Jumat, 27 Oktober 2017

Netizen Sejati Katakan TIDAK untuk Narkoba

Hallo guys....aku mau bahas tentang Narkoba lagi nih. Hhmmm Narkoba memang selalu menjadi topik yang paling sering dibahas dari sejak dulu ya guys. Why? Tentu saja karena ternyata sampai sekarang persentase orang2 yang terkena dampak dari narkoba semakin berkembang, dan persentasenya semakin meningkat.

Menurut data dari BNN-Pulitkes UI melalui survey Nasional Prevalensi Penyalahgunaan Narkoba Tahun 2014 bahwa sebanyak 4.022.702 (2,18%) masyarakat Indonesia menjadi korban penyalahgunaan Narkotika dengan jumlah91,3% adalah berjenis kelamin laki-laki dan60,7%nya adalah para pelajar SMA.

Bisa dibayangkan ya...semakin tahun perkembangannya semakin besar. Bagaimana cara kita untuk menghindarinya? Sebagian masyarakat tentunya ada yang sadar dan gampang terjerumus, salah satu penyebabnya adalah faktor lingkungan. Aku sebagai orang tua yang mempunyai anak laki-laki, tentunya selalu ada perasaan khawatir mengenai hal ini, betapa tidak saat ini rumahku berada di lingkungan padat penduduk.

Bukan masalah kepadatannya sih, tapi melihat ruang lingkup anak-anak di lingkungan rumahku banyak yang terjerumus dalam narkoba. Hal ini tentu sudah bukan rahasia umum lagi, di setiap daerah yang padat penduduk pasti terdapat anak-anak yang terkena dampaknya 


Foto diambil dari Google 

Mengapa korbannya anak-anak pelajar? 

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa anak-anak pelajar masih labil dan gampang sekali terpengaruh atau terjerumus kedalam hal negatif. Usia remaja adalah penentuan untuk mencari jati diri, jadi ketika mereka salah melangkah, maka akan berdampak tidak baik untuk masa depannya. 

Sebagai orang tua disinilah kesadaran kita akan diuji dan apa yang harus kita lakukan ? 

Perlakuan setiap orang tua pasti berbeda, kalo aku sendiri, walau anakku masih kecil, tapi aku selalu memberinya penjelasan tentang segala sesuatu yang dapat membahayakan dirinya. Dan selalu memberinya contoh jika kita sembarangan memakan sesuatu yang kita tidak tau itu apa maka dampaknya akan tidak baik untuk diri kita dan kesehatan kita.

Kemudian kita harus mengarahkan mereka ke dalam kegiatan yang positif untuk berkreasi dalam hal apapun, seperti misalnya ikut les musik atau vokal dan memberikan dukungan penuh atas kekreatifitasannya. Dengan memberikan dukungan maka mereka akan merasa dihargai oleh kita sebagai orang tuanya.

Anak-anak yang terkena dampak narkoba ini, faktor penyebab utamanya selain lingkungan diluar rumah tentunya berawal dari lingkungan keluarga dulu, rata-rata anak-anak tersebut biasanya mempunyai permasalahan dalam keluarganya. Maka dari itulah aku berusaha untuk selalu menunjukkan hal positif kepada anakku.

Anak-anak jaman sekarang ini disebut sebagai anak #GenerasiDigital jadi pemikiran anak-anak pada jaman digital ini sangat berbeda pada jaman kita dulu loh. Dijaman digital ini anak-anak lebih banyak menggali informasi dari dunia digital.

Disinilah kita perlu mengawasinya secara perlahan, jangan membiarkan mereka terlalu asik dengan dunia Internet. Dunia Internet berhubungan erat dengan segala aspek kehidupan dunia luar, dan tak bisa dipungkiri dalam bersosial media mereka pun sangat aktif untuk mengikuti perkembangannya, khususnya untuk anak2 yang baru mau beranjak dewasa atau ABG.

Akan tetapi kita tidak perlu mengekang mereka, kita harus memberikan arahan untuk menggunakan Internet dengan Bijak dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Semoga anak-anak muda jaman sekarang dapat berfikir cerdas untuk melakukan hal positif di dunia digital.

Mari kita jadikan #NetizenBerkaryaTanpaNarkoba baik untuk kita dan generasi penerus kita selanjutnya. #StopNarkoba mulai dari sekarang. Untuk lebih jelas yuk kita lihat websitenya www.stopnarkoba.com  

0 komentar:

Posting Komentar