Rabu, 30 Mei 2018

Cara Alami Mengobati Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Banyak cara dalam melakukan pengobatan terhadap suatu penyakit, ada yang menggunakan anjuran medis, pengobatan alternatif dan pengobatan secara alami. Tentunya dari ketiga cara itu, biasanya yang paling praktis yaitu pengobatan secara alami.

Tapi tentunya kita harus pintar memilih ya, walaupun cara alami juga bisa dianjurkan. Jangan sampai sembarangan mengkonsumsi sesuatu atau obat yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh kita.

Ada beberapa penyakit yang memang harus melakukan pengobatan secara medis dan ada juga beberapa penyakit yang masih bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan herbal atau alami.

Tapi sebelumnya kita harus tahu dulu riwayat kesehatan atau kondisi tubuh kita dengan memeriksakan diri ke dokter dan melakukan medical chek up terlebih dahulu.

Setelah mengetahui secara pasti penyakit yang diderita dan  mengetahui secara keseluruhan kondisi kesehatan anggota tubuh yang lainnya, maka kita boleh mengambil cara pengobatan diluar medis, tapi tetap harus atas anjuran dokter ya.

Jika dokter menyarankan bisa hanya dengan mengkonsumsi tumbuhan berkhasiat untuk mengobati penyakit tersebut, maka In Sha Allah kita bisa berikhtiar dengan jalan mengkonsumsi obat-obatan alami.

Pengobatan secara alami dengan hanya mengkonsumsi tumbuhan berkhasiat memang sudah ada dari sejak jaman Nabi. Tapi seperti yang sudah aku jelaskan diatas, bahwa kita harus mengetahui terlebih dahulu riwayat kesehatan kita, karena dikhawatirkan akan berdampak buruk pada anggota tubuh lainnya yang tidak support pada obat-obatan alami yang kita konsumsi.

Sebagai contoh adalah pengalaman ibuku sendiri, suatu ketika beliau meminum ramuan yang disarankan seorang kerabat, kalau tidak salah dulu beliau meminum godokan air kulit manggis yang berkhasiat untuk mengobati asam uratnya.

Sakit yang diakibatkan asam uratnya memang sembuh, tapi malah berdampak buruk pada asam lambungnya (Maag). Akhirnya ibuku tetap harus berobat ke dokter, untuk mengobati asam lambungnya.

Oleh sebab itu, seringan apapun penyakitnya, akan lebih baik dikonsultasikan ke dokter, demi untuk menjaga kesehatan kita. Atau terkadang aku juga sering menonton acara televisi swasta tentang informasi kesehatan. Tujuannya untuk menambah wawasan seputar masalah-masalah kesehatan, misalnya seperti acara Dr. Oz Indonesia.

Nah kebetulan nih, beberapa hari yang lalu, aku diberi kesempatan oleh Komunitas Blogger Perempuan, untuk menghadiri Blogger Gathering Uricran, dan bisa menyaksikan secara langsung talkshow kesehatan bersama Dr. Boy Abidin (SpOG), atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Dr. Oz.


Dok. Pribadi

Dalam event talkshow tersebut, Dr. Boy Abidin membahas tentang penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK). Hhhmm….sepertinya penyakit ini yang sering di anggap sepele mengenai penyebabnya ya, termasuk aku sendiri sih. 


Dr. Boy Abidin (SpOG) atau dr. Oz (dok.pri)

Menurut penjelasan dr. Boy, salah satu penyebabnya adalah karena suka menahan ingin Buang Air Kecil (BAK). Yess…inilah kebiasaan kami kaum perempuan, selalu merasa bisa menahan BAK, yang ternyata akan berdampak buruk untuk kesehatan saluran kemihnya.

Pernah kan kita merasa seperti anyang-anyangan setelah menyelesaikan Buang Air Kecil. Rasa seperti ingin BAK lagi, padahal kita baru selesai BAK. Nah itu adalah salah satu gejalanya, anyang-anyangan ini disebabkan oleh adanya Bakteri Escherichia Coli atau E-Coli yang pada umumnya hidup didalam usus besar dan sekitar anus.

Baca juga : Gejala Anyang-anyangan Yang Harus Anda Ketahui

Namun pada kasus ISK ini, jika proses pembasuhan saat BAB atau BAK kurang bersih, maka bakteri tersebut akan masuk melalui saluran kencing bagian bawah (Uretha), dan kemudian menempel di dinding saluran kemih atau saluran kencing, sehingga bisa menyebabkan Infeksi pada saluran kemih.

Infeksi Saluran Kemih ini lebih rentan terjadi pada wanita dibandingkan pria, karena jarak saluran BAB (anus) ke uretha pada wanita lebih dekat jaraknya dibandingkan pada pria. Jadi sekitar 50%-60% diderita oleh wanita, akan tetapi penderita ISK ini juga bukan hanya terjadi pada orang dewasa saja loh, pada anak-anak pun bisa terjadi.

Penyebab dari terpaparnya bakteri E-Coli atau anyang-anyang pada saluran kemih, adalah :

  • Sering menahan buang air kecil
  • Proses pembasuhan BAB atau BAK tidak secara benar
  • Menggunakan air atau toilet yang tidak bersih.

Gejala awal yang dirasakan yaitu rasa ingin buang air kecil secara terus menerus atau anyang-anyangan tadi disertai dengan nyeri saat BAK (dysuria), bagian uretha terasa panas (seperti terbakar), lebih sering BAK dimalam hari dan tidak bisa menahan BAK, nyeri perut bagian dalam dan demam ringan.

Jika mengalami gejala-gejala seperti diatas, maka segera lah periksakan diri ke dokter penyakit dalam atau SpOG. Karena jika tidak segera diobati, maka akan berdampak pada gejala yang lebih parah (Uretritis), yaitu seperti :

  • Demam tinggi sampai menggigil
  • Hilang nafsu makan
  • Sering merasa mual dan muntah
  • Sering merasa nyeri pinggang.

Apabila sudah mengalami gejala Uretritis seperti diatas, maka perlu dirujuk untuk berobat ke Rumah Sakit. Karena jika dibiarkan, maka akan menimbulkan komplikasi pada penyakit yang lebih serius yaitu gangguan pada Ginjal atau Infeksi Darah.

Jadi jika merasakan gejala yang masih kategori ringan, maka secepatnya konsultasikan ke dokter, karena pengobatannya juga lebih cepat dan mungkin dokter juga bisa menyarankan pengobatan secara alami.

Seperti contoh, pengobatan secara alami untuk penyakit Infeksi Saluran Kemih yang dianjurkan oleh Dr. Boy Abidin yaitu bisa dengan mengkonsumsi buah Cranberry. Karena buah Cranberry berkhasiat sekali untuk "mengenyahkan" si Bakteri E-Coli penyebab Infeksi Saluran Kemih.


Tanaman buah Cranberry (dok.alibaba.com)

Buah Cranberry merupakan sejenis tanaman berry yang terdapat di dalam tanaman semak atau tanaman yang tumbuh secara liar. Tanaman ini biasanya tumbuh merambat keatas, mempunyai batang yang kecil dan dedaunan yang berwarna hijau, dengan bunga yang berwarna pink.

Akan tetapi buahnya lebih besar dari pada daunnya, yang pertumbuhannya bermula dari buah berwarna putih, lalu kemudian akan berubah menjadi merah jika buahnya sudah masak.

Namun buah Cranberry ini jika dikonsumsi secara langsung,  rasanya akan terasa pahit dan asam, serta agak merepotkan juga ya kalau setiap mau mengkonsumsi, buahnya harus di jus dulu.

Oleh sebab itu, Dr. Boy menyarankan untuk mengkonsumsi Uri-Cran saja. Karena di dalam UriCran sudah terkandung Ekstrak Cranberry (Vaccinium MacroCarpon). Selain itu kandungan lainnya yang terdapat didalam Uricran adalah :

  1. Terdapat kandungan air 80% dan 10% karbohidrat
  2. Adanya kandungan Proantosyanidin (PAC), yaitu sejenis tanin yang terkondensasi. PAC merupakan bahan aktif dalam Cranberry yang menghambat perlengketan bakteri E-Coli di sel epitel saluran kemih.

Untuk memudahkan mengkonsumsi, Uri-Cran tersedia dalam bentuk Kapsul yaitu Prive Uricran dan juga dalam bentuk serbuk (sachet) yaitu Prive Uricran Plus.


Prive Uricran dan Prive Uricran Plus (dok. IG Uricran) 

Didalam 1 box Prive Uricran (kapsul), ada 30 butir kapsul yang bisa dikonsumsi 2x sehari untuk orang dewasa. Sedangkan untuk Prive Uricran Plus (Uricran Sachet) bisa dikonsumsi sebanyak 2x sehari. 1 sachet Prive Uri-Cran Plus dilarutkan dengan air dalam gelas ukuran 150ml dan bisa dikonsumsi kurang lebih selama 10 hari.

Kebetulan aku sudah mencoba Prive Uricran Plus loh, dan rasanya sangat enak dan segar sekali. Jadi bagi yang tidak menyukai minum obat-obatan pahit, pasti akan suka dengan rasa obat atau minuman Prive Uricran Plus ini, dijamin bakal ketagihan deh. Hehehe….


Kesegaran Prive Uricran Plus (dok. IG Uricran) 


Oke, demikian informasi seputar Infeksi Saluran Kemih dan  cara pengobatan alaminya. Namun akan lebih baik mencegah kan dari pada mengobati. 

Oleh sebab itu, demi untuk pencegahan Infeksi Saluran Kemih Berulang, berikut beberapa saran dari dr. Boy :

  1. Hindari Toilet dan air yang kotor serta lakukan pembasuhan secara benar (membasuh dari depan ke belakang)
  2. Minum air putih 2-3 liter/hari
  3. Menjaga kebersihan organ intim
  4. Hindari menahan Buang Air Kecil
  5. Gunakan pakaian dalam berbahan katun

Selain cara diatas, dengan mengkonsumsi Prive Uricran atau Prive Uricran Plus secara teratur, juga bisa mencegah Infeksi Saluran Kemih Berulang. Oke semoga informasi ini berguna untuk para pembaca semua ya….terimakasih.

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi :

Website Uricran : http://uricran.co.id/
Instagram : @uricran.id
Fanpage : Prive Uri Cran


4 komentar:

  1. Pernah kena ISK dan kapok, jangan sampe malas minum lagi dan nahan pipis deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mba, jangan sampe berulang ya ISKnya

      Hapus
  2. Nggak nyaman banget kalo lagi Anyang-anyangan, untung ada Prive Uri-cran ya..jadi nggak repot-repot nyari buah cranberry buat di jus.

    BalasHapus
  3. wah ini andalanku juga mba kalo lagi anyang2an dan kalo lagi bepergian jauh pasti bawa ini..

    BalasHapus