Jumat, 27 Oktober 2017

Netizen Sejati Katakan TIDAK untuk Narkoba

Hallo guys....aku mau bahas tentang Narkoba lagi nih. Hhmmm Narkoba memang selalu menjadi topik yang paling sering dibahas dari sejak dulu ya guys. Why? Tentu saja karena ternyata sampai sekarang persentase orang2 yang terkena dampak dari narkoba semakin berkembang, dan persentasenya semakin meningkat.

Menurut data dari BNN-Pulitkes UI melalui survey Nasional Prevalensi Penyalahgunaan Narkoba Tahun 2014 bahwa sebanyak 4.022.702 (2,18%) masyarakat Indonesia menjadi korban penyalahgunaan Narkotika dengan jumlah91,3% adalah berjenis kelamin laki-laki dan60,7%nya adalah para pelajar SMA.

Bisa dibayangkan ya...semakin tahun perkembangannya semakin besar. Bagaimana cara kita untuk menghindarinya? Sebagian masyarakat tentunya ada yang sadar dan gampang terjerumus, salah satu penyebabnya adalah faktor lingkungan. Aku sebagai orang tua yang mempunyai anak laki-laki, tentunya selalu ada perasaan khawatir mengenai hal ini, betapa tidak saat ini rumahku berada di lingkungan padat penduduk.

Bukan masalah kepadatannya sih, tapi melihat ruang lingkup anak-anak di lingkungan rumahku banyak yang terjerumus dalam narkoba. Hal ini tentu sudah bukan rahasia umum lagi, di setiap daerah yang padat penduduk pasti terdapat anak-anak yang terkena dampaknya 


Foto diambil dari Google 

Mengapa korbannya anak-anak pelajar? 

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa anak-anak pelajar masih labil dan gampang sekali terpengaruh atau terjerumus kedalam hal negatif. Usia remaja adalah penentuan untuk mencari jati diri, jadi ketika mereka salah melangkah, maka akan berdampak tidak baik untuk masa depannya. 

Sebagai orang tua disinilah kesadaran kita akan diuji dan apa yang harus kita lakukan ? 

Perlakuan setiap orang tua pasti berbeda, kalo aku sendiri, walau anakku masih kecil, tapi aku selalu memberinya penjelasan tentang segala sesuatu yang dapat membahayakan dirinya. Dan selalu memberinya contoh jika kita sembarangan memakan sesuatu yang kita tidak tau itu apa maka dampaknya akan tidak baik untuk diri kita dan kesehatan kita.

Kemudian kita harus mengarahkan mereka ke dalam kegiatan yang positif untuk berkreasi dalam hal apapun, seperti misalnya ikut les musik atau vokal dan memberikan dukungan penuh atas kekreatifitasannya. Dengan memberikan dukungan maka mereka akan merasa dihargai oleh kita sebagai orang tuanya.

Anak-anak yang terkena dampak narkoba ini, faktor penyebab utamanya selain lingkungan diluar rumah tentunya berawal dari lingkungan keluarga dulu, rata-rata anak-anak tersebut biasanya mempunyai permasalahan dalam keluarganya. Maka dari itulah aku berusaha untuk selalu menunjukkan hal positif kepada anakku.

Anak-anak jaman sekarang ini disebut sebagai anak #GenerasiDigital jadi pemikiran anak-anak pada jaman digital ini sangat berbeda pada jaman kita dulu loh. Dijaman digital ini anak-anak lebih banyak menggali informasi dari dunia digital.

Disinilah kita perlu mengawasinya secara perlahan, jangan membiarkan mereka terlalu asik dengan dunia Internet. Dunia Internet berhubungan erat dengan segala aspek kehidupan dunia luar, dan tak bisa dipungkiri dalam bersosial media mereka pun sangat aktif untuk mengikuti perkembangannya, khususnya untuk anak2 yang baru mau beranjak dewasa atau ABG.

Akan tetapi kita tidak perlu mengekang mereka, kita harus memberikan arahan untuk menggunakan Internet dengan Bijak dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Semoga anak-anak muda jaman sekarang dapat berfikir cerdas untuk melakukan hal positif di dunia digital.

Mari kita jadikan #NetizenBerkaryaTanpaNarkoba baik untuk kita dan generasi penerus kita selanjutnya. #StopNarkoba mulai dari sekarang. Untuk lebih jelas yuk kita lihat websitenya www.stopnarkoba.com  

Multivitamin Terbaik Menjadikan Daya Tahan Tubuhku Meningkat

Saat ini usiaku sudah mau menginjak kepala 4, dan tentunya daya tahan tubuhku semakin menurun, akhir-akhir ini aku jadi sering merasa ngantuk dan mudah lelah. Setiap selesai mengerjakan tugas rutin di rumah saja badanku langsung pegal-pegal, terutama kaki. Kalo sudah begini langsung deh maunya rebahan, tapi kok malah tambah pegal ya setelahnya. Kakiku malah tambah sakit kalo dipake jalan setelah rebahan, pokoknya udah kayak nenek-nenek deh jalannya. Untungnya ga berlangsung lama sih, tapi kalo udah begini kan jadi bikin males gerak.

Lalu suamiku menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin, karena memang pada usia seperti ini daya tahan tubuh kita tuh agak rentan terhadap penyakit, tapi aku tuh tipe orang yang tidak mau sembarangan mengkonsusmsi obat-obatan atau vitamin apapun itu. Jujur aku ini orangnya terlalu parno’an untuk hal ini, aku lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan alami untuk memenuhi kebutuhan sumber energiku, seperti misalnya lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Tapi ternyata tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi buah dan sayur saja loh, untuk usia aku ini memang perlu adanya tambahan multivitamin yang bagus dan aman. Oke lah akhirnya aku mencoba untuk mencari solusinya, kebetulan aku kan punya kartu member K-Link, lalu aku mencoba untuk mencari multivitamin dari produknya K-Link Indonesia.

Setelah aku cari memalui websitenya, ternyata K-Link baru saja meluncurkan produk barunya yaitu K-Vit C Plus Teavigo namanya. Dengan seksama aku membaca kandungan bahannya, karena ya itu tadi untuk hal seperti ini aku sangat berhati-hati sekali dalam memilih bahan makanan atau minuman yang akan dikonsumsi.
Produk Baru K-Link Indonesia

K-Vit C Plus Teavigo ini adalah multivitamin yang mengandung dua sumber kekuatan antioksidan yaitu Vitamin C dan Teavigo. Apa itu Teavigo ?

Teavigo merupakan Ekstrak Teh Hijau paling murni atau dalam bahasa kerennya world’s purest green tea extract. Teavigo ini mengandung Epigallotechin gallate (EGCG) sebesar 94% diatas kandungan Daun Teh Hijau. Tentunya sebagian pembaca disini ada yang tidak paham kan dengan EGCG, sama sih aku juga ga ngerti….hehehe.

Lalu aku googling dan menurut Wikipedia Epigallotechin Gallate adalah suatu zat senyawa ester yang terdapat pada daun teh, daun pisang dan beberapa jenis tanaman lainnya dan juga sebagai antioksidan yang baik dan memiliki kemampuan untuk mencegah kanker serta memiliki kemampuan inhibitor bagi HIV. Zat ini hanya ditemukan pada teh hijau, akan tetapi tidak ditemukan dalam teh hitam, karena EGCG dalam teh hitam kandungan akan berubah.

Setahu aku kan Matcha yang ada di restoran Jepang juga mengandung antioksidan, tapi ternyata kandungan ECGCnya hanya sebesar 50%, sedangkan daun teh hijau kandungan EGCGnya lebih tinggi karena dia masih bersifat alami dan fresh. Seperti yang kita tahu bahwa daun teh hijau bagus untuk kesehatan jantung, bisa untuk membakar lemak juga, bagus untuk pencernaan dan kesehatan kulit. Dengan kandungan EGCG yang lebih tinggi maka khasiat ekstraknya juga akan semakin tinggi.

Khasiat dalam Vitamin C itu sendiri tentunya kita semua sudah tau kan, bahwa antioksidan yang terkandung didalamnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh, dapat melindungi sel-sel kulit dari bahaya radikal bebas, kemudian dapat meremajakan kulit dan mencegah anemia. Jadi perpaduan antara Vitamin C dan Teavigo ini merupakan perpaduan yang jarang sekali kita temui dan baru perusahaan K-Link Indonesia yang menjadi Pioner untuk memadukan kedua multivitamin tersebut.


Sumber foto dari K-Link Indonesia Official 

Selain hal diatas yang membuat aku merasa aman untuk mengkonsumsi vitamin ini adalah karena Teavigo sudah bebas kafein loh, sedangkan dalam kandungan teh hijau lainnya tentu masih ada kandungan kafeinnya kan. Teavigo yang sudah diekstrak dan diracik ini tidak mengandung bahan kimia lainnya seperti Pestisida dan Herbisida.

Wah pokoknya ga pake pikir-pikir lagi deh, menurutku K-Vit C plus Teavigo ini adalah multivitamin terbaik dan cara mengkonsumsinya pun mudah, hanya dengan melarutkan 1 tablet ke dalam satu gelas air mineral saja. Jadi bagi yang susah minum obat seperti aku nih tentu tidak akan dibuat ribet, rasa manis dan asamnya juga tidak terlalu tajam sih, sama seperti kita makan jeruk tapi ada campuran rasa teh hijaunya.

Untuk yang mempunyai asam lambung tidak perlu khawatir, karena sudah direaksikan dengan kalsium jadi bisa mencegah kenaikan asam lambung. Aturan minum K-Vit C ini aman untuk dikonsumsi 1-2 kali sehari, karena normalnya tubuh kita kan membutuhkan asupan vitamin sebanyak 90-100 mg vitamin per hari. Apalagi kalo dalam keadaan sakit tentu tubuh memerlukan tambahan vitamin 2 kali lipatnya dan mengingat aku tinggal di Jakarta yang polusi udaranya sangat parah, maka kita harus mengkonsumsi tambahan vitamin 3-4 kali lipat.

Karena dengan kondisi ini, kebutuhan akan vitamin untuk tubuh menjadi 200mg/hari. Harganya juga tidak terlalu mahal kok, dengan 1 tube isi 10 tablet K-Vit C Teavigo ini dibandrol dengan harga Rp. 84.000 untuk konsumen. Dan khusus untuk member K-Link akan mendapat discount sebesar 20%, sedangkan untuk harga distributor mendapat potongan harga jadi Rp. 72.000 saja. Nah bagi yang penasaran dan tertarik untuk menjadi member K-Link bisa daftar DISINI ya.

Satu hal lagi Multivitamin ini juga aman untuk anak-anak usia 2 tahun, dewasa dan lansia loh, namun untuk anak-anak dan lansia jangan mengkonsumsi terlalu banyak ya, secukupnya saja. Perlu diperhatikan untuk yang mempunyai gangguan ginjal dan penyakit degenerative lainnya, tidak boleh mengkonsumsi terlalu banyak juga ya. Dan bagi ibu hamil dengan fenilanin tinggi serta usia anak dibawah 1 tahun, amannya sih jangan mengkonsumsi, sebaiknya konsultasikan dulu kedokter.

Setelah mengkonsumsi selama 1 minggu saja sudah terasa khasiatnya loh, dan aktivitasku menjadi lancar sepanjang hari, berasa berat badan turun 5 kilo nih, enteng rasanya dan pegal-pegal pun hilang, jadi tidak males gerak lagi untuk melakukan aktivitas lainnya. Yuk yang mempunyai keluhan sama seperti aku, boleh mencobanya dan kepoin aja dulu websitenya K-Link Indonesia ya.

Selasa, 24 Oktober 2017

Kampanye Selamatkan Generasi Bangsa Dari Obat Ilegal dan NAPZA

Hallo semua…kali ini aku mau bahas tentang penyalahgunaan obat, yang akhir-akhir ini sedang marak sekali beredar di masyarakat. Terus terang aku sangat miris sekali dengan kondisi negeri kita ini, yang sering menjadi tempat atau lahan diperjualbelikannya obat-obatan terlarang. Padahal sanksi hukumnya sudah jelas ada, tapi kenapa manusia seakan seperti menutup mata dan telinga hanya karena uang.

Mereka sama sekali tidak memikirkan nasib anak-anaknya kelak atau nasib keluarganya. Keserakan dan keegoisan menutupi segala akal sehat yang diberikan oleh Allah SWT. Jujur aku sedih, mengingat nasib anak-anak kita yang akan menjadi korbannya. Bukan hanya anak-anak sih, semua orang yang tinggal di negeri ini adalah korbannya, korban dari kesewenang-wenangan dari segelintir orang yang serakah dan tidak bertanggungjawab.

Siapa dalang dibalik semua ini, Wallohu a’llam bi showabi “Hanya Allah SWT Yang Maha Tahu” dan juga orang-orang yang terlibat didalamnya. Tentunya mereka adalah orang-orang yang iri atas keindahan negeri ini, orang-orang yang iri atas keanekaragaman budaya negeri ini dan orang-orang yang iri akan toleransi antar umat beragama di negeri kita tercinta Indonesia.

Tanpa kita sadari, sedikit demi sedikit kita akan dipecah belah oleh orang-orang tersebut. Dari mulai Isu Politik, Agama, Ras dan sekarang mereka mau menghancurkan JIWA dan RAGA anak-anak bangsa negeri ini melalui penyalahgunaan obat. Dari dulu sampai sekarang yang namanya aksi pemberantasan obat-obatan terlarang seakan tidak akan pernah berhenti, karena selalu ada jalan bagi mereka yang ingin memakan korban jutaan manusia di seluruh Dunia.

Bagi kita yang masih diberi kesadaran penuh oleh Allah SWT sepatutnya harus bersyukur dan melindungi mereka yang mau, hampir atau bahkan sudah kena dampaknya. Kita yang diberi kecerdasan harus selalu bisa menjaga dan melindungi, dimulai dari diri kita sendiri dan keluarga. Kunci utamanya adalah selalu bertindak hati-hati dan waspada pada apapun yang terjadi pada diri kita. 

Usaha untuk menghindari situasi seperti ini adalah dengan selalu mencermati atau membaca dengan detil sesuatu jenis apapun yang akan kita konsumsi, dari mulai makanan dan minuman sampai obat-obatan. Karena situasi Negara pada saat ini sedang sangat berbahaya, banyak musuh yang mengancam keselamatan jiwa di negeri ini, termasuk penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Obat-obatan terlarang yang dimaksudkan disini adalah, obat-obatan yang dilarang diperjualbelikan secara bebas (obat khusus) dan obat-obatan yang Ilegal. Kategori khusus adalah NAPZA yaitu singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya yang merupakan sejenis obat-obatan yang dapat mempengaruhi gangguan kesehatan dan kejiwaan.



Berikut penjelasannya menurut UU RI No. 22 tentang Narkotika yaitu : 
  1. Narkotika yaitu suatu zat atau obat yang berasal dari tanaman maupun bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang menyebabkan penurunan dan perubahan kesadaran, mengurangi dan menghilangkan rasa nyeri serta dapat menimbulkan ketergantungan secara fisik maupun psikologi
  2. Psikotropika yaitu berupa bahan baik alami ataupun buatan bukan Narkotika, yang berkhasiat psikoaktif yang mempunyai pengaruh selekif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktifitas mental dan perilaku
  3. Zat Adiktif yaitu bahan lain yang bukan Narkotika atau Psikotropika yang merupakan inhalasi uang penggunaannya dapat menimbulkan ketergantungan, misalnya lem, aceton, eter,premix, thiner dan lain-lain. 

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Narkotika dan Psikotropika adalah obat-obatan khusus untuk penyakit tertentu yang hanya bisa didapatkan dengan menggunakan resep dokter. Dan tidak sembarang apotik yang menyediakan obat ini, karena mengingat banyaknya oknum-oknum yang menyalahgunakannya. Sedangkan obat-obatan Ilegal yaitu obat-obatan yang tidak ada ijin resmi dari Departemen Kesehatan RI atau Kemenkes RI.



Pada tanggal 22 Oktober 2107 hari Minggu kemarin, kami para blogger yang tergabung dalam komunitas Blogger Cihuy dan organisasi aksi berantas penyalahgunaan obat, ikut dukung pemerintah dan Badan POM RI untuk mengkampanyekan dengan bersama-sama menyerukan kesadaran kita akan bahaya yang mengancam keselamatan jiwa. Kampanye yang diselenggarakan oleh Badan POM RI ini bertempat titik kumpul di Bundaran HI area Car Free Day (CFD).

Long March Kampanye Tolak Penyalahgunaan Obat 
Acara pertama dimulai dengan Long March para mahasiswa beberapa Perguruan Tinggi Farmasi dan para pelajar SMA seJakarta dengan mengusung tema “Tolak Penyalahgunaan Obat dan NAPZA”, Long March ini dimulai dari Jalan Imam Bonjol menuju Bundaran Hotel Indonesia dan berakhir di depan Sarinah Thamrin Plaza Indonesia, sambil menyerukan pesan edukasi melalui Yel-yel Tolak Penyalahgunaan Obat dan Napza, dan pesan-pesan edukatif yang ditulis pada Banner dan poster-poster. Serta mereka juga menyerukan melalui Jingle Edukasi dan lagu-lagu perjuangan.

Pada kampanye tersebut juga tersedia mobil dari Badan POM RI yang memberi info kepada masyarakat yang berkesempatan hadir di area CFD Bundaran HI tentang obat-obatan Ilegal dan NAPZA. 


Mobil Badan POM RI dan contoh hasil Uji Lab
Dibawah ini adalah beberapa contoh obat-obatan hasil Uji Lab BPOM RI yang sudah ditarik dari pasaran Karena tidak ada ijin edar : 


Obat-obatan tanpa ada Ijin Depkes RI
Kiri : contoh obat Asli dan Palsu
Kanan : alat Uji Lab BPOM RI
Kampanye ini dihadiri oleh Bapak Penny K. Lukito sebagai Kepala Badan POM RI dan dihadiri juga oleh Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN yaitu Bapak Sobri, Ketua IAI Jakarta yaitu Ibu Azizahwati, kemudian hadir juga perwakilan dari Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) yaitu Ketua Bidang Umum Kowani ibu Nuning Siregar dan Wasekjen Kowani yaitu Ibu Hikam serta hadir pula perwakilan dari Kepolisian RI (POLRI) 


Para Pejabat Negara yang hadir
Tujuan diadakannya kampanye ini adalah karena beberapa tahun ini penyalahgunaan obat dan NAPZA di negeri kita ini semakin meluas. Pada saat ini Indonesia ada pada kondisi Darurat Narkoba, menurut data BNN-Pulitkes UI melalui survey Nasional Prevalensi Penyalahgunaan Narkoba Tahun 2014 bahwa sebanyak 4.022.702 (2,18%) mayarakat Indonesia menjadi korban penyalahgunaan Narkotika dengan jumlah 91,3% adalah berjenis kelamin laki-laki dan 60,7%nya adalah para pelajar SMA.

Oleh sebab itu seperti yang sudah aku jelaskan diatas, bahwa perlu adanya tindakan yang harus kita lakukan sebagai masyarakat yang cerdas dan teliti sebelum membeli apapun, baik itu berupa makanan atau minuman yang akan dikonsumsi termasuk obat-obatan. Untuk menghindari semakin meluasnya atau bertambahnya data-data persentase pengguna Narkoba tersebut maka kita harus selalu memberikan edukasi kepada orang-orang terdekat kita terlebih dahulu untuk kemudian disebarkan ke masyarakat luas dan melakukan beberapa hal berikut ini : 
  • Periksa tanggal kadaluarsa yang tertera didalam kemasan
  • Periksa ijin resmi dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
  • Membeli obat di apotik-apotik resmi yang mempunyai ijin usaha 
  • Jangan tergoda dengan harga murah seperti yang ditawarkan oleh penjual Online
  • Harus dengan resep Dokter
Jika kita selalu mentaati kelima hal diatas maka In Sha Allah kita akan terhindar dari obat-obatan palsu atau terhindar dari NAPZA. Karena bagi sebagian masyarakat yang tidak paham tentang obat-obatan tertentu itu, bisa menjadi korban penyalahgunaan obat. Semoga info ini bermanfaat untuk masyarakat luas akan bahayanya praktek penyalahgunaan obat dan NAPZA.


Dok. Blogger Cihuy

Sabtu, 21 Oktober 2017

Mengenal Materi Tentang Content Writer

Beberapa hari ini aku sangat bersyukur sekali, karena banyak sekali ilmu-ilmu baru yang aku terima dari berbagai sumber. Semua ini berkat teman-teman yang baru yang mau membantu satu sama lainnya, juga berkat seseorang yang merasa peduli pada blogger-blogger baru seperti aku ini, yang katanya hanya remahan rempeyek aja sih….hihihi. Engga juga sih, kalo kata seseorang bilang, jangan merendahkan diri sendiri, kita harus anggap bahwa kita ini bisa dan akan selalu bisa.

Yups….kata-kata itu selalu menjadi penyemangat aku kalo sudah mulai merasa tidak percaya diri. Iya aku setuju juga sih, karena pada dasarnya manusia itu sudah diberi banyak kelebihan dan kebisaan oleh Allah SWT, untuk bisa mencoba sesuatu yang baru dan mengembangkannya. Maka dari itu aku belajar dari para senior-seniorku dan mencoba mendengarkan pendapat-pendapat mereka tentang kualitas kerja kita.

Ada beberapa orang senior blogger yang memberi aku banyak masukan dan pembelajaran tentang seputar ngeblog, ada yang melalui workshop-workshop yang aku ikuti dan aja juga yang melalui kontak personal. Salah satu blogger senior yang selalu merasa peduli pada blogger-blogger baru ini adalah sebut saja teh Ani Berta, kita semua biasa menyebut beliau Teh Ani.

Teh Ani Berta adalah salah satu Blogger senior yang humble, yang tidak pernah sungkan membagi ilmunya pada blogger-blogger yang memang mau belajar, baik itu blogger baru maupun blogger lama. Seperti dalam kesempatan kali ini dan untuk yang kesekian kalinya, aku memperoleh ilmu seputar blogging dari Komunitas Indonesian Social Blogpreneur. Tentunya kesempatan ini sangat jarang sekali, soalnya ilmu-ilmunya kita dapatkan secara gratis. Asik kan….



Dalam tulisan kali ini, aku akan memberikan penjelasan dari Teh Ani tentang materi "Content Writer" dan beliau sendiri adalah seorang Content Writer dari beberapa perusahaan. Portofolio Content writer teh ani sebenarnya banyak, tapi maaf ya aku tidak akan kasih bocorannya disini, karena itu merupakan rahasia perusahaan. Nah sebagai gambaran, sebagai seorang Content Writer memang tidak boleh sembarangan memberi informasi untuk siapa kita bekerja, atau minimal harus ada persetujuan dulu dari pihak perusahaan.

Tapi sebelum masuk ke topik utama, aku akan bercerita dulu tentang CNI Indonesia ya, karena materi workshop tentang content writer ini, adalah salah satu rangkaian dari event CNI Indonesia tapi khusus untuk blogger. Pada saat itu mas Gusti dari CNI menerangkan bahwa member-member CNI itu ada banyak, jumlahnya ada 900 member CNI di seluruh Indonesia. Cakupannya yaitu Jakarta, Bandung, Pekanbaru, Medan, Palembang, Semarang, Surabaya, Balikpapan, Makassar dan Denpasar.


Bapak Gusti dari CNI 

Dari semua member-member CNI Indonesia adalah para pekerja keras yang mau berusaha memperjuangkan keberhasilan karirnya di CNI demi kemajuan hidupnya, akan tetapi menurut mas Gusti hanya sedikit member yang mengerti tentang dunia Digital Marketing, oleh sebab itu kemarin di awal acara Expo 2017 CNI, ada acara workshop tentang materi Digital Marketing dan workshop Food Fotograph, semua ini untuk diberikan arahan kepada para membernya agar bisa memanfaatkan perkembangan teknologi pada jaman sekarang. 

Semoga semangat dan ketekunan mereka akan tambah terbantukan ya dengan diterapkannya system Digital Marketing oleh CNI. Dan semoga CNI akan selalu sukses serta melahirkan lebih banyak lagi member-member baru. Oke sekarang kita lanjut ke materi Content Writer.

Teh Ani Berta founder ISB 

MATERI CONTENT WRITER

Content Writer merupakan seorang penulis professional yang dipakai disuatu perusahaan untuk menulis konten web atau artikel untuk dipublikasikan di Internet. 

Apa sebab yang melatarbelakangi adanya Content Writer ? 

Disebabkan karena pada saat ini kita hidup di era digital, dan kebutuhan akan informasi dunia digital semakin meluas. Disetiap perusahaan-perusahaan di Jakarta masih ada pekerja kantor atau Jabatan seorang manajer yang belum bisa menggunakan peralatan komputer dan untuk membuat email saja masih belum bisa. Sementara di Era Digital ini, tentunya banyak perusahaan yang membutuhkan informasi dari dunia luar dan perlu mempublikasikan kegiatannya, oleh sebab itu maka dibutuhkanlah seorang Content Writer untuk membantu perusahaan, instansi pemerintah atau tokoh terkenal seperti Artis misalnya.

Apakah alasan Perusahaan lebih tertarik pada Blogger ?

Alasan perusahaan kenapa lebih memilih blogger untuk menjadi Content Writer, karena seorang blogger lebih bisa mengekspresikan tulisannya dan selalu memberikan story telling. Maka dari itu sebenarnya banyak peluang untuk para blogger dalam mendapatkan job selain dari blog. Contohnya seperti the Ani Berta, selain beliau merintis karier sebagai blogger, beliau pun menerima pekerjaan sebagai Content Writer dan bisa mendapatkan penghasilan tetap yang lebih dari pada penghasilan dari Blog. 

Kemudian ada beberapa alasan dibutuhkannya Content Writer pada suatu perusahaan : 

  • Adanya Media Online dan Website perusahaan yang semakin meningkat 
  • Tidak semua orang-orang penting dan terkenal mempunyai keterampilan menulis 
  • Adanya kebutuhan produksi konten 

Mengenai ketiga hal tersebut diatas, otomatis akan melahirkan banyak peluang untuk blogger, oleh sebab itu sebagai blogger kita tidak usah takut kehabisan peluang untuk mendapatkan job, karena kebutuhan sebagai penulis tidak akan pernah habis selama masih ada Internet.

Lalu dibawah ini ada beberapa peluang yang bisa kita manfaatkan sebagai Blogger :

  • Bisa mendapatkan pekerjaan Freelance dari media cetak atau online
  • Bisa menjadi Kontributor konten website perusahaan, organisasi atau institusi pemerintah
  • Dan bisa menjadi Ghos Writer juga

Ghos writer konteksnya sama dengan Content Writer tapi bedanya adalah, kita sebagai penulis harus merahasiakan nama kita atas permintaan perusahaan, karena hasil karya tulisan kita akan menjadi milik perusahaan.

Adapun beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk menjadi kontributor Website adalah sebagai berikut :

1. Tentukan tujuannya apa
Misalnya mau menambah penghasilan atau sukarela, maksudnya jika kita bertujuan ingin mendapatkankan penghasilan, maka perhitungannya harus jelas dan keanggupannya juga harus disepakati. Tapi apabila hanya untuk sukarela, biasanya dengan tujuan hanya ingin menambah protofolio, maka berapapun hasilnya itu tidak akan berpengaruh pada niat awal kita sendiri

2. Kenali Website atau Portal yang diminati
Dalam hal ini kita harus rajin membaca website dari perusahaannya dan kita harus ikuti idealisme perusahaannya. Jadi apa yang akan kita tulis harus disesuaikan dengan sifat atau ciri perusahaan

3. Mengajukan Proposal Penawaran
Dalam Proposal penawaran ini, kita harus memberikan Portofolio kita ke Marketing Communication atau Publik Relation perusahaan

4. Untuk membuat Portofolio
Sebaiknya kita gunakan konten gratisan dengan memanfaatkan kanal citizen Jurnalis di media cetak mainstream seperti : Kompasiana, Indonesiana, Blogdetik dan lainnya.

5. Share tulisan
Share lah tulisan kita ke social media Facebook, Twitter, Instagram, Google+ dan lainnya.

Kemudian ada beberapa tips untuk menulis konten di website nih dari teh Ani Berta, tipsnya adalah sebagai berikut :

  • Minimal tulisannya terdiri dari 500 kata atau maksimal 1000 kata sudah cukup, kalo kebanyakan nanti pembaca bisa bosen
  • Sesuaikan gaya tulisan kita dengan ciri khas website perusahaannya
  • Untuk tulisan Reportase harus memperhatikan 5W1H yaitu : Who, What, Where, When, Why dan How dengan kaidah jurnalis lainnya dan tidak memasukan tentang pendapat kita, karena tidak seperti menulis di blog
  • Mengatur jadwal update yang disesuaikan dengan kesepakatan perusahaan
  • Mengisi kanal-kanal website yang disesuaikan dengan kategori yang kita kuasai Memasukkan Key Words atau kata kunci dengan tepat
  • Kemudian dibaca kembali tulisan sebelum di publish
  • Untuk foto harus High Resolution, jangan asal-asalan ya agar pembaca pun merasa tertarik.

Selain memperhatikan tips-tips diatas, ada beberapa hal yang tidak boleh kita lakukan sebagai seorang Content Writer, karena jika kita melakukan hal dibawah ini, karir kita sebagai penulis lama-lama akan hancur. Yuk hindari hal dibawah ini ya :

  • Tidak boleh Plagiat atau mengcopy paste tulisan orang lain
  • Jangan menggunakan bahasa alay dan singkatan
  • Membuat opini yang terlalu personal
  • Adanya unsur kepentingan pribadi, misalnya sambil mempromosikan barang dagangan kita
  • Menyebutkan Brand secara Hard Selling tanpa persetujuan pemilik website Mendiskreditkan orang lain
  • Keluar dari konteks idealisme perusahaan
  • Menuliskan berita atau opini tidak sesuai dengan faktanya atau tidak terverifikasi

Lalu untuk mendapatkan bahan-bahan konten tentunya kita harus mengikuti beberapa hal berikut ini, yaitu : mengikuti Workshop dan Talkshow, Wawancara dengan Narasumber, mengikuti event-event, mengikuti forum diskusi secara langsung, atau bisa juga mendapatkan referensi dari buku, majalah dan surat kabar.

Nah yang paling penting lagi nih, perlengkapan yang harus kita punya adalah : 

  1. Kamera, karena untuk menulis konten di website orang lain kita harus memberikan hasil yang bagus baik tulisan maupun gambar, jadi ini sifatnya wajib
  2. Alat perekam atau Recorder, kalo tidak ada bisa dengan menggunakan Handphone
  3. Buku catatan dan alat tulis tentunya.

Selanjutnya kita semua sudah tau dong kalo benefit sebagai seorang Content writer itu penghasilannya lebih besar dari pada fee dari blog, tapi selai itu kita juga bisa mendapat keuntungan lainnya yaitu :

  • Mempunyai Personal Branding
  • Mempunyai Portofolio
  • Menjadi social Entrepreneur
  • Bisa menjadi hobi yang menghasilkan
  • Tulisan kita akan bermanfaat untuk banyak orang
  • Menjalin Relationship cukup luas
  • Mendapatkan ilmu baru setiap saat
  • Meningkatkan wawasan dan skill 

Hal-hal tersebut diatas memang yang aku inginkan, tapi saat ini perwujudannya baru sebatas sebagai blogger aja dulu yah. Hehehe….. 

Kesimpulannya untuk menjadi seorang Content Writer itu tidak lah mudah, beberapa hal diatas adalah sebagai gambaran kita untuk memperbaiki tulisan-tulisan kita, ya minimal sebagai blogger kita juga harus memperhatikan point-point penting yang sudah aku tuliskan diatas. 

Oke sekian dulu materi tentang Content Writernya ya, semoga besok-besok aku di kasih kesempatan lagi untuk ikut workshop seperti ini, biar ilmunya nambah terus. Dan semoga aku bisa mengikuti jejak teh Ani Berta untuk bisa menjadi seorang Content Writer….Aamiin. Terimaksih sudah membaca, semoga bermanfaat ya.

Jumat, 20 Oktober 2017

Mencoba Memahami Isi Hati Remaja Jaman Now

Sebagai orang tua yang mempunyai anak laki-laki, tentunya selalu ada perasaan was was, jujur aja aku memang agak over protektif sama anakku. Kekhawatiran ku terhadapnya agak berlebihan, mungkin ini karena aku terlahir dari keluarga yang sangat over protektif juga.

Dulu saat masih ada Almarhum Bapakku, aturan-aturan yang beliau buat di rumah cukup ketat. Seperti aturan tentang adanya Jam malam, baik aturan tentang jam pulang malam dan aturan terima telepon dari teman. Aturan-aturan tersebut dibuat karena kedua orang tuaku terlalu mengkhawatirkan anak-anaknya. Apa lagi aku dulu masih jadi anak gadis perawan.

Namun setelah aku berumah tangga dan mempunyai seorang anak laki-laki, dan setelah anakku berusia 8 tahun saat ini, aku masih selalu merasa khawatir, dan masih harus selalu mengantar dan menjemput anakku ke sekolah. Pernah suatu ketika dia mengajukan permintaan untuk pergi ke sekolah dengan menggunakan sepeda seperti teman-temannya, tapi kemudian aku melarangnya dan anakku selalu bilang, "Mah aku kan sudah besar"....lalu aku bilang, "Tidak nak...kamu masih kecil, kamu masih belum boleh pergi sendirian kemanapun." 

Itu yang selalu aku katakan pada anakku, wajar kah jika aku terlalu khawatir seperti itu, karena ada sebagian orang tua yang membiarkan anaknya pergi ke sekolah sendirian, padahal baru kelas 1 SD, bahkan dia seorang anak perempuan. Dalam hati aku berujar, kenapa mereka seperti tidak ada perasaan khawatir terhadap anaknya. Kenapa tidak seperti aku, atau apakah aku saja yang terlalu berlebihan. 

Hal yang aku takutnya jika rasa kekhawatiran yang berlebihan seperti ini berlanjut sampai dia berusia ABG atau remaja, dimana pada usia remaja seperti itu, mereka justru akan mencari jati dirinya. Apakah aku bisa berubah? Mengingat anak-anak jaman sekarang mempunyai pemikiran yang berbeda dengan pemikiran anak jaman dulu atau jaman aku remaja dulu. Benar ga sih?

Tapi aku kemudian berfikir, saat ini memang anakku masih kecil, namun dari mulai sekarang aku sudah harus mempersiapkan diri untuk mencoba memahami pemikiran anak jaman sekarang yang disebut jaman millenial. Karena pemikiran anak jaman now dan anak jaman old itu sangat berbeda.

Seperti kisah cerita dalam film "My Generation" yang akan tayang pada 9 November 2017, dalam film itu menceritakan tentang 4 orang anak muda yang mempunyai beban masalah di dalam keluarganya sendiri, yaitu mendapatkan tekanan dari orang tuanya dan problematika lainnya yang harus mereka hadapi. 4 orang anak muda tersebut bernama "zeke, Orly, Suki dan Konji." Apa yang terjadi dengan mereka, apakah orang tuanya terlalu menekan? 


My Generation Fim

Memang sih sikap setiap orang tua berbeda, kalo aku sendiri walaupun agak protektif tapi kalo dalam hal memberikan arahan tentang masa depannya, aku tidak pernah mendikte untuk harus berprestasi disekolah, jadi tidak mau menekan dalam pendidikannya, dan tidak mengharuskan anakku mendapatkan rangking di sekolah. Tapi entah lah dengan orang tua lainnya, karena dilingkungan keluargaku sendiri pun, keponakan-keponakanku mendapat tekanan dari orang tuanya untuk selalu bisa berprestasi. 

Setelah menonton tayangan trailer film My Generation, membuat aku penasaran apa yang dilakukan orang tua dari keempat anak-anak muda tersebut, sampai mereka bertingkah konyol dan membuat gaduh, serta tuntutan hak apa yang mereka inginkan. Nah bagi yang membaca blog ini, penasaran juga kan konflik apa yang mereka hadapi dan hak apa yang anak-anak jaman sekarang inginkan dari orang tuanya masing-masing

Yuk kita saksikan sama-sama Film MY GENERATION, tanyang tanggal 9 November 2017, film ini hasil garapan sutradara UPI dan dibintangi oleh arti-artis pendatang baru. saranku sih semua orang tua harus ikut nonton sepertinya, dan boleh membawa anak-anak remajanya yang sudah berusia 13 tahun keatas, biar bisa sambil memberikan penjelasan tentang pesan moral dalam film ini.

Oke semoga informasi tentang film ini bisa bermanfaat untuk kita semua ya, jadi jangan dulu berfikiran negatif mengenai tayangan film-film remaja masa kini, karena pembuatan film yang tidak mendidik, tentunya tidak akan mendapatkan ijin untuk tayang kan, maka mari kita berfikir positif dalam menanggapi segala hal. Yuk dilihat dulu tayangan video trailernya ya...... 



Kamis, 19 Oktober 2017

Seminar Mengenal Digital Marketing Dalam Event HUT CNI Indonesia ke 31

Pertama aku ingin ucapkan Happy Birthday untuk CNI Indonesia yang ke 31 tahun, sukses selalu dan semakin berkembang dalam menjalankan bisnisnya….Aamiin. 

Tidak terasa ya usia CNI sudah memasuki 31 tahun, dulu aku tau tentang CNI saat berada dibangku SMA kalo tidak salah, ada seorang teman kakak sepupuku yang menjalankan bisnis CNI, dan pernah ikut seminarnya juga di suatu hotel di Bandung. Waktu itu aku hanya mengantar kakakku saja sih, tapi walaupun usia ku masih muda, ko aku merasa tertarik ya dengan kesuksesan teman kakakku itu. Beliau berbisnis bareng suaminya, wah pikirku asik juga bisa bisnis bareng suami, cita-citaku sih seperti itu, bisa kompak sama suami dalam menjalankan bisnis. Yah mudah-mudahan suatu hari keinginanku bisa tercapai, usaha apapun yang penting selalu kompak dengan suamiku….Aamiin.

Oh iya ngomong-ngomong tentang CNI kebetulan nih hari rabu kemarin tanggal 18 Oktober 2017, aku diundang ke acara yang diselenggarakan di kantor pusat CNI Indonesia. Kantor pusat CNI itu berada di daerah Kebun Jeruk tepatnya di Gedung CNI Creative Center (C3) Jl. Puri Indah Blok 02 No. 1-3 Jakarta. Terimakasih banyak untuk komunitas Indonesian Social Blogpreuneur (ISB) yang memberi kesempatan untuk aku hadir di event CNI Indonesia, yang diselenggarakan selama 3 hari, mulai dari tanggal 18 – 20 Oktober 2017.

Dalam rangka menyambut ulang tahunnya yang ke 31 ini, CNI mengadakan berbagai macam acara. Ketika sampai digedung CNI, aku dan teman-teman langsung berkeliling di area gedung CNI lantai dasar. Suasananya rame banget udah kayak mall, banyak booth-booth bazar makanan dan minuman, booth pakaian juga ada beberapa, trus booth kosmetik juga ada dan masih banyak lagi. Tentunya juga tersedia showroom untuk produk-produk CNI khususnya, seperti showroom kosmetik, showroom perlengkapan memasak, showroom atau kedai coffie dan supermarket kecil yang semuanya merupakan produk-produk CNI Indonesia.


Event HUT CNI ke 31

Selain bazar-bazar diatas, ada juga rangkaian kegiatan acara lainnya yang diselenggarakan CNI yaitu Cek Kesehatan, Donor Darah, Workshop Food Fotograph dan Seminar & Talkshow Idea Preneur dan lain-lain. Acara yang pertama aku ikuti bersama teman-teman blogger lainnya yaitu Workshop Food Fotograph.

Workshop Food Fotograph

Setelah puas berkeliling dan foto-foto, aku dan teman-teman naik ke lantai 2 untuk mengikuti workshop Food Fotography, disana banyak ibu-ibu yang tak lain adalah member CNI yang sedang diberi arahan untuk belajar food fotograph. Waahhh….jangan kalah dong nih sama ibu-ibu yang usianya mungkin sekitar 50an keatas, mereka sangat antusias untuk belajar food fotograph bersama Mr. Zhow. 


Contoh Food Fotograph (dok. Pribadi) 

Food fotographi disini dimaksudkan untuk melatih para membernya, bahwa dalam menjual produknya terutama produk minuman harus terlihat bagus dan fotogenik. Lalu bisa di posting di social media untuk menarik para pelanggan, dan CNI ingin agar supaya para member bisa memanfaatkan perkembangn teknologi digital yang sedang marak di dunia online. Setelah selesai mengikuti workshop fotograph, lalu kita menikmati makan siang dulu sambil istirahat.

Kemudian pada jam 13.00 kita mengikuti acara selanjutnya yaitu Seminar & Talkshow Idea Preneur. Apa sih Idea Preneur ? 

Menurut penjelasan yang aku kutip dari google, Idea Preneur adalah penyatuan dari 2 kata yaitu Idea dan Enterpreneur, artinya Gagasan dan Usahawan. Kedua istilah ini berkaitan erat dengan para pelaku usaha yang ingin mengubah atau berinovasi dalam usahanya atau bisnisnya. Karena dalam melakukan bisnis di jaman Digital ini, perlu adanya pengembangan inovasi dalam melakukan penjualan. Dibawah ini aku akan menjelaskan beberapa hal materi yang aku dapatkan dari hasil seminar tersebut. 

Note : Dibaca baik-baik ya biar kita sama-sama bisa menambah wawasan….


Materi Seminar & Talkshow “Idea Preneur” 

Dalam sesi talkshow ini, menghadirkan 3 orang pembicara atau narasumber, yang pertama adalah Bapak atau baiknya sih di panggil mas atau kakak aja ya, soalnya orangnya masih muda. Baiklah kalo begitu aku sebut saja mas Ryan Batchin, adalah seorang Praktisi Google yang akan membahas tentang Digital Marketing. Oh iya tema dari talkshow ini adalah “Jadi Entrepreneur Hebat Dengan Memanfaatkan Dunia Digital”.


Ryan Batchin seorang Praktisi Google 

Menurut penjelasan mas Ryan bahwa pada jaman dahulu, strategi marketing para pelaku bisnis itu berupa offline, cara memasarkannya ada yang melalui iklan tayangan di Televisi, ada yang memasang iklan menggunakan Baliho, melalui Katalog dan lain-lain. Namun fakta menunjukan bahwa saat ini, 70% konsumen lebih tertarik melakukan pencarian barang melalui Internet dan 60% nya konsumen akan melihat iklan di televisi lalu kemudian akan tetap melakukan pencarian di Internet.

Hal tersebut memang sudah menjadi kebiasaan orang-orang di jaman sekarang ini kan, termasuk aku sendiri lebih suka melihat atau mencari barang yang mau aku beli melalui internet, menurutku ini sebagai gambaran untuk mengetahui harganya terlebih dahulu. Alasan lainnya karena Internet lebih mudah di akses selama 24 jam dan tentunya bisa dilakukan dimana saja, kapan saja tanpa ada batasan waktu, sampai kuota internet kita habis tentunya…iya kan.

Melalui Media Apa Saja Sih Pencarian Dalam Internet

Pada prosesnya para pelaku bisnis lebih sering mempromosikan barang dagangannya di ranah Social Media, yaitu seperti Facebook dan Instagram. Akses Social media sebenarnya ada banyak, namun Facebook dan Instagram lebih banyak penggunanya. Akan tetapi jika merunut pada Jumlah Populasi pengguna Trend Digital di Indonesia, populasi tertinggi kebanyakan orang membuka youtube dan tentunya orang akan terlebih dulu membuka Search General Browsing, yaitu membuka pencarian melalui Google.

Proses Digital Marketing juga lebih mudah dan bisa menargetkan konsumen sesuai target produk yang dipromosikan, misalnya untuk barang A yang kita jual ini lebih cocok targetnya itu untuk orang tua atau anak muda, disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Selain itu Biaya entertainnya cenderung lebih rendah, tapi dampak pendapatannya lebih tinggi. Maksudnya adalah biaya untuk iklan promosi jauh lebih murah dibandingkan harus promosi melalui iklan televisi atau memasang Baliho.

Selain melalui beberapa hal diatas, konsep Digital Marketing juga bisa diakses melalui Website, Blog dan Fanpage dalam Facebook. Melalui website kontennya bisa lebih detil dan lengkap, produk-produk yang akan dipasarkan bisa masuk dalam website semua dan variannya bisa dipisahkan, kalo dalam Blog tidak terlalu banyak karena kapasitasnya kecil, serta foto-foto yang ditampilkannya juga terbatas, namun di dalam blog kita bisa memperjelas dengan lebih detil mengenai keunggulan produknya.

Akan tetapi masih menurut mas Ryan pengaturan membuat website agak lebih ribet sih, jadi untuk usaha menengah ke bawah lebih baik menggunakan Facebook atau Instagram untuk akses yang lebih mudah. Misalnya untuk memposting produk yang lebih lengkap dan detil kita bisa memanfaatkan Fanpage dalam facebook. Karena kekuatan dalam social media yaitu kita bisa menjalin relasi dan membangun komunikasi dengan customer dan calon customer, begitu pun sama halnya dengan platform social media lainnya.

Tips Berjualan Di Social Media

Untuk tipsnya jika ingin memposting produk di social media, kualitas foto harus bagus, maka itu sebabnya kita perlu belajar food fotograph yang sudah aku contohkan diatas, terutama postingan di instagram kebanyakan orang-orang akan tertarik pada foto-foto yang bagus dan menarik, selain bisa mendatangkan followers, juga orang akan banyak memberikan tanggapan. Nah disinilah orang akan tertarik membeli produk kita.

Selain itu untuk menggunggah postingan promosi di facebook kalo bisa 2 postingan dalam 1 hari, agar teman-teman dalam facebook kita tidak menganggap spamming pada postingan kita serta memberikan story telling untuk menjelasan produknya dan lakukan komunikasi aktif dengan konsumen di facebook tapi jangan terkesan memaksa atau lakukanlah secara soft selling saja. 

Jadi kesimpulannya manfaatkanlah perkembangan teknologi yang akan memberikan kita peluang bisnis yang cukup besar seperti yang di sampaikan oleh pembicara ke 2 yaitu Bapak Ahmad Jazuli, SE yaitu seorang Bussiness Entrepreneur CNI Indonesia, beliau menjelaskan bahwa dalam bisnis CNI peluang untuk sukses cukup besar, karena dahulu beliau adalah hanya seorang pegawai biasa di CNI.


Ahmad Jazuli, SE (Business Entrepreneur CNI) 

Dalam seminar ini juga ada bintang tamunya loh, dia adalah seorang Finalis Indonesian Idol 2014 bernama Windy Ghemary, selain sebagai penyanyi beliau juga salah seorang pelaku bisnis di bidang jasa kuliner dan travel. Selain mba Windy, ada juga beberapa artis lainnya yang saat ini berbisnis di berbagai bidang dan juga memanfaatkan media social untuk mempromosikan bisnisnya, dan yang paling sering mereka mengaksesnya di Instagram dan youtube.


Windy Ghemary (Finalis Indonesian Idol 2014) 

Untuk penjelasan mengenai CNI Indonesia, aku sudah pernah menjelaskan di blog aku sebelumnya, baca DISINI yaaa…..Terimakasih.
Semoga pengetahuan tentang Digital Marketing ini berguna dan bermanfaat untuk para pembaca blog ini.

Selasa, 17 Oktober 2017

Film JOMBLO Tayang Dalam Versi Baru

Film JOMBLO karya Adhitya Mulya dan Ifan Ismail merupakan Remake dari versi terdahulu, yaitu film bergenre komedi garapan sutradara Hanung Bramantyo. Pada film Jomblo versi jadulnya aku sih udah sering nonton, dan ga pernah bosan nonton kalo ada tayang ulangnya di televisi. Kebetulan aku memang menyukai aktor film pemeran utamanya yang versi jadul yaitu Ringgo Agus Rahman yang berperan sebagai (AGUS)

Selain itu kebetulan aku juga memfavoritkan sang sutradaranya, karena aku suka karya-karya film terdahulunya seperti Ayat-ayat Cinta, Habibie & Ainun, Rudy Habibie dan Surga Yang Tak Dirindukan. Film-film tersebut sukses menguras air mata para penontonnya, termasuk aku sih…hihihi. Kemudian karya film komedinya seperti Warkop DKI Reborn, Jomblo versi lama dan tahun ini ada film Jomblo Versi baru, dimana film ini di Produksi oleh Falcon Picture dan Dapur Film


Baik Jomblo versi lama atau versi baru ceritanya sih hampir sama, namun ada pengembangan cerita yang dibuat agak lebih beda dari versi lama. Ide cerita dari film Jomblo ini diangkat dari novel komedi karya Adhitya Mulya yang terbit pada tahun 2003, dan berhasil pertama kali di filmkan pada tahun 2006. Pemeran-pemeran dalam versi barunya yang mulai tayang tanggal 5 Oktober 2017 tersebut yaitu, Ge Pamungkas sebagai AGUS, Richard Kyle sebagai DONI, Arie Kriting sebagai BIMA dan Deva Mahenra sebagai OLIP. Film ini mengisahkan tentang 4 orang cowok yang masih Jomblo dan mempunyai sudut pandang yang berbeda dalam menghadapi cewek gebetan. 

Keempat Pemeean Utama, ki-ka : Olip, Bimo, Agus dan Doni

Kisah ini bermula ketika mereka iseng nongkrong di kampus bukan tempat mereka kuliah, dengan maksud mencari gebetan. Lalu cerita dimulai dengan bertemunya Agus dengan teman masa lalu nya yaitu RITA yang diperankan oleh Natasha Rizky. Agus mempunyai karakter penyabar dalam menghadapi ceweknya, singkat cerita Rita menerima cintanya Agus, akan tetapi Agus merasa tidak nyaman dengan aturan-aturan Rita, karena Rita agak egois dan banyak aturan. Tapi saking cintanya, Agus harus sabar dan menuruti semua permintaan Rita. Seiring dengan berjalannya waktu dan menjalankan rutinitas pertemuannya dengan Rita yang begitu-begitu aja, membuat Agus mulai merasa bosan, cape dan jenuh. 

Lain halnya dengan Doni, cewek cantik mana sih yang ga dipacarinya. Hampir semua cewek cantik dan seksi yang berada dikampusnya sudah dipacarinya, bahkan yang diluar kampusnya sekalipun. Doni pun sering memamerkan aksi gilanya ketika sedang bersama Cewek pada Agus, sampe-sampe Satpam Kampus tempat Rita kuliah pun dipacarinya. Pemeran Doni sangat cocok sekali diperankan oleh Richard Kyle yang bertampang playboy, karena hobbynya memang suka mempermainkan perasaan cewek. 

Kemudian cerita tentang Bimo, dia sangat susah sekali dapetin cewek yang dia suka, dan Bimo yang berasal dari Jogja ini orangnya paling beda sendiri diantara ke 3 temannya. Bimo berwajah ambon tapi lahir di Jogja, karakternya lucu dan menjadi satu-satunya orang yang paling sering di tolak cewek, ada satu orang cewek yang selalu jd incerannya, namun cewek tersebut malah menyukai Agus, nah loh dari sini udah ketauankan bagaimana dengan kisah cintanya Agus dan Rita. Cewek ini bernama LANI yang diperankan oleh Indah Permatasari. 

Sedangkan Olip kisah cintanya cukup membuat gereget kalo menurut aku, dia rela menjomblo karena dia naksir cewek dikampusnya bernama ASRI yang diperankan oleh Aurellie Moeremans. Tapi saking takut cintanya ditolak, dia tidak mau berusaha mendekati cewek tersebut, Olip hanya menjadi fans misteriusnya Asri. Banyak sekali koleksi foto-fotonya Asri yang diambil secara diam-diam oleh Olip, sampe suatu saat Doni memberi support kepada Olip untuk berani mendekati Asri. 

Pada saat Olip mulai memberanikan diri untuk mendekati Asri dan mengajak kenalan, Olip malah mendapat perlakuan yang tidak diharapkan. Asri dengan tegas menolak untuk diajak berkenalan oleh Olip, dan Olip semakin tidak berani mendekatinya lagi. Akan tetapi karena masih penasaran dengan Asri, Olip meminta Doni untuk mendekati Asri, dengan harapan Doni bisa memperkenalkan Olip kepada Asri. 

Tapi yang terjadi malah diluar dugaan Olip. Ada apa ya di cerita selanjutnya, lalu bagaimana kisah cintanya Agus dan Rita, Kemudian bagaimana dengan perjuangannya Bimo dalam mengejar cewek gebetannya…??? 

Oke sampai disini dulu ya ceritanya, kalo diceritain semuanya malah jadi ga seru dong buat yang belum nonton. Kalo menurut pendapatku nih, cerita dalam  Film Jomblo versi baru ini, selain pemerannya baru semua, ceritanya juga lebih detail dari film versi lama. Jadi membuat cerita ini lebih menarik dan tidak menggantung. Selain itu tau sendiri kan pemeran Agus (Ge Pamungkas) yang lebih all out kalo dalam memainkan peran-peran kocaknya. 

Aktris dan Aktor pemeran pendukung lainnya ada Deswita Maharani dan Joe P Project yang berperan sebagai kakak kandung dan kakak ipar Agus, lalu ada Nikita Mirzani si satpam kampus yang seksi dan cantik tadi serta Hana Prinantina sebagai Tika, nah siapa ya gadis bernama Tika ini..? Oke lah dari pada penasaran mending nonton aja langsung, mumpung masih tayang nih di Bioskop. 

Pesan yang disampaikan dalam film ini adalah bahwa bagi semua makhluk cowok baik yang muda atau sudah berumur dan yang masih Jomblo atau sudah punya pacar apalagi yang sudah menikah, jangan pernah mempermainkan perasaan perempuan dan harus bisa menghargai yang namanya pertemanan atau persahabatan, jangan mengutamakan nafsu demi kepuasan diri sendiri. 

Oke....selamat nonton yaaaa.....

Minggu, 15 Oktober 2017

Dukung Kampanye Philips Lighting “Terangi Masa Depan“ Untuk Program UNICEF “Anak Kembali Sekolah”

Pada jaman serba digital ini ternyata masih banyak anak-anak yang putus sekolah, semua rata-rata dikarenakan keadaan ekonomi. Yups, hal itu sudah bukan lagi masalah yang baru sih ya, sudah sejak dulu didaerah-daerah terpencil khususnya banyak anak-anak yang terputus pendidikannya, dimana sebagian besar penyebabnya adalah kemiskinan, lokasi yang terpencil dan disabilitas fisik atau mental. 

Pertanyaannya adalah…bagaimana sih cara kita untuk peduli sama anak-anak putus sekolah ? 


Banyak sekali program-program baik itu dari pemerintah maupun organisasi atau individu yang peduli akan anak-anak yang kehilangan hak nya untuk mendapatkan pendidikan, terutama didaerah pedesaan atau daerah terpencil. Dalam hal ini salah satu organisasi pemerintah yaitu UNICEF mendapat dukungan dari Philips Lighthing Indonesia,dengan membuat suatu program pendanaan dengan menargetkan 2 milliar rupiah dari hasil penjualan paket Philips LED khusus yang berlogo UNICEF peride Oktober 2017 sampai Maret 2017

Pendanaan Program UNICEF ini disebut “Kembali ke Sekolah” yang didukung kampanye “Terangi Masa Depan” dari Philips Lighting. Program ini resmi diluncurkan pada tanggal 3 Oktober 2017, dimana tujuan utama dalam program ini adalah membantu 5000 anak, baik yang putus sekolah untuk mendaftar ulang dan mendaftar sekolah untuk pertama kalinya. Dan target daerahnya yaitu di Kabupaten Brebes (Jawa Tengah), Mamuju (Sulawesi Barat), serta diperluas ke Bone dan Takalar (Sulawesi Selatan). 

Peresmian Program "Terangi Masa Depan" 

Menurut Mrs. Lauren Rumble sebagai Deputy Representative UNICEF Indonesia, bahwa “Program ini juga bertujuan untuk memberantas kemiskinan di daerah terpencil, agar anak-anak mendapatkan hak pendidikannya, agar suatu saat kelak mereka dapat bersekolah dan mendapatkan pendidikan yang berkualitas, kemudian bisa mendapatkan pekerjaan yang layak untuk membantu perekonomian keluarganya.” 

Lauren Ramble sebagai Deputy Representative UNICEF Indonesia 

Terkadang aku sendiri suka miris melihat tayangan di televisi, tentang anak-anak yang bersemangat pergi ke sekolah walaupun akses jalanan yang mereka lalui sangat ekstrim atau berbahaya, seperti misalnya harus menyeberang sungai, atau melewati areal pesawahan, dan bahkan melewati hutan. Oleh sebab itu kita sebagai masyarakat yang boleh dikatakan mampu, tidak ada salahnya mendukung program ini.

Dukungan kita sebagai konsumen dengan hanya membeli paket bohlam LED Philips yang berlogo UNICEF, dengan ketentuan “Beli 3 Gratis 1”, maka kita akan secara langsung ikut memberikan sumbangan sebesar 2000 rupiah dari setiap pembelian 1 paket bohlam LED tersebut. Selain adanya kepedulian kita dalam masa depan anak bangsa, kita juga sudah tidak perlu meragukan lagi kualitas lampu-lampu merk Philips.

Generasi baru dari bohlam LED Philips memberikan pencahayaan yang nyaman dimata, tidak silau dan sebaran cahaya lebih merata. Selain itu juga membantu mengurangi stress pada mata, terutama untuk anak-anak yang harus belajar di malam hari untuk jangka waktu yang cukup lama.

Seperti yang dikatakan oleh Mr. Rami Hajjar sebagai Country LeaderPhilipsLighting Indonesia bahwa, “kami dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui inovasi dan kontribusi sosial kami pada masyarakat, tantangan pendidikan yang dihadapi anak-anak Indonesia adalah tanggung jawab kita semua, oleh sebab itu kami bekerja sama dalam lintas sektoral untuk membuat perubahan dan menjalin kemitraan dengan UNICEF untuk mendukung pendidikan di Indonesia.”

Rami Hajjar sebagai Country Leader Philips Lighting Indonesia 

Semoga dengan adanya kampanye Philips Lighting Indonesia yang mendukung program UNICEF ini dan juga adanya bantuan dari kita sebagai masyarakat, maka cita-cita untuk masa depan anak bangsa akan terwujud dan menjadikan Negara ini lebih maju dengan adanya Generasi Penerus, atau setidaknya dapat mengurangi tingkat kemiskinan di Negara Indonesia.



Selasa, 10 Oktober 2017

Hari Batik Nasional Menjadi Momen Kemeriahan Pasaraya Grande

Batik adalah kain tradisional Indonesia yang menjadi icon atau ciri khas budaya Negara Indonesia dan Batik juga merupakan simbol dari setiap daerah di Indonesia. Diberbagai daerah di setiap wilayah Indonesia kain batik mempunyai karakteristik dan ciri tersendiri. Jadi kain batik ini sangat identik dengan ke khasan coraknya. 

Pada saat aku berkunjung ke Musieum Tekstil beberapa bulan yang lalu, disana terdapat berbagai macam corak batik dari berbagai daerah. Akhirnya aku menjadi sedikit mengerti mengenai corak-corak batik, dan ternyata jika diamati dengan seksama, corak batiknya itu menggambarkan suatu ciri khas dari mana batik itu berasal. 

Ada pula batik yang mempunyai makna tertentu seperti misalnya kain batik Basure yaitu kain batik bermotifkan arab atau Lafazd Allah yang dipakai untuk menutupi keranda orang yang meninggal dunia dan ada juga kain batik yang dipakai untuk menyembuhkan orang yang sakit, menurut kepercayaan penduduk setempat di daerah Jambi.

Dengan keaneka ragaman corak dan makna pada kain batik tersebut, menjadikan batik sebagai lambang budaya Indonesia yang patut kita hargai dan peringati. Oleh sebab itu pemerintah memperingati hari Batik Indonesia menjadi Hari Batik Nasional yang setiap tahunnya selalu diperingati pada tanggal 1 Oktober 2017. 

Untuk memperingati Hari Batik Nasional tersebut, Pasaraya Grande membuat suatu event dengan tema "Tribute To Batik Indonesia", dalam event tersebut ada berbagai macam acara dan lomba yang berlangsung dalam 1 hari yaitu pada tanggal 2 Oktober 2017 dan acara tersebut berlangsung sampai tanggal 8 Oktober 2017. 

Acara-acara yang diselenggarakan di Pasaraya Grande tersebut antara lain : 

1. Acara pertama di mulai dengan Tarian Tradisional 

Pokoknya di event Tribute Of Batik Indonesia ini semua menampilkan budaya Indonesia, begitupun juga dengan Tarian Tradisional ini. 


Tari Tradisional

2. Fashion Show Batik koleksi Pasaraya Grande 

Koleksi baju Batik di Pasaraya Grande ditampilkan dengan beragam model batik yang kontemporer, hal ini dijelaskan pula oleh Ibu Lisa Wijaya sebagai Assisten Flour Manager Pasaraya Grande, bahwa koleksi baju batik yang dijual di Pasaraya menyesuaikan fashion anak muda jaman sekarang atau anak millennial. Karena hal ini bertujuan untuk mengangkat citra kain batik nusantara, agar anak muda jaman sekarang pun ikut melestarikannya. 


Fashion Show Batik koleksi Pasaraya

Fashion Show Batik Koleksi Pasaraya

Menurut ibu Mediana Latif sebagai CEO Pasaraya, mengatakan bahwa event Batik ini selalu di meriahkan setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda, dengan tujuan membantu mengembangkan Industri pengusaha kecil. Untuk yang penasaran ingin melihat koleksi batiknya bisa di buka website www.pasarayastore.com atau langsung datang ke Pasaraya Grande Blok M. 


Kika : Ibu Lisa Wijaya, Ibu Mediana Latief dan MC


3. Lomba Foto Outfit Of The Day (OOTD) 

Ketentuan dalam lomba foto OOTD ini adalah peserta harus menggunakan baju Batik dan bisa foto sendiri, bersama dengan pasangan, foto bersama anak dan bisa juga bersama teman-teman atau bersama keluarga. Hadiah lombanya keren banget loh, mendapatkan uang tunai untuk Juara pertama Rp. 500.000, Juara 2 Rp. 300.000 dan Juara 3 Rp. 200.000.


Foto OOTD aku 

4. Ada pula Berbagai macam Bazzar makanan dan minuman


Bazzar makanan dan minuman

Selain acara-acara yang aku sebutkan diatas, di hari-hari berikutnya juga diselenggarakan berbagai macam acara seperti: Demo Make Up, Workshop Tutorial Hijab, Workshop Membatik, dan lain-lain.

Semua acara yang terselenggara di Pasaraya Grande ini dimeriahkan dan dihadiri juga oleh suatu komunitas yang disebut Komunitas Wajah Bunda Indonesia (WBI) yang dibentuk oleh Bunda Fiki Maulani bersama para Adminnya, yaitu suatu komunitas khusus bunda-bunda Indonesia, yang mengikuti kegiatan berbagai macam event-event Talkshow, Workshop, pelatihan membuat makanan dan lain-lain.