Senin, 30 Juli 2018

Cara Mudah Belajar Montessori Di Rumah Bersama Montessori Haus Asia

Hai mommy…sudah pernahkah mommy memberi pendidikan Montessori di rumah kepada anak-anak? Mommy tentu sudah tahu kan apa itu Montessori dan apakah pendidikan Montessori bisa dilakukan di rumah?

Hhhmm…tentu saja bisa dong ya mom. Karena saat ini belajar tentang Montessori bukan hal yang baru, dan tentunya sangat dianjurkan untuk anak-anak dari sejak dini.


montessori haus asia
Belajar Montessori di Rumah sejak dini (dok. IG MHA) 

Tapi sejujurnya, istilah Montessori ini memang baru aku dengar beberapa waktu yang lalu, saat menghadiri event yang diselenggarakan oleh Montessori Haus Asia (MHA) bersama para mom blogger kece dari Mom Blogger Community (MBC).


montessori haus asia
Miss Rosalynn dari montessori haus asia Indonesia menjelaskan tentang montessori di rumah kepada para mom blogger (dok.MBC)

Pada awalnya aku pun belum begitu paham mengenai metode Montessori ini, dan setelah mendengar penjelasan dari Mr. Allan Ang, sebagai pendiri Montessori Haus Asia di Singapure. Dan di Indonesia, Mr. Allan bekerja sama dengan Miss Rosalynn untuk mendirikan PT. Montessori Haus Asia Indonesia yang bertempat di Jakarta.


montessori haus asia
Mr. Allan Ang & Miss Rosalynn menjelaskan tentang montessori di rumah (dok.pri) 

Montessori Haus Asia di Indonesia atau Jakarta Montessori pertama kali berdiri pada tahun 2017, yaitu suatu lembaga pendidikan yang bergerak di bidang pelatihan Montessori untuk guru dan orang tua.

Tersedia paket pelatihan lengkap untuk program pelatihan orang tua, guru, sekolah atau pengusaha, karena metode Montessori ini bisa dilakukan oleh siapun yang berminat (Montessori For Everyone).

Namun agar mommy lebih paham lagi, kita cari tahu dulu  yuk, apa itu Montessori menurut sumber yang aku baca dari Wikipedia....

Montessori merupakan metode pendidikan untuk melatih  perkembangan stimulasi otak anak, dalam melakukan aktivitas kreatif, dengan menggunakan media atau objek yang lebih real atau nyata.

Metode ini lebih utama diterapkan pada anak-anak usia Pra Sekolah dan Sekolah Dasar. Akan tetapi ada juga yang menerapkan metode ini sampai ke jenjang pendidikan menengah.

Kalo menurut pengertian yang aku pahami sih, Metode Montessori itu merupakan pelajaran edukasi, untuk mengasah motorik halus otak anak, dengan memberikan kegiatan atau aktifitas yang kreatif.

Siapakah yang menciptakan Metode Montessori ini?

Beliau adalah Dr. Maria Montessori berasal dari Italy. Beliau mulai mengembangkan metode Montessori ini berawal dari pengalamannya dalam melakukan penelitian ilmiah terhadap perkembangan intelektual anak, yang pada awalnya diterapkan untuk anak-anak berkebutuhan khusus, dengan dibantu oleh 2 orang dokter dari Perancis.

Melalui penelitian tersebut, Dr. Maria dengan kedua rekan satu profesi tersebut berhasil menerapkan metode ini untuk anak-anak berketerbelakangan mental dan fisik, yang pada akhirnya bisa juga diterapkan untuk melatih stimulasi anak-anak normal lainnya.

Metode seperti apa yang diterapkan dalam pendidikan Montessori ini?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, Mr. Allan dan Miss Rosalynn akan membahas secara detail. Namun sebelumnya, Mr. Allan menjelaskan tujuan utama mendirikan Montessori Haus Asia, adalah untuk memfasilitasi para orang tua, guru, sekolah atau para institusi yang ingin memberikan pendidikan lebih real kepada anak-anaknya dengan cara mengenalkan anak-anak pada objek nyata dan bersentuhan langsung dengan objek tersebut.

Mengenalkan anak-anak pada alam juga merupakan salah satu metode Montessori di rumah (nurture the nature)yang bisa dilakukan bersama orangtuanya. Hal ini lebih efektif untuk daya tangkap anak, biasanya anak-anak akan lebih cepat memahami bila bersentuhan langsung dengan objek yang dipelajarinya. 

Mr. Allan juga menjelaskan bahwa, Montessori Haus Asia mengawali pembelajaran ini dengan membuat sistem pendidikan sederhana namun berkualitas untuk anak-anak dengan materi yang disebut Montessori Made Simple.

Materi yang dipelajari dalam Montessori Haus Asia  meliputi :


  1. Practical life (praktek kehidupan sehari-hari)
  2. Laguange (kemampuan dalam bahasa)
  3. Sensoric (kecerdasan dalam indera peraba) 
  4. Math (kemampuan dalam berhitung/Matematika) 
  5. Culture (kemampuan mengenal kebudayaan) 

Dari ke 5 materi tersebut, Miss Rosalynn mempraktekan cara berhitung atau belajar Matematika untuk mencontohkan metode Montessori Made Simple, dengan menggunakan media balok, angka dan stick bergerigi.


montessori haus asia
Miss Rosalynn menjelaskan Metode Montessori Made Simple (dok.pri)

Melalui metode Montessori Made Simple ini, anak-anak bisa melakukan perhitungan angka sampai ribuan loh mom. Prakteknya sangat simple dan mudah ternyata, hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.


montessori haus asia
Praktek montessori berhitung dibantu oleh 3 orang mom blogger (dok.pri)

Jadi dengan objek yang nyata atau konkrit, anak-anak bisa dengan mudah menyerap ilmu berhitung secara cepat dan tepat. Selain cara berhitung, disana juga ada alat untuk membaca peta dunia pada objek Bola Dunia. 

Waaww....pokoknya semua peralatan untuk prakteknya dibuat secara nyata dan dapat mudah di mengerti oleh para orang tua untuk belajar Montessori di Rumah atau belajar Montessori bersama anak.

Metode Montessori Made Simple ini bisa dilakukan anak-anak mulai usia 2 tahun (pra sekolah), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dan sebenarnya Metode Montessori ini juga sudah dipakai di sekolah-sekolah umum atau pendidikan formal.

Sebagai contoh, di mata pelajaran Seni Dan Budaya Keterampilan, anakku pernah mempelajari salah satu metode Montessori ini sepertinya. Saat dia dikelas 3 SD, pernah diberi tugas untuk membawa biji kacang hijau, kapas dan gelas plastik.

Kebetulan pulang dari acara Montessori Haus Asia kemarin, semua mom blogger diberi kotak besar yang isinya adalah permainan atau games edukatif untuk anak pra sekolah dan ada praktek edukatif untuk anak sekolah SD dari Game Montessori.


montessori haus asia
Game dan praktek edukasi montessori di rumah dari @gamemontessori (dok.pri)

Didalamnya terdapat satu plastik butiran kacang hijau, Kapas dan kartu bergambar untuk menjelaskan pertumbuhan biji kacang hijau. Nah...kebetulan sekali kan, dulu anakku sudah pernah melakukan praktek ini, jadi dia masih ingat caranya. 

Sedangkan untuk anak usia pra sekolah, tersedia kartu dengan angka dan gambar serta penjepit, untuk menandakan gambar serta angka yang dipilih buah hati kita. Untuk permainan ini, mom bisa dengan langsung mempraktekan dengan anaknya yang berusia 2 atau 3 tahunan.

Baiklah, karena anakku sudah berusia 9 tahun, maka aku coba untuk belajar Montessori bersama anak ku, dengan mempraktekan cara menanam biji kacang hijau saja. Dan anakku pun sangat senang serta semangat untuk melakukannnya.


montessori haus asia
Praktek montessori di rumah (dok.pri)

Ada beberapa tahapan cara penanaman biji kacang hijau, media yang diperlukan yaitu : Botol atau gelas plastik, kapas, biji kacang hijau dan air. Tahapannya mulai dari :

  1. Memotong botol plastik di tengah jika menggunakan botol Lalu masukan kapas dan tuang dengan air secukupnya Kemudian tabur biji kacang hijau beberapa saja
  2. Tunggu sampai biji mengeluarkan akar, lalu mulai muncul tumbuhan muda hingga dewasa
  3. Ikuti prosesnya dari awal, ajak si kecil untuk mengukur pertumbuhan batangnya dari yang pendek sampai setinggi sayuran toge pada umumnya.

Dari keterangan diatas, satu hal yang perlu kita ketahui adalah, kenapa harus memakai media kapas dan bukan tanah ya mom ?

Hal ini ditujukan untuk mempercepat pertumbuhannya, karena kapas mempunyai serat-serat tumbuhan (selulosa), dan kapas juga dapat menjaga kelembapan lebih lama dari pada tanah, sehingga dapat mempercepat pertumbuhannya dibandingkan dengan tanah.

Selain itu kapas mempunyai permukaan yang halus dan lembut, jadi cocok untuk pertumbuhan akar kacang hijau yang muda dan sangat mudah patah, sehingga akar yang muda tersebut dapat tumbuh dengan kuat dan bagus pada waktu yang sudah ditentukan.

Jadi karena ini adalah praktek edukasi untuk anak-anak, maka lebih cocok menggunakan media kapas dari pada tanah. Selain untuk mempercepat pertumbuhan, juga untuk menambah pengetahuan untuk kita dan anak-anak, bahwa selain media tanah ada media lainnya yang bisa digunakan untuk bercocok tanam.

Hal tersebut diluar dugaan kita juga bukan, dan aku pun baru mengetahuinya. Akan tetapi penanaman dengan menggunakan media kapas tentu ada kekurangannya juga mom, karena Kapas tidak mengandung unsur hara yang dapat mempertahankan pertumbuhannya. Jadi sebaiknya setelah mulai tumbuh, mommy baru bisa memindahkan ke media tanah, agar pertumbuhannya dapat bertahan cukup lama.


montessori haus asia
Hasil uji coba montessori di rumah, untuk pertumbuhan biji kacang hijau (dok.pri)

Dari gambar diatas mommy bisa lihat kan, begitu cepat pertumbuhannya. Dan betapa gembiranya anak ku ketika melihat hasil uji cobanya.  

Nah seru kan mom? Yaahh..kurang lebih, seperti itu lah cara kita membuat hati anak-anak kita senang akan keberhasilannya. Dan mommy pun bisa ikut merasakan kebahagiaannya bukan, hanya dengan permainan sederhana loh mom.

Sebenarnya banyak alat-alat atau objek-objek yang bisa dipakai untuk mencoba metode Montessori ini. Jika mommy ingin mengetahui lebih lengkap lagi mengenai metode lainnya dalam Montessori Haus Asia Indonesia, mom bisa buka websitenya di www.montessori-haus-asia.com atau di Instagramnya @montessorihausasia. Atau mom juga bisa langsung datang ke Tower Multivision Lantai 25 Jl. Kuningan Mulia Lot. 9B, Jakarta Selatan.

Yeaaayyy....bawa pulang oleh-oleh....

Oh iya mom, aku juga mau cerita lagi nih, selain membawa pulang oleh-oleh sekotak permainan edukatif itu, aku juga bawa dan sempat mencicipi makanan yang disediakan di event tersebut.

AYAM GEPUK MPO ONENG

Pertama kali datang, aku langsung menikmati makan siangku dengan Ayam Gepuk Mpo Oneng. Waaaww...kebetulan banget kan dari pagi belum makan, hehehe.


Makan siang Ayam Gepuk mpo oneng (dok.pri)

Rasa ayam dan sambelnya itu loh yang masih aku inget sampai sekarang, serius sambelnya enak banget loh mom, dan tentu ada tempe tahu dan lalapannya juga. Kan kalau makan ayam sudah pasti harus ada, "teman-teman" lainnya.

Kalau mom penasaran, boleh loh di tengok akun Instagramnya di @ayamgepukmpooneng, atau kalu mau pemesanan langsung bisa melalui nomor whatssup di : 081280231986 atau bisa di order via G0-Food.

Selain menu ayam gepuk, ternyata banyak juga menu lainnya mom, ada menu rice bowl, kebab, sosis bakar dan lain-lain. Wah....parlu dicoba satu-satu dong ya, betul ga mom. Hehe....

SNACK BABAH GEMOEK & MAKKEIK

Nah untuk snacknya, aku juga bawa pulang kue Pepe Pelangi dan Mocca dari @babahgemoek juga sempat mencicipi macaroni schottle keju dari @makkeik disana.


Snack dari @toru.id, @babahgemoek dan @makkeik (dok.pri)

Hhhmmm….walaupun perut kenyang, mulutnya pengennya ngunyaaahhhh terus. Duuhhh berasa berdosa sama lemak diperut. Huhuhu…

OATMILK TORU

Dan rasa yang tak terlupakan lagi adalah minuman oatmilk rasa asli dan ada 5 pilihan rasa dari @toru.id. Tersedia rasa Original, Honey Chia, Matcha Moringa, Arabica Blend dan Black Charcoal.


5 pilihan rasa minuman oatmilk dari @toru.id (dok.MBC)

Toru rasa original yang kemarin aku coba, legit dan gurih rasanya (tidak terasa manis gula). Dan yang bikin penasaran adalah rasa Black Charcoalnya yaitu Arang hitam aktif yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Lalu selain makanan dan minuman diatas, ada satu lagi makanan yang aku bawa pulang dan aku awet-awet cemilinnya, abisnya enak sih dan yang pasti menyehatkan dong.

GRANOLA HEALTY FOOD PARTNER

Makanan ini sengaja aku khususkan untuk cemilan dikala iseng di rumah juga sebagai oleh-oleh untuk orang rumah, yaitu Granola dari Healty Food Partner.


Cemilan sehat Granola dari @healty.food.partner (dok.pri)

Granola merupakan makanan untuk diet ya mom, dalam 1 bungkus itu isinya bermacam-macam, ada Oat, buah-buahan kering (mix berry), kacang-kacangan (biji bunga matahari, almond) dan lain-lain. 

Granola mengandung serat yang tinggi, dan bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit, dapat mengontrol kadar gula darah serta dapat menurunkan kolesterol. 

Untuk cara penyajiannya, mom bisa campurkan dengan  membuat smoothies seperti contoh dibawah ini. Foto dibawah ini aku ambil dari Intragramnya @healthy.food.partner


Smoothies campur Granola

Atau bisa juga dijadikan topping untuk kue brownies, cookies dan lain-lain. Kalau aku sih lebih enak buat cemilan saja, langsung dimakan dan cukup kenyang tahan lama.

INTERLACK PROBIOTIC

Trus ada satu oleh-oleh lagi yang aku bawa, tapi oleh-oleh ini bukan makanan nih mom. Tapi berupa obat atau suplemen makanan yaitu Interlac Probiotic, yang berfungsi untuk memelihara kesehatan sistem pencernaan bayi premature, anak dan dewasa.


Interlack Probiotic (dok. @interlackprobiotic) 

Dan juga berfungsi untuk mencegah dan mengurangi Diare. Interlac mengandung Bakteri Lactobacillus Reuteri Protectis yang bermanfaat untuk mencegah infeksi dan diare, mengandung minyak bunga matahari (sunflower oil), medium chain trigylceried oil dan anti caking agent (silicon dioxide).

Semua kandungannya itu telah teruji klinis dan efektif serta aman untuk dikonsumsi bayi dan anak-anak.

Interlack Probiotic tersedia dalam bentuk :


  1. Oral Drop dengan dosis pemakaian 5 tetes sehari, kocok terlebih dahulu sebelum di minum.
  2. Tablet Kunyah dengan dosis 1x sehari 1 tablet. Dalam satu tablet ini, sudah mengandung 100 juta lactobasillus reuteri protectis hidup.
  3. Serta tersedia juga dalam bentuk Serbuk. 

Kemasan Interlack Probiotic

Pemakaian Interlack ini tidak boleh melebihi dosis yang sudah ditentukan, kecuali dengan anjuran dokter. Untuk lebih detail lagi, mommy bisa langsung cek di websitenya Interlack yaitu di http://www.interlac-probiotics.com. Atau di Instagramnya @interlackprobiotics

Membahas tentang Diare, aku pasti selalu teringat sama Almarhum anakku yang ke dua. Jangan sampe pengalaman Almarhum anak ku dialami buah hati anak-anak mommy ya. Pokoknya jika anak terkena Diare, tolong jangan dianggap remeh ya mom. Segera obati atau periksakan langsung ke Dokter.

Baiklah semoga pengalaman saya tentang belajar Metode Montessori di rumah ini bisa diminati oleh para orang tua, guru, pihak sekolah dan lain-lain. Karena pendidikan ini sangat berharga untuk anak-anak kita, dan sangat bisa kita lakukan dimana pun.


67 komentar:

  1. Mba,postingannya detil banget, saya jadi tahu Montessori nih (maklum belum berkeluarga hehe) makasih ya!

    Saya ngiler sama snacks-nya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener nih. detail banget infonya. makasih ya mba sudah berbagi

      Hapus
    2. Terimakasoh mba Annafi sudah menyimak tulisannya, semoga tercerahkan ya. Iya snacknya enak2 mba.

      Hapus
    3. Makasih mba silvia, AlhamAlhamdul saya senang dengan metode montessori ini, jadi sayang kan kalo tdk ditulis lengkap untuk share kepada para pembaca blog ku.

      Hapus
  2. memberikan pendidikan lebih real kepada anak-anaknya dengan cara mengenalkan anak-anak pada objek nyata dan bersentuhan langsung dengan objek tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes betul sekali mba windhu, seperti itu lah metode montessori

      Hapus
  3. baca ini saya nambah ilmu mbak, langsung saya praktekkan pada anak saya. emang iya..belajar secara langsung itu lebih seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba sangat seru, selain anak2 tambah pintar, kita sebagai orang tua juga semakin tambah ilmunya ya.

      Hapus
  4. Oh ternyata belajar metode montessori itu kayak gitu tho. Untuk menstimulasi otak anak supaya lebih kreatif. Jujur, aku juga baru denger mbak mengenai metode ini. Kayaknya di Indonesia juga belum terlalu booming ya mba. Thanks atas share infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya metode ini sudah ada dari sejak jaman nenek moyang kita mba, hanya saat jamannya kita sayangnya metode ini tidak diterapkan lagi. Dan baru sekaranglah jamannya anak2 kita mulai dipelajari lagi.

      Hapus
  5. Pernah baca2 sebelumnya tentang metode belajar ini. Memang ini terlihat sangat menarik,fun dan penyampaian pengetahuan yg didapat akan asik diterima anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali, karena anak-anak biasanya lebih menyukai objek nyata untuk memahami cara belajarnya.

      Hapus
  6. Waaa montessori makin ngetrend. Aku tertarik.nih buat ngajarin anakku metode Montessori mumpung masih usia 2 taun. Konon makin dini makin bagus untuk stimulasi anak. Makasi ya kak infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba makin ngetren di jaman sekarang memang, dan memang harus diterapkan baik disekolah atau di rumah, agar anak semakin kreatif

      Hapus
  7. Makanannya enak-enak eh ��. Saya juga pernah lihat anak tk dilatih memiliki ketrampilan dasar dalam kehidupan, ternyata latihan harus dilakukan berulang ulang kuncinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess enak2 banget emang makanannya.
      Iya sekarang sekolah2 tk dan sd sudah banyak yv menerapkan metode montessori ini.

      Hapus
  8. Cadass.. Di tengah sistem pendidikan yg lebih mengetengahkan eksakta , pola edukasi ini muncul dengan sepaket materi yg memantik kreatifitas anak didik.. Inovatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat inovatif dan mendidik banget. Dan anak2 bisa merasakan kesenangan dalam proses belajarnya mas, tidak penuh tekanan yg pasti, pun begitu juga dengan cara berhitung matematika dengan memakai metode montessori ini. Anak lebih have fun melakukannya.

      Hapus
  9. Menarik banget mba ini metodenya, harus belajar juga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.... Ayo semangat mba buat belajar metode montessori.

      Hapus
  10. Penasaran sama granola,,katanya sih enak gitu dan sehat , makan dikit udah kenyang,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, sangat cocok buat yang sedang diet.

      Hapus
  11. Anak-anak perlu diarahkan dalam metode bermain dan belajarnya secara terarah dan menyenangkan. Sehingga, anak-anak tidak merasa terbebani dengan segala tekanan orangtua harus begini begitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang betul, dengan memakai metode montessori ini anak2 akan lebih fun melakukannya mba.

      Hapus
  12. Baca-baca tentang Metode Montessori ini menarik sekali. Tapi aku masih gak ngerti banget. Kudu langsung praktek kayaknya ya biar ngerti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah memang betul mba, harus praktek dulu, biar lebih paham.

      Hapus
  13. Belajar mendidik anak tidak harus ada alat
    Dengan menggunakan apa yang ada di rumah, di lingkungan dan alam itu sudah lebih dari cukup. Yg penting bagaimana orang dewasa mengantarkannya.
    Metode ini sudah saya praktekkan dan anak saya, Fahmi alhamdulillah bisa masuk SD tanpa harus ke TK dulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahhh anaknya pintar sekali anaknya mba, iya memang bisa menggunakan media alam atau yg ada dirumah, tapi untuk lebih baiknya sih memakai alat2 khusus untuk pelajaran lainnya, seperti contohnya cara berhitung, alatnya seperti yg aku contohkan di atas.

      Hapus
  14. Banyak metode belajar yang bisa ditetapkan ke anak-anak yah, salah satunya Montessori. Tinggal penerapannya aja yang disesuaikan dengan kebutuhan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes mba, penerapannya harus disesuaikan dengan usia anaknya.

      Hapus
  15. Kayaknya anak-anak belajr pake metode ini lebih semangat ya mba, soalnya gak monoton gitu. ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lebih semangat dan fun, kita pun sebagai orang tua lebih asik juga sih melakukannya.

      Hapus
  16. Aku makin penasaran ama konsep belajar kayak gini. Bisa ngatasi kebosanan dalam belajar juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba kalo terlalu formal kan si anak jadi bosan dan ada tekanan ya. Kita harus lebih pintar mensiasatinya.

      Hapus
  17. tanpa sadar kita sbnrnya udah menerapkan pendidikan motessori di rumah ya tapi dengan skala kecil, pendidikan mode ini lagi hits ya mom keren mmg hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sebenarnya kalo kita tau, memang kita pernah atau mungkin sering ya mom memakai metode ini, karena istilahnya aja kita baru tahu sekarang.

      Hapus
  18. ternyata yah penanaman kacang hijau itu juga termasuk belajar montessori, aq baru tahu.. seru kalo belajar montessori ini dengan anak yah mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya karena otu salah satu kreativitas anak dengan alam mba. Seru memang, bukan hanya anak, akupun terkesima melihat pertumbuhannya yg sangat cepat itu. Hehehhe

      Hapus
  19. Belajar, bermain dan praktek. Mantab! Sistem belajar yg disukai semua anak ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes sangat disukai anak-anak memang...buat bekal pengalaman ya mas said

      Hapus
  20. Aku baru tau kalau ada pelatihan montessori untuk orang tua. Selama ini ak cuma belajar dari google.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama aku juga mba, malah kirain aku ini tuh sekolah untuk anak-anak. ga taunya malah untuk lorang tau yah....hehehe

      Hapus
  21. Metode ontessori emang fun ya mbak. Andai semua sejkolah, khususnya sekolah untuk anak usia dini menerapkannya atau minimal guru2nya mau belajar pasti anak2 Indonesia pinter2 deh, gampanmg pahamnya.... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo disekolah anak aku sih kayaknya sebagian dari materinya sudah diterapkan mba, tapi ya ga full seperti di montessori haus asia.

      Hapus
  22. Mbak mell , jujur aku baru tau soal metode Montessori kaya gini. Ini kurang lebih belajar sambil bermaim ya mbak? Krn banyak bannget perlengkapannya yg buat belajar . Coba aku buat web nya akh bisa paham lebih detail nya aku .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul endah, jadi anak-anak tuh senang belajarnya, engga monoton dan merasa terpaksa.

      Hapus
  23. Konsep edukasi ini rasanya bikin anak tambah fun. Semoga para orang tua pada tahu dengan Montessori ya Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya kalo ortang tua zaman now sih sudah banyak yang tahu ya mas, pada dasarnya metoda ini juga sudah ada dari jaman nenek moyang kita, tapi baru sekarang-sekarang ini diterapkan lagi

      Hapus
  24. Belajar sambil bermain itu lebih menyenangkan bagi anak, nah tugas orangtua mencari cara agar anak bisa belajar sambil bermain, konsep montesori ini bagus untuk melatih kemampuan sensorik maupun motorik anak agar lebih seimbang ya ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes betul banget mba elly nurul...kemamouan motorik dan sensorik anak memang harus di asah, agar si anak juga ga jadi pemalas dan mencari hobby yang salah, seperti sering main gadget misalnya.

      Hapus
  25. Paham deh..artinya pendidikan yang real..huakan huakan teori..menjelaskan laku praktekkan langsung...

    Sebenarnya sederhana ya...kadang emaknya yang suka malas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat sederhana dan mudah dimengerti sama anak. Iya kitanya harus rajin dan kretif juga sih mba.

      Hapus
  26. Mba, belajar dengan cara montessori cocok ya buat generasi alpha yang terbiasa dengan gadget. btw itu salfok sama oleh-oleh yang dibawa pulang hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha oleh-olehnya banyak ya mba, iya betul banget sih, agar anak engga ketergantungan sama gadget, salah satu caranya ya sibukkan dia dengan kegiatan yang kreatif.

      Hapus
  27. Wah kayaknya menarik juga ya kegiatan-kegiatan di montessori ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes mba sangat menarik dan musti di coba...kalo engga nanti penasaran. hehehe

      Hapus
  28. Wah aq sgt tertarik dgn metode Montessori ini.. Stlh baca ini aq jd pgn bljr lbh bnbn lg ttg metode utk anak2ku. TFS mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo sermangat untuk mencoba mba...

      Hapus
  29. Inspirasi nih buat didik anak supaya bisa melatih perkembangan stimulasi otak para anak.

    Btw, artikelnya keren mba.
    Lengkap banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Almadulillah...makasih banyak. Dan terimakasih juga kalo tulisanku menginspirasi.

      Hapus
  30. Tulisan nya sangat mengispirasi kakak, aku mau coba menanam biji kacang ijo bersama si kecil di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya coba deh, seru loh...si kecil pasti suka.

      Hapus
  31. Eh aku ingin ambil montessori express di sini nih tapi belum sempat. Asik ya belajar montessori, bisa diterapkan dengan mudah ke anak.

    BalasHapus
  32. cara baru belajar yang menyenangkan dengan praktek langsung bersama anak :)

    BalasHapus
  33. metode montessori enggak cuma menyenangkan anak tapi juga orangtuanya :)

    BalasHapus
  34. Belajar dengan metode Montessori memang sangat bagus ya mom, apalagi kalau orang tua selalu ikut mendampingi ya. Anak happy, orang tua pasti lebih happy

    BalasHapus
  35. Sekarang lagi zaman montessori begitu tapi emang lebih ampuh untuk anak supaya lebih paham ya soalnya belajar sekaligus mencoba juga kan ya

    BalasHapus