Minggu, 02 September 2018

Mencoba Kamera Samsung J Series, Untuk Mengabadikan Moment Asian Games 2018

Siapa sih yang tidak senang kalau berkesempatan bisa nonton langsung pertandingan olahraga di moment Asian Games 2018 ini. Semua orang pasti akan antusias jika dikasih kesempatan untuk bisa menyaksikan langsung menonton di Stadion Gelora Bung Karno, betul enggak?


Tugu Obor Asian Games 2018 

Ada beberapa kepuasan tersendiri jika bisa langsung menyaksikan moment itu. Pertama bisa melihat lebih dekat para atletnya, kedua bisa ikut merasakan euphoria para penonton yang bersorak-sorai dan ketiga tentu bisa memanfaatkan moment tersebut dengan berfoto-foto.


Manfaatkan moment berfoto di depan tugu obor Asian Games 2018 

Alhamdulillah aku salah seorang yang beruntung mendapat kesempatan dari VIVA.co.id, untuk menonton langsung pertandingan Cabang Olahraga Atletik Lari pada hari Selasa, tanggal 28 September 2018. Wow ini kesempatan yang enggak boleh ditolak dong yah.

VIVA.co.id merupakan portal berita online, yang memberikan berita-berita dan informasi terkini dan terpercaya, seputar kejadian atau berita yang sedang digandrungi masyarakat Indonesia, termasuk berita ter update seputar Asian Games 2018.

Warga Indonesia dan warga Asia lainnya, memang sangat antusias untuk bisa menyaksikan secara langsung nonton berbagai macam pertandingan di Asian Games 2018. Ini terbukti saat aku berada disana, ga disangka yah tiket pada hari itu pun dan hari-hari sebelumnya selalu Sold Out. 

Antusiasme mereka bukan saja ingin merasakan sensasi euphorianya, mereka juga tentu ingin mengabadikan moment yang sangat langka ini dengan kamera-kamera canggih, seperti DSLR dan Mirrorless.

Akan tetapi di jaman milenial ini, hasil jepretan kamera smartphone juga tidak kalah bagusnya dengan kamera yang sering dipakai fotografer. Asalkan kita tahu cara pengaturan atau settingan kameranya, maka hasilnya juga akan menyerupai kamera DSLR.

Seperti fitur yang tersedia dalam kamera smarphone Galaksi J6 yang aku pakai pada saat menonton pertandingan Asian Games kemarin, dimana salah satu fiturnya ada efek bokeh yang aku sukai.

Fitur lainnya dalam kamera Samsung J6 adalah memiliki kamera belakang 13 megapixel, adanya autofocus dengan aperture f/1.9 dan untuk suasana gelap atau malam hari, tersedia LED Flash yang bisa menampilkan hasil foto dengan kecerahan yang kita inginkan.

Event yang diselenggarakan oleh VIVA.co.id dengan dukungan Samsung Indonesia ini, bertujuan mengajak para blogger untuk mengabadikan moment dari pertandingan Asian Games di GBK, yang pada hari itu jadwal untuk pertandingan cabang olah raga atletik lari.

Namun sebelumnya, kita diberi pengarahan dulu dengan mengikuti workshop fotografi yang dipandu oleh mas Syahrino Putama, atau yang kerap disapa Rino, mengenai teknik memotret ala kamera DSLR dengan hanya menggunakan kamera Smartphone, sesuai dengan temanya yaitu Mobile Photography Like A Pro With Smartphone.

Tips dan trik yang diajarkan mas reno, dalam pengambilan foto melalui kamera smartphone, ada beberapa hal yang perlu kita lakukan, yaitu :

  1. Posisikan kamera secara simetris, jadi usahakan posisi objek foto lebih presisi atau tidak miring
  2. Sebisa mungkin jangan menggunakan practical zoom, usahakan kita berada dekat dengan objek
  3. Apabila kita mau menangkap objek ruangan luas atau pemandangan, lakukan dengan posisi kamera landscape
  4. Membuat shootlist terlebih dahulu, bagian apa saja yang akan kita foto dalam suatu event atau acara
  5. Kemudian agar hasil tidak blur atau goyang, pada saat pengambilan foto kita harus bisa mengatur nafas, usahakan jangan sambil bernafas pada saat jepretan.

Sedangkan untuk settingan kamera smartphone juga ada beberapa yang harus kita ubah, yaitu :

Pengaturan ISO
Pengaturan ISO ini, bertujuan untuk mengatur tingkat kecerahan pada objek foto yang akan kita ambil. Tapi harus disesuaikan dengan kemampuan ISO dari kamera smarphone tersebut, karena jika terlalu tinggi maka foto yang dihasilkan akan pecah, begitupun juga jika terlalu rendah maka foto yang dihasilkan akan gelap atau kurang pencahayaan.

Pengaturan HDR
Untuk settingan HDR bertujuan untuk menangkap gambar dengan warna lebih jernih dan kontras

Pengaturan Shutter Speed
Ubah settingan Shutter Speed lebih tinggi dengan ISO rendah, hal ini untuk menangkap objek bergerak, seperti contoh mengambil objek atlet yang sedang bertanding 

Proses Editing
Untuk proses editing, bisa kita lakukan menggunakan aplikasi pics art, snapseed, kamera 360 dan lain-lain. 

Dengan pengaturan-pengaturan diatas, maka proses pengambilan gambar dengan baantuan pengeditan bisa menghasilkan foto sesuai dengan yang kita harapkan. Setelah selesai workshop kemudian kita langsung menuju Stadion Gelora Bung Karno.

Seperti yang sudah ku duga, sepanjang jalan menuju stdion, sudah banyak sekali orang-orang yang sedang berfoto di depan tugu Api Obor Asian Games. Moment seperti ini yang harus kita manfaatkan, karena entah berapa tahun lagi Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games.

Dibawah ini foto-foto hasil jepretan kamera Samsung J6 yang aku pakai untuk mengabadikan moment keseruan diluar maupun di dalam stadion Gelora Bung Karno.


Selfie di dalam Stadion Gelora Bung Karno


Foto Atlet dari India


Euphoria penonton di cabang olahraga Atletik

Landscape indoor stadion Gelora Bung Karno


0 komentar:

Posting Komentar