Senin, 08 Juli 2019

Budget Hotel Rendah Dengan Fasilitas Berkelas

Di era digital begini, adakah yang masih merasa kesulitan dalam memilih penginapan dengan budget yang sesuai dengan isi dompet kita?

Kalau masih ada dimana letak kesulitannya guys. Karena menurut aku, semenjak dunia teknologi di Indonesia berkembang dengan pesat. Aku pribadi belum menemukan kesulitan atau ketidak sesuaian dalam memilih penginapan, tiket perjalanan atau berbagai macam akomodasi lainnya, yang bisa kita proses melalui jaringan online.

Melalui aplikasi online, memudahkan untuk memilih hotel (dok.pri)

Di era teknologi 4.0 ini, semua sudah sangat dipermudah, dengan hanya mendownload aplikasi-aplikasinya, lalu kita tinggal memasukan data-data kita dengan baik dan benar sesuai KTP, maka data kita akan langsung terverifikasi dan bisa langsung kita gunakan dimanapun dan kapan pun, ya kan.

Sangat praktis dan menghemat waktu serta tenaga. Tidak seperti saat aku berlibur ke Bali dulu, memang saat itu, aku dan keluarga tidak ada rencana untuk pergi ke Bali. Semua serba mendadak, jadi tidak terpikirkan untuk memesan penginapan terlebih dahulu. Karena saat itu, kami bertujuan hanya mengunjungi kerabat di Blitar.

Setelah menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaraan mobil dari jam 3 sore waktu Blitar, akhirnya kami baru sampai jam 3 subuh waktu Bali. Hhmmm...perjalanan yang sangat panjang dan melelahkan bukan.

Sesampainya disana, akhirnya kita memutuskan untuk menginap di daerah dekat pantai Sanur. Dan ternyata, tidak gampang loh mencari penginapan dengan budget rendah yang kita inginkan. karena rata-rata hampir semua penginapan dengan tarif kamar yang sesuai dengan budget kita, sudah full booking. Hhmmm...

Dan terpaksalah kita menginap di salah satu wisma, dengan menyewa satu kamar yang luasnya cukup untuk bisa kita tempati bersama. Waktu itu kita berenam dalam satu kamar, total tarif sewanya sekitar Rp.800.000 nett. Lumayan mahal kan, tapi ga ada pilihan lain, karena semua kamar hotel penuh dan kami sudah sangat kelelahan. 

Tapi itu dulu, sekitar tahun 2010an lah. Jadi tentu kita belum mengenal berbagai macam situs online, yang bisa kita manfaatkan kecanggihannya seperti sekarang-sekarang ini.

Untuk memilih penginapan di berbagai jaringan situs online juga, kita tetap harus hati-hati dan teliti. Kalau kita asal pilih, dan hanya memilih berdasarkan tarif murahnya saja. Kita bisa kecewa juga loh, soalnya aku pernah seperti itu juga sih, hiks hiks.

Semuanya kita harus belajar dari pengalaman juga sih ya, kalau tidak kita coba, ya kita tidak akan pernah tahu sampai kapan pun. Dan tentu kita akan kesulitan lagi kalau harus mencari secara mendadak lagi seperti dulu.

Nah beberapa hari yang lalu, kebetulan aku menghadiri suatu event yang diselenggarakan oleh Airy Indonesia dan Katadata Indonesia. Informasi dari tema yang disampaikan yaitu tentang "Peran Airy Dalam Ekonomi Digital".

Peran Airy Dalam Ekonomi Digital (dok.pri)

Wah pas banget kan, karena aku mau rencana untuk keluar kota lagi bareng keluargaku. Jadi agar tidak lagi kejadian seperti dulu, aku perlu banget nih, info-info tentang penginapan-penginapan yang terpercaya dalam Airy.

Sekilas aku sudah mengetahui tentang aplikasi Airy, dan aku juga sudah download. Dan harga-harga penginapan dalam Airy menurutku cukup terjangkau, dengan fasilitas yang lumayan oke. Budget atau tarifnya, bisa disesuai dengan tipe kamar yang kita pilih.

Peran Airy Dalam Pemberdayaan Ekonomi Daerah

Dengan munculnya beberapa star up di bidang pariwisata dan akomodasi di Indonesia. Semakin memberikan kemudahan bagi para wisatawan atau traveler, yang ingin melakukan perjalanan atau kegiatan dengan berbagai urusan bisnis dan pekerjaannya.

Tentunya Airy juga ingin memberikan perannya sebagai virtual hotel operator yang mempunyai komitmen dan bekerjasama dengan para partner hotel, dalam mengelola kamar-kamar yang berkualitas. Serta membantu pemilik hotel untuk mengelola dan meningkatkan penjualan kamar hotel, terutama dikelas Smart Budget Hotel.

Menurut penjelasan yang dipaparkan oleh Bapak Danny Handoko yang merupakan perwakilan dari Airy Indonesia, menyatakan bahwa saat ini jaringan hotel Airy sudah tersebar di 90 kota diseluruh Indonesia. Dengan rata-rata tingkat keterisian kamar mencapai 60%-70%. 

Bapak Danny Handoko dari Airy, menyerahan Plakat pada Bapak Khairul Anwar dari Kementerian Pariwisata dan Ketenagakerjaan (dok.@Imawan)

Tentunya itu suatu nilai yang cukup bagus dalam meningkatkan industri perekonomian di bidang pariwisata dan ketenagakerjaan.

Hal tersebut juga di akui oleh Menteri Ketenagakerjaan yang juga hadir dalam event tersebut yaitu Bapak Khairul Anwar, selaku Sekretaris Jenderal Kementerian dan Ketenagakerjaan, bahwa dengan adanya Airy maka akan sangat membantu wisatawan serta dapat memberikan peluang bagi masyarakat lokal disekitar hotel.

Budget Traveler Dalam Berwisata

Sebesar apa sih Budget yang disiapkan oleh para Traveler?

Dalam menentukan Budget yang diminati oleh para wisatawan atau traveler, tentunya Airy Indonesia yang bekerjasama dengan KataData Indonesia, melakukan suatu riset yang melibatkan kalangan masyarakat seperti pemilik hotel, karyawan, pelanggan serta masyarakat sekitar hotel, yang berada di 4 Kota besar di Indonesia.

Stevany Limuria dari Katadata Indonesia (dok.pri)

Dalam riset tersebut, selain bertujuan untuk mengetahui harga kamar yang sering dipesan, juga Airy ingin berkontribusi dalam pemberdayaan ekonomi lokal. Salah satunya yaitu dengan pemberdayaan dalam penyerapan tenaga kerja yang akan terlibat di jaringan Airy yang tersebar diseluruh Indonesia.

Hal tersebut juga bertujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran. Dan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat lokal, Airy pun membuat suatu wadah yang disebut Airy Community. 

Dalam Airy Community, ada berbagai macam pelatihan untuk meningkatkan kinerja para karyawannya, yang diambil dari masyarakat setempat dan tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang perhotelan. 

Tahun 2019 ini, ada sekitar 4000 peserta yang akan ditargetkan oleh Airy di 13 kota di Indonesia. Dan saat ini program Airy Community yang telah berjalan yaitu di kota Jabodetabek, Malang, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Tarif Hotel Dan Fasilitas Dalam Airy

Melalui risetnya tersebut, Airy memberikan Budget hotel yang dibagi menjadi 2 kategori yaitu :

  1. Ultra Budget sebesar kurang dari Rp.250.000
  2. Budget Hotel Rp.250.000 - Rp.500.000


Sedangkan untuk fasilitasnya, Airy memberikan kenyamanan berdasarkan pertimbangan wisatawan. Yaitu :
  • Lokasi Stategis
  • Harga Kamar
  • Kebersihan & Kelengkapan Kamar Mandi
  • Kebersihan Kamar dan Kenyamanan tempat tidur

Selain itu juga didukung oleh fasilitas lainnya yang tersedia disetiap kamar hotel yang menjadi partner hotelnya, yaitu :
  • Fasilitas WiFi
  • TV layar datar
  • Air Hangat
  • Air Minum Gratis
  • AC ( Air Conditioner)
  • Kasur bersih
  • Perlengkapan kamar mandi


Untuk semua informasi ketersediaan kamar dan fasilitas-fasilitas diatas tersebut, tentunya kita akan mengetahui dan memilih-milih terlebih dulu, sebelum kita memutuskan untuk memilih tempat penginapannya melalui Aplikasi yang bisa kita unduh secara gratis melalui Playstore untuk android dan juga iOS untuk Iphone.

Jadi tidak akan ada drama harus pusing cari-cari kamar hotel lagi dong, sesampainya di Kota tujuan kita nantinya, iya kan.

Oh iya dalam event tersebut juga ada sesi pemberian penghargaan bagi partner Hotel Airy dengan berbagai kategori penghargaan loh.

3 Partner Hotel Terbaik Airy Tahun 2018 (dok.@lamaran)




0 komentar:

Posting Komentar