Jumat, 15 September 2017

Semua Serba Online Dalam Memilih Mobil Bekas Dan Asuransi

Hallo semua, aku mau nanya nih....
Suka ada kekhawatiran ga setiap mau membeli barang bekas pakai, terutama mobil. Sudah pasti ada ya, namanya barang bekas pakai, kita tidak tahu apa yang sudah terjadi pada saat dipakai tangan pertama. Dulu aku juga gitu, tapi suami selalu meyakinkan, asal pada saat memilih, kita mengerti fungsi dan keadaan mesin mobil. 

Yups betul juga sih, karena dulu pernah punya pengalaman membeli mobil bekas tanpa mengerti keadaan mesin mobil. Alhasil bikin kecewa sampe dua kali....Iya dua kali loh. Hanya karena percaya sama teman sebagai penjualnya, haduh niat mau ngirit duit malah jadi boros duit. Body mobil sih oke, tapi mesinnya bermasalah banget. 

Jadi inget memori beberapa tahun yang lalu, niatnya mau bawa anak ke dokter, tiba-tiba di jalan mesin mobil mati, pas banget ditengah perempatan lampu merah. Akhirnya yang tadinya mau ke dokter anak malah jadi ke bengkel mobil....huft kesel banget deh. 

Kemudian ditukar tambah lah dengan mobil yang lain, katanya tahunnya lebih muda dan mesin lebih oke. Tapi nyatanya sama aja, permasalahan tidak beda jauh, masih tetap bermasalah dengan mesin. Di mobil yang ke 2 ini, jika mobil kelamaan dipakai karena terjebak macet atau perjalanan terlalu lama, lalu mesin akan panas kemudian mati. 

Kebayangkan saat ditengah kemacetan mesin mobil mati, dimana pada saat itu kita sedang berada di perjalanan ke Puncak. Haduuuuh....tidak pikir panjang lagi deh. Langsung dihempaskan aja lah, dan sampai sekarang belum terpikirkan untuk membeli mobil lagi.

Namun kebutuhan untuk mempunyai mobil lagi sih masih tetap ada, dan pastinya bakal beli yang bekas lagi, karena untuk beli yang baru, uangnya tidak cukup, kecuali kalo mau kredit. Tapi kalo untuk kredit harus berpikir berkali-kali lah, aku tidak mau punya hutang, jadi dari pada beli baru tapi kredit mending beli yang bekas lagi. Tapi kali ini harus pintar-pintar memilih, dan yang paling penting, harus lebih tahu tentang kualitas mesinnya.

Disaat ada niatan buat beli mobil bekas lagi, beruntungnya saya ada undangan dari Komunitas ISB, untuk hadir pada Talkshow yang bertema "Tips Memilih Asuransi Online Dan Mobil Bekas". Event ini diselenggarakan oleh Mobile123.com yang menghadirkan narasumber dari MSIG Insurance dan Blue Bird Group. 

Apa sih Mobile123.com ?

Mobile123.com ini adalah Portal untuk jual beli kendaraan secara online no. 1 di Indonesia. Ada berbagai macam kendaraan mobil, dari mulai merk, tipe, sampai harganya semua sudah tertera. Kita tinggal klik websitenya Disini, kemudian kita pilih mobil merk apa yang kita cari, dan juga disesuaikan dengan harga yang kita mau. 

Dan dalam mobile123 juga ada penjualan mobil bekas. Kebetulan pada talkshow tersebut, ada beberapa tips untuk memilih mobil bekas, agar kesalahan yang dulu tidak terjadi lagi. 

Menurut pembicara dari Blue Bird Group, yaitu bapak Hery Sugiarto sebagai General Manager Blue Bird Used Card, bahwa "Membeli mobil itu adalah tindakan konsumtif atau suatu tindakan dengan tujuan mengurangi atau menghabiskan daya guna suatu benda, baik berupa barang atau jasa, untuk memenuhi kebutuhan serta kepuasan secara langsung."

Jadi menurut pengertian diatas tujuan seseorang dalam membeli mobil itu adalah untuk konsumsi, dimana kebutuhan akan kendaraan menjadi sangat penting saat ini. Seperti halnya membeli pakaian, kebutuhan akan kendaraan pun menjadi sangat penting untuk menjalankan aktifitasnya. Yups...betul sekali sama persis dengan alasan aku untuk mempunyai kendaraan mobil.

Beberapa tips penting yang disampaikan Bapak Hery adalah sebagai berikut :

1. Cek semua bentuk exterior mobilnya
Pastikan mobil berada pada permukaan yang rata, lalu periksa semua ban mobil,  kemudian pastikan apakah ada bagian mobil yang melorot atau turun, serta periksa juga kondisi cat mobil, perhatikan adanya titik karat, penyok atau goresan.

2. Cek bagian mesin 
Untuk memeriksa bagian mesin, periksa kap mesinnya apakah ada penyok dan kerusakan atau karat, periksa selang-selang dan sabuk-sabuknya, lalu periksa segala jenis kebocoran atau koros pada mesin mobil, lalu angkat tongkat pengukur oli transmisi, lihat warnanya apakah berwarna merah, karena warna oli yang bagus seharusnya berwarna merah jambu atau merah.

3. Perhatikan interior mobil
Untuk interiornya, periksa jok dan sarungnya, apakah ada sobekan, lubang, noda atau kerusakan lainnya. Periksa pendingin udara mobil, apakah masih bagus. Untuk mobil yang yang telah memiliki komputer mesin, perhatikan peringatan yang mungkin akan muncul berupa lampu atau suara, ketika anda menyalakan mesin mobil atau saat memutar kunci ke posisi ON

4. Lakukan test drive
Periksa rem dengan menekan dalam-dalam pada saat berhenti mendadak, tapi jangan sampai selip. Periksa adanya guncangan kecil pada kecepatan 72/88/105/121 km/jam.

5. Periksa surat-surat kendaraan
Cek semua surat kendaraan, jangan sampe ada yang terlewat, seperti : STNK (pajaknya harus sudah terbayarkan sesuai waktu), BPKB (apakah kondisinya baik dan cek kesesuaian antara tulisan di BPKB dan STNK), periksa faktur pajaknya (apakah kondisinya baik dan cek kesesuaiannya).

6. Tips lainnya, carilah pembanding kendaraan lain baik secara online ataupun offline, akan lebih bagus lagi kalo mau melihat cek fisik mobil sambil bawa mekanik mesin atau body mobil, lalu biasakan membeli ditempat yang terpercaya.

Selain menjelaskan tentang tips-tips diatas, Bapak Hery juga menjelaskan tentang program terbaru dalam Blue Bird Group. Program tersebut bernama CAReady.

CAReady dalam Blue Bird

CAReady adalah suatu program baru dari Blue Bird Group yang menyulap kendaraan bekas taksi-taksi Blue Bird menjadi kendaraan pribafi yang siap pakai. Waw...amazing bukan, armada-armada taksi biru yang sangat elegant itu, kini berubah jadi mobil-mobil untuk pemakaian pribadi. Dengan berbagai variasi warna yang berbeda-beda tapi tetap menampilkan kualitasnya dan disesuaikan dengan standard perawatan blue bird group.


Mobil Ex Taksi Blue Bird

Aku dulu kalo memilih naik Taksi, pasti aku pilih Blue Bird, karena menurutku taksi blue bird itu sangat elegant, walaupun aku awam atau buta mengenai mesin dan interior mobil, tapi untuk mobil jenis taksi, terlihat sudah mewah dan tentunya nyaman dong. Untuk Kualitas mesinnya juga tidak usah diragukan lagi dan Interior dalam mobilnya menurutku cukup luas untuk ukuran mobil sejenis sedan.

Jadi kalo mau cari mobil jenis yang sama, tentu aku tidak ragu lagi untuk pilih-pilih mobil CAREady. Dan tidak usah khawatir, karena semua perlengkapan atau atribut taksi semua akan di lepas, Body mobil akan di cat kembali sesuai warna yang diinginkan konsumen, mesin akan diperiksa dengan memakai peralatan khusus, sesuai standard blue bird tentunya dan Interior dalam mobil akan di rapihkan, juga sudah lulus quality control Blue Bird. Untuk lebih jelasnya silahkan klik Disini

Tentang MSIG Online

Biasanya ada kendaraan pasti ada Asuransi kendaraan dong, agar mobil kita terjaga lebih aman dari segala macam musibah atau hal lainnya yang tidak kita inginkan. Pada talkshow tersebut, ada juga penjelasan tentang Memilih Asuransi Online dari MSIG Online yang dijelaskan oleh 2 orang pembicara dari MSIG yaitu Bapak Bernardus P. Wanandi sebagai Vice President Director dan Ibu Enny sebagai Senior General Manager Production.


Kika : Bpk. Hery dari Blue Bird Group
Ibu Enny & Bpk. Bernardus dari MSIG Insurance 

Menurut penjelasan dari Bapak Bernardus P. Wanandi, dalam memilih asuransi perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini :
  • Pastikan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan), merupakan regulator dari sebuah kegiatan industri keuangan di Indonesia.
  • Pastikan asuransi tersebut memiliki reputasi yang diakui dengan baik
  • Dikenal dan berpengalaman secara Internasional
  • Menawarkan cara pembelian yang mudah dan pembayaran yang aman
  • Juga memberikan E-Policy
Sedangkan tentang MSIG Online yang di jelaskan oleh ibu Enny adalah sebagai berikut

MSIG Online adalah bagian dari PT. Asuransi MSIG Indonesia, yaitu salah satu perusahaan umum patungan terbesar di Indonesia, yang merupakan gabungan dari anggota grup asuransi MS & AD. Perusahaan asuransi MS & AD ini adalah dua perusahaan asuransi Jepang dan Indonesia, yang telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 40 tahun. 

Misi dari MSIG adalah memberikan pelayanan kemanan dan keselamatan bagi perorangan atau perusahaan dimana pun berada. Untuk di Asia, disebut MSIG Asia sebagai perusahaan induk regional, yang tujuannya terfokus pada kebutuhan asuransi nasabah dan perusahaan selama lebih dari 100 tahun.

MSIG Online ini adalah pengembangan dari Asuransi Konvensional ke Digital, semua proses pelayanan dilakukan secara Online. Dari mulai pendaftaran, memilih bentuk perlindungan sampai ke proses nya, dan menerima polis asuransi melalui Email. Semua proses ini dilakukan dengan cepat, tanpa harus datang ke venue dan mengantri, sangat mudah dan praktis bukan.

Untuk proses mengklaim, menurut ibu Enny agar prosesnya bisa lebih cepat, maka lakukan Report claim dengan cepat dengan menyiapkan invoice dan ikuti instruksi untuk mengajukan claim, kemudian rekam semua aksesories yang ada di dalam mobil. Dengan adanya kerjasama yang cepat dari nasabah, maka proses pengajuan claim pun akan lebih cepat terselesaikan. Link terkait untuk lebih jelasnya, silahkan klik Disini

Kika : Perwakilan dari mobile123, MSIG Insurance & Blue Bird Group

Demikian penjelasan tentang informasi yang aku dapat dari Talkshow yang sangat bermanfaat diatas. Tentu dong bermanfaat banget buat aku sendiri, karena aku ga mau kesalahan yang dulu terulang lagi. Oke...terimakasih kuucapkan untuk Komunitas ISB dan seluruh pihak penyelenggara atas kesempatan yang diberikan ini. Semoga informasi ini juga bermanfaat untuk para pembaca semua. 


This entry was posted in

36 komentar:

  1. Apek alias sial banget dua Kali salah memilih saat beli mobil bekas. Tapi sekarang Udah Pinter dong memilihnya Dan Yakinlah pasti bagus. Pengalaman adalah guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi... Iya itu pengalaman buruk banget mpo, semoga besok2 ga terjadi lg ya. Aamiin

      Hapus
  2. ternyata selain sekedar bisa online belinya, asuransi msig yang travel insurance memang punya kelebihan lebih banyak ya daripada produk asuransi sejenis di pasaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali dan untuk prosesnya jg sangat mudah dan cepat

      Hapus
  3. Good idea ya kalo beli mobil bekas bawa montir sendiri. Biar lebih pasti kualitasnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeesss betul sekali teh,lebih akurat ya. Jadi ga khawatir lagi kalo mau beli yg bekas lagi.

      Hapus
  4. Era digital sekarang semua dimudahkan ya mbak. Mau punya asuransi, bisa daftar online. Mau pilih mobkas, juga bisa pilih secara online <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jaman sekarang serba praktis banget ya. Semuanya serba online. Hehehe

      Hapus
  5. Sekarang mah udah enak ya... Semua sudah serba online... Sampai beli mobil bekas dan asuransi aja sudah bisa diakses secara online.. Kereeen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serb enak dan serba praktis ya. Jadi semakin bikin males ngapa2in. Hihihi

      Hapus
  6. sebelum membeli mobil bekas emang harus di cek dulu ya biar ga salah beli.. mantap tipsnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh harus itu mas, biar ga selalu gagal seperti pengalaman saya dulu. Hehe

      Hapus
  7. Memang banyak pertimbangan dan resiko kalo mau beli mobil bekas ya mba tapi setelah baca tips sebelum membeli mobil bekas jadi ingin beli mobil bekas dan khususnya di CAReady

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya pun begitu mba, sepertinya mobil bekas di Caready lebih aman ya.

      Hapus
  8. mobkas upgrade 5 tahun msh okelah....apalg quality controlnya terpercaya....bungkussssssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups bungkus aja mas, pake karet 1 atau 2 mas. Hihihi...upgrade 5 tahun mah masih mulus banget dong ya.

      Hapus
  9. Tipsnya kece, manfaat banget untuk yg lagi cari mobil bekas, biar ga salah pilih. Makasih kaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 kaka...lebih aman lg pilihnya di CAReady dong ya.

      Hapus
  10. Mobilnya masih mulus dan bagus ya, apalagi ada asuransi online yang gak pake ribet makin cucok deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba mulus banget, jd ga khawatir lg nih cari yg bekas2

      Hapus
  11. Itu seriusan mobil bekas, kok seperti baru ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius banget dong mba, mobil bekas tp seperti baru dan kualitas oke ya di CAReady dong.

      Hapus
  12. Jadi pengen nabung nih liat mobil CAReady yang mulus kaya mobil baru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul tabungan ku jg blm kesampaian aja nih buat beli lg. Tp skrng ga usah bingung2 lagi ya trmpat belinya.

      Hapus
  13. Jadi tahu apa yang harus diperhatikan saat akan membeli mobil bekas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bermanfaat baanget ini infonya ya.

      Hapus
  14. Awalnya sempet kuatir juga mba Klo beli mobkas terutama surat2nya... tapi skrang udh tau tipnya, Tks infonya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas saya juga khawatir ko, tp skrng keknya engga usah khawatir lg ya.

      Hapus
  15. Semua orang gak perlu takut deh kalau beli mobil bekas, udah ada nih tips nya... Lengkap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas info ini bermanfaat banget. Semoga nanti ga kesalahan lg untuk beli mobkasnya ya.

      Hapus
  16. wahhhhh ini keren... terpercaya deh beli mobil bekas di Mobil123 dan blue bird caready

    BalasHapus
  17. Pengalaman beli mobil bekasnya tidak menyenangkan semua ya ka hehe, mungkin karena waktu itu belum kenal atau belum ada mobil beakas yang kulitasnya oke seperti yang ditawarkan oleh Caready atau mobil123.com.

    Btw jadi tau tipsnya buat beli mobil bekas biar nda ketipu lagi ntr :) Thanks tipsnya ka

    BalasHapus
  18. Aku baru tahu lho kalau mobil eks bluebird bisa dijual. Bener bgt beli mobil seken.harus teliti spy ga nyesel.

    BalasHapus
  19. Jadi pengen beli mobil eks Blue Bird ya mba

    BalasHapus
  20. Membeli mobil bekas pun sekarang makin mudah dengan online ya

    BalasHapus