Jumat, 07 Desember 2018

Pengaruh Probiotic Terhadap Tumbuh Kembang Dan Kebahagiaan Anak

Kesehatan dan kebahagiaan anak adalah kebahagiaan kita juga sebagai orangtua, maka disinilah peran kita sebagai orangtua sangat penting untuk menjaga dan merawatnya dengan penuh kasih sayang, demi untuk membangun masa depannya yang cerah. Jika kebahagiaan dan kesehatannya terpenuhi, maka In Sha Allah masa depannya juga akan cerah, secerah keceriaannya di masa kecil.


Sumber foto : pixabay.com

Anak adalah segalanya untuk kita, harta terbesar yang kita miliki baik didunia atau pun diakhirat nanti. Tanggung jawab kita dalam membesarkannya memerlukan kesiapan mental lahir dan bathin, jiwa yang kokoh dan kuat serta kasih sayang yang nyata. Semua anak juga akan merasakan kebahagiaan nyata yang tulus, dari orangtua dalam membesarkannya. Baik itu orangtua kandung maupun orangtua angkat.

Biasanya setiap orangtua akan merasakan apa yang mereka rasakan, misalnya jika anak merasakan ada yang tidak beres pada kesehatannya, maka kita pun akan ikut merasakan apa yang sedang dirasakannya. Bukan hanya mengenai kesehatan tubuh saja sih, biasanya kita juga akan merasakan tekanan emosi yang sedang timbul pada jiwa anak-anak kita.

Nah oleh sebab itu, kita harus menggali ilmu pengetahuan lebih dalam, tentang bagaimana menjaga tumbuh kembang anak-anak, dan siap menghadapi segala hal yang berkaitan dengan anak-anak kita, terutama mengenai kesehatannya. Karena dengan bertambahnya ilmu parenting, maka kita akan siap dan sigap dalam menghadapi segala jenis gangguan kesehatan pada anak atau kejanggalan yang terjadi pada anak-anak kita.


Nutrition Masterclass bersama Nestle Indonesia (dok.pri)

Seperti pada event Nutrition Masterclass yang diselenggarakan oleh Nestle Indonesia beberapa waktu yang lalu. Kebetulan tema yang sedang dibahas adalah tentang “Probiotic For Happy & Healty Generation”. Ada 3 narasumber yang hadir, salah satunya yaitu Dr. Ray Basrowi, MMK sebagai Head Of Medical & Nutrition Service Nestle Indonesia.


Dr. Ray Basrowi (dok.pri)

Beliau mengatakan, bahwa “Sudah terbukti secara klinis, bahwa Sistem pencernaan yang sehat adalah yang dapat menumbuhkan bakteri baik yang biasa disebut Probiotic. Dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung Probiotic, maka bakteri baik akan terus tumbuh dan berkoloni untuk melindungi kesehatan pencernaan anak-anak dari bakteri yang jahat."

Oleh sebab itu, anak-anak memerlukan tambahan nutrisi yang tepat seperti, agar pertumbuhan bakteri probiotic dapat tumbuh dengan sempurna, untuk menjaga kesehatan pencernaan anak-anak kita. Karena dengan pencernaan yang sehat, maka akan berpengaruh pada kebahagiaan anak-anak, dan tumbuh kembangnya.

Dalam pemenuhan nutrisi tersebut, bisa  didapatkan dari ASI, makanan dan bisa juga didapatkan dari  susu pertumbuhan. Namun tidak semua susu pertumbuhan memiliki kandungan Probiotic, oleh sebab itu, kita harus teliti dalam memperhatikan zat zat yang terkandung dalam komposisinya. 

Mengapa harus sedetail itu, karena pertumbuhan biota bakteri probiotic ini, selain berpengaruh pada kesehatan saluran cerna juga akan berpengaruh pada tumbuh kembang anak-anak. Pernyataan tersebut, sama dengan yang dijelaskan oleh Profesor Yvan Vandenplas, sebagai Ketua Departemen Anak di University Hospital Brissel, Belgia.


Profesor Yvan Vandenplas dari Belgia (dok.pri)

Beliaupun menambahkan bahwa “Tidak semua susu pertumbuhan mempunyai gizi yang sama dalam memenuhi nutrisinya, susu pertumbuhan yang baik adalah yang mengandung adanya bakteri-bakteri baik seperti : Lactobacillus Reuteri, Lactobacillus Rhamnosus, dan Bifidobacterium Lactis. Ketiganya, telah teruji secara klinis, mampu memberikan keuntungan dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh anak-anak.

Menurut info dari berbagai sumber yang aku dapat, penjelasan tentang ketiga bakteri tersebut adalah sebagai berikut :

Lactobacillus Reuteri Merupakan jenis bakteri probiotic atau bakteri baik, yang biasanya dapat ditemukan didalam usus mamalia dan burung. Bakteri ini dipercaya dapat melumpuhkan pertumbuhan dari bakteri E.Coli, sehingga dapat mencegah timbulnya infeksi serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Lactobacillus Rhamnosus, merupakan jenis bakteri baik juga yang menghasilkan asam laktat dan juga dapat menghentikan pertumbuhan bakteri patogen (bakteri jahat), yang dapat membahayakan kesehatan saluran cerna. Karena kesehatan saluran cerna, akan  sangat berpengaruh pada daya tahan anak.

Bifidobacterium Lactis, juga merupakan bakteri asam laktat yang bisa ditemukan di dalam usus besar manusia dan hewan, yang bermanfaat untuk mencegah, mengontrol dan mengobati berbagai penyakit seperti Sembelit, Diare dan lain-lain. Namun efek samping yang dirasakan setelah mengkonsumsi kandungan bakteri ini adalah Sakit Perut, Kembung  dan sering buang Gas. 

Nah sekarang sudah sangat jelas kan, bahwa didalam tubuh setiap manusia, sangat membutuhkan bakteri probiotic, untuk menunjang kualitas hidup sehat dan tumbuh kembang bagi anak-anak. 

Oleh karenanya dalam hal ini, Nestle Indonesia merasa perlu untuk menciptakan produk susu pertumbuhan yang berkualitas dengan berbagai kandungan zat zat yang berguna untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak. 

Begitu pula seperti yg disampaikan oleh Dr. dr Ariani D. Widodo, SpA K bahwa "Probiotic terbukti sangat bermanfaat untuk kesehatan saluran cerna, meningkatkan imunitas dan tumbuh kembang anak."


Dr. d. Ariani D. Widodo, SpA K (dok.pri)

Kebahagiaan dan kesehatan anak-anak sangatlah penting untuk mengedepankan keberhasilan generasi penerus bangsa, oleh sebab itu rawat dan jagalah tumbuh kembangnya, agar dapat menumbuhkan kebahagiaan dan keceriaannya dalam menyongsong masa depan.








0 komentar:

Posting Komentar