Jumat, 21 Desember 2018

Bingung Mau Bertanya Tentang HIV Dan AIDS? Tanya Marlo Saja Yuk!

Hallo semua...

Bagi orang yang mengalami langsung, mungkin menurutnya AIDS adalah akhir dari segalanya. Jadi jika ada keluhan sakit yang mengarah kesana, sebagian orang pasti akan merasa takut dan malu untuk bertanya. Memang sih bertanya langsung kepada dokter sangat bisa kita lakukan, namun kebanyakan orang pasti akan merasa takut duluan sebelum melakukan pengecekan.

Apalagi kalau orang tersebut tidak mempunyai teman atau saudara yang bisa mengerti mengenai keadaannya. Ada beberapa alasan, kenapa orang-orang merasa takut untuk memeriksakan diri ke dokter :

  • Takut akan vonis yang harus kita terima mengenai penyakit yang diderita
  • Biaya berobat atau konsultasi yang biasanya tidak sedikit
  • menerima pernyataan yang menyudutkan dari dokter
  • Serta Perasaan terancam akan kematian

Dan mungkin masih ada lagi alasan lainnya, yang membuat kebanyakan orang seringnya, lebih baik mengabaikan apa yang dirasakannya. Namun jelas itu sangat tidak dianjurkan yah, karena untuk beberapa penyakit yang memang membutuhkan penanganan khusus seperti AIDS dan juga salah satu penyakit menular, maka kita harus aware dan mengantisipasi sejak awal.

Penularan HIV AIDS memang tidak mudah, ada banyak persepsi atau hoax yang mengakibatkan kita menjadi anti terhadap Orang Dengan HIV AIDS (ODHA). Sejujurnya dan tak bisa dibohongi kita juga pasti akan begitu, oleh sebab itu walaupun kita tidak merasakan apa pun atau merasa sehat dan baik-baik saja, tetap kita membutuhkan info seputar permasalahan penyakit, khususnya penyakit AIDS ini. 

Apalagi kalau informasi yang didapat bisa dilakukan dimana pun kita berada, kapan pun dan tentunya gratis tanpa biaya apa pun. Jangankan biaya pengobatannya, biaya transportasinya saja tidak ada sama sekali, alias gratis. Kita hanya diminta untuk memberikan data atau nama pasien sebagai ODHAnya saja.


Sumber foto : IG @tanya.marlo

Namun tidak perlu khawatir, data-data yang kita berikan akan terjamin kerahasiaannya, kita tidak usah khawatir akan terbongkar, karena data tersebut akan tersimpan dengan aman dalam layanan Platform Mobile Chat “Tanya Marlo” di jaringan LINE. Dan Tanya Marlo akan melayani selama 24 jam juga loh.


Sumber foto : IG @tanya.marlo

Ada apa saja sih di dalam Mobile Chat Tanya Marlo?

Disini aku akan memaparkan secara detail, mengenai informasi akurat tentang HIV AIDS. Karena seperti yang kita tahu, bahwa HIV AIDS merupakan penyakit yang paling sangat ditakuti oleh semua orang. Kebanyakan orang akan menghindari seorang ODHA, sekalipun itu teman dekatnya atau saudara. Maka itulah sebab, ODHA akan merahasiakan tentang sakitnya. Kalau sudah begitu, bagaimana kita tahu kalau status HIVnya bisa menular atau tidak.

Karena kategori pasien ODHA ada 2, yaitu ODHA dengan status dapat menularkan virus HIVnya dan ODHA dengan status tidak dapat menularkan virus HIVnya. Lalu tentang bagaimana cara penularan dan pengobatannya, maka Tanya Marlo akan menjawab semua itu.

Tanya Marlo adalah sebuah Platform Mobile Chat di dalam LINE, yang bisa membantu pasien ODHA atau teman ODHA, atau pendamping ODHA, untuk mendapatkan informasi yang akurat seputar HIV AIDS. Dan Platform mobil chat ini baru saja diresmikan beberapa hari yang lalu oleh UNAIDS Indonesia bersama dengan mitra developer yaitu Nimbly Technologies dan Botika.


Ki-Ka : Inez Kritanti, Ilona, David Webb, Krittayawan Boonto dan Perwakilan Kemenkes (dok.pri)

Tanya Marlo di gambarkan sebagai teman yang ramah dan bersahabat untuk semua orang yang membutuhkan informasi mengenai HIV AIDS. Tanya Marlo akan menjawab semua pertanyaan yang kalian butuhkan melalui chat di Line atau Whatsapp, dengan Konselornya langsung. Kalian akan berkonsultasi secara langsung, bahkan kalian bisa membuat janji untuk tes HIV melalui chat tersebut.

Dan seorang konselor juga akan membantu kalian untuk memilihkan rumah sakit atau puskesmas rujukannya, dan memilihkan pendampingan untuk menemani kalian melakukan Tes HIV, dan semua itu tidak ada biaya apapun atau Gratis.

Krittayawan Boonto (Tina) sebagai Country Director UNAIDS Indonesia, mengatakan “Walaupun platform mobile chat ini ditujukan untuk semua orang, tapi sasaran utamanya adalah para anak-anak muda yang dipastikan sangat minim sekali mengenai pengetahuannya tentang HIV AIDS.” Karena sampai saat ini, ternyata masih banyak anak-anak muda yang tidak aware terhapat penyakit ini.

Sebagain dari mereka akan menganggap penyakit ini adalah penyakit kutukan atau penyakit yang disebabkan oleh ulah manusianya itu sendiri, padahal kalau kita pahami secara mendasar. Ada banyak anak-anak kecil di usianya yang masih sangat muda bisa terdapat virus HIV, atau bahkan yang sama sekali tidak pernah bergaul dengan lingkungan pencetusnya sekalipun juga akan tertular atau terdapati positif AIDS.

Nah oleh karenanya, kita harus benar-benar memahami bagaiman penjelasan lengkapnya tentang penyakit ini bukan. Karena seperti yang dijelaskan oleh salah seorang perwakilan dari Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), sampai dengan saat ini diperkirakan ada sekitar 640 ribu orang yang hidup dengan HIV, dan diperkirakan baru 48% pasien ODHA yang sudah mengetahui status HIVnya. 

Seperti yang aku katakan tadi, apakah status HIVnya bisa menular atau tidak. Dan rating paling tinggi yaitu ada pada kalangan usia muda, dalam rentang usia 15-24 tahun, dengan mencapai angka 52% dari total data terbaru tentang orang yang terinfeksi HIV.

Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia bekerjasama dengan UNAIDS untuk mengatasi permasalahan HIV AIDS , mulai dari mengurangi angka infeksi baru HIV, melakukan kampanye pencegahan, sampai megurangi praktik diskriminasi terhadap ODHA. Nah persis kan sepeti yang aku ungkapkan diatas, maka dengan adanya bantuan dari mobile chat Tanya Marlo ini, banyak sekali manfaatnya.

Kalau kalian mau mencoba, pertama kita harus punya aplikasi LINE dalam smartphone kita, lalu search aplikasi Tanya Marlo dan berikut adalah fitur-fitur yang berada dalam mobile Chat Tanya Marlo, yaitu :

Info HIV
Dalam fitur ini, menyediakan segala informasi seputar HIV AIDS dan penyampaiannya disampaikan melalui konten-konten menarik seperti artikel, infografis, perbandingan antara mitos atau fakta dan tersedia video juga.



Kuis
Ternyata kita juga akan terhibur dengan adanya fitur permainan kuis yang akan menantang kita untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang pengetahuan dan pemahaman kita seputar HIV dan AIDS, pertanyaannya gak susah ko. 



Konsultasi
Nah dalam fitur inilah kita akan berkonsultasi secara langsung dengan konselor yang sudah terpercaya dan bisa terjamin pula kerahasiaan data-data kita, mengenai saran apa pun tentang seputar HIV yang kita butuhkan, maka konselor pun akan siap membantu.



Tes HIV
Melalui fitur ini, kita juga bisa dengan nyaman diberikan informasi tentang klinik-klinik yang menyediakan jasa tes HIV, termasuk lokasi, caranya dan jam operasilanal klinik tersebut. Dan melalui fitur ini, kalian juga bisa membuat janji untuk melakukan tes HIV di Jakarta secara online.



Lalu jika kalian membutuhkan pendamping untuk menemani kalian tes HIV, maka Tanya Marlo pun menyediakan pendampingan tanpa dikenakan biaya sedikit pun (Gratis). Nah dengan adanya pelayanan online dari mobile chat Tanya Marlo ini, maka kita tidak perlu merasa takut dan ragu lagi untuk bertanya. Seperti yang dijelaskan oleh salah seorang narasumber yaitu

Inez Kristanti sebagai Psikolog, ternyata sering mendapati pasien yang sudah terinfeksi HIV AIDS dan mereka merasa malu dan takut untuk melakukan tes HIV. Sedangkan menurut Ilona sebagai salah satu perwakilan anak muda yang saat ini menjadi Ketua Organisasi Tim Peduli AIDS di Atma Jaya pun menjelaskan bahwa, anak-anak muda jaman sekarang sangat sulit untuk diajak sharing mengenai informasi tentang HIV, karena mereka menganggap tidak pernah berada dalam lingkungan orang-orang yang terkena AIDS atau lingkungan pencetusnya.


Sesi Talkshow (dok.pri)

Oleh karena dari kumpulan data-data diatas, maka UNAIDS sangat perlu dan berkewajiban untuk menyediakan layanan ini, agar para anak-anak muda bisa dengan mudah mengaksesnya tanpa perlu takut dan malu bertanya, serta yang pasti tanpa ada biaya apapun.

Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, karena melalui Chat-Bot ini akan membuat mereka nyaman dan tentunya media chat seperti ini kan sangat digemari oleh anak-anak muda millennial. Kenapa harus melalui LINE?
Karena Line memiliki 90 juta pengguna dan 80%nya adalah remaja milenial. Jadi karena alasan inilah UNAIDS memilih LINE untuk akses interaksinya.

Akan tetapi pada saat kita menggunakan fitur konsultasi, Tanya Marlo akan memberi 2 pilihan, mau bertanya menggunakan Line atau Whastapp. Jadi pilihan cara interaksi melalui Tanya Marlo, akan disesuaikan dengan kenyamanan para pengguna. Tidak perlu malu lagi dan takut lagi untuk bertanya yah, kita manfaatkan Applikasi Line Tanya Marlo dengan baik dan mudah. Sooo….semoga informasi ini berguna buat kalian semua yah. 



0 komentar:

Posting Komentar