Minggu, 03 September 2017

Menjadi Muslimah Kreatif Dan Cantik bersama Blogger Muslimah

Menjadi muslimah tidak hanya melulu harus pergi ke pengajian loh, banyak hal lainnya yang bisa dipelajari. Selama kita bisa menjalankannya dan tidak mengganggu urusan lain yang lebih penting (urusan keluarga). Dan selama kita tidak meninggalkan kewajiban yang harus kita lakukan yaitu Ibadah Sholat dan ibadah lainnya.

Banyak hal yang bisa kita pelajari, seperti misalnya akhir-akhir ini yang sedang nge trend adalah dunia Fashion, Crafting, keterampilan membuat kue dan Memasak. Pokoknya kalo kita mau ikuti semua tentunya banyak sekali kegiatan kreatif yang bisa dilakukan. Trus di dunia menulis pun banyak hal yang bisa kita pelajari, yaitu menulis Cerpen, Novel, Menulis di Blog sampe ke pengetahuan tentang Penerbitan.

Kebetulan saat ini aku sedang belajar menulis di Blog, untuk menulis cerita buat novel dan cerpen aku belum tertarik. Namun di event Blogger Muslimah Meet Up ini aku dikasih kesempatan untuk ikut workshop mengenal Penerbitan Buku dan Beauty Class yang di sponsori oleh Viva Cosmetics Indonesia.

Dokumen WAG 

Alhamdulillah pada tanggal 27 Agustus 2017, aku diberi kesempatan untuk ikut event Blogger Muslimah Meet Up yang diselenggarakan di Nutrifood Inspiring Center kawasan Apartemen Menteng Squere. Tempatnya ini asik banget, banyak spot foto yang Instagramable, tapi sayangnya aku ga terlalu banyak ambil foto, karena aku keasikan ngobrol sama teman yang baru aku kenal. Aku memang belum lama bergabung dengan Blogger Muslimah, tapi senangnya hari itu aku bisa meet up bersama teman-teman muslimah yang cantik-cantik dan tentunya pertama kali ketemu juga dengan Uni Novia Syahidah Rais sebagai Founder Blogger Muslimah dan juga sebagai Penulis Cerita Fiksi.

Novia Syahidah Rais Founder Blogger Muslimah (dok. Pribadi) 

Acara dimulai dengan perkenalan diantara para Blogger Muslimah. Ada beberapa teman blogger yang sudah aku kenal sebelumnya, tapi kebanyakan sih teman-teman blogger baru. Kemudian acara dilanjutkan dengan talkshow mengenal "Dunia Penerbitan" dengan Narasumber mba Rahmadiyanti Rusdi sebagai Penerbit Naura.

Rahmadiyanti Rusdi Penerbit Naura (dok. Pribadi) 

Mba Rahmadiyanti ini orangnya lucu juga, dalam menyampaikan talkshownya diselingi candaan, jadi kita juga ga bosan untuk menyimak dan materi yang disampaikannya mudah dimengerti.

DUNIA PENERBITAN 

Dalam penerbitan, kita hatus tau dulu nih, tentang naskah, apakah naskahnya sudah bagus atau belum. Disini ada sedikit bocoran nih dari mba Rahma tentang bagaimana menulis cerita fiksi yang benar dan bagus untuk novel atau buku, agar buku atau novel tersebut layak untuk diterbitkan.

Akuisisi Naskah

Dalam membuat konten tulisan harus memperhatikan Akuisisi Naskah, yaitu :
  • Solisticated yaitu penulisan harus berdasarkan momentum, apa yang dibutuhlan masyarakat, potensi penulis dan mengetahui hal yang sedang Trend
  • Unsolisticated yaitu tentang kiriman naskah, bisa yang sesuai atau tidak sesuai
  • Translate, dalam hal menerjemahkan harus rajin membaca katalog/website penulis dari luar negeri
Tips menembus Penerbit :
  • Mempunyai hal baru yang dapat menarik perhatian pembaca
  • Ada penjelasan segmen buku yang akan ditulis
  • Tulisan harus berkualitas, sistematis dan aktual
  • Buatlah sinopsis yang menarik, daftar isi dari 3 bab di awal
  • Sering ke toko buku untuk mencari buku yang sedang Trend
Kemudian masih menurut mba Rahma manfaatkanlah Sosial Media, karena peran Sosial Media itu sangat penting untuk penerbitan buku.

Itulah beberapa tips untuk menulis yang baik dan benar, agar buku atau karya tulis kita masuk kedalam kriteria penerbitan.

BEAUTY CLASS 

Kemudian sesi berikutnya adalah sesi Beauty Class yang di sponsori oleh Viva Cosmetics. Waahhh.... Siapa sih yang ga tau dengan kosmetiknya nenek moyang kita. Kosmetik turun temurun yang biasa dipakai oleh nenek, ibu dan bahkan kita sendiri.

Bahan yang terkandung dalam Viva Cosmetics, terbuat dari bahan-bahan alami, jadi aman untuk kulitnya orang Indonesia sesuai dengan visi dan misi Viva Cosmetics Indonesia yaitu "Mempercantik Wanita Indonesia" yang dijelaskan oleh mba Indah salah satu perwakilan dari Viva Cosmetik.

Indah dari Viva Cosmetics (dok. Pribadi) 

Kemudian langkah selanjutnya salah satu perwakilan lagi Viva menjelaskan langkah-langkah pembersihan muka terlebih dahulu sebelum mulai dandan.

Peserta Beauty Class 

Langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Bersihkan dulu wajah kita dengan menggunakan Milk Cleanser dan Face Tonic Viva Cosmetics dan Viva Eye &  Lip Make Up Remover untuk membersihkan riasan eye shadow, alis, bulu mata dan lipstik
  2. Selanjutnya pakai Viva Scrub Pembersih Wajah agar kotoran dalam pori-pori kita ikut terangkat, lalu dibasuh dengan air biasa dengan menggunakan spons basah
  3. Setelah wajah bersih, mulai untuk memakai pelembab ke seluruh wajah dan leher
  4. Lalu pakai Viva Liquid Foundation, ratakan ke seluruh permukaan kulit
  5. Kemudian memakai Viva Compact Powder
  6. Selanjutnya mulailah untuk merias bagian mata, dengan membingkai alis terlebih dahulu
  7. Lalu memakai Viva Eye Shadow warna muda di area bawah alis dan warna tua di kelopak mata, kemudian dibaurkan agar warnanya menyatu
  8. Selanjutnya memakai Eyeliner, pada saat itu aku memakai Viva Liquid Eyeliner
  9. Kemudian memakai Viva Eyelash Mascara
  10. Setelah itu memakai Viva Blush On yang disesuaikan dengan warna Eye Shadow 
  11. Dan terakhir adalah memakai Viva Lispstik
Dan inilah hasil riasan aku memakai produk Viva Cosmetics.

Aku dan mba Meiland (dok. Meilan) 

Hal yang aku rasakan dengan memakai Viva Cosmetics, kulit terasa ringan, seperti tidak memakai kosmetik. Tapi riasanku terlihat full make up, seperti dandan oleh make up profesional, padahal aku dandan sendiri loh.... Aahhhh aku jadi jatuh cinta sama Viva Cosmetics, terutama pada saat pemakaian Viva Eyeliner, sangat mudah sekali, padahal biasanya aku kesulitan memakainya. Yeeessss..... Recomended nih untuk beli produk Viva Cosmetics. 

Setelah Beauty Class selesai kemudian kita berfoto untuk sesi perfama, dan selanjutnya adalah Istirahat untuk makan-makan dulu dan melakukan ibadah sholat. Tapi sayang nih untuk sesi selanjutnya aku tidak bisa ikut karena ada keperluan, jadi aku pulang duluan

Foto setelah Beauty Class (dok. WAG) 

Ketika pamit mau pulang, aku dikasih Godiebag atau bingkisan kenang-kenangan dari Blogger Muslimah berupa alat make up Viva Cosmetics yang isinya komplit banget.....Alhamdulillah senangnya. Terimakasih Blogger Muslimah dan Viva Cosmetics untuk bingkisannya.

Selain Viva Cosmetics, event ini juga di sponsori oleh :

Gogobli Indonesia,
MargaW
She Collection
Nutrifood Inspiring Center

Oke semoga tulisanku ini bisa menginspirasi para muslimah yang mau menguji kekreatifannya. 

Foto setelah selesai acara (dok. WAG) 







This entry was posted in

9 komentar:

  1. Seru ya Mba acaranya. Dan banyak ilmu yang didapat.

    BalasHapus
  2. Makasih, jadi serasa ikut meet up kemarin.

    BalasHapus
  3. Iya, Viva Eyelinernya unik ya Mba, gampang dipakainya...

    BalasHapus
  4. halo, Kak.

    asek semoga tgl 9 nanti bisa ngobrol banyak hihi

    BalasHapus
  5. senengnya meet up bareng teman trus nambah ilmu penulisan dikasih tips membersihkan wajah dari Viva pula, kapan-kapan aku juga kepingin ikutan nich

    BalasHapus
  6. Viva merk lokal yang bertahan sejak lama, nih. :)

    BalasHapus
  7. Semoga nanti bisa seru-seruan lagi ya bareng Blogger Muslimah :-)

    BalasHapus