Jumat, 03 Mei 2019

Aplikasi Kasir SPOTS : Praktis Dan Multifungsi Untuk Pelaku UMKM

Perkembangan jaman sudah semakin canggih sekarang ini, jadi sangat disayangkan kalau kita sebagai pemilik usaha kuliner atau usaha apa pun tidak memanfaatkan peluangnya dengan baik. Saat ini kan sudah mulai banyak bermunculan kafe-kafe atau usaha kuliner lainnya dari mulai yang besar, menengah sampai usaha yang baru merintis.

Untuk proses menjalankan usahanya tentu kita perlu didukung oleh para pegawai yang handal kan. Namun dijaman sekarang ini, untuk mendapatkan seorang pegawai, terutama pegawai di bagian keuangan itu tidak mudah. Karena hal yang paling penting selain pendidikannya saat memilih pegawai itu, tentu kita perlu orang yg bisa dipercaya, telaten dan teliti.

Karena untuk mengurus keuangan itu, jelas sangat beresiko. Apalagi perhitungannya harus dilakukan setiap hari, yaitu pada saat closing toko kan. Makanya jangan heran kalau punya saudara atau teman yang bekerja di bagian kasir, pulangnya akan lebih lambat satu jam atau bahkan lebih, dengan pegawai biasa lainnya, seperti bagian pelayan toko atau pelayan restauran. 

Tentu jam pulangnya akan berbeda dengan bagian kasir, tapi entah ada perhitungan lemburnya atau tidak. Kalau ada, ya pegawainya tentu akan diuntungkan, tapi bagi pemilik usahanya, pasti harus mengeluarkan biaya tambahan untuk uang lemburan pegawai, iya kan.

Nah berbeda tapi jaman sekarang, jika kita bisa memanfaatkan segala macam kecanggihan teknologi seperti yang aku aku jelaskan tadi, maka kita sebagai pemilik usaha dan pegawai pun akan merasa diuntungkan loh. Karena sekarang sudah dirancang suatu sistem yang disebut SPOTS atau aplikasi kasir


Aplikasi Kasir SPOTS 

SPOTS ini merupakan grup perusahaan Gojek Indonesia, yaitu berupa perangkat mesin dan aplikasi kasir multifungsi yang bisa memudahkan proses kerja para pemilik UMKM yang menjadi partner Go-Food. Dimana cara kerjanya meliputi, mencatat pesanan yang masuk, pengembalian uang, pencatatan resi, sampai ke proses pencatatan laporan harian.

Nah jadi kita tidak perlu lagi repot atau berlama-lama menghitung uang masuk dan mencocokkan resi saat closing toko secara manual lagi. Bahkan dengan hanya menggunakan SPOTS, kita juga langsung mengetahui hasil laporan harian dari pendapat yang kita peroleh pada hari itu juga.

Jadi dengan hanya menggunakan 1 mesin kasir ini, semua proses kerja perhitungan pendapatan semakin cepat dan praktis. Tentunya tidak akan banyak biaya-biaya lagi untuk memberikan uang lemburan pegawai, dan pegawai pun akan merasa nyaman, karena bisa pulang cepat ke rumah.


Bentuk Mesin Aplikasi SPOTS (dok.SPOTS)

Yah seperti yg kita sering lihat kan, kerja seorang pegawai dibagian kasir itu, tanggung jawabnya besar juga jika restoran atau toko sedang ramai pengunjung, tentunya pegawai harus lebih cekatan dan teliti. Nah oleh karena, tidak jarang ada pegawai bagian kasir yg  selalu mengeluh tentang saldo kas yang tidak sesuai dengan catatan.

Kalau sudah kejadian seperti ini, maka siapa lagi yang harus bertanggung jawab untuk mengganti saldo kas yang kurang tersebut, sudah pasti pegawainya yang saat itu sedang bertugas. Padahal bisa jadi penyebabnya karena pegawai kurang teliti saat bertransaksi dengan pembeli atau salah pencatatan. 

Dan kalo hal ini terjadi, pasti akan memerlukan waktu yang lebih lama lagi untuk menghitung ulang. Nah dengan memakai SPOTS ini, selain untuk menghindari kesalahan2 tersebut, juga bisa menghindarkan tindak kejahatan atau kecurangan dari pegawai atau orang-orang yang sudah kita percaya juga. Dalam hal ini tentu juga akan memudahkan pemilik usaha, untuk monitoring laporan keuangannya.

Keunggulan SPOTS

Aplikasi mesin kasir atau SPOTS ini, seperti yang sudah aku jelaskan diatas, mesin kasir ini akan membantu kita sebagai pemilik usaha untuk melakukan hal-hal sebagai berikut, yaitu :

1. Pengaturan Menu
Disini kita bisa mengatur menu-menu kita sendiri dengan leluasa, mulai dari mengatur kategori menu restorannya, mengatur foto, sampai ke pengaturan harga

2. Mempercepat proses pesanan
Jika ada pemesanan via go-food, lalu kita akan langsung terima notifikasinya. Jadi kita bisa langsung menyiapkan pesanan sebelum driver sampai. Tapi hal ini berlaku hanya untuk partner go-food saja yah

3. Penerimaan Pembayaran via Go-Pay Dengan Mudah
Pembayaran pelanggan dengan memindai kode QR, dananya akan langsung masuk ke akun Go-Pay kita. Dan tentu saja ada catatan tipe pembayarannya, jadi secara langsung kita akan tahu tipe pembayaran yg sering digunakan pelanggan




4. Pencetakan Resi Secara Langsung
Nah aplikasi kasir SPOTS ini dilengkapi dengan mesin printer nya kan, jadi kita tidak perlu lagi membeli mesin printer lagi untuk mencetak Resi, baik menggunakan pembayaran melalui GoPay atau cash

5. Memonitor Pendapatan dan Laporan Harian
Nah ini salah satu yang penting juga bagi pemilik usaha. Dengan memakai aplikasi SPOTS ini, tidak ada lagi drama-drama salah perhitungan dan lain-lain. Karena SPOTS akan mengirimkan rekapan transaksi melalui email setiap harinya. Dan kita bisa langsung memonitor perkembangan pendapatan kita setiap hari, secara langsung.




Nah bagaimana nih, pasti tertarik dong dengan berbagai kemudahan-kemudahan tersebut. Apalagi untuk bisa memiliki  aplikasi Kasir SPOTS ini, kita tidak perlu membayar mahal loh, karena harga pendaftaran pertama di website SPOTS ini hanya Rp. 490.000 saja, lalu seterusnya hanya dikenakan Rp. 4.900 per harinya.

Cukup terjangkau kan, coba kalau seumpama kita hitung biaya lembur pegawai kasir kita untuk 1 jam, pasti akan jauh lebih besar dari biaya harian tersebut. Dan harga tersebut juga sudah termasuk perangkat mesin printernya, jadi gak perlu keluar biaya lagi untuk membeli mesin printer lagi.

Waahhh sangat praktis dan murah kan yah, gak perlu banyak biaya keluar. Semoga informasi ini bermanfaat yah, gak perlu pikir lama-lama lagi deh, kalau aku punya usaha dirumah, dan aku juga gak perlu tambahan pegawai untuk dibagian kasir, karena dengan hanya menggunakan aplikasi SPOTS ini, udah sangat membantu dan bisa aku lakukan sendiri.

Semoga tercapai yah cita-cita aku ini untuk bisa punya usaha kuliner dirumah....Aamiin.



This entry was posted in

0 komentar:

Posting Komentar