Rabu, 14 Agustus 2019

Dompet Dhuafa Tebar Hewan Kurban Sampai Ke Pelosok Negeri

Ahad, 11 Agustus 2019

Bertepatan dengan hari ahad kemarin, semua umat islam merayakan hari Ied Al Ad'ha 1440 H, atau hari Raya Kurban. Tapi kali ini aku merayakannya tidak bersama keluarga dirumah. Karena pada hari itu, aku berkesempatan untuk menyaksikan proses pemotongan hewan kurban secara langsung, yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa.

Merayakan Hari Raya Kurban di Zona Madina, Dompet Dhuafa (dok.pri)

Lokasinya lumayan jauh dari daerah rumah, yaitu di daerah Parung-Bogor, tepatnya di Zona Madina, kawasan wisata Jampang, Parung-Bogor.

Zona Madina merupakan tempat pemberdayaan masyarakat yang dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan.
Maksudnya adalah tempat pemberdayaan Ekonomi masyarakat, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Pemberdayaan Budaya, yang bersumber dari optimalisasi dana Zakat, Infak, Sedekah, Serta Wakaf yang dipercayakan melalui Dompet Dhuafa.

Aku sendiri baru pertama kali kesana, dan ternyata tempatnya cukup luas juga, sekitar 85 Hektar luas tanahnya. Dan ada deretan penginapan dalam bentuk rumah panggung yang bisa disewa sewaktu-waktu. Dan tepat didepannya dilengkapi dengan beberapa permainan outbond untuk anak-anak.

Hewan Kurban Dompet Dhuafa (dok.pri)

Sesampainya disana, kambing-kambing Hewan Kurban sedang dipersiapkan untuk dipotong. Namun sebelumnya kami beristirahat di kursi-kursi tamu, untuk mendengarkan sambutan dari Bapak Herman Budianto sebagai Direktur Wasila Nusantara (Pengelolaan Asset Wakaf Dompet Dhuafa).

Herman Budianto, Direktur Wasila Nusantara Dompet Dhuafa (dok.pri)

Jadi menurut penjelasan beliau, tahun ini Dompet Dhuafa telah mendistribusikan hewan kurban ke 25 Provinsi di Indonesia, juga ke beberapa kawasan korban bencana alam seperti : Palu, Lombok, Konawe, Banten dan Halmahera.
Selain itu juga ke 5 negara yang sedang mengalami konflik kemanusiaan seperti : Palestina, Myanmar, Kamboja, Vietnam, dan Filiphina.

Namun berbeda dengan tahun lalu, pendistibusian untuk tahun ini ada tambahan 2 Provinsi. Karena tahun lalu sebaran hewan kurban melalui Dompet Dhuafa hanya di 23 Provinsi saja.
Lalu jumlah dari hewan kurbannya itu sendiri, tahun ini Dompet Dhuafa telah menghimpun hewan kurban sebanyak 22.300 ekor yang tersebar di seluruh Indonesia.
Dan angka tersebut naik 27% dibandingkan tahun lalu. Pada tahun lalu sampai hari terakhir tasryik, Dompet Dhuafa hanya menerima 18.558 ekor saja.

Sedangkan di kawasan Zona Madina sendiri, Dompet Dhuafa mendistribusikan sebanyak 65 ekor kambing, untuk 30KK di 4-5 Kelurahan. Dan untuk bobot kambingnya juga beragam, mulai dari 29 kg sampai 35 kg untuk kambing kelas Premium dan Super Premium.

Selesai sambutan dan penjelasan dari Bapak Herman, kemudian acara dilanjutkan dengan serah terima Donasi Kurban dari Influencer dan komunitas, yang diwakilkan oleh Hamidah Rachmayanti dan Irvan Farhad, kepada Dompet Dhuafa yang diwakilkan oleh bapak Yuli Pujihardi sebagai Direktur Mobilisasi Zakat.

Serah terima Donasi dari Influencer kepada Dompet Dhuafa (dok.pri)

Akhirnya, tibalah proses pemotongan hewan kurban, lalu kami semua menyaksikannya dengan seksama. Dan ternyata prosesnya ini sangat khidmat sekali, dengan diiringi suara takbir dari orang-orang yang akan menyembelih hewannya.

Semua prosesnya sangat cepat dan lancar, dan yang perlu diketahui bahwa sebelum hewan-hewannya dipotong, maka akan di dokumentasikan terlebih dahulu, sebagai tanda bukti untuk para donatur yang mempercayakan melalui Dompet Dhuafa.

Dokumentasi Hewan Kurban Dari Donatur (dok.pri

Proses Penyembelihan Hewan Kurban (dok.pri)

Setelah proses pemotongan selesai, lalu tibalah saatnya membagi-bagikan potongan daging yang sudah dikemas dengan rapih ini, untuk para penerima manfaat yang ada di kawasan Jampang. Kemasannya kali ini bukan berupa wadah plastik, melainkan besek bambu atau keranjang bambu, krengsong bambu, daun jati, daun pisang dan daun pandan.


Kemasan besek bambu yang siap untuk dibagikan (dok.pri)

Pokoknya wadah yang bisa ramah lingkungan, agar bisa mengurangi penyebaran limbah plastik di Indonesia. Karena saat ini lingkungan di Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan dengan banyaknya limbah-limbah plastik yang tersebar di setiap daerah.

Dan dibawah ini adalah beberapa dokumentasi pada saat para perwakilan Dompet Dhuafa membagikan daging hewan kurban tersebut kepada penerima manfaatnya. Salah satu foto dibawah ini, merupakan serah terima daging kurban oleh bapak Yuli Pujihardi kepada perwakilan warga setempat, bernama ibu Jannah yang sudah berusia 82 tahun.

Perwakilan warga penerima manfaat (dok.pri)



Baiklah demikian informasi yang bisa aku berikan mengenai proses penyembelihan hewan kurban di kawasan Zona Madina Jampang, Parung-Bogor. Jadi dengan menyaksikan proses tersebut, kita menjadi semakin lebih yakin untuk bisa mempercayakan donasi melalui Dompet Dhuafa.

Seperti yang sudah kita ketahui, bawah cara untuk berdonasi Kurban pun sangat mudah, karena sekarang sudah ada Kurban Online di website Dompet Dhuafa, jadi kita tidak harus repot untuk mendatangi kantor pusatnya kan.

Pada hakikatnya, saat ini semua langkah untuk berbuat kebaikan sudah semakin dipermudah dan praktis, semoga setelah membaca tulisan ini, akan banyak hati yang tergerak untuk  membagi sebagian rejekinya bagi yang mampu, jadi #JanganTakutBerkurban, karena dengan begitu maka akan membawa kebaikan  untuk diri kita sendiri dikemudian hari. Aamiin....



0 komentar:

Posting Komentar