Kamis, 05 April 2018

Matras Serta Ciptakan Kenyamanan Tidur & Kesehatan Tubuh

Hallo….seberapa penting sih kenyamanan tidur untuk kamu ?

Buat aku tidur nyaman itu sangat penting, karena jika kita masih merasakan tidur yang nyaman berarti kita masih diberi sehat jasmani dan rohani. Tentunya semua orang pasti sudah banyak tahu tentang ini kan, atau mungkin pernah mengalaminya.

Aku sendiri merasa tidak nyaman tidur itu, jika ada hal yang dipikirkan atau minum kopi pada malam hari….hehe. Tapi bisa tidur nyaman bukan berarti saat terbangun juga tubuh kita akan merasa enak. Entah kenapa terkadang aku suka merasa sakit kepala, atau sakit punggung.

Apa mungkin ya penyebabnya karena tempat tidurku bukan matras yang berkualitas, eehhmm…entahlah. Tapi pada kenyataannya, tempat tidur juga bisa mempengaruhi kenyamanan tidur kita loh.

Pantesan saat berada di Hotel, tidurku pasti akan lebih nyenyak. Kenapa?
Karena setiap hotel pasti menggunakan matras dengan standart International. Bener enggak? 

Penjelasan tentang hal tersebut, sebenarnya baru aku ketahui saat di undang dalam acara Gathering bertema “The Essential Of Healthy Lifestyle” yang diselenggarakan di Living Soul Batik Plaza Indonesia beberapa minggu yang lalu.

Pembahasan dalam acara ini yaitu untuk mengetahui bagaimana cara kita menciptakan tidur yang nyaman, sehat dan berkualitas. 


Para Narasumber dan Tim Serta  (dok. Pri) 

Salah seorang narasumber yang hadir yaitu Alvin Hartanto sebagai Nutritionist, mengatakan bahwa untuk menciptakan tidur yang nyaman perlu memperhatikan 3 hal yaitu : Good Bed, Healthy Meal dan Body Stretching


Alvin Hartanto seorang Nutritionist 

Seperti pertanyaan aku diatas seberapa penting kenyamanan tidur untuk kita. Bapak Alvin menjelaskan bahwa ada beberapa hal penting yang dapat dihasilkan dari tidur nyenyak atau nyaman, yaitu :

  • Dapat mengistirahatkan Otak dan meningkatkan kreativitas
  • Dapat mengurangi stress
  • Dapat mengistirahatkan fisik seperti Otot, Sendi dan Tulang
  • Dapat Mengistirahatkan Organ dalam tubuh untuk Detox
  • Dapat Meningkatkan hormon pada tubuh
  • Dapat Meremajakan sel-sel tubuh
  • Dan dapat Memberikan efek Self Healing

Self Healing adalah Penyembuhan diri atau mengacu pada proses pemulihan dari Trauma, gangguan psikologis dan lain-lain (sumber Wikipedia). 

Lalu berapa jam kita perlu tidur yang berkualitas ?

Selain manfaat tidur diatas, kita juga harus tau tentang seberapa cukup dalam sehari kita tidur, dan hal ini tentu disesuaikan dengan usia. Karena kebutuhan tidur untuk orang dewasa dan anak-anak jelas berbeda, yaitu :

  • Untuk Bayi baru lahir (0-11 bulan) memerlukan tidur 14-17 jam per hari
  • Untuk Balita (1-2 tahun) memerlukan tidur 11-14 jam per hari
  • Untuk anak pra sekolah (3-5 tahun) memerlukan tidur 10-13 jam per hari
  • Untuk anak usia sekolah (6-13 tahun) memerlukan tidur 9-11 jam per hari
  • Untuk usia remaja (14-17 tahun) memerlukan tidur 8-10 jam per hari
  • Untuk orang dewasa dan orang tua (18-64 tahun) memerlukan tidur 7-9 jam per hari

Namun adakalanya di usia dewasa menjelang tua, maka akan semakin berkurang tidurnya, hal ini disebabkan oleh berkurangnya aktivitas yang dilakukannya.

Tapi tak jarang, orang dewasa muda pun banyak yang kesulitan untuk mengatur jam tidur atau sulit tidur cepat. Penyebabnya bisa bermacam-macam, yaitu : karena kebiasaan begadang, terlalu banyak aktivitas fisik, terlalu sering olah raga pagi atau malam dan bisa juga karena sakit yang dideritanya.

Penyebab yang diakibatkan sakit, tentu ada obat-obatan khusus untuk penanganannya. Tapi kalau karena kebiasaan begadang dan lain-lain, tentu kita tidak boleh sembarangan meminum obat untuk memberikan efek ngantuk dan bisa tidur.

Ada beberapa dampak yang bisa timbul karena kekurangan tidur, yaitu :

  • Akan menaikkan hormon leptin yang bisa menimbulkan efek lapar
  • Dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh
  • Metabolisme akan melambat
  • Badan menjadi tidak fit dan mudah lelah
  • Gampang terkena penyakit
  • Dapat menurunkan produktivitas sex akibat dari menurunnya hormon
  • Berat badan pun akan cepat naik

Wah dari ciri-ciri diatas, sering aku rasakan jika malam harinya kurang tidur. Soalnya aku sering mengerjakan tulisan di blog pada malam hari, tapi besoknya harus bangun pagi untuk menyiapkan keperluan sekolah anakku. Alhasil keesokan harinya aku jadi gampang ngantuk, dan emosiku tak terkontrol.

Pokoknya efek dari kurang tidur itu dampaknya akan langsung terasa oleh badan kita pada keesokan hari. Makanya aku suka menyempatkan tidur siang kalau kebetulan sedang berada di rumah, agar badan kembali segar dan merasa fit kembali.

Untuk menghindari kesulitan tidur, Bapak Alvin juga menjelaskan kita perlu menghindari minum kafein dan olah raga menjelang sore. Lalu mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin atau panas, serta mengurangi cahaya lampu.

Berolah raga tentu tidak dilarang sama sekali loh, malah diharuskan. Akan tetapi harus dalam batas wajar, jadi lakukanlah olah raga 2 atau 3 kali dalam seminggu, atau lakukan olah raga ringan dipagi hari. Pokoknya jangan terlalu sering dan lakukan lah pada jam-jam tertentu saja.

Selain itu, bisa juga dengan mengkonsumsi makanan seperti buah ceri, almond, strawberry, anggur atau ikan. Karena beberapa makanan tersebut dapat meningkatkan hormon melantonin yang bisa membuat efek ngantuk dan ingin tidur.

Nah selain makanan, kenyamanan tidur juga bisa kita peroleh dari matras yang berkualitas. Seperti pengalamanku saat tidur di Hotel, pasti akan lebih nyenyak dan pulas. Ternyata karena tentu saja tempat tidur di Hotel pasti menggunakan matras berkualitas dengan standart internasional. Yaahh...contohnya seperti MATRAS SERTA ini. 

Kenapa harus Serta ?

Bapak Mukti Argo Pambudi sebagai Group Brand Manager PT. Duta Abadi Primantara (DAP), mengatakan “Sleeping for a starting the day, not for end of the day”, jadi sebagian dari kehidupan kita selama satu hari penuh adalah tidur, maka kenyamanan tidur itu harus kita ciptakan sendiri, agar tidur kita berkualitas sepanjang malam. Selain itu, juga bisa menyempurnakan kesehatan tubuh dan tulang kita.


Bapak Mukti Argo (Brand Manager PT. DAP) 

Dalam menentukan posisi tidur, ada 3 posisi yang dianjurkan dan dapat mempengaruhi kesehatan kita, yaitu : Posisi Terlentang, Posisi Miring dan Posisi Tengkurap

Lalu ada 2 kategori tidur yang perlu kita ketahui, yaitu :

Rapid Eye Movement (REM) Sleep

Tidur REM atau tidur bermimpi adalah seseorang tidur dalam posisi normal yang ditandai dengan pergerakan mata cepat atau bergerak ke segala arah, pernapasan lebih cepat, tidak teratur dan seperti gelisah.

Saat tidur seperti itu, aktivitas otak juga meningkat, detak jantung meningkat, dan tekanan darah juga naik. Seringnya, proses mimpi akan bermula pada tahap seperti ini.

Non Rapid Eye Movement (NREM) Sleep

Sedangkan NREM sleep terbagi dalam 3 tahap yaitu :

  1. Tahapan tidur diawali dengan tidur ringan yaitu, dimana tubuh, mental dan pikiran kita dibawa ke alam bawah sadar, setengah sadar, lalu tertidur pulas. Mata tertutup, tapi masih bisa dibangunkan dengan mudah, pergerakan mata juga masih lambat. 
  2. Tahap menjelang tidur pulas, yaitu ditandai dengan detak jantung dan pernapasan yang melambat tapi semakin teratur, suhu tubuh juga menurun. Pada tahap ini, kita akan mulai tidak sadar dengan lingkungan sekitar, walaupun masih bisa mendengar suara tapi kita tidak akan mengenali suara tersebut.
  3. Tahap tidur nyenyak, yaitu pada tahap ini, kita akan mulai tidak responsif terhadap suara-suara dan aktivitas di lingkungan sekitar.  Ditandai dengan tidak adanya pergerakan mata dan aktivitas otot. Pada tahap ini juga merupakan proses antara tidur ringan dan tidur sangat dalam atau nyenyak.

Dengan demikian, untuk menambah kualitas tidur yang benar, maka Brand Serta hadir untuk memberikan kenyamanan saat tidur. 

Proses produksi dari Serta, terbuat dari material terbaik, yang dapat menyesuaikan bentuk tubuh kita serta menjaga suhu permukaan tetap dalam keadaan dingin dan sejuk. Sehingga tidak usah diragukan lagi kalo penjualannya berada dalam peringkat pertama di Amerika. 

iPedic Collection by Serta, dirancang menggunakan teknologi 7–Zone Pocket Spring, yaitu mengikuti lekuk tubuh secara sempurna dan dapat menopang tulang belakang dengan baik, sehingga dapat memberikan kenyamanan dalam tidur kita.


Dok. IG Serta


Serta iPedic juga dirancang menggunakan Adaptive Dynamic Cooling System, merupakan sistem penyejuk matras yang dapat mempercepat proses penguapan air diatas permukaan matras.


Dok. IG Serta

Sehingga saat sistem metabolisme tubuh melambat dan suhu tubuh pun menjadi turun, maka teknologi Adaptive Dynamic Cooling System ini dapat mempercepat proses penguapan suhu tubuh untuk menjaga tubuh kita agar tetap dalam zona nyaman sepanjang malam.

Aku lihat ada beberapa brand Serta lainnya dengan berbagai type dan ukuran, yang ditampilkan dalam Display di Living Soul Batik Plaza Indonesia, yaitu :

Matras Serta Tranquility, yang di lengkapi dengan fitur Fresh Guarantee & Airflow, yaitu teknologi yang membantu sirkulasi udara sehingga membuat kasur lebih sejuk dan nyaman


Tranquility by Serta (dok. Pri) 

Matras Serta Estate, koleksi Perfect Spine yang di desain dengan Luxurious Knit dan Latex Layer serta disupport dengan excellent Foam Encasement


Estate by Serta (dok. IG Serta) 

Matras serta Perfection, dan beberapa type lainnya dengan berbagai ukuran (double & single)


Perfection by Serta (dok. Pri) 

Untuk mengetahui koleksi Serta lainnya, boleh loh lihat foto-foto di Instagram @sertamatressid atau websitenya di  www.serta.co.id

Nah selain matras berkualitas, untuk mencari kenyamanan tidur juga bisa melalui cara Hypnoterapi pada diri sendiri. Metoda ini dipraktekkan lagsung oleh Ibu Diana Elsa seorang Hypnotherapies dan Yoga Expert.

Hypnotherapy adalah terapi yang dilakukan pada subjek dalam kondisi Hipnosis atau saat tidurnya sistem saraf.


Diana Elsa (Hypnotherapies & Yoga Expert) 

Sistem hypnotherapy yang digunakan mba Diana yaitu dengan menggunakan Pendulum. Jadi semua undangan yang hadir diberikan pendulum untuk mempraktekkannya, dan jujur saja aku baru tau cara kerja pendulumnya. 

Pendulum tersebut secara langsung bisa diperintahkan oleh sistem syaraf kita untuk bisa bergerak. Dengan memfokuskan pikiran, maka kita dapat menggerakan pendulum tersebut, dimulai dari pergerakkan perlahan, cepat dan lalu berhenti sesuai dengan yang diperintahkan syaraf kita.


Proses Hypnotherapi untuk diri sendiri (dok. Pri) 

Maka dengan metoda pendulum ini, melalui ucapan mba Diana kita akan dibawa ke dalam alam bawah sadar kita, dan kita harus merasa relax serta membebaskan pikiran kita terlebih dahulu. Hilangkan segala keruwetan yang ada di dalam pikiran kita.

Melalui mba Diana juga kita diajarkan untuk menarik nafas dari mulut dan dikeluarkan secara perlahan dari hidung. Dengan menarik nafas panjang ini, maka kita harus bersyukur karena kita masih diberi oksigen secara gratis, yang bisa kita hirup setiap saat.

Baiklah demikian memperhatikan ketiga penjelasan diatas, kita harus bisa menyaring informasi yang baik untuk diri kita sendiri. Bagaimana cara kita mengatur pola hidup kita sehari-hari dan memberikan afirmasi untuk tubuh kita sendiri, dengan memberikan kenyamanan tidur yang berkualitas setiap hari.


17 komentar:

  1. Keliataaaaannnn ini kasur matras yg empuk dan nyaman.. Enak kali ya punya satu yg kayak gini buat dirumah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhmmm... Bukan enak lagi mba, bisa pengen tidur melulu bawaannya. Hehehe

      Hapus
  2. Yap tidur berkualitas itu membantu bngt aktivitas u.esok harinya Sama penting dng makan dn olah raga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba betul banget, semua berkaitan erat ya

      Hapus
  3. ya ampun kaka, sampe boboan di kasur serta. segitu nyamannya ya? aku jadi pengen punya deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya abis keliatannya nyaman banget, jadi aku pengen coba deh

      Hapus
  4. Kopi emang bisa bikin mata melek. Kalau mpo matiin semua gadget dan tv. Biasanya Mpo bobo jam 8 bangun nya kecepatan jam 2/3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh malah bagus itu mpo, kan nanti kita bisa sholat di awal, malah menyehatkan seperti itu

      Hapus
  5. Tidur yg cukup memang baik utk kesehatan. Tentu ditunjang matras yg empuk yaa

    BalasHapus
  6. Kasur ga usah mahal2 yang penting bersih dan nyaman buat tidur,, itu sih prinsip saya bunsay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi harga menentukan kualitas kan bunsay

      Hapus
  7. Wah ada hypnotherapy segala ya. Lebih baik gini dibandidi ketergantungan dg obat tidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduh typo. Dibanding, bukan dibandidi

      Hapus
    2. Hehe gpp mba typo dikit, aku paham ko. Iya kalo bisa mencoba untuk mencari ngantuk secara alami, kenapa harus yg instant ya, malah membahayakan kesehatan kan.

      Hapus
  8. liat matrasnya jadi mo tidur...kayanya empuk banget bisa bikin pulas

    BalasHapus