2019

Selain itu juga akan ada talkshow-talkshow menarik dan kajian-kajian tentang gaya hidup halal. Jadi selain kita bisa belanja beberapa produk yang kita butuhkan, kita juga bisa menimba ilmu tentang bagaimana caranya berbisnis secara syariah dan aman.

Pameran Indonesia Muslim Lifestyle 2019 ini terselenggara berkat kerjasama antara Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), Perkumpulan Lembaga Dakwah dan Pendidikan Indonesia (PULDAPI), dan Yayasan Alumni Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran (YAPIAT).

Tujuannya diselenggarakannya pameran ini adalah untuk mengembangkan industri halal menjadi lebih besar, karena saat ini gaya hidup halal sudah menjadi kebutuhan umat muslim dan juga merupakan hijrahnya umat islam.

Sampai dengan saat ini, aku masih sering mendengar, kalau beberapa bisnis startup yang sedang berkembang di Indonesia, masih meragukan kehalalannya. Jujur saja aku tidak begitu paham, dari mana letak ketidak halalannya itu.

Pelatihan Startup di pameran Indonesia Muslim Lifesyle Festival 2019

Nah untuk itu lah, makanya aku merasa perlu tahu lebih banyak tentang bisnis startup yang benar-benar halal dan syariah itu seperti apa. Karena tujuan dari diselenggarakannya pameran Indonesia Muslim Lifestyle Festival ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap industri halal serta membangun kesadaran untuk menjalankan gaya hidup halal. Dan mengkaji produk-produk keuangan kontemporer seperti Gopay, OVO, E-Money, untuk ditinjau praktek bisnis syariahnya.

Oh iya, untuk Seminar dan Workshop bisnis yang akan diadakan di dalam pameran Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019 ini, yaitu meliputi :
Pelatihan Ekspor, Digital Marketing, Konseling bisnis tentang pengurusan legalitas usaha, Sertifikat Halal, HAKI, ISO dan lain-lain.

Selain itu pameran ini juga dapat memberikan peluang bagi para pengusaha yang ingin mengembangkan bisnisnya melalui forum bisnis, investor forum, bussiness matching dengan internasional buyers. Dan beruntungnya bagi para pengusaha startup, juga bisa memanfaatkan kesempatan untuk mengikuti ajang kompetisi social entrepreuneurship.

Tentang Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI)


KMPI merupakan Komunitas yang dibentuk pada tahun 2010 di Bogor dan sampai saat ini sudah beranggotakan 4200 orang, yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Tujuan dibentuknya KPMI ini adalah untuk memberikan edukasi kepada para pengusaha muslim agar bisa bermuamalah sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan sunah Rosullulloh SAW.

Indonesia Muslim Lifesyle Festival 2019

Tentang Perkumpulan Lembaga Dakwah & Pendidikan Islam Indonesia (PULDAPIA)


Di dalam PULDAPIA ini, kita bisa mengenal dan lebih tahu lagi tentang pendidikan Islam, yang berorientasi secara global. Pendidikan dalam PULDAPIA, akan menampilkan kurang lebih 50 sekolah berbasis Islam dan akan mengharapkan Islamic Education Fair. Tujuannya adalah ingin memberikan peluang dan mengajak masyarakat untuk mengenal secara detail tentang pendidikan tinggi islam yang saat ini sedang berkembang dan akan memberikan peluang untuk lapangan pekerjaan.

Jadi buat kalian yang ingin berkunjung, tentunya tidak perlu takut membeli tiket masuk dengan harga yang tinggi, karena hanya dengan membeli tiket sejumlah 25 ribu saja. Kita sudah bisa mengikuti berbagai Talkshow, Seminar dan juga Workshop-workshop secara gratis.

Rangkaian acara di Indonesia Muslim Lifesyle Festival 2019

Bahkan khusus di hari jumat, kita bisa mengunjungi pameran Indonesia Muslim Lifestyle Festival ini secara gratis. Dan kita bisa menikmati keseluruhan acaranya mulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 21.00.

Baiklah semoga seluruh rangkaian kegiatan dalam pameran Indonesia Muslim Lifestyle Festival 2019 ini berjalan dengan lancar, dan bisa memberikan banyak manfaat untuk para pengusaha muda milenial, yang ingin menjalankan bisnisnya secara syariah dan halal. Aamiin....



0 komentar:

Posting Komentar