Jumat, 01 September 2017

Kebijakan Danone Indonesia Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Sejak pulang dari event Nutrisi Anak Bangsa, aku jadi mengkhayal terus nih.
"Alangkah bahagianya aku kalo bisa kerja di Danone Indonesia"....khayalan ini yang selalu terlintas dalam benakku. Hhmm....kenapa sih aku mau kerja di Danone Indonesia ?

Selasa, 29 Agustus 2017 aku hadir dalam event Parenting yang diselenggarakan Nutrisi Anak Bangsa. Event ini mengambil tema "Tumbuh Kembang Anak dan Kebijakan Perusahaan." Dalam event ini dihadiri pula oleh 4 orang narasumber yang berpengaruh dalam bidang tumbuh kembang anak, narasumber yang pertama adalah ibu Rohika Kurniadi Sari, SH. MSi selaku Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pengasuhan, Keluarga dan Lingkungan Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak RI.


Dukungan Pemerintah Dalam Pemenuhan Hak Anak

Ibu Rohika menjelaskan bahwa cuti melahirkan ini telah didukung kuat oleh UUD 1945 no. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, terutama pasal 82 mengenai Hak Cuti Pegawai Perempuan yaitu perusahaan wajib memberikan hak cuti melahirkan dalam waktu 1.5 (satu setengah) bulan cuti sebelum melahirkan dan 1.5 (satu setengah) bulan setelah melahirkan. Lalu 1.5 (satu setengah) bulan cuti untuk pegawai perempuan yang mengalami keguguran menurut perhitungan dokter/bidan.

Dalam hal ini negara memahami akan kesulitan bagi perempuan disaat sebelum dan sesudah melahirkan, dan tentunya kebijakan perusahaan menjadi faktor utama untuk memberikan hak kepada pegawai perempuan. Keberpihakkannya ini dikarenakan bahwa perempuan mempunyai peranan penting dalam pembangunan negara. Akan tetapi posisinya berada diantara 2 kepentingan, antara kepentingan pekerjaannya dan kepentingan keluarga. Oleh sebab itu hal ini lah yang menjadi tolak ukur untuk diwajibkannya cuti sebelum dan sesudah melahirkan.

Hal tersebut diperkuat juga oleh pernyataan dari Dr. Rini Sekartini, yaitu Dokter Spesialis Anak dan konsultan Tumbuh Kembang Anak, menjelaskan bahwa hak anak atau bayi baru lahir, adalah mendapatkan nutrisi yang tepat untuk 1000 hari pertama kelahiran. Oleh sebab itu dalam menyusui harus ada Bounding atau ikatan langsung dari seorang ibu kepada anaknya. Karena hal tersebut dapat menstimulasi pembentukan sel-sel otak dan pematangan sel-sel otak anak.

Tabel Perkembangan Otak

ASI adalah nutrisi yang paling tepat untuk perkembangan otak bayi umur 0-6 bulan, akan lebih baik sampai 2 tahun. Dalam pemberian ASI akan lebih bagus lagi menyusui langsung dari payudara ibu, namun bila ibu bekerja, tentu masa menyusui secara langsung dari payudara ibu hanya sebentar, rata-rata perusahan memberikan cuti melahirkan hanya sampai 3 bulan. Selebihnya jika sudah kembali bekerja, bayi akan minum ASI yang dipompa. Bukan berarti tidak bagus sih ASI yang dipompa, tapi akan mengurangi kualitasnya dibandingkan ASI yang langsung diberikan.

Hal ini lah yang dikhawatirkan oleh para ibu menyusui sambil bekerja. Selain itu menurut Dr. Rini, ibu menyusui tidak boleh mengalami stres atau kecapean, karena akan mengurangi produksi ASI. Kasian untuk bayi yang masih membutuh ASI terutama bayi di bawah 6 bulan.

Kebijakan Danone Indonesia

Setiap perusahaan tentunya menerapkan kebijakan yang berbeda mengenai cuti melahirkan ini, ada yang hanya memberi cuti 1-2 bulan saja, tapi rata-rata sampai 3 bulan. Namun lain halnya dengan perusahaan Danone Indonesia, kebijakan Danone Indonesia dalam memberikan cuti melahirkan untuk pegawai perempuan adalah sampai 6 bulan. Dan untuk karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan diberikan cuti 10 hari. Hal ini lah yang membuat aku berdecak kagum. Eeittss....bukan hanya itu aja loh kebijakannya.

Narasumber kita yang ketiga yaitu Bapak Evan Indrawidjaya selaku Direktur HR Danone Indonesia menjelaskan bahwa selain kebijakan cuti hamil selama 6 bulan, disana juga menyediakan fasilitas ruang laktasi untuk karyawan perempuan yang mau memompa ASInya, juga disediakan freezer untuk penyimpanan ASI yang sudah dipompa. Dan juga disediakan Day Care khusus untuk bulan Ramadhan, sebelum atau sesudah Lebaran, selama Asisten Rumah Tangga sedang pulang kampung, jadi anaknya bisa dibawa ke Kantor. Waaahhh....nikmat banget ya jadi karyawannya. Ini yang membuat aku berangan-angan untuk kerja di Danone Indonesia.

Ruang Laktasi Danone Indonesia

Perhatian Danone Indonesia untuk pegawai perempuan yang sedang menyusui adalah sebagai dukungan untuk tumbuh kembang anak dalam pemenuhan nutrisi di 1000 hari pertama kehidupannya. Selain itu lanjut Bapak Evan, sarana lainnya adalah diadakannya Duta Gizi untuk ibu hamil yang diberikan edukasi tentang nutrisi selama masa kehamilan, untuk memastikan bahwa para ibu hamil memberikan nutrisi yang sesuai untuk anaknya sejak dalam kandungan.

Dukungan Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak (APSAI) 

Sesuai dengan komitmen Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak (APSAI) yang diketuai oleh Bapak Luhut Budijarso bahwa APSAI mendukung dan membantu pemerintah untuk mewujudkan perlindungan atas hak anak dan mendampingi perusahaan-perusahaan untuk lebih peduli pada anak dengan mengaplikasikan Prinsip dan Kriteria Perusahaan Layak Anak (P&K PLA) yang diadaptasi dari Children's Right and Bussiness Principles (CRBP).

Bapak Luhut juga menambahkan bahwa Kebijakan yang dimiliki oleh Danone Indonesia untuk pemberian cuti hamil dan melahirkan selama 6 bulan adalah contoh perusahaan yang peduli pada anak serta mendukung penuh tentang tumbuh kembang anak.

Ki-ka : Arif (staf Danone), Ibu Rohika, Dr. Rini, Bapak Luhut, Bapak Evan

Kesimpulannya, hal ini lah yang perlu dicontoh untuk perusahaan lainnya, supaya peduli dan bisa memberikan hak cuti yang sesuai dengan yang dibutuhkan ibu dan anak, agar tujuan pemerintah untuk mewujudkan pemenuhan hak anak dan tumbuh kembang anak dapat tercapai.

Demikian info ini aku sampaikan, semoga menjadi patokan untuk yang mempunyai perusahaan. Hal ini awalnya memang tidak mudah dalam peningkatan produknya tapi bagi Danone Indonesia mensejahterakan pegawai lebih penting untuk menunjang keberhasilan perusahaan dan karyawan.









14 komentar:

  1. Makin betah kerja di danone. Happy. Karyawan pada program lagi nih punya anak. Apalagi dpt gaji utuh bagi yang cuti dan intensif tambahan

    BalasHapus
  2. Hhmmmm...kita cuma bisa menghayal ya mpo. Iya anugerah banget bisa kerja di Danone

    BalasHapus
  3. Jadi karyawati ataupun karyawan danone bener bener disejahterakan ya dengan adanya kebijakan ini. Fasilitas laktasi nya pun lengkap. Ada day care pula yg menjadi awal bete nya ibu bekerja karena ART belum balik pasca lebaran xixi. Salut banget deh sama perusahaan yang sudah masuk kelas besar ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jarang banget perusahaan seperti ini ya mba,mungkin bisa dibilang cuma baru Danone pelopornya. Hidup Danone.....

      Hapus
  4. hahaahha jd abis ini kita melamar di danone semua nih.. ys minimal kerja menggantikan ibu ibu yg cuti 6 bln, lumayan lebih lama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.... Iya seandainya. Mungkin agak susah juga ya kerja di danone, secara karyawannya kg pada betah nih pasti. Enggan keluar, kalo keluar kan ada lowker pasti. Heheheh....

      Hapus
  5. Semoga semakin banyak perusahaan yang membuat kebijakan cuti 6 bulan y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya mba, tapi rata2 perusahaan lain malah sangat susah untuk memberi cuti walaupun cm 3 bulan.

      Hapus
  6. Kemajuan yang berani ambil resiko dan untuk kesejahteraan Karyawan... Salut dgn perusahaan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali, memberikan cuti 6 bulan itu tidak mudah bagi perusahaan. Tapi dgn niat yg baik semua menjadi lancar

      Hapus
  7. Dulu sempet berandai2, mungkin nda ya di Indonesia ada kebijakan seperti diluar negeri yang memberikan cuti melahirkan lebih dari 3 bulan hehe...Eh alahamdulillah Danone Indonesia jadi pelopornya, walaupun bukan karyawannya lebih tepatnya belum *eh tapi ikutan bahagia dengan kebijakan ini.

    Patut diapresiasi dan didukung pastinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh tentu, harus itu. Tapi perusahaan yg lain bisa ga ya seperti Danone.

      Hapus
  8. Asik ya ada fasilitas yang lengkap yang diberikan oleh Danone setelah melahirkan dan setelah bekerja,ibu senang, bayi sehat dan kerjaan dikantor jadi happy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya seandainya kita juga bs kerja disana yaaa.... Lebih happy.

      Hapus