Kamis, 19 Oktober 2017

Seminar Mengenal Digital Marketing Dalam Event HUT CNI Indonesia ke 31

Pertama aku ingin ucapkan Happy Birthday untuk CNI Indonesia yang ke 31 tahun, sukses selalu dan semakin berkembang dalam menjalankan bisnisnya….Aamiin. 

Tidak terasa ya usia CNI sudah memasuki 31 tahun, dulu aku tau tentang CNI saat berada dibangku SMA kalo tidak salah, ada seorang teman kakak sepupuku yang menjalankan bisnis CNI, dan pernah ikut seminarnya juga di suatu hotel di Bandung. Waktu itu aku hanya mengantar kakakku saja sih, tapi walaupun usia ku masih muda, ko aku merasa tertarik ya dengan kesuksesan teman kakakku itu. Beliau berbisnis bareng suaminya, wah pikirku asik juga bisa bisnis bareng suami, cita-citaku sih seperti itu, bisa kompak sama suami dalam menjalankan bisnis. Yah mudah-mudahan suatu hari keinginanku bisa tercapai, usaha apapun yang penting selalu kompak dengan suamiku….Aamiin.

Oh iya ngomong-ngomong tentang CNI kebetulan nih hari rabu kemarin tanggal 18 Oktober 2017, aku diundang ke acara yang diselenggarakan di kantor pusat CNI Indonesia. Kantor pusat CNI itu berada di daerah Kebun Jeruk tepatnya di Gedung CNI Creative Center (C3) Jl. Puri Indah Blok 02 No. 1-3 Jakarta. Terimakasih banyak untuk komunitas Indonesian Social Blogpreuneur (ISB) yang memberi kesempatan untuk aku hadir di event CNI Indonesia, yang diselenggarakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 18 – 20 Oktober 2017.

Dalam rangka menyambut ulang tahunnya yang ke 31 ini, CNI mengadakan berbagai macam acara. Ketika sampai digedung CNI, aku dan teman-teman langsung berkeliling di area gedung CNI lantai dasar. Suasananya rame banget udah kayak mall, banyak booth-booth bazar makanan dan minuman, booth pakaian juga ada beberapa, trus booth kosmetik juga ada dan masih banyak lagi. Tentunya juga tersedia showroom untuk produk-produk CNI khususnya, seperti showroom kosmetik, showroom perlengkapan memasak, showroom atau kedai coffie dan supermarket kecil yang semuanya merupakan produk-produk CNI Indonesia.


Event HUT CNI ke 31

Selain bazar-bazar diatas, ada juga rangkaian kegiatan acara lainnya yang diselenggarakan CNI yaitu Cek Kesehatan, Donor Darah, Workshop Food Fotograph dan Seminar & Talkshow Idea Preneur dan lain-lain. Acara yang pertama aku ikuti bersama teman-teman blogger lainnya yaitu Workshop Food Fotograph.

Workshop Food Fotograph

Setelah puas berkeliling dan foto-foto, aku dan teman-teman naik ke lantai 2 untuk mengikuti workshop Food Fotography, disana banyak ibu-ibu yang tak lain adalah member CNI yang sedang diberi arahan untuk belajar food fotograph. Waahhh….jangan kalah dong nih sama ibu-ibu yang usianya mungkin sekitar 50an keatas, mereka sangat antusias untuk belajar food fotograph bersama Mr. Zhow. 


Contoh Food Fotograph (dok. Pribadi) 

Food fotographi disini dimaksudkan untuk melatih para membernya, bahwa dalam menjual produknya terutama produk minuman harus terlihat bagus dan fotogenik. Lalu bisa di posting di social media untuk menarik para pelanggan, dan CNI ingin agar supaya para member bisa memanfaatkan perkembangn teknologi digital yang sedang marak di dunia online. Setelah selesai mengikuti workshop fotograph, lalu kita menikmati makan siang dulu sambil istirahat.

Kemudian pada jam 13.00 kita mengikuti acara selanjutnya yaitu Seminar & Talkshow Idea Preneur. Apa sih Idea Preneur ? 

Menurut penjelasan yang aku kutip dari google, Idea Preneur adalah penyatuan dari 2 kata yaitu Idea dan Enterpreneur, artinya Gagasan dan Usahawan. Kedua istilah ini berkaitan erat dengan para pelaku usaha yang ingin mengubah atau berinovasi dalam usahanya atau bisnisnya. Karena dalam melakukan bisnis di jaman Digital ini, perlu adanya pengembangan inovasi dalam melakukan penjualan. Dibawah ini aku akan menjelaskan beberapa hal materi yang aku dapatkan dari hasil seminar tersebut. 

Note : Dibaca baik-baik ya biar kita sama-sama bisa menambah wawasan….


Materi Seminar & Talkshow “Idea Preneur” 

Dalam sesi talkshow ini, menghadirkan 3 orang pembicara atau narasumber, yang pertama adalah Bapak atau baiknya sih di panggil mas atau kakak aja ya, soalnya orangnya masih muda. Baiklah kalo begitu aku sebut saja mas Ryan Batchin, adalah seorang Praktisi Google yang akan membahas tentang Digital Marketing. Oh iya tema dari talkshow ini adalah “Jadi Entrepreneur Hebat Dengan Memanfaatkan Dunia Digital”.


Ryan Batchin seorang Praktisi Google 

Menurut penjelasan mas Ryan bahwa pada jaman dahulu, strategi marketing para pelaku bisnis itu berupa offline, cara memasarkannya ada yang melalui iklan tayangan di Televisi, ada yang memasang iklan menggunakan Baliho, melalui Katalog dan lain-lain. Namun fakta menunjukan bahwa saat ini, 70% konsumen lebih tertarik melakukan pencarian barang melalui Internet dan 60% nya konsumen akan melihat iklan di televisi lalu kemudian akan tetap melakukan pencarian di Internet.

Hal tersebut memang sudah menjadi kebiasaan orang-orang di jaman sekarang ini kan, termasuk aku sendiri lebih suka melihat atau mencari barang yang mau aku beli melalui internet, menurutku ini sebagai gambaran untuk mengetahui harganya terlebih dahulu. Alasan lainnya karena Internet lebih mudah di akses selama 24 jam dan tentunya bisa dilakukan dimana saja, kapan saja tanpa ada batasan waktu, sampai kuota internet kita habis tentunya…iya kan.

Melalui Media Apa Saja Sih Pencarian Dalam Internet

Pada prosesnya para pelaku bisnis lebih sering mempromosikan barang dagangannya di ranah Social Media, yaitu seperti Facebook dan Instagram. Akses Social media sebenarnya ada banyak, namun Facebook dan Instagram lebih banyak penggunanya. Akan tetapi jika merunut pada Jumlah Populasi pengguna Trend Digital di Indonesia, populasi tertinggi kebanyakan orang membuka youtube dan tentunya orang akan terlebih dulu membuka Search General Browsing, yaitu membuka pencarian melalui Google.

Proses Digital Marketing juga lebih mudah dan bisa menargetkan konsumen sesuai target produk yang dipromosikan, misalnya untuk barang A yang kita jual ini lebih cocok targetnya itu untuk orang tua atau anak muda, disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Selain itu Biaya entertainnya cenderung lebih rendah, tapi dampak pendapatannya lebih tinggi. Maksudnya adalah biaya untuk iklan promosi jauh lebih murah dibandingkan harus promosi melalui iklan televisi atau memasang Baliho.

Selain melalui beberapa hal diatas, konsep Digital Marketing juga bisa diakses melalui Website, Blog dan Fanpage dalam Facebook. Melalui website kontennya bisa lebih detil dan lengkap, produk-produk yang akan dipasarkan bisa masuk dalam website semua dan variannya bisa dipisahkan, kalo dalam Blog tidak terlalu banyak karena kapasitasnya kecil, serta foto-foto yang ditampilkannya juga terbatas, namun di dalam blog kita bisa memperjelas dengan lebih detil mengenai keunggulan produknya.

Akan tetapi masih menurut mas Ryan pengaturan membuat website agak lebih ribet sih, jadi untuk usaha menengah ke bawah lebih baik menggunakan Facebook atau Instagram untuk akses yang lebih mudah. Misalnya untuk memposting produk yang lebih lengkap dan detil kita bisa memanfaatkan Fanpage dalam facebook. Karena kekuatan dalam social media yaitu kita bisa menjalin relasi dan membangun komunikasi dengan customer dan calon customer, begitu pun sama halnya dengan platform social media lainnya.

Tips Berjualan Di Social Media

Untuk tipsnya jika ingin memposting produk di social media, kualitas foto harus bagus, maka itu sebabnya kita perlu belajar food fotograph yang sudah aku contohkan diatas, terutama postingan di instagram kebanyakan orang-orang akan tertarik pada foto-foto yang bagus dan menarik, selain bisa mendatangkan followers, juga orang akan banyak memberikan tanggapan. Nah disinilah orang akan tertarik membeli produk kita.

Selain itu untuk menggunggah postingan promosi di facebook kalo bisa 2 postingan dalam 1 hari, agar teman-teman dalam facebook kita tidak menganggap spamming pada postingan kita serta memberikan story telling untuk menjelasan produknya dan lakukan komunikasi aktif dengan konsumen di facebook tapi jangan terkesan memaksa atau lakukanlah secara soft selling saja. 

Jadi kesimpulannya manfaatkanlah perkembangan teknologi yang akan memberikan kita peluang bisnis yang cukup besar seperti yang di sampaikan oleh pembicara ke 2 yaitu Bapak Ahmad Jazuli, SE yaitu seorang Bussiness Entrepreneur CNI Indonesia, beliau menjelaskan bahwa dalam bisnis CNI peluang untuk sukses cukup besar, karena dahulu beliau adalah hanya seorang pegawai biasa di CNI.


Ahmad Jazuli, SE (Business Entrepreneur CNI) 

Dalam seminar ini juga ada bintang tamunya loh, dia adalah seorang Finalis Indonesian Idol 2014 bernama Windy Ghemary, selain sebagai penyanyi beliau juga salah seorang pelaku bisnis di bidang jasa kuliner dan travel. Selain mba Windy, ada juga beberapa artis lainnya yang saat ini berbisnis di berbagai bidang dan juga memanfaatkan media social untuk mempromosikan bisnisnya, dan yang paling sering mereka mengaksesnya di Instagram dan youtube.


Windy Ghemary (Finalis Indonesian Idol 2014) 

Untuk penjelasan mengenai CNI Indonesia, aku sudah pernah menjelaskan di blog aku sebelumnya, baca DISINI yaaa…..Terimakasih.
Semoga pengetahuan tentang Digital Marketing ini berguna dan bermanfaat untuk para pembaca blog ini.

23 komentar:

  1. Pas ada Windy saya gak bisa hadir karena ke Karawang. Besoknya tapi saya saksiin Dina Lorenza hehehe
    Sama serunya ya? Di empat hari rangkaian acara CNI Expo 2017 ini.

    BalasHapus
  2. Seandainya bisa hadir juga hari keduanya, aku mau banget foto sama Dina lorenza teh, ngiri liat foto teh ani sama Dina lorenza. Hehehe....

    BalasHapus
  3. memang harus in line ya beriklan di Facebook, IG, juga blog. Manfaatkan semua media sosial untuk meraih sukses dalam berbisnis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mba, harus semakin cerdas memanfaatkan kemajuan teknologi dijaman sekarang ini.

      Hapus
  4. CNI kerennn banget klo bikin event... mbok ya bikin d Sby juga tho yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, mungkin khusus untuk hari Ultahnya ini, memang sengajadiadakan di pusatnya di Jakarta, peserta yg hadir pun dari berbagai daerah mba

      Hapus
  5. waaah ini acaranya bagus banget ya. berbobot dan berisi.

    BalasHapus
  6. Wah asyik nih ada pembelajaran food fotografi nya

    BalasHapus
  7. Keren nih CNI rajin bener membelajarkan kita ya. Ilmunya banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bagus banget materi workshopnya, pas banget buat marketing online

      Hapus
  8. dan banyak juga ya skrg udah beralih ke media sosial atau online sebagai sarana utama marketing perusahaan :)

    BalasHapus
  9. Met Ultah CNI yang ke 31 Tahun! CNI ini keren ya, sempat kayak tenggelam dulu, eh bangkit bahkan sangat sukses.. kalau yang lain2 kayaknya pada tiarap ya

    BalasHapus
  10. Budaya belanja sudah berubah, belanja onlen memang lebih praktis cuma ribet kalo mo komplen saat barang tdk sesuai pesanan

    BalasHapus
  11. Yes, bisnis memang usaha yang paling menjanjikan saat ini, apalagi dalam era digital saat ini, pengetahuan tentang digital marketing harus terus diasah, supaya bisnisnya sukses, aamiin

    BalasHapus
  12. Dunia digital udh merambah ke segala bidang, mencari peluang melalui internet udh gampang bgt skrg ini, tinggal kita nya aja ya bisa mengolahnya :)

    BalasHapus
  13. bener banget, aq klo lihat fotonya bagus jadinya aq tertarik untuk membeli.

    BalasHapus
  14. Acaranya keren yaa, sayang aku ga bisa hadir, tp terobati sih dgn baca postingan ini.

    BalasHapus
  15. Ideapreneur. Era digital membuat pemasaran yang semula offline pun harus mengikuti online bila ingin tetap eksis

    BalasHapus
  16. Promosi di media sosial emang lagi digandrungi sih mba, terutama instagram, kayaknya hampir semua olshop punya akun ig untuk promosi ya.
    Semoga semakin maju ya strategi marketingnya.

    BalasHapus
  17. Banyak banget ilmu yang bermanfaat neh

    BalasHapus
  18. Dulu promo CNI masih dari mulut ke mulut dan pertemuan gitu, sekarang sudah bisa memanfaatkan digital buat memasarkan ya.

    BalasHapus