Minggu, 13 Agustus 2017

IKJ dan Bekraf Creatif Labs Menggelar Fashion Kreatif Anak Bangsa di Ajang Ciffest 2017

Dunia fashion tidak akan pernah ada habisnya untuk diikuti, berbagai macam model fashion dari tahun ke tahun semakin berkembang, dan semakin menampilkan berbagai macam kekreatifan setiap insan pencinta fashion. Indonesia yang memiliki beragam macam budaya, kekayaan alam dan ekosistem mempunyai potensi untuk memberikan ide kreatif untuk para perancang busana baik di kancah nasional maupun internasional. Hal ini sangat dimanfaatkan dengan baik oleh anak-anak bangsa Indonesia sendiri untuk meciptakan suatu fashion kreatif design yang terinspirasi dari gaya hidup lokal yang dipadukan dengan selera Internasional.
Bentuk Apresiasi yang diberikan untuk pelaku fashion kreatif ini dikembangkan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang bekerjasama dengan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dengan menggelar suatu acara yang disebut Bekraf Kreatif Labs (BCL) yang diselenggarakan di Event Cikini Fashion Festival (Ciffest). Ajang Cikini Fashion Festival adalah bagian dari program BCL, yaitu suatu forum atau pertemuan pelaku ekonomi kreatif dalam rangka ajang Knowlege Sharing dan Capacity Building demi untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku ekonomi kreatif fashion. Hal ini diungkapkan oleh Bapak Abdur Rohim Boy Berawi sebagai Deputi Riset, Edukasi dan Pengembangan Badan Ekonomi Kreatif yang aku temui pada saat jumpa pers dan blogger pada tanggal 5 Agustus 2017 minggu lalu.

Dok. Pribadi 
Penyelenggara Event CIFFEST 2017

Cikini Fashion Festival 2017 atau Ciffest 2017 ini yang digelar 2 hari yaitu tanggal 5-6 Agustus 2017, yang bertujuan untuk menghubungkan kolaborasi dan komunikasi yang dapat meningkatkan jaringan kerjasama, produktivitas, dan kompetensi ekonomi kreatif fashion di tanah air. Susunan acara yang ditampilkan dalam Ciffest 2017 terdiri dari kegiatan Seminar, Pameran dan Fashion Show. Kegiatan seminarnya meliputi :
  1. Seminar Trend Forcasting Indonesia
  2. Seminar Ekosistem Industri Fashion
  3. Seminar Branding dan Teknologi
Kebetulan acara yang aku ikuti di ajang Ciffest tersebut adalah melihat pameran baju-baju hasil karya atau koleksi siswa-siswa dari sekolah mode seperti, LPTB Susan Budiharjo, IKJ, Universitas Maranata, Universitas Bina Nusantara dan masih banyak lagi. Pameran ini dibagi menjadi 2 zona yaitu zona yaitu :
  1. Zona Trend Forcasting, menampilkan karya dari beberapa desainer dan mahasiswa mode yang menginterpretasikan empat tema indonesia
  2. Zona Ekosistem dan Industri Fashion, menampilkan skema dan infografis seputar ekosistem industri fashion.

Dok. Pribadi 
Dok. Pribadi 
Dok. Pribadi

Sedangkan untuk Fahion Shownya menampilkan berbagai macam kolaborasi dari mulai fashion show dengan bidang seni lainnya yaitu seni tari, musik, tata panggung dan videografi. 

Dalam Fashion Show tersebut menampilkan 55 rancangan karya dari 7 Desainer yaitu, Deden Siswanto, Lenny Agustin, Sofie, Sav Levin, Aji Suropati, Ray Anjas Maulana dan Label Acak Acak dari LPTB Susan Budiharjo. Fashion Show ini di gabung dengan tarian dari sanggar tari dan koreografer Rosmala Sari Dewi juga koreo tata panggung disertai Video Mapping Creator oleh Arif Yaniagi. Kolaborasi yang sangat menakjubkan, unik dan tentunya sangat kreatif. 

Koleksi 7 Desainer tersebut mempunyai tema design Grey Zone, yaitu tema yang ditampilan dari berbagai unsur alam dan bumi Indonesia, karakter misterius sampai teknologi digital.

1. Tema Digitarian dirancang oleh Desainer Sofie yang bekerjasama dengan Lenny Agustin

Digitarian 

Terinspirasi dari dunia Digital, dimana Generasi ini dikatakan memiliki interaksi menarik dari generasi pandahulunya serta menampilkan gaya estetis dari beberapa generasi. Seperrti bertualang menembus waktu dari gaya satu ke gaya yang lainnya. 

3. Tema Vigilant dirancang oleh Sav Levine

Vigilant

Tema ini bersifat lebih tenang yaitu memadukan antara budaya lokal yang modern, disesuaikan dengan trend masa kini dengan dominasi warna-warna yang menenangkan. 

3. Tema Archean dirancang oleh Desainer Label Acak Acak yaitu siswa LPTB Susan Budihardjo

Archean

Tema yang menggambarkan tentang bumi indonesia yang ingin mengalami perubahan kedalam keadaaan alam yang lebih sehat dimana pada saat ini keseimbangan ekosistemnya telah dirusak. Dengan menampilkan nuansa warna natural bebatuan, coklat tanah, dan warna - warna cemerlang batuan mineral

4. Tema Cryptic dirancang oleh Desainer Aji Suropati yang bekerjasama dengan Ray Anjas Maulana dan Deden Siswanto

Cryptic
Dalam tema ini, menampilkan kesan misterius dan dramatis, yang terinspirasi dari makhluk-makhluk aneh dan menyeramkan namun di tampilkan dengan sangat menarik dan elegant. 
Dari keempat tema diatas, yang menarik perhatianku adalah Tema Digitarian rancangan desainer sofie dan Lenny Agustin, karena tema ini menampilkan 2 generasi yaitu generasi Z atau generasi internet yang kekinian dan generasi pendahulunya yang saling mendukung, dimana pilihan warnanya adalah warna-warna cerah dengan gaya millenium yang dicampur dengan unsur retro, sangat unik dan menginspiratif.

Link lainnya yang terkait dalam pelaksanaan Cikini Fashion Festival 2017 ini adalah : 
1. Facebook  : PT. DITALI CIPTA KREATIF
2. Website IFC : www.ifc.org

8 komentar:

  1. Keren2 ya mba baju hasil karya para designernya. Mulai banyak nih designer2 muda. Salut deh sama mereka. Aku juga pengeeenn banget belajar desain dan jahit.

    BalasHapus
  2. senang lihat karya-karya kreatif anak bangsa! Bangga bangeeet..

    BalasHapus
  3. Baju rancangan desainer memang keren, bahannya juga berkualitas. Sesuai dengan harganya. Saya suka melihat para model yang sedang fasion show, tampak langsing dan profesional.

    BalasHapus
  4. Bajunya kece, nggak nyangka deh kalo ini karya anak bangsa. Two tumbs up 👍👍

    BalasHapus
  5. Bagus2 ya hasil kreasinya. Terima kasih tuk.Bekraf yg sudah memfasilitasi ajang ini.

    BalasHapus
  6. desainnya keren, walau motifnya tabrakan tapi hasil bajunya modis

    BalasHapus
  7. Lihat acara Fashion show selalu menarik ya. Karya perancang itu hebat-hebat. Sejak ada bekraf, berbagai karya kreatif anak bangsa makin terlihat menonjol

    BalasHapus
  8. Tema tema keren . Ane suka sama tema viligant. Dengan adanya cikini fashion membantu dan menbangun kepercayaab anak muda untuk berprestasi

    BalasHapus