Minggu, 27 Januari 2019

Peluncuran Program A Cup Of Moka (ACOM) Untuk Edukasi Bisnis Para Pelaku UKM

Para pelaku UKM kini benar-benar menjadi sorotan publik saat ini, bukan hanya pemerintah saja yang memberikan perhatian kepada para pelaku UKM, kini sudah mulai bermunculan para penggiat usaha startup yang ingin membantu para pelaku UKM untuk mengembangkan usahanya.

Memang harus kita akui bahwa saat ini pasar UKM sangat perlu ditingkatkan, karena krativitas dan semangat dari para pelaku UKM tersebut patut di acungi jempol. Maka sudah sepantasnya mereka mendapatkan edukasi lebih mendalam lagi untuk dapat bersaing dan mempunyai cara-cara yang inovatif dalam menjalankan usahanya.

Mengingat perkembangan teknologi semakin hari akan semakin berkembang, dan tentunya mereka tidak boleh kalah bersaing dengan para pelaku usaha besar atau kelas kakap. Oleh sebab itu, Moka sebagai salah satu Startup di Indonesia, merasa peduli dan senantiasa akan membantu para pelaku UKM tersebut melalui program yang diluncurkan beberapa hari yang lalu.

Sumber foto : @moka

Tepatnya pada tanggal 22 Januari 2019, aku berkesempatan hadir di event Launching yang diselenggarakan oleh MOKA, sebagai penyedia layanan Point Of Sale yang meluncurkan kegiatan berbasis edukasi teknologi digital untuk para UKM dengan tema "A Cup Of Moka (ACOM)".
Seperti yang sudah aku jelaskan diatas, bahwa penyelenggaraan program ACOM ini adalah untuk membantu para pengusaha UKM dan komunitas, dengan memberikan edukasi dalam berbisnis, di beberapa kota di Indonesia. 

Sumber foto : Moka

Dalam hal ini Moka disebut juga sebagai wadah yang mempertemukan para pelaku UKM dengan para ahli di bidang yang berkaitan dengan pengembangan UKM. Tujuannya adalah untuk meningkatkan daya saing dan kreativitas serta kemampuan untuk bersaing dengan para pebisnis kelas kakap (pelaku usaha besar).

Didalam blog ini juga, aku udah sering membahas tentang misi dan visi pemerintah mengenai peningkatan pelaku bisnis UKM, dimana pemerintah berharap bahwa pada masa revolusi industry 4.0 ini, para pemilik UKM harus bisa bersaing dan mampu menerapkan sistem teknologi yang inovatif. Sebagai salah satu contohnya, melalui pemberdayaan UKM Go-Online, yang didukung dengan upaya UKM agar bisa melakukan pengelolaan keuangannya dengan menggunakan sistem digital.

Namun sampai saat ini, ternyata para pelaku usaha UKM di Indonesia, baru sekitar 20%nya dari keseluruhan jumlah UKM, yang sudah menerapkan sistem digital tersebut. Oleh karena itu lah, Moka sebagai salah satu startup, hadir untuk mengembangkan harapan pemerintah tersebut, dengan memfasilitasi para pelaku UKM, agar dapat mendalami pengetahuan tentang bisnisnya, agar dapat meningkat dan berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi digital.

Sumber foto : @moka

Lagi dan lagi sistem teknologi digital menjadi pokok utama dalam hal keuangan, mengapa demikian?

Yaaa…karena ini adalah Jaman Milenial, jaman dimana para pelaku usaha sudah harus melek digital. Tidak ada kata tidak bisa atau sulit, siapapun kita, dimana pun kita atau sebagai apa pun kita saat ini, harus dan wajib memiliki pengetahuan tentang tekhnologi. Bahkan anak-anak SD jaman sekarang pun, sudah harus bisa mengerjakan soal-soal atau tugas-tugasnya dengan menggunakan sistem teknologi, betul tidak! 

Oleh karenanya, sebagai penggerak atau pengelola usaha pun kita harus mampu beradaptasi dengan perkembangan jaman yang dipengaruhi sistem teknologi. Jadi dengan adanya program ACOM ini, menurutku sangat membantu para pelaku bisnis UKM, agar dalam pengelolaan usahanya dapat berjalan dengan lancar, dan yang pasti dapat meminimalisir kerugian serta adanya transparansi antara owner dan pegawai.

Seperti apa sih program A Cup Of Moka (ACOM) ini?

Dalam program ACOM ini, pelaku UKM akan mendapatkan dua manfaat utama, yaitu :

Konten Edukatif, yaitu berupa materi data drive yang terbagi lagi menjadi 2 topik utama yaitu Bussines Practice dan Bussiness Inspriration. Kemudian Moka memadukan ilmu praktikal tersebut dengan insprirasi bisnis untuk mengembangkan usaha. Ada beberapa materi yang didapat dari kedua topik utama tadi, yaitu :
Ilmu Pemasaran UKM, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional, Penggunaan Sosial Media untuk UKM, sampai ilmu Fotografi untuk berbisnis.

Wadah Kolaborasi, dalam hal ini ACOM akan menjadi tempat atau sarana untuk komunitas dan pelaku UKM, dalam berkolaborasi langsung dengan program-program yang diadakan oleh A Cup Of Moka. Sebagai contohnya yaitu, mempromosikan komunitas untuk networking atau berpartisipasi dalam acara-acara komunitas UKM yang memiliki peserta.

Kika : MC, VP Brand & Marketing Moka Bayu Ramadhan, Head of Community Moka Jafar Fakhry, dan Business Owner Dua Coffee Cipete Omar Karim Prawiranegara (dok:pri) 

Waahh ini merupakan wadah yang sangat sayang sekali jika kita abaikan yah, karena sebelum program ACOM ini diresmikan pun, pihak Moka telah menjalankan percobaannya di 5 kota yaitu : Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang dan Bandung. Dan ternyata berhasil memberikan manfaat kepada lebih dari 200 pelaku UKM, serta dapat menggandeng puluhan mitra dari berbagai industri yang berbeda.

Jadi program ACOM ini sifatnya terbuka untuk bisnis dari  berbagai industri dan entitas manapun selama konteksnya relevan dan menarik bagi bisnis apapun yang mereka jalankan. Seperti juga yang dijelaskan oleh bapak Bayu Ramadhan sebagai VP Brand & Marketing Moka, “Bahwa saat ini Moka sedang membangun Moka Learning Hub yang ditujukan sebagai pusat untuk berbagi ilmu dan inspirasi seputar bisnis melalui dua media, yaitu Offline dan Online”

Bayu Ramadhan (sumber: Moka) 

Untuk program ACOM Offline, pihak Moka akan mengadakan pertemuan secara langsung atau bertatap muka dengan komunitas dan pelaku bisnis UKM, serta diselenggarakan disuatu tempat yang sudah ditentukan. Sedangkan untuk program ACOM Online, kita dapat mengakses Moka Blog dan Konten Edukasi berupa e-book yang menjelaskan seputar trend bisnis masa kini dengan tema yang berbeda setiap bulannya, dan konten edukasi ini dapat di unduh secara gratis.

Nah dengan adanya program ACOM ini, maka pihak Moka berharap agar pelaku bisnis UKM di Indonesia dapat berkembang dan semakin sukses melalui program A Cup Of Moka ini. Dan melalui bisnis Startup di Indonesia dapat menjadi media untuk belajar bisnis yang mereka jalankan. 

Moka juga menargetkan bahwa disepanjang tahun 2019 ini, akan mengadakan gelaran A Cup Of Moka (ACOM), paling sedikit mencapai 37 kali dan memfasilitasi lebih dari 2000 pelaku UKM di setiap kota di pulau Jawa. Dan untuk rencana ke depannya, Moka juga akan berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti Pemerintahan, LSM, perusahaan Swasta, Akademis dan lain-lain.

Wah program ini tentunya sangat berguna bagi para pelaku bisnis UKM yang baru memulai atau akan mengembangkan bisnisnya yah, jadi bagi kalian yang tertarik bisa banget bergabung menjadi bagian dari A Cup Of Moka (ACOM) loh. Dan untuk informasi lebih jelas dan akurat bisa mengakses infonya disini yah.

Baiklah semoga informasi ini berguna dan bisa menjadi jembatan kesuksesan bagi para pelaku bisnis UKM.


0 komentar:

Posting Komentar