Selasa, 15 Januari 2019

Persiapan Mencari Tiket Buat Libur Lebaran 2019

Beberapa hari ini pikiran aku tentang libur nasional saat lebaran nanti, sudah membayangi terus nih. Kalau sudah begini, mulai deh tangan aku gatel buat cari-cari harga tiket, penginapan dan info tempat-tempat destinasi, oh iya tak ketinggalan tempat-tempat kuliner juga dong. Karena apa lagi sih yang dicari orang-orang di tempat wisata kalau bukan 4 hal tersebut.

Tapi hal yang paling penting, kita harus memastikan tiket perjalanannya dulu yah, jangan sampai nanti kita udah happy-happy mau berlibur di hari H tersebut, eehhh tiketnya malah sudah habis. Kalau ujung-ujungnya malah naik kendaraan roda empat, selain waktunya jadi lama dijalan, biaya perjalanan pun akan lebih mahal.


Sumber : Eksotisjogja.com

Mengingat pengalamanku tentang hal ini, aku jadi ingat pengalaman aku pergi ke Jogjakarta beberapa tahun yang lalu. Pada saat itu sekitar tahun 2013, waktu itu aku dan teman-teman beramai-ramai membeli tiket kereta dengan harga promo, tapi karena pada saat itu tidak kepikiran untuk membeli tiket pulang pergi, dan memang pada saat itu tiket juga sudah mulai banyak yang habis, alhasil pada saat pulang aku dan teman-teman mendapat harga tiket yang jauh lebih mahal berkali-kali lipat….hhuuuffttt.


Jogjakarta tahun 2013 (dok.pri)

Begitulah kalau kita menyepelekan untuk membeli tiket, padahal tiket itu kan hal yang paling penting harus kita persiapkan dari jauh-jauh hari, apalagi menjelang libur lebaran nanti nih. Waahhh…jangan sampai deh liburan kita jadi berkurang kebahagiaannya karena satu hal paling penting ini kita sepele kan. Karena jujur saja, bayangan aku tentang liburan di Jogjakarta sudah menari-nari dikepalaku nih.

Walaupun sebenarnya aku udah sering banget kesana, tapi entah kenapa, selalu tidak merasa puas jalan-jalan disana dan selalu ingin balik lagi kesana. Terakhir kali aku ke Jogjakarta itu pada tahun 2017, itu berarti sekitar 2 tahun yang lalu dengan menggunakan pesawat. Pada saat itu aku tujuan kesana untuk mengikuti acara salah satu brand susu anak.

Saat narsis baru turun dari pesawat (dok.pri)

Pada awalnya aku takut melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat, tapi ternyata setelah mencoba, sepertinya sekarang aku lebih memilih untuk menggunakan pesawat saja deh, karena selain perjalanan juga tidak memakan waktu lama dan fisik juga tidak merasa cape atau pegel-pegel. Padahal pada saat itu, semalaman aku tidak bisa tidur karena memikirkan mau naik pesawat besok paginya…hehehe.

Tapi demi acara ini dan kota yang dituju adalah Jogjakarta, maka aku tepiskan semua perasaan takut tersebut. Aku selalu kangen Jogjakarta dan selalu ingin balik lagi kesana, karena masih banyak tempat-tempat wisata yang belum aku singgahi, terutama aku sangat rindu akan kue bakpia yang menjadi ciri khas jajanan atau kuliner di Jogjakarta. Selain itu, aku juga kangen untuk mengunjungi pasar Beringharjo, Toko Prodjo atau toko peralatan dapur paling komplit di Jogjakarta.

Narsis di Bandara Adi Sutjipto tahun 2017

Namun seperti biasa, keinginanku untuk mampir ke tempat-tempat tersebut tidak terlaksana lagi, karena pada saat acara kemarin kegiatan aku padat sekali, jadi tidak ada waktu untuk mampir, sekalipun penginapan kami berada di daerah Malioboro. Tapi karena waktu dan kondisi badan aku juga sedang tidak fit, jadi semua rencana untuk singgah-singgah ke pasar Beringharjo, Toko Prodjo dan mencari bakpia kesukaan aku tidak tercapai.

Hhhmmm….ya sudah lah, semoga nanti aku masih diberi kesehatan dan umur yang panjang untuk bisa menikmati perjalanan ke Jogjakarta lagi. Oleh karena itu sudah dari sejak sekarang aku mulai hunting tiket pesawat buat melaksanakan niatan aku yang tidak tercapai kemarin. Dan kebetulan liburan nasional pada saat lebaran nanti waktunya cukup panjang sepertinya, karena lebaran tahun ini jatuh pada hari Rabu dan kamis.

Jadi menurut kalender nasional, cuti bersama liburan nasional sekitar 3 hari sebelum dan 3 hari sesudah lebaran. Wiiihhh….asik banget kan, walaupun memang aku dan suami bukan pekerja kantoran tapi setidaknya para kerabat aku yang bekerja pasti juga akan libur. Karena rencana lebaran tahun ini, aku akan merayakannya di Jogjakarta, sekalian bersilaturahmi dengan saudara-saudara dari suamiku disana.

Nah karena tidak mau kejadiannya berulang seperti tahun 2013 lalu, makanya aku mulai deh mencari tiket buat liburan Lebaran 2019 Traveloka saja. Mau mencari tiket Pesawat atau Kereta Api dan juga mencari penginapan sudah tersedia di traveloka. Jadi kita tidak perlu repot atau takut kehabisan lagi kalau bookingnya sudah mulai dari sekarang, karena biasanya kalau liburan lebaran pasti tiket kereta akan habis 3 bulan sebelumnya.

Baca juga : Berencana Berlibur Ke Planet Bekasi

Tapi entah lah jadinya mau naik kereta atau pesawat nanti, soal ini harus dibicarakan dengan matang sama suamiku. Soalnya yang membuat aku tertarik lagi saat hunting tiket di traveloka, ternyata ada harga paketan pesawat dan hotelnya juga loh. Waahhh asik banget kan, jadi di dalam aplikasinya sudah tertera pilihan tempat-tempat destinasi yang kita inginkan, selama 5 hari 4 malam disana.

Baca juga : Mengunjungi Keindahan Taman Bunga Keukenhof Di Belanda

Di aplikasi Traveloka tersebut, kita tinggal cari Daftar Paket Wisata Jogja misalnya, lalu munculah beberapa destinasi wisata di Jogja, berikut juga mengunjungi tempat-tempat kuliner di sana. Pokoknya semua keterangan tentang jadwal-jadwalnya kunjungannya juga tertera, lengkap banget deh pokoknya.

Waaahhhh….aku harus cepat-cepat booking nih kayaknya, jangan sampai kehabisan atau terlewatkan kesempatan ini, sayang banget kan. Yuk ah aku mau cus hunting dulu nih....


1 komentar:

  1. Eh betul itu, kak .. lebih baik hunting tiket jauh-jauh hari biar fix dapat seat juga harganya jauh lebih miring.

    Kangen Yogya ya, kak ?
    Hehehe ...
    Iya ya aku juga heran suasana disana itu selalu pengin balik kesana lagi dan lagi :)

    BalasHapus