Minggu, 08 Oktober 2017

Perisai Pendukung Untuk Menciptakan Generasi Multitalenta Persembahan Morinaga

Hallo Ayah dan Bunda... Aku mau bertanya nih, ngomong-ngomong si kecilnya udah pada bisa apa...?
So pasti udah pada pintar-pintar dan sehat-sehat dong ya...Aamiin. Untuk kesekian kalinya aku mau berbagi info menarik lagi seputar perkembangan kecerdasan dan kesehatan anak.  Hhhmmm...materi tentang seputar anak-anak ini memang seakan ga ada habisnya ya, banyak bahasan dan info menarik yang  akan aku share di dalam blog aku. Jangan bosen ya...heee.

Anak adalah asset masa depan kita dan masa depan bangsa, oleh sebab itu Pemerintah sangat perduli akan kesehatan dan pendidikan anak-anak. Dari dulu sampai sekarang banyak sekali program kepedulian pemerintah untuk menjadikan anak-anak kita sebagai Generasi Emas Anak Indonesia. Kita sebagai orang tua hanya tinggal melanjutkan amanah yang telah diberikan untuk menjaga dan membimbing anak-anak kita agar kelak bisa menjadi generasi teladan.

Namun halnya bimbingan kita kepada anak-anak tidak harus bersifat memaksa, karena keinginan setiap manusia itu kan berbeda-beda tentunya, begitupun dengan anak-anak kita sendiri. Jadi tugas kita sebagai orang tua adalah mengarahkan kepada sesuatu yang menjadi pilihannya dan atas keinginannya sendiri. 

Dalam keberhasilan mencapai sesuatu hal yang anak-anak kita inginkan, tentunya diperlukan dukungan fasilitas khusus untuk mengembangkan kemampuan dan kecerdasan anak-anak. Oleh sebab itu, selain adanya dukungan dari pemerintah, saat ini telah disediakan tempat khusus untuk membantu perkembangan anak-anak, baik itu dalam tingkat kecerdasannya dan juga kesehatannya.

ASI sebagai nutrisi terbaik bagi pertumbuhan anak-anak, khususnya di 1000 hari pertama kehidupan. Dan untuk kesekian kalinya lagi, aku jelaskan bahwa di 1000 hari pertama kehidupan adalah proses pertumbuhan sel-sel otak dari mulai masa kehamilan, setelah melahirkan 0-6 bulan dan proses lanjutan 6 bulan - 2 tahun. Itulah masa-masa penting pembentukan sel-sel otak anak.

Selain untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya, morinaga mempersembahkan dukungannya untuk para Ayah dan Bunda dalam Event "Konferensi Ayah Bunda Platinum Persembahan Morinaga," yang diselenggarakan di kota Bogor pada tanggal 30 September 2017, tepatnya di Hotel IPB Convention Centre. Dalam event ini disediakan booth untuk anak-anak bermain, booth untuk pembelian susu Morinaga, booth kenali alergi pada anak, booth untuk pendaftaran MI Playland dan juga Seminar konferensi untuk Ayah dan Bunda Platinum.


Panggung seminar

Pada booth permainan anak-anak dari mulai umur 2 - 5 tahun bisa bermain menikmati fasilitas yang disediakan dalam event Morinaga ini dan juga tersedia booth untuk pembelian susu Morinaga dengan berbagai promo hadiah.


Booth Arena Bermain


Lalu berikut ini adalah penjelasan mengenai booth kenali alergi dan booth MI Playplan :

1. Booth Kenali Alergi (Cek Alergi)

Dalam booth ini, Bunda diberi arahan untuk bisa Cek Alergi pada anak dalam website yang dipersembahkan Morinaga yaitu di www.cekalergi.com. Pada website tersebut terdapat penjelasan tentang faktor penyebab alergi, Tes alergi dan resep masakan bebas alergi. Website ini sangat membantu kita sebagai orang tua yang merasa bingung tentang penyebab alergi dan cara untuk menghindarinya.

Booth Cek Alergi

2. Booth Multiple Intelligence Playplan (MI Playplan)

Multiple Intelligent Playplan merupakan salah satu persembahan dari Morinaga, yaitu sebagai alat identifikasi kecerdasan majemuk atau Multiple Intelligence Identification Method, yang dapat membantu bunda dan ayah melakukan identifikasi awal kecerdasan majemuk si kecil. Untuk mengaksesnya bunda dan ayah bisa buka link websitenya di www.morinagamiplayplan.com.


Booth MI PlayPlan

Kemudian setelah menjelajah booth-booth tersebut, akhirnya tepat jam 10.00 pagi, sesi Seminar talkshow pun dimulai dengan pembicara pertama yaitu DR. Dr. Edi Fadliana SpA(K) yaitu Ketua UKK Tumbuh Kembang Pediastik Sosial, yang mengangkat tema mengenai 4 faktor Pelindung Pembentuk Anak Generasi Platinum atau bisa juga disebut 4 Perisai Pelindung untuk membentuk anak Generasi Multitalenta, yang dijelaskan oleh Dr. Edi Fadliana. 

Apa saja sih 4 Faktor Penting tersebut ?

1. Faktor Perkembangan Otak

Hal penting untuk pembentukan otak pada usia dini adalah Nutrisi Dini dan Stimulasi Dini. Berikut Penjelsannya :

Nutrisi Dini
Yang dimaksudkan dalam Nutrisi Dini ini adalah berhubungan erat dengan masa kehamilan, masa setelah melahirkan sampai usia 2 tahun perkembangan anak atau seperti yang sudah aku sebutkan diatas tadi yaitu Masa 1000 Hari Pertama. 

Jadi mulai dari masa kehamilan nutrisi untuk pembentukan otak anak sudah harus terpenuhi, hal ini sangat penting untuk perkembangan otaknya. Terutama pada trimester pertama, ibu hamil memerlukan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang, karena dengan asupan nutrisi yang baik akan mempercepat jaringan sel-sel pada otak. 

Selain itu ibu hamil juga tidak boleh mengalami stres atau dibuat stres baik dalam linkungan keluarga atau luar lingkungan keluarga, oleh sebab itu harus ada dukungan moril dari suaminya, jangan sampai masalah psikologis ibu hamil mempengaruhi tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Kemudian pemberian nutrisi dini ini terus berlanjut pada masa awal kelahiran 0 bulan sampai dengan usia anak 2 tahun. Dalam hal ini nutrisi terbaik untuk anak 0-6 bulan adalah ASI, kemudian di Usia 6 bulan mulai diperkenalkan dengan MPASI dan ASI lanjutan. ASI lanjutan ini sangat baik jika diberikan sampai dengan usia 2 tahun dan didampingi nutrisi tambahan dari MPASI dengan Gizi yang seimbang.

Stimulasi Dini
Stimulasi Dini adalah pembentukan garas-garas otak atau sambungan otak yang kompleks dan mempercepat aliran informasi antar sel otak. Stimulasi ini harus disesuaikan dengan usia anak, dengan mengikuti perkembangannya dari awal kelahiran. Untuk pembentukan garas-garas otak ini juga diperlukan nutrisi terbaik yaitu ASI dan MPASI dengan gizi seimbang. 

Selain itu bermain juga bisa mengasah stimulasi otak anak, karena akan merangsang motorik halus dan motorik kasarnya. Untuk menyeimbangkan motorik halus dan kasar ini menurut sumber dari website Morinaga, anak-anak harus mengenali Gaya Belajar untuk mengoptimalkan kecerdasan majemuk anak, yaitu :
  • Looker Visual, yaitu Menyerap informasi dari lingkungan dengan menggunakan indra penglihatan, seperti : mudah mengingat gerakan, warna, bentuk dan ukuran serta mempunyai koordinasi antara mata dan tangan secara baik
  • Listener (Auditory), yaitu Menyerap informasi dari lingkungan dengan menggunakan indra pendengaran, seperti : senang menirukan suara dan mudah mengingat suara, lebih banyak bicara serta lebih menyukai informasi yang didengar dari pada yang dilihat
  • Moover (Kinestetik), Menyerap informasi dari lingkungan dengan menggunakan indra peraba, seperti : Suka melakukan aktifitas fisik atau ingin terus bergerak, ingin menyentuh semua benda yang dilihatnya, lebih cepat berjalan dari pada bicara

Dari kedua hal tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa nutrisi yang baik sangat mempengaruhi pembentukan otak anak sedari awal, terutama di usia anak 0-2 tahun. Karena pada periode 2 tahun pertama itu adalah periode masa kritis. 

Nutrisi-nutrisi yang baik tersebut berpengaruh pada kehidupan jangka panjang dalam perkembangannya. Dan pemberian nutrisi yang baik juga berpengaruh pada perkembangan stimulasi otak, jadi kedua faktor ini tidak dapat dipisahkan karena berkaitan antara satu dan yang lainnya.

2. Faktor Kekebalan Tubuh

Sumber nutrisi terbaik untuk kekebalan tubuh anak adalah sumber kalori utama yaitu : karbohidrat dan protein kemudian pembangun daya tahan tubuh lainnya adalah asam amino, asam lemak, vitamin, mineral, prebiotik atau probiotik. Dari semua sumber nutrisi ini terdapat dalam ASI, oleh sebab itu selain untuk pembentukan otak, ASI juga dapat menjadi anti body untuk kekebalan tubuh bayi. 

Kemudian tambahan nutrisi lainnya adalah MPASI. Sumber MPASI yang dibuat harus menyeimbangkan faktor gizi, karena dengan pemberian gizi seimbang maka akan menjadi kekuatan dalam kekebalan tubuh balita. Makanan nutrisi untuk MPASI adalah, karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, semuanya harus seimbang dalam pemberiannya.

Imunisasi juga menjadi hal yang penting untuk kekebalan tubuh bayi, oleh sebab itu bayi yang baru lahir dari mulai 0 bulan sampai 9 bulan diwajibkan untuk di imunisasi, dengan tujuan untuk menghindari penyakit-penyakit. Apalagi sekarang banyak sekali timbul penyakit-penyakit baru yang bisa menyebabkan kematian pada anak dibawah 1 tahun.

3. Faktor Tumbuh Kembang Optimal

Dalam pengertian tumbuh kembang optimal, semua orang tua pasti mengharapkan anak-anaknya tumbuh dengan normal sesuai dengan usianya. Hal ini bisa dilihat dari 2 sisi yaitu, dari sisi Tumbuh dan Kembang. Dari sisi Tumbuh dipengaruhi dari Struktur dan Ukuran Fisiknya seperti : Berat badan, Tinggi Badan, Lingkar Kepala, dan Ukuran Spesifik lainnya

Dari sisi Kembang yang perlu diperhatikan adalah : penglihatan, pendengaran, motorik kasar, motorik halus, bahasa bicara, sosialisasi, kecerdasan, tingkah laku, dan perkembangan spesifik lainnya. Kedua hal ini tidak dapat dipisahkan, karena dari hal-hal tersebut diatas kita bisa menilai sendiri tentang tumbuh kembangnya, apakah normal atau tidak.

4. Faktor Kesehatan Saluran Cerna

Mengenai kesehatan saluran cerna, mengingatkanku pada Almarhum bayi mungilku, duuhhh....lagi-lagi setiap membahas tentang kesehatan anak-anak, pasti bayangan anakku selalu terlintas dalam ingatanku. Kenapa? 

Karena penyebab meninggalnya adalah diakibatkan oleh DIARE. Yups...Diare pada bayi dibawah 1 tahun sangat berbahaya sekali, hal ini bisa mengakibatkan dehidrasi pada bayi dan kalo sudah dehidrasi maka akan berakibat fatal untuk kesehatannya. 

Oleh sebab itu info penting belajar dari pengalamanku sendiri adalah, jika anak terlalu sering Buang Air Besar (Pup) lebih dari 5 kali, harus cepat-cepat dibawa ke dokter ya, atau sebelum lebih dari 5x juga harus langsung dibawa kedokter, karena penyebab dari diare itu sendiri juga bisa diakibatkan dari penyakit lainnya, seperti demam berdarah misalnya.

Jika anak tumbuh dan berkembang dalam keadaan sehat saluran cernanya, maka ini akan berpengaruh pada perkembangan otaknya. Karena dalam saluran cerna terdapat 2 bakteri yaitu bakteri Prebiotik dan bakteri Probiotik. Dengan banyaknya bakteri yang baik maka akan semakin baik ketahanan tubuhnya.

Oke Ayah dan Bunda itulah penjelasan dari keempat perisai yang dapat menjadi perlindungan untuk membentuk generasi anak multitalenta, dan dibawah ini ada beberapa tips untuk mewujudkannya, yaitu :

1. Pada masa kehamilan : 
  • Jagalah Kesehatan seoptimal mungkin
  • Lakukan kontrol rutin setiap 1 bulan sekali pada bidan atau dokter kandungan
  • Menghindari situasi stres dan kalo bisa pikiran harus tenang, senang dan nyaman
  • Kreatif dalam menciptakan aktivasi sesuai dengan kondisi kehamilan
  • Pada trimester akhir kehamilan usahakan selalu siaga (siapkan waktu, tenaga, transportasi dan keluarga)
2. Pada masa persalinan dan setelah bayi lahir :
  • Upayakan melahirkan dengan cara normal atau pervaginam, terkecuali dalam keadaan yang mengharuskan operasi caesar
  • Segera berikan ASI sesaat setelah melahirkan 
  • Lalu menyusui ASI secara eksklusif dengan cara yang benar. 
3. Pada masa bayi dan anak usia dini :
  • Berikan ASI secara baik dan benar
  • Mempunyai pola asuh yang melekat pada anak
  • Membina pembentukan kemampuan dengan cara sealami mungkin (mengajak bermain pada anak secara rutin)
  • Menciptakan rangsangan pada lingkungan sekitar anak (lihat,dengar,sentuh dan raba).
Baiklah dari semua penjelasan diatas mengenai 4 perisai pelindung perkembangan otak anak, semoga dapat membantu para bunda dan ayah untuk mewujudkan pembentukan otak pada anak generasi multitalenta. 

Tapi penulisan materi ini tidak berhenti sampai disini ya, aku masih akan melanjutkan penulisan materi lain yang masih berhubungan dengan perkembangan anak-anak sebagai generasi multitalenta, yang akan dijelaskan oleh Dr. Rose Mini atau yang kerap disapa Bunda Romi. Cekidot di blog aku berikutnya ya.....


15 komentar:

  1. Keren banget nih acaranya, lengkap dengan permainan tuk putra-putri juga info2 yang bermanfaat bagi pengunjung. Semoga ke depannya akan ada lagi acara2 sejenis ya.Makasih sharingnya ya.

    BalasHapus
  2. anakku sehat alhamdulilah baru bisa tengkurap dan miring :)
    kemarin aku sempat juga ikut acara morinaga ini bund yg di tangerang anakku malah hampir ga mau pulang karena disana banyak banget playdate dan permainan stimulasi yang cocok banget untuk sikecil.

    BalasHapus
  3. Seminarnya lengkap banget ya, ada booth cek alergi juga. Kapan ada lagi saya mau ikutan sambil ajak audrey tes alergi disana

    BalasHapus
  4. Pokoknya anak harus dijaga banget ya, mulai dari masa kehamilan hingga dewasa. Apalagi kalau orang tua saat ini pasti kerja extra deh buat menyeimbangi perkembangan zaman. Semangattt

    BalasHapus
  5. Jadi orangtua memang tidak mudah ya Mba, terutama kita sebagai seorang Ibu, yg merupakan madrasah pertama untuk anak2nya.

    Makanya harus banyak belajar dan terus upgrade informasi. Apalagi di dukung dgn teknologi sekarang ini ya Mba, jd kita bisa mendapatkan akses ttg kesehatan, mulai dr cek alergi, berbicara nutrisi bahkan mau mengetahui minat dan kepintaran anak sudah bisa kita akses melalui smartphone.

    TFS ya Mbaa.. Noted banged niyy

    BalasHapus
  6. Deteksi dini bisa membantu sang bunda dalam memberikan formula yang tepat buat sang anak

    BalasHapus
  7. Nutrisi sangat penting dimasa pertumbuhan. Pastinya senang kalau lihat anak sehat dan pertumbuhannya optimal. Sebagai ibu kita harus perhatikan nutrisi anak-anak kita.

    BalasHapus
  8. pernah dapat info seperti diatas mba, jadi sebagai orang tua bisa menjaga asupan anak dan mencegah alergi sejak dini

    BalasHapus
  9. Nutrisi bagi perkembangan otak anak memang sangat harus diperhatikan untuk membentuk generasi berkualitas. Btw itu arena bermain anaknya menarik banget ya

    BalasHapus
  10. Ahh kalo bicara soal anak ga pernah ada abisnya ya bun. Kita dituntutvuntuk jadi org tua yg cerdas dan telaten. Ga boleh berenti belajar ya bun.

    BalasHapus
  11. Benar tuh, bumil dilarang stres, karena bisa mempengaruhi tumbuh kembang bayi. Kasihan juga bayinya secara emosional akan ikutan stres, kalau ibunya pas mengandung sedang stress.
    Memang menjadi ibu tidak mudah, harus memperhatikan nutrisi bayi dari kehamilan sampai bayi tumbuh besar.

    BalasHapus
  12. Anak itu amanah, emang harus dijaga sejak dini, salah satunya nutrisi dr 1000Hpk.. Yg jadi penentu kesehatan dan perkembangan otak dan organ mereka di saat dewasa nanti. Keren ya acara ini mengupas secara lengkap pakai banget.. Aiiih sayang eike ga diundang hiks..

    BalasHapus
  13. Untuk anak harus tetap nomor 1 dan terbaik. Karena anak adalah masa depan kita. Terutama pemilihan susu pelengkapnya harus yang berlualitas.

    BalasHapus
  14. Antusiasme orang tua yg berada di Bogor luar biasa ya. Sampai membludak yg dtg. Tumbuh kembang anak saat ini menentukan kesehatannya dimasa dtg.

    BalasHapus
  15. Antusiasme orang tua yg berada di Bogor luar biasa ya. Sampai membludak yg dtg. Tumbuh kembang anak saat ini menentukan kesehatannya dimasa dtg.

    BalasHapus