Minggu, 17 Desember 2017

Rangkaian Ilmu Bermanfaat Dalam Milad ke 3 Blogger Muslimah Indonesia

Tanggal 10 Desember 2017 adalah hari yang aku tunggu-tunggu. Memangnya ada apa sih ditanggal tersebut, kayaknya antusias banget ya…hehehe. Yups….soalnya hari itu adalah saat digelarnya acara Milad Blogger Muslimah Indonesia yang ke 3. Waaww beruntung sekali ya aku, diberi kesempatan yang kedua kalinya, untuk ikut serta dalam rangkaian acara Miladnya lagi.


Kebetulan tempat di gelarnya acara Milad ini, berada dikawasan dekat rumahku. Tepatnya di kantor Proxsis Consulting yang berada didalam Gedung Permata Kuningan lantai 17 Jl. kuningan Mulia Kav. 9, Kawasan Bisnis Epicentrum HR. Rasuna Said Jakarta Selatan. Rumahku sendiri berada di sekitaran Kampus Perbanas dan Rumah Sakit Mata Aini. Sebagian orang mungkin sudah pada tahu 2 tempat itu, jadi sekitar 15 menitan lah jarak tempuh dari rumahku.

Aditya Aqqila 

Tapi walaupun berdekatan aku baru tau juga loh tentang Proxsis. Menurut penjelasan mas Aditya Aqqila sebagai perwakilan dari Proxsis mengatakan bahwa Proxsis Consulting adalah sebuah organisasi yang bertujuan memberikan manfaat untuk orang lain yang mau mengembangkan pengentahuannya tentang ilmu Manajemen dan Sumber Daya manusia. Dalam hal ini Proxsis bertindak sebagai penyedia jasa Consulting bagi orang-orang atau lembaga Organisasi dan Pemerintahan untuk mengelola usahanya.

Beberapa menit setelah aku sampai dan duduk sebentar, sambil menikmati suasana ruangannya yang Instagramable ini, lalu acara pun dimulai dengan sambutan pertama dari Uni Novia Syahida Rais sebagai founder Blogger Muslimah Indonesia.

Beliau menjelaskan bahwa terbentuknya blogger muslimah ini pada tanggal 1 Desember 2014, tujuan dibentuknya Blogger muslimah adalah untuk memberikan dukungan kepada para blogger agar selalu membuat karya tulis yang berkualitas dan berisi.

Novia Syahidah Rais 

Bentuk dukungan yang diberikan yaitu berupa Program-program online dalam rangka berbagi ilmu seputar kepenulisan dan lain-lain yaitu : Postingan Tematik, One Day One Post, Kajian Muslimah, Kepenulisan Non Fiksi, Kepribadian Muslimah dan Kepenulisan Fiksi

Beberapa Program tersebut ada yang sudah dijalankan dan ada satu program yang baru akan dijalankan, namun programnya masih menjadi Mistery GuessSalah satu dari program diatas, menjadi materi pertama yang akan dibahas diacara ini, yaitu tentang Kepribadian Muslimah.

Materi Kepribadian Muslimah

Materi tentang Kepribadian Muslimah dijelaskan oleh narasumber pertama yaitu mba Ratih Sophie Azizah. Dalam penjelasannya, sifat atau karakter manusia terbagi menjadi 4 macam karakter. Jujur saja di pembahasan ini, membuat pikiran aku menjadi terbuka dan bisa mengetahui sifat kita yang sesungguhnya. 

Ratih Sophie Azizah 

Karakter-karakter tersebut tergabung dalam Tools DISC, yaitu : ( D = Dominance, I = Influence, S = Steadness, C = Compliance ), berikut adalah penjelasannya :

1. Dominance yaitu karakter yang Tegas, sifatnya secara umum selalu cepat dalam memilih keputusan, tingkat egoismenya tinggi namun dapat diandalkan serta berani mengambil resiko dan mempunyai ide atau inisiatif yang cemerlang

2. Influence sifatnya lebih ke pandai berinteraksi atau berkomunikasi, ciri secara umum yaitu antusiasmenya tinggi dan selalu bersemangat, serta percaya dirinya tinggi, selalu optimis, namun lebih impulsif dan emosional

3. Steadiness karakternya lebih lembut dan sabar, lebih tekun dan empati, bisa menjadi pendengar yang baik, memahami orang lain dan bersahabat, Posesif dan Stabil

4. Complience karakternya selalu cermat dan berhati-hati, lebih condong pada aturan dan struktur, analitis, akurat, sistematis dan mempunyai standar kerja yang tinggi.

Dari keempat karakter diatas kita para peserta Milad menjadi lebih mengerti tentang karakter atau sifat masing-masing, melalui tes yang diberikan mba Ratna. Dalam tesnya ada 24 nomor dengan 4 macam ciri yang sering kita hadapi saat berinteraksi dengan orang lain, 4 ciri tersebut ditandai dengan huruf A B C D, namun kita hanya bisa memilih salah satunya  saja. Dan aku membacanya dengan seksama, agar tidak salah memilih.

Setelah selesai lalu kita akan menghitung berapa banyak huruf yang kita pilih berdasarkan sifat dan kebiasaan kita. Akan tetapi hasil yang aku peroleh adalah hasil yang seimbang antara huruf C dan D, yaitu Steadiness dan Complience. Dan setelah aku cermati penjelasannya, ternyata memang betul sih, sebagian besar sama persis sama karakter aku.

Tapi biasanya dalam menilai karakter itu bisa dinilai juga oleh teman atau orang-orang terdekat kita juga sih. Dan apapun karakter yang kita miliki tentu ada baik dan buruknya, tapi yang paling penting adalah kita harus bisa menjaga identitas kita sebagai seorang muslimah, jadi walaupun kita berbeda sifat satu sama lainnya baik dengan teman, sahabat, dan keluarga, tetap kita harus saling memahami dan menghargai karakter dan sifat masing-masing.

Menjadi muslimah yang mempunyai kepribadian baik atau cantik didalam maupun diluar, tentu bukan lah perkara mudah. Hal ini perlu proses yang panjang dan tidak instan. Sebagaimana seorang muslimah kita pun ingin terlihat cantik kan, untuk urusan pilih baju saja terkadang aku masih suka bingung, apalagi untuk menentukan sikap ya…hehehe.

Tapi untuk event Milad Blogger Muslimah ini, Alhamdulillahnya aku sudah mempunyai busana muslimah yang kece. Karena kita semua akan memakai baju seragaman, jadi ga bingung-bingung lagi deh pilih-pilih baju. Seragam busana muslimah yang kita pakai  ini adalah rancangan Ethica dengan Brand @seply.

Peserta Milad Blogger Muslimah Indonesia dengan memakai Busana @seply.id by Ethica 

Aku suka dengan model dan bahan bajunya yang halus dengan corak bunga-bunga kecil, yang dikombinasi dengan warna biru polos. Potongan motifnya juga serasi dan pas, apalagi kalo di sandingkan dengan Accecories dari @Evaldin_Art yang lucu-lucu, menambah daya tarik mata dan isi dompet, hehehe.

Oh Iya setiap peserta Milad ga sama persis corak bajunya ya.  ada yang biru polos dengan kombinasi hitam, dan yang aku pakai itu motif bunga-bunga kecil dikombinasi biru polos. 

Accessories by Evaldin_Art

Setelah selesai mengisi tes kemudian tiba lah saatnya untuk Ishoma atau beristirahat untuk makan siang dan tentunya menjalankan ibadah Sholat Dzuhur. Makan siang yang kita nikmati bersama yaitu masakan dari @ayambahagia, pas banget deh dengan suasana hati yang sedang bahagia menikmati acara ini.

Restoran Ayam Bahagia ternyata cabangnya udah banyak loh, yang paling dekat dengan lokasi acara yaitu di kawasan Kelapa Gading, tepatnya di Jl. Kelapa Kopyor Blok. 01/12A, Rt.17/Rw.02, Kelapa Gading Timur Jakarta Utara. Sedangkan cabang lainnya yaitu di Harapan Indah Bekasi, Grand Depok City, Kota Wisata Cibubur, Pisangan dan Kemayoran.

Menu Resto Ayam bahagia

Lunch Box yang berisi menu ayam bakar cabe ijo dari Ayam Bahagia tersebut, rasa sambelnya persis seperti sambel ijo masakan padang dan itu adalah salah satu sambel favorit aku. Oh iya selain ayam, lauk lainnya ada tempe, bakwan, jagung dan lalapan serta kerupuk.

Sambil makan, lalu aku iseng dong buka-buka instagramnya, dan ternyata menu ayamnya bervariasi loh, aku lihat ada menu Ayam Rendang, Ayam Gulai, Ayam goreng dan lain-lain. Waahhh….boleh juga nih dicoba menu lainnya bareng keluargaku nanti, In Sha Allah.

Meteri SEO Manajemen

Setelah selasai makan siang, kemudian acara dilanjutkan dengan pembahasan materi yang kedua yaitu Materi tentang bagaimana cara untuk meningkatkan SEO Majemen atau meningkatkan Trafik Blog kita, dan akan di jelaskan oleh Narasumber dari Digital Finger yaitu Coach Riandi Rahmat seorang SEO Specialis Digital Finger

Coach Riandi Rahmat

SEO atau Search Engine Optimization adalah suatu website atau blog yang berada dalam daftar pencarian Google. Menurut penjelasan Coach Rian, selain ada istilah SEO ada juga SEM atau Search Engine Marketing, yaitu daftar pencarian Google yang tidak alami, berbayar, iklan dan tidak alami, perbedaannya dengan SEO yaitu hasil pencariannya alami, tidak berbayar, non iklan dan organic.

Sebagai blogger tentunya kita menginginkan Blog kita bertengger di didaftar teratas pencarian Google kan, walaupun itu adalah harapan yang sulit buat aku. Tapi ga ada salahnya kita mengetahui ilmunya, dan dibawah ini adalah beberapa tips yang dijelaskan oleh Coach Rian. Terbagi menjadi beberapa tahapan, yaitu : 

Tahap 1 : Persiapkan website yang akan dioptimasi, baik dengan platform Blogspot, wordpress, kompasiana dan lain-lain

Tahap 2 : Riset kata kunci, maksudnya jangan sampai mengoptimasi kata kunci tapi tidak ada pencarinya Tahap

Tahap 3 : SEO On Page yaitu proses SEO yang dilakukan hanya dibagian internal situs web saja, intinya kita akan mengoptimasi website agar : Bermanfaat bagi pengunjung, Memudahkan pengunjung dalam melakukan ekplorasi, intinya buatlah pengunjung merasa betah membaca, jadi mesin pencari mengerti struktur website anda, dalam hal ini mesin pencari bisa mengetahui apakah pengunjung puas atau tidak dengan halaman yang dikunjungi.

Tahap 4 : SEO Off Page yaitu proses SEO yang dilakukan diluar situs web atau eksternal. Misalnya meletakkan situs web kita di situs web lain atau istilahnya disebut Backlink.

Dibawah ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pengguna website yaitu :
  • Konten dengan kualitas terbaik
  • Keyword yang popular dan tepat sasaran
  • Judul halaman yang mengundang klik
  • URL yang singkat dan deskriptif
  • Meta Description yang deskriptif dan mengundang klik
  • Gambar berkualitas tinggi dan berukuran optimal
  • Referensi berupa link ke website lain
  • Internal link untuk mempermudah navigasi
  • Harus share ke social media 
  • Kecepatan respond dan hambatan kecepatan
Sedangkan jika ingin mendapatkan backlink yang natural dan berkualitas, yaitu :
  • Sediakan konten yang berkualitas sebagai pondasi
  • Minta kepada pemilik website
  • Broken link building
  • Resource link building dan Intip strategi milik competitor.
Demikian beberapa materi penting yang perlu kita ketahui sebagai blogger atau pemilik website, diharapkan kedua materi ini dapat membantu kita dalam mengoptimasi konten blog kita menjadi lebih baik dan berguna untuk semua orang, sejalan dengan kepribadian kita sebagai muslimah untuk bisa menjaga sikap dan attitude yang baik.

Nah berhubung sekarang lagi musim hujan, kita harus siap-siap bawa payung atau Jas Hujan bagi yang berkendara motor. Bagi kita kaum perempuan khususnya yang berbusana muslim syar'i tentunya akan kerepotan ya kalo pilih-pilih Jas Hujan, kebetulan di online Sheba menyediakan perlengkapan Jas Hujan untuk para muslimah.

Sheba adalah Pioner Jas Hujan Muslimah Cantik, produk-produknya limited edition loh, model Jas Hujannya dibuat berbeda dengan produk jas hujan lainnya, jadi modelnya tidak pasaran. Bahannya terbuat dari bahan Taslan yang tidak tembus air dan sudah di sealing, jadi kita akan terlindungi sepenuhnya. Walaupun aktivitas padat, ga khawatir bakal keujanan lagi kan. Yuk kepoin Instagramnya @sheba

Oh iya aku dapet bocoran nih, salah satu member Blogger Muslimah Indonesia ada yang punya toko online, namanya tokonya Supertwin Shop. Ada berbagai macam barang-barang yang dijual ditokonya, saat pertama kali berdiri yaitu pada tanggal 22 September 2014, beberapa barangnya antara lain Produk Jaket, Aneka Hijab, Buku-buku dan Tas, lalu nanti akan sedia jas Hujan juga loh.

Bagi yang pernah melihat Jaket yang dipakai para member Blogger Muslimah, ternyata belinya di toko onlinenya Supertwin Shop, nah dibawah ini contoh Jaketnya.

Jaket Produk Supertwin Shop

"Super In Everything" adalah Jargon untuk kualitas produk Supertwin Shop, yaitu Super In Product, Super In Service dan Super In Price. Tujuannya adalah menghadirkan produk-produk berkualitas buatan dalam negeri, untuk mendukung produsen produk dalam negeri agar lebih berdaya di negeri kita sendiri. Waahhh....sukses terus ya untuk usahanya, boleh loh kepoin juga Instagramnya @supertwinshop

Baiklah semoga ilmu-ilmu dan informasi diatas bisa berguna dan bermanfaat untuk kita semua ya....


36 komentar:

  1. Wah jadi pas ke Proxsis tinggal melipir ya mbak :D
    Ilmu SEO-nya oke, kudu dipraktekin nih biar artikel masuk page one :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba tinggal loncat, hehe. Iya betul harus di praktekin, biar jadi ga mubazir ilmunya ya.

      Hapus
  2. Alhamdulillah bisa bertemu dengan sesama blogger di blogger muslimah. Semoga bisa bertemu lagi di event berikutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan-Nya ya mba.

      Hapus
  3. Dari keempat karakter itu aku campur-campur, tapi lebih ke steadiness sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut mba Ratih, memang di keempatnya pasti ada kemiripan mba, tapi yg paling banyak jumlahnya, itu lah yg menunjukan sifat kita.

      Hapus
  4. Senang rasanya bisa berkumpul dengan teman-teman yang memiliki passion yang sama yaitu menulis blog ya mbak. Selain merayakan milad sekaligus mendapat ilmu bergizi banget tentang SEO :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini ilmunya sangat bergizi dan berisi banget mba, bermanfaat banget untuk kita

      Hapus
  5. Kira-kira aku condong yang mana ya dari DISC itu? Kayaknya butuh di tes dulu nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang harus tes dulu, cuma sayang kertasnya aku lupa naro, kalo ketemu nanti bisa aku kasih yah

      Hapus
  6. wah seru acaranya ya, congrats blogger muslimah.
    awam banget ttg SEO, baru tau ada SEO off juga disini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku juga masih awam banget, hehehe. Alhamdulillah dapet bocoran walau blm bisa praktekin semuanya... Hehhe

      Hapus
  7. Asyik nih ada ilmu SEO di acara Blogger Muslimah. Kapan ya bisa ikutan acaranya Blogger Muslimah? Mupeng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikuti terus aja info2nya mba, siapa tau di milad berikutnya bisa ikutan

      Hapus
  8. Ini yang dapat gamis ya. Asyik nih. Seseruan banyak dapat ilmu ya

    BalasHapus
  9. Semenjak postingan di blogger muslimah mulai pake tematik, ak jd jarang post link tulisan disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... Emang kenapa kaka, aku jg blm mengikuti semua programnya, masih blm pede soalnya. Hehehe

      Hapus
  10. waktu itu pengen datang tapi bentrok dengan yang lain, acaranya keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah sayang ya...tp gpp, next year mungkin bisa ikut ya.

      Hapus
  11. Yeay, lengkap infonya seakan ikut dalam rangkaian acara milad ke 3 blogger muslimah, thanks for sharing ya ka!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... Makasih sudah menyimak cerita saya kak...

      Hapus
  12. Wuah, acaranya sangat bergizi
    Moga2 next bisa sampe Sby yah
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Semoga ya mba. Makasiihh..

      Hapus
  13. Kayanya dari DISC itu aku dominan I deeeh, soalnya aku orangnya pede, kadang over pede. Acaranya super sekali ya mbak. Semoga next time bisa ikutan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Gpp mba over pede, dr pada kek aku, suka ga pedean. Takut malu2in... Hehhe

      Hapus
  14. Asik bgt ini eventnya banyak info wawasan yg berguna, ditambah bahagia dapat ayambahagia hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aahhh betul banget mba, bahagia sekali dan laper sekali pada saat itu, jd bahagianya double.

      Hapus
  15. Makasih postingannya yaa mbaa.. aku mau ikutan event blogger Muslimah. Tapi belum kesampaian..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaah... Bgtu ya mba, semoga di milad berikutnya bisa ikut gabung ya kak.

      Hapus
  16. kalau event blogger muslim gak pake mah ada gak sih? :)

    BalasHapus
  17. Ya ampun aku trmasuk yg influence,, egois.
    Seru ya acaranya, selamat ulang tahun blogger muslimah semoga tambah sukses dan mengispirasi.

    BalasHapus
  18. seru nih acara milad yang berisi banyak ilmu positif yang inspiratif :)

    BalasHapus