Kamis, 07 November 2019

Sosialisasi Germas Mengenai Isi Piringku di SDN Rawa Barat 05 Pagi Bersama Zona Ceria

Pagi-pagi sekali aku bersama teman-teman blogger dari komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB), sudah berada di SDN Rawa Barat 05 Pagi, tepatnya pada hari Kamis tanggal 31 September 2019.

Baru kali ini aku mengikuti acara yang di selenggarakan oleh Kementrian Kesehatan RI dan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), bukan di tempat biasanya, melainkan di salah satu sekolahan SD yang berada di kawasan Blok S Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dan sesampainya aku disana, semua anak-anak SDN Rawa Barat sudah bersiap untuk menyaksikan berlangsungnya acara yang juga didukung oleh salah satu stasiun TV swasta yaitu RTV dalam channel Zona Ceria.

Sosialisasi Isi Piringku di SDN Rawa Barat 05 Pagi (dok.pri)

Dan ternyata, selain menghadirkan anak-anak SD disana, pihak sekolah juga menghadirkan para orangtua murid, agar gerakan sosialisasi kali ini menjadi tepat sasaran. Iya karena, sesuai dengan judul yang aku tulis diatas, bahwa dalam menerapkan fungsi mengenai Isi Piringku tersebut memang harus tepat sasaran, yaitu para orangtua murid.

Para orangtua wali murid SDN Rawa Barat 05 Pagi bersama dr. Tan Shot Yen (dok.pri)

Jadi, penyelenggaraan acara ini diawali dengan sambutan dari dr. Rizkiyana Sukandhi Putra, M.Kes sebagai Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, dan setelahnya acara pun dilanjutkan dengan penampilan beberapa tarian tradisional dan modern yang ditampilkan oleh anak-anak SDN Rawa Barat.

dr. Rizkiyana Sukandhi Putra M.Kes (dok.pri)

Dan dibawah ini adalah salah satu penampilan menarik dari dokter gigi cilik, yang mempersembahkan tarian edukasi mengenai kebersihan anggota tubuh.

Persembahan tarian edukasi tentang kesehatan tubuh dari Dokter Gigi Cilik anak-anak SDN Rawa Barat (dok.pri)

Kemudian acara pun dilanjutkan dengan permainan sulap yang dibawakan dengan sangat lucu dan menarik, sehingga anak-anak pun terlihat senang dan menikmati acaranya, walaupun matahari saat itu sangat terik.

Dan setelah semua persembahan dari anak-anak SDN Rawa Barat selesai ditampilkan. Kini saatnya semua orangtua wali murid dan kami para blogger dipersilahkan untuk berkumpul di salah satu ruangan kelas, untuk mengikuti talkshow parenting mengenai Isi Piringku.

Tapi tenang saja, anak-anak saat itu tetap mengikuti acara selanjutnya yaitu sebagian ada yang mengikuti lomba menggambar atau mewarnai dan juga ada yang mengikuti lomba tentang cara penyajian gizi seimbang sesuai dengan tema acara ini, yaitu Isi Piringku.

Area untuk lomba menggambar (dok.pri)

Nah penjelasan mengenai perlunya Sosialisasi mengenai Isi Piringku ini, dijelaskan oleh dr Rizky sebagai pembicara pertama dan juga dr. Tan Shot Yen, M. Hum sebagai pembicara kedua.

Penerapan Germas Dalam Mengedukasi Tentang Pola Hidup Sehat

Menurut dr. Rizky bahwa ada beberapa hal penting yang perlu kita ketahui dalam menerapkan pola hidup sehat, yang berlaku untuk diri kita sendiri dan  juga lingkungan, yaitu :

  • Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang
  • Minum air putih 8 gelas setiap hari
  • Melakukan aktivitas fisik, minimal 30 menit setiap hari
  • Mencuci tangan dengan cara tertentu dan menggunakan sabun di air yang mengalir
  • Menghindari asap rokok
  • Dan menjaga kebersihan lingkungan

Mengapa beberapa poin diatas sangat perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena saat ini, sudah semakin banyak kasus-kasus kematian yang disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti Diabetes, Stroke, Jantung, Hipertensi, Obesitas dan lain-lain.

dr. Rizky menjelaskan tentang pentingnya Pola Hidup Sehat (dok.pri)

Sedangkan penyakit yang biasanya terjadi pada anak-anak yang tidak terpenuhi kebutuhan gizi seimbangnya, bisa mengakibatkan Stunting atau gizi buruk atau gizi tidak seimbang yang diakibatkan oleh mengkonsumsi Malnutrisi.

Nah jadi, tentunya sebagai orangtua pun kita tidak mau kan hal buruk dapat menimpa anak-anak kita, yang juga sebagai generasi penerus. Oleh karenanya, kita perlu tahu bagaimana sih pola atau penerapan gizi seimbang yang harus ada di dalam Isi Piringku. Dan penjelasan mengenai hal tersebut, untuk detailnya, dijelaskan oleh dr. Tan Shot Yen.

Penerapan Tentang Isi Piringku

Dalam menerapkan Isi Piringku ini, tentunya kita sebagai masyarakat awam harus tahu terlebih dahulu, makanan seperti apa sih yang bisa di kategorikan ke dalam makanan dengan gizi seimbang.

Nah apakah sumber protein hewani dan nabati seperti daging, ikan dan sayuran, bisa dikatakan bergizi jika dikemas atau disajikan dengan berbagai macam olahan yang sering kita jumpai didalam kedai-kedai makanan.

Hal itulah yang dijelaskan oleh dr. Tan, bahwa makanan yang menjadi sumber protein hewani dan nabati, tidak akan menjadi bermanfaat untuk tubuh jika disajikan dengan berbagai macam olahan atau melalui proses penggorengan berkali-kali.

dr. Tan Shot Yen menjelaskan tentang penerapan Isi Piringku (dok.pri)

Sebagai contohnya, manfaat buah-buahan akan lebih terasa jika kita mengkonsumsinya tanpa menambahkan gula atau susu atau yang biasa disajikan dalam bentuk Juice.

Begitupun juga dengan sayuran dan ikan, manfaatnya akan berkurang jika dalam proses pematangannya dilakukan selama berjam-jam, atau disajikan dengan ditambahkan tepung-tepungan dan bumbu penyedap yang berlebihan, seperti ayam goreng crispy dan lain-lain.

Karena dengan proses penyajian yang salah tersebut, maka akan mengakibatkan beberapa kondisi yang disebut dengan Masalah Pangan Ultra Proses, yaitu seperti :

  1. Pencetusnya Obesitas
  2. Pencetusnya gangguan gizi pada tumbuh kembang anak
  3. Pencetus PTM (Penyakit Tidak Menular)
  4. Menciptakan kecanduan dalam masyarakat, dan dianggap penyokong pertumbuhan ekonomi masyarakat, karena proses pengolahan makanan yang praktis dan ekonomis
  5. Dan sasarannya yaitu kelompok masyarakat menengah ke bawah.

Nah untuk itulah, dr. Tan pun menjelaskan bahwa, sumber makanan yang baik untuk dikonsumsi anak-anak, merupakan tanggungjawab orangtua dan lingkungan keluarganya.

Dimana, makanan yang sehat itu adalah makanan dengan bentuk aslinya, kemudian bergizi seimbang yaitu harus ada karbohidrat, protein dan lemak, serta menggunakan konsep kombinasi dan variasi.

Adapun beberapa poin yang perlu kita ketahui mengenai Karbohidrat, Protein dan Lemak terbaik, yaitu :

Karbohidrat terbaik adalah :
  • Berpati yaitu Beras atau nasi, Umbi, Jagung dan sagu
  • Tak berpati yaitu Sayur dan Buah
  • Makanan dan minuman yang kaya akan antioksidan, mineral dan serat
  • Bukan merupakan produk rafinasi (makanan yang mengandung gula)

Protein terbaik adalah :
  • Lauk yang dimasak atau diproses dengan baik dan benar
  • Hewani atau non hewani seperti telur dan kacang-kacangan

Lemak terbaik adalah :
  • Berbagai jenis kacang, kelapa, ikan, kuning telur, alpukat
  • Bukan merupakan produk Rafinasi (makanan yang mengandung gula)

Jadi, untuk menyeimbangkan Isi Piringku itu sendiri, didalamnya harus ada ketiga sumber makanan terbaik diatas. Agar keseimbangan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita dan anak bisa terpenuhi.

Baiklah demikian penjelasan tentang manfaat Isi Piringku, semoga bermanfaat untuk kita semua, serta harapanku semoga pihak Kementrian Kesehatan RI dan Germas, bisa terus mensosialisasikan gerakan hidup sehat di sekolah lainnya secara menyeluruh. 



0 komentar:

Posting Komentar