Rabu, 13 September 2017

Bunda Pintar Memilih Nutrisi Tepat Untuk Anak dan Keluarga Tercinta

Hai para Bunda dan Ayah....bagaimana dengan rencana weekend ini, sudah merencanakan buat liburan anak-anak belum nih. Kalo aku sih kayaknya berencana mau ajak anakku untuk berenang akhir pekan ini, semoga tidak ada halangan ya, soalnya anakku sudah ga sabaran kalo dijanjiin buat berenang. 

Ditengah teriknya cuaca sekarang ini, emang paling enak ya berenang. Dan setiap kali berenang biasanya anakku pasti sebelumnya minta dibeliin susu bubuk rasa coklat kesukaannya, buat bekal berenang katanya, padahal sih sebenarnya ga boleh kan ya bawa makanan ke tempat berenang, tapi berhubung anakku suka susu bubuk coklat yang diseduh sendiri, jadi biasanya tidak apa-apa kalo susunya khusus yang biasa dia minum

Oh ya Bunda dan Ayah biasanya anak-anak sukanya susu bubuk atau susu kental sih ?

Kebetulan aku dapet pencerahan nih tentang informasi mengenai Susu yang layak dikonsumsi untuk anak-anak. Tapi bukan berarti ada susu yang tidak layak dikonsumsi ya bunda, semua boleh ko dikonsumsi, tapi bunda harus pintar-pintar memilih, apakah nutrisinya bagus untuk anak-anak atau kurang bagus. Karena jika bunda salah memilih, malah jadi berdampak buruk buat kesehatan anak-anak kita loh.

Beberapa hari yang lalu tanggal 12 September 2017 aku mendapat undangan dari Komunitas ISB untuk ngobrol bareng temen-temen blogger lainnya bersama seorang Dokter, tepatnya Dokter Specialis Anak yang bernama Dr. Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A, barangkali mungkin Bunda dan Ayah ada yang kenal sama Dokter yang kerap disapa Dr. Martin ini. Orangnya asik loh, humoris, dan dalam membawakan materinyapun santai banget. Ternyata Dr. Martin ini seorang penulis juga. Jadi disela-sela obrolan kita, beliau memberi masukan juga buat kita, tentang cara menulis yang baik dan benar.


Fun Discussion para blogger dan Dokter Spesialis Anak (DSA) 

Acara ngobrol-ngobrol santai itu disebut Fun Discussion, acaranya santai banget, bertempat di Sleepyhead Coffe. Kita semua antusias sekali untuk bertanya kepada Dr. Martin mengenai info yang biasanya ibu-ibu terima di lingkungan sekitar. Mengingat akhir-akhir ini banyak sekali info yang salah tentang beberapa makanan atau minuman yang sering dikonsumsi anak-anak.

Tema obrolan kita adalah tentang Susu Kental Manis. Bunda tahu kan Susu Kental Manis? 

Itu loh Susu Kental Manis (SKM) yang biasanya suka dikonsumsi oleh anak-anak atau orang dewasa. Sebenarnya SKM itu diproduksi untuk tambahan makanan, misalnya sebagai Topping untuk Roti Tawar, Puding, atau kalo aku pribadi biasanya dipakai untuk tambahan bahan membuat kue. Jadi SKM itu sebenarnya bukan susu loh bunda, karena kandungan nutrisinya kurang tepat untuk anak-anak. 


Dr. Martinus M. Leman DTMH Sp.A

Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Martin, bahwa anak-anak itu membutuhkan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangan otaknya. Dari mulai anak umur 0 - 6 bulan adalah 1000 hari pertama untuk perkembangan otak anak, jadi ASI adalah nutrisi yang paling tepat yang harus Bunda berikan kepada buah hati bunda. 

Akan lebih baik lagi jika ASI diberikan langsung dari payudara ibu, agar kualitas ASInya lebih bagus. Tapi boleh-boleh aja sih memberi ASI hasil Pumping. Asal penyimpanannya bagus dan ASI tidak rusak atau kelamaan diluar, artinya ASI hasil pumping harus dihabiskan dan dipanaskan terlebih dahulu setelah keluar dari freezer.

Apabila Bunda tidak bisa memberikan ASInya karena kondisi kesehatan bunda tidak memungkinkan untuk memberikan ASI, atau bagi bunda yang ASInya tidak keluar banyak, bahkan tidak keluar sama sekali, tidak usah khawatir karena Susu Formula pun layak kok untuk dikonsumsi balita atau anak-anak usia diatas 5 tahun, karena Susu Formula itu terdapat kandungan gizi yang diperlukan anak-anak sesuai umurnya.

Pembuatan Susu Formula dari mulai memanaskan Susu Sapi dan campuran bahan tambahan nutrisi lainnya, sampai ke proses pengeringan sehingga bisa menjadi susu bubuk, tidak akan merusak kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya. 

Berbeda dengan proses pembuatan Susu Kental Manis, karena kalo SKM itu adalah Gula sebanyak 60% yang dicairkan melalui proses pemanasan terlebih dahulu, kemudian diberi perisa susu, sampai gula tersebut menjadi kental. Sehingga nutrisinya jauh lebih sedikit dibandingkan Susu Formula, yang memang diproduksi menyerupai ASI.

Jika bunda mau tetap memberikan SKM untuk anaknya, sebaiknya untuk dijadikan topping roti tawar aja ya bun, tapi pemberiannya jangan terlalu banyak juga, karena kandungan gulanya cukup tinggi, hal ini tidak bagus untuk anak-anak atau orang dewasa jika dikonsumsi terlalu banyak. Seperti yang kita tau bahwa sesuatu hal yang berlebihan itu, tidak baik untuk kesehatan kita.

Mengkonsumsi gula terlalu banyak bisa mengakibatkan penyakit Obesitas dan Diabetes, baik untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Aduh jangan sampe ya bun....oleh sebab itu, kita harus pintar memilih makanan atau minuman yang layak untuk di konsumsi oleh keluarga kita. 

Baiklah bunda, itulah obrolan kita seputar ASI, SKM dan Susu Formula, semoga tercerahkan ya bun, karena anak itu adalah Generasi Penerus kita, masa depan kita, dan pegangan hidup kita. Maka kita harus menjaganya dan memberikan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangan otaknya. 

















17 komentar:

  1. Aish ada saya. Eh. Yuk akh saatnya meluruskan info yang memang wajib diluruskan agar banyak ibu pintar di Indonesia

    BalasHapus
  2. Informasi yg penting disebarkan ke masyarakat ini

    BalasHapus
  3. saya penyuka skm,pas dengar info dari dokter jadi mo kurang-kurangi ah

    BalasHapus
  4. Bagus informasinya untuk ibu-ibu yang berpikir hemat tetapi kurang informasi yaaa...

    BalasHapus
  5. Informasi ini harus diseberluaskan agar banyak ibu-ibu yang aware dan juga paham mengenai manfaat SKM yang sesungguhnya :)
    smoga akan bnyak diskusi seperti ini yang melibatkan blogger ataupun media untuk menyebarluaskan informasi yang benar.

    BalasHapus
  6. Trims Bun Mely...aku bacanya sampe serius bgt ini ttg SKM krn anakku suka minta SKM utk diminum

    BalasHapus
  7. Susu kental manis enak mak buat juice. Apalagi diabetes di larang minum skm

    BalasHapus
  8. SKM biasa dipakai untuk martabak tuh lebih manis dan enak, mungkin kalau untuk di komsumsi anak anak kayanya juga kurang baik ya. kebanyakan gula

    BalasHapus
  9. SKM buat campuran Teh atau kopi aja sih. Bukan yang utama. Kalau UHT gimana ya?

    BalasHapus
  10. Ingat ya bunda, jangan beri sarapan SKM buat anak juga keluarga. Karena SKM lebih banyak kandungan gula dibandingkan kandungan nutrisi susu

    BalasHapus
  11. Jadi SKM bukan susu ya, dan masih lauak komsumsi sebatas toping aja

    BalasHapus
  12. Aku kecilnya suka susu kental manis, karena enak banget diminum anget. Sekarang buat anak susu kental manis biasanya buat roti sih, anak-anak sukanya susu formula atau UHT

    BalasHapus
  13. SKM bukan susu ini nih yang hrs terus diedukasikan ke masyarakat luas terutama di pelosok daerah. Masih banyak ibu yg memberikan SKM utk balitanya sbg susu

    BalasHapus
  14. Jadi selama ini susu kental manis itu bukan susu ya Mba?
    Aku seh jarang minumnya paling sering ditaro ke juice ataupun roti.

    BalasHapus
  15. Kalau saya pakai SKM cuma untuk ngolesin roti. Anak2 suka banget itu. Susu ya beli UHT.

    BalasHapus
  16. Ternyata emang ga bagus ya SKM yg dikonsumsi layaknya minum susu,krn memang bukan sebagai minuman. Harus disebarkan ke masyarakat nih info ini. Makasih ya sharingnya,bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  17. Tapi iklan nya tetap ngotot awali nutrisi pagi dengan susu SKM hehheheh. Saya juga gunakan SKM untuk membuat kue dan agar -agar.

    BalasHapus